abtu, 08 Januari 2011 laporan praktikum Fisiologi Tumbuhan Perkecambahan dalam terang dan gelap I.

TUJUAN PRAKTIKUM Tujuan : Melihat pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan biji berkecambah. II. BAHAN DAN ALAT Bahan dan alat yang digunakan sbb; Bahan- bahan: Biji kacang hijau 10 biji. Kecambah kacang hijau umur 1,2,3,4,5 hari yang ditumbuhkan ditempatkan gelap dan terang. Alat- alat: χ Penggaris, χ Timbangan, χ Petridish, dan χ Alat tulis.

III. CARA KERJA a) Mengambil 10 biji kering dan 10 biji kecambah dari tiap kelompok dan masing-masing ditimbang. b) Untuk kecambah yang cukup besar kotiledonnya (bersama kulitnya) dipisahkan dan ditimbang sendiri. c) Panjang masing-masing kecambah diukur dan diambil rata-ratanya. d) Membuat grafik yang menunjukkan hubungan antara umur kecambah dan berat kecambah total, berat kotiladon dan panjang kecambah. IV. TINJAUAN PUSTAKA Perkembangan dan pertumbuhan pada suatu tanaman merupakan hasil interaksi yang kompleks antara tiga factor, yang meliputi factor intraseluler ( dari dalam sel), intraseluler dan lingkungan. Bentuk dan ukuran tumbuhan banyak ditentukan oleh factor herediritas. Gen berpangaruh pada setiap struktur tumbuhan dan juga terhadap perkembangannya. Factor heredisitas inilah yang merupakan factor intraseluler, sedangkan fakktor interseluler adalah hormone. Ada beberapa macam hormone yang hampir semuanya berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan, dan masing-masing mempunyai pengaruh yang berbeda antara satu dengan yang lain. Selain hormone, lingkungan juga merupakan factor penting yang berpengaruh terhadap pertumbuahan dan perkembangan tanaman. misalnya kelembaban uadara, air tanah dan mineral,

Ketersediaan makanan akan mempengaruhi penbelahan sel yang berpengaruh terhadap pertumbuhan. dan cahaya ( moh. Dengan demikian cahaya memberikan pengaruh langsung pada ketersedian makanan. sehingga daun menebal tetapi kecil atau sempit. Hal ini dapat terjadi karena daun di tempat yang tidak terlindung melakukan respirasi dan fotosintesis lebih cepat. Respons fotoperiodik pada tumbuhan meliputi dormansi. sehingga permukaan daun melebar ( Prowoto.51 1.3 VI.1994 ).3 1. 1994 ) V. Dengan demikian batang tumbuh dengan cepat dan daun melebar. Panjang pennyinaran mempunyai pengaruh yang khusus bagi pertumbuhan dan reproduksi pertumbuhan tanaman.9 Rata2 berat total (gr) 2. kutikulanya menebal. perkecambahan.2 0. Daun ini memiliki sel palisade yang membentuk lapisan lebih dari satu lapis. lembek dan kurus. Respons tumbuhan terhadap panjangnya penyinaran yang bervariasi disebut fotoperiodisme. Walaupun jumlah cahaya kurang dari yang biasa diterima oleh tumbuhan. HASIL PENGAMATAN perlakuan Ukuran Hari ke12345 gelap Rata2 panjang total (cm) 0. Amin .0 0. Respons ini dikendalikan oleh pigmen yang mengabsorsi cahaya.9 3.7 Rata2 berat kotiledon (gr) 1. tetapi makan kurang atau sedikit.17 2.1 terang Rata2 panjang total (cm) 0. Daun yang berada pada naungan atau yang daun di tempat yang terlindung berisi air lebih banyak.9 0.4 2. dan juga daun tumbuh tidak normal.3 1.6 2. PEMBAHASAN .2 3. Sel mesopil meningkat jumlahnya.7 Rata2 berat kotiledon (gr) 1.7 2.1 2.7 Rata2 berat total (gr) 1.9 0.36 2. daun yang terlindung dan daun yang tidak terlindung dari sinar matahari akan menunjukan gejala yang berbeda.61 2.65 15. Pada tumbuhan yang sama. yaitu fitokrom ( Mariam. Daun dan batang yang tumbuh ditempat gelap akan kelihatan kuning pucat atau yang disebut etiolasi Kekurangan klorofil akan menyebabkan pengirangan hasil fotosintesis sehingga jaringan akan mati karena kekurangan makanan.suhu udara.3 1.96 3. perkembangan batang dan akar.7 3.1 0. Daun yang tidak terlindung akan lebih banyak mengandung gula dan hanya sedikit mengandung air.6 1.4 4. 1994 ) Cahaya merupakan sumber energi untuk fotosintesis. Hal ini bapat terjadi bila transpirasi berjalan lebih lambat dari pada proses fotosintesis sehingga jaringan yang sedang tumbuh menerima air lebih banyak dan proses pembuatan makanan tidak mengalami hambatan. pembungaan. Dengan tidak adanya cahaya matahari menyebabkan batang tumbuh lebih panjang.4 9. tetapi kenyataannya tumbuahan yang bersangkutan dapat tumbuh dengan baik.

Begitupun sbaliknya terjadi pada perlakuan gelap. Untuk lebih jelasnya akan di uraikan melalui grafik sbb: Grafik:1. Dari garfik 1. karena pertumbuhan tanaman dapat tumbuh dengan baik jika adanya cahaya matahari.Berdasarkan data pada table di atas. Sementara itu. Sehingga dengan adanya matahari tersebut maka pertumbuhan tanaman tidak terhambat sehingga semakin lama prosese perkecambahan tanaman tersebut semakin tinggi. yang akhirnya tanaman tersebut tidak bisa tumbuh dengan baik. Sedangkan bertambah beratnya pada kecambah karena kecambah semakin hari semakin tumbuh dan adananya pertambahan organ tanaman sehingga wajar kalau beratnya semakin lama proses perkecambahan semakin berat. Dimana cahaya matahari tidak ada sehingga tanaman tidak bisa melakukan fotosintesis. Pada table 1. Dimana. yang terjadi pada perkecambahan gelap. dapat dilihat perbedaan antara lamanya hari kecambah dengan panjang kecambah serta berat kotiledon dan berat total. untuk perkecambahan gelap semakin lama umur kecambah. Untuk perlakukan yang terang . Untuk berat total pada kecambah. dapat dilihat pengaruh antara umur kecambah dengan panjang kotiledon baik pada perlakuan gelap maupun terang. akibatnya tanaman tersebut lembut dan berwarna pucat dan pertambahan panjang kecambah juga rendah.2 Hubungan umur kecambah pada kondisi gelap dan terang dengan berat kotiledon dan berat totalnya. Kondisi ini terjadi sesuai dengan teori. Hal ini di pengaruhi karena semakin tumbuh kecambah maka semakin banyak menyerap cadangan makanan pada kotiledon sehingga cadangan makanan berkurang dan berat kotiledon manjedi berkurang pula. Grafik:1. Hal ini terjadikarena dengan adanya pertambahan . menunjukkan semakin lamanya umur kecambah. menunjukkan bahwa semakin lamanya umur kecambah maka pertambahan panjang kecambah semakin panjang. maka semakin pendek kecambahnya.1 Hubungan umur kecambah pada kondisi gelap dan terang dengan panjang kotiledon.2 di atas juga dapat dilihat bahwa hubungan antara umur kecambah dengan berat kotiledon maupun berat total baik pada perlakuan gelap maupun terang mempumnyai perbedaan.1 di atas. kondisi sebaliknya pada perlakuan terang semakin lama umur kecambah maka semakin turun berat kotiledoonya. maka semakin lama proses perkecambahan semakin berat jumlah berat total dari kecambah tersebut. Cahaya matahari inilah yang akan membantu tumbuhan dalam melakukan prosese fotosintesis. maka semakin berat kotiledonnya.

Akan tetapi berkurangnya berat kotiledon tidak sebanding dengan meningkatnya pertaumbuhan organ tanaman yang menyebabkan kecambah tersebut menjadi berat. KESIMPULAN Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan maka didapat beberapa kesimpulan. Rerata berat kotiledon lebih berat pada kondisi terang dari pada kondisi gelap. Rerata pertambahan mapun pengurangan baik panjang kecambah. Perkembangan dikenal juga dengan morfogenesis. Kondisi ini terjadi karena di pengaruhi oleh beberapa faktor. Pada perkecambahan pada tempat terang dan gelap secara morfologi memiliki perbedaan. Berdasarkan data di atas Jika dibandingkan antara perkecambahan gelap dan terang.LANDASAN TEORY Perkembangan merupakan suatu perubahan yang teratur dan berkembang umumnya menuju keadaan yang lebih tinggi. VII.organ tanaman maka berat kecambah akan bertambah.Perkembangan meliputi proses tumbuh dan diferensiasi.blogspot.lebih teratur dan lebih kompleks. Selain dengan mengukur volume parameter lain dalam mengukur pertumbuhan adalah dengan mengukur berat basah dan berat kering tumbuhan.com/2011/01/laporan-praktikum-fisiologitumbuhan. sehingga berat total menjadi lebih ringan. http://laporanpraktikumpertanian. sehingga tanaman menjadi tumbuh kerdil dan berat total tanaman tetap berat. baik warna daun.Dasar UNJA lantai II I. aktivitas tanaman terus berjalan aktif sehingga adanya pengurangan berat pada kotiledon. Berbeda dengan pada perkecambahan terang. tinggi batang karena di penagaruhi oleh sinar matahari. Pertumbuhan adalah suatu pertambahan dalam ukuran pertambahan dalam ukuran yang bersifat . maka perkecambahn pada terang mempunyai berat total kotiledon lebih rendah .sbb: Rerata pertambahan panjang kecambah pada perkecambahan gelap lebih pendek di bandingkan dengan perkecambahan kondisi terang. PELAKSANAAN PRAKTIKUM: HARI :Rabu TANGAL :14 November 2007 TEMPAT :Lab.html PERKEMBANGAN KECAMBAH DALAM TEMPAT GELAP DAN TERANG TUJUAN: Untuk mempelajari pengaruh cahaya terhadap perkecambahan. antaralain tidak adanya cahaya matahari yang datang. berat kotiledon mapun berat total di pengaruhi oleh cahaya matahari dan umur tanaman. Dimana. dibandingkan dengan perkecambahan gelap. walaupun kotiledonnya berkurang.

tergantung pada tersedianya merisitem.Pertumbuhan dan perkembangan berlangsung secara terusmenerus sepanjang daur hidup.Pertambahan ukuran dan berat kering dari suatu organisme mencerminkan bertambahnya protoplasma. Pertumbuhan itu lebih mudah digambarkan dari pada di defenisikan.Ini dianggap berasal dari operasi siklis system yang menghasilkan ATP yang bisa diduga membatasi ADP yang tersedia untuk fosforilasi ini menghambat proses respirasi terakhir.Proses differensiasi seringkali dianggap pertumbuhan.(Fahn. Pertambahan ukuran sel mempunyai batas yang diakibatkan hubungan antar voleme dan luas permukaan.A. Pertumbuhan tanaman memerlukan proses differensiasi.Sri Setyati.B) .serta lingkungan yang mendukung. (Harjadi. Pertumbuhan tanaman di tunjukkan oleh pertambahan ukuran dan berat kering yang tidak dapat balik. dan tinggkat kerumitan. jumlah sel.Dipihak lain cahaya gelombang pendek yang paling efektif didalam evolusi secara fotosintesis membuat peka pengambilan oksigen yang meningkat di dalam cahaya kuat. Secara empiris.yang tejadi karma baik ukuran sel maupun jumlahnya bertambah. banyaknya proto plasma. Pertumbuhan jiga terjadi pada bagian-bagian lainnya misalnya pada daun sel-sel akan membesar pada batas tertentu.Didalam pencahayaan lemah penganbilan O2 lebih lemah dan lambat dari pada didalam gelap.irreversible. Proses-proses pembelahan sel menentukan dasar untuk pertumbuhan akan tetapi pembelahan sel adalah proses-proses yang diatur secara biokimia.Digunakan dalam fase gas untuk memantau pengambilan respirasi.Pertumbuhan berarti pembelahan sel dan pembesaran sel.Pada rerumputan dan monokotil lainnya daerah pertumbuhan terletak di bagian atas tiap-tiap buku atau nodus.hormone dan substansi pertumbuhan lainnya. pada intensitas tinggi ia akan naik dan dapat melebihi kecepatan didalam gelap 3-4 kalu dengan penyesuaian kembali di dalam ~ 1 menit.Proses pertumbuhan sebagian besar terjadi dalam fase pembelahan dan pendewasaan sel.hasil asimilasi. (Wilkins. Umumya daerah pertumbuhan terletak pada bagian bawah mesitem apical dari tunas akar.Kedua proses ini memerlukan sintesis protein dan merupakan proses yang tidak dapat berbalik. Pertumbuhan lateral terjadi dengan membesarnya sel-sel yang terletak pada sisi-sisi jaringan cambium. Pertumbuhan bagian pucuk dan akar disebabkan adanya pembentukan sel-sel baru oleh jaringan meristematik (embrionik) pada titk tumbuh diikuti dengan pertumbuhan dan differensiasi selselnya. dan tidaklah perlu selalu diatur langsung oleh hubungan antara volume dan luas permukaannya.1979 Hal: 91) Pengamatan tingkat respirasi selama fotosintesis memerlukan penguatan teknik-teknik isotop kerena kedua proses tersebut mengikuti reaksi keseluruhan yang sama dalam arah yang berlawanan.pertumbuhan tanaman dapat dikatakan sebagai suatu fungsi dari genotype X lingkungan (internal dan eksternal).bila mana tumbuhan mencapai ukuran dewasa maka terbentuk bunga.1992 Hal : 1) Pertumbuhan dan perkembangan tanaman merupakan proses yang penting dalam kehidupan dan pekembang biakan suatu species. Penghambatan parsial pengambilan O2 didalam cahaya lemah terbukti dibuat peka oleh panjang gelombang yang panjang. Karna bersifat multi sel maka pertumbuhan bukan saja dalm voume tetapi juga pertambahan dalam hal bobot.M.

Pada tumbuhan kelompok 2 pertumbuhan terjadi cukup baik.Hal ini juga dujelaskan dalam literature yaitu Perubahan berat kering.Hal ini dapat dijelaskan karena mungkin pada tanaman yang ditanam pada daerah gelap ini tidak mendapatkan cahaya yang merupakan sumber uatama bagi kehidupan dan pertumbuhan tanaman.dank arena fungsi batang adalah untuk mendapatkan daun didalam iklim cahaya yang cocok dapatlah diharapkan rasio berat daun (LWR) menjadi sama variasinya.Proses differensiasi seringkali dianggap pertumbuhan.factor-faktor tanah namun tidak peka terhadap intensitas cahaya.hasil asimilasi.PEMBAHASAN Pada biji kelompok satu dapat dikatakan bahwa volume air dalam sel berkurang pada saat pengovenan selama 48 menit sebanyak 0.LWR hanya peka terhadap perubahan temperature.Sebab untuk sebagian besar tanaman hijauan.Bukti keadaan ini memanglah belum jelas.rasio akar terhadap bagian pucuk tanaman cenderung sangat besar.Bukti keadaan ini memanglah belum jelas.dank arena fungsi batang adalah untuk mendapatkan daun didalam iklim cahaya yang cocok dapatlah diharapkan rasio berat daun (LWR) menjadi sama variasinya. Misalnya cahaya matahari dan kelembaban yang baik untuk menunjang factor tumbuh.(Fitter A. Dari leteratur diatas dapat kita simpulkan bahwa factor cahaya sangat penting dalam proses pertumbuhan pada tanaman.tergantung pada tersedianya merisitem.dan dari 20 biji kacang hijau yang di tanam semuanya dapat di panen. Rasio berat akar terhadap berat pucuk tanaman sangat mudah bersifat plastis.panjang .Hal ini dapat di jelaskan karena pada tumbuhan kelompok 2 ini mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkannya untuk hidup. Sedangkan pada tumbuhan kelompok 3 tumbuhan yang dapat dipanen hanya 16 dari 20 bibit yang ditanam.serta lingkungan yang mendukung. Pertumbuhan itu lebih mudah digambarkan dari pada di defenisikan. Rasio berat akar terhadap berat pucuk tanaman sangat mudah bersifat plastis.air yang berada di dalam sel menguap dan di lepaskan.Sebab untuk sebagian besar tanaman hijauan.iradiasi total harian atau susunan spectrum radiasi.H 1994) B.Kedua proses ini memerlukan sintesis protein dan merupakan proses yang tidak dapat berbalik.LWR hanya peka terhadap perubahan temperature.Sedangkan pada pengurangan berat basah yang menjadi berat kering saat bproses pengovenan ini terjadi karena pelepasan air dalam sel tumbuhan akibat dari adanya suhu tinggi.pertumbuhan tanaman dapat dikatakan sebagai suatu fungsi dari genotype X lingkungan (internal dan eksternal). Secara empiris.panjang siang hari. Pertumbuhan tanaman memerlukan proses differensiasi. Hal ini sesuai dengan literature yang menatakan bahwa Pertumbuhan dan perkembangan tanaman merupakan proses yang penting dalam kehidupan dan pekembang biakan suatu species.Perubahan berat kering.hormone dan substansi pertumbuhan lainnya.Pertumbuhan berarti pembelahan sel dan pembesaran sel.rasio akar terhadap bagian pucuk tanaman cenderung sangat besar.daun merupakan komponen yang besar dari bagian pucuk tanaman.pada tanaman-tanaman yang cukup di tanam di tanah yang tidak subur.pada tanaman-tanaman yang cukup di tanam di tanah yang tidak subur.Hal ini menandakan bahwa pada saat proses pengovenan.Pertumbuhan dan perkembangan berlangsung secara terus-menerus sepanjang daur hidup.7 gr.daun merupakan komponen yang besar dari bagian pucuk tanaman.

batang kukuh. yang mana dikatakan dalam literature yaitu Pengamatan tingkat respirasi selama fotosintesis memerlukan penguatan teknik-teknik isotop kerena kedua proses tersebut mengikuti reaksi keseluruhan yang sama dalam arah yang berlawanan.siang hari. pertumbuhan tanaman mengalami etiolasi yang ditandai dengan pertumbuhan yang abnormal (lebih panjang). terjadi Etiolasi (pertumbuhan yang cepat di tempat gelap).Didalam pencahayaan lemah penganbilan O2 lebih lemah dan lambat dari pada didalam gelap.blogspot.factor-faktor tanah namun tidak peka terhadap intensitas cahaya.daun tidak berkembang. K e s i m p u l a n : Setelah diteliti. Sebaliknya. http://ritacuitcuit. Pada keadaan gelap. Alasannya.iradiasi total harian 2atau susunan spectrum radiasi.com/2011/02/laporan-fistum-perkecambahan-dalam. daun berkembang sempurna danberwarna hijau. http://www.html Analisis/Pembahasan : Cahaya mutlak diperlukan dalam proses fotosintesis.H 1994) Selain dari factor tersebut diatas ada tidaknya cahaya yang mengiringi proses pertumbuhan tanaman dapat juga berpengaruh terhapad penyerapan O2. dan batang tidak kukuh.scribd.com/doc/29149031/Praktikum-Kecambah .(Fitter A.Digunakan dalam fase gas untuk memantau pengambilan respirasi. pucat. dalam keadaant erang tumbuhan lebih pendek. Cahaya secara langsungberp engaruh terhadap pertumbuhan setiap tanaman. pada intensitas tinggi ia akan naik dan dapat melebihi kecepatan didalam gelap 3-4 kalu dengan penyesuaian kembali di dalam ~ 1 menit.Penghambatan parsial pengambilan O2 didalam cahaya lemah terbukti dibuat peka oleh panjang gelombang yang panjang.Dipihak lain cahaya gelombang pendek yang paling efektif didalam evolusi secara fotosintesis membuat peka pengambilan oksigen yang meningkat di dalam cahaya kuat. Pengaruh cahaya secaralangsung d apat diamati dengan membandingkan tanaman yang tumbuh dalamkeadaan gelap dan terang.Ini dianggap berasal dari operasi siklis system yang menghasilkan ATP yang bisa diduga membatasi ADP yang tersebia untuk fosforilasi ini menghambat proses respirasi terakhir. ternyata perkecambahan biji Kacang Hijau lebih cepat di daerahgelap.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful