Definisi/Pengertian Antropologi, Objek, Tujuan, Dan Cabang Ilmu Antropologi

Thu, 17/04/2008 - 3:02am — godam64 Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya. Antropologi adalah istilah kata bahasa Yunani yang berasal dari kata anthropos dan logos. Anthropos berarti manusia dan logos memiliki arti cerita atau kata. Objek dari antropologi adalah manusia di dalam masyarakat suku bangsa, kebudayaan dan prilakunya. Ilmu pengetahuan antropologi memiliki tujuan untuk mempelajari manusia dalam bermasyarakat suku bangsa, berperilaku dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri. Macam-Macam Jenis Cabang Disiplin Ilmu Anak Turunan Antropologi : A. Antropologi Fisik 1. Paleoantrologi adalah ilmu yang mempelajari asal usul manusia dan evolusi manusia dengan meneliti fosil-fosil. 2. Somatologi adalah ilmu yang mempelajari keberagaman ras manusia dengna mengamati ciriciri fisik. B. Antropologi Budaya 1. Prehistori adalah ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan budaya manusia mengenal tulisan. 2. Etnolinguistik antrologi adalah ilmu yang mempelajari suku-suku bangsa yang ada di dunia / bumi. 3. Etnologi adalah ilmu yang mempelajari asas kebudayaan manusia di dalam kehidupan masyarakat suku bangsa di seluruh dunia. 4. Etnopsikologi adalah ilmu yang mempelajari kepribadian bangsa serta peranan individu pada bangsa dalam proses perubahan adat istiadat dan nilai universal dengan berpegang pada konsep psikologi. Di samping itu ada pula cabang ilmu antropologi terapan dan antropologi spesialisasi. Antropology spesialisasi contohnya seperti antropologi politik, antropologi kesehatan, antropologi ekonomi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa.

Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya.

Pengertian Anthropology
Anthropologi berasal dari kata Yunani άνθρωπος (baca: anthropos) yang berarti "manusia" atau "orang", dan logos yang berarti "wacana" (dalam pengertian "bernalar", "berakal"). Anthropologi mempelajari manusia sebagai makhluk biologis sekaligus makhluk sosial. Anthropologi memiliki dua sisi holistik dimana meneliti manusia pada tiap waktu dan tiap dimensi kemanusiaannya. Arus utama inilah yang secara tradisional memisahkan anthropologi dari disiplin ilmu kemanusiaan lainnya yang menekankan pada perbandingan/perbedaan budaya antar manusia. Walaupun begitu sisi ini banyak diperdebatkan dan menjadi kontroversi sehingga metode anthropologi sekarang seringkali dilakukan pada pemusatan penelitian pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal.
[sunting] Definisi Anthropologi menurut para ahli

 

William A. Havilland: Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia. David Hunter: anthropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia. Koentjaraningrat: Anthropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.

Dari definisi-definisi tersebut, dapat disusun pengertian sederhana anthropologi, yaitu sebuah ilmu yang mempelajari tentang segala aspek dari manusia, yang terdiri dari aspek fisik dan nonfisik berupa warna kulit, bentuk rambut, bentuk mata, kebudayaan, aspek politik, dan berbagai pengetahuan tentang corak kehidupan lainnya yang bermanfaat. Secara garis besar antropologi antropologi memiliki cabang-cabang ilmu yang terdiri dari: A. Anthropologi Fisik 1. Paleoantropologi adalah ilmu yang mempelajari asal usul manusia dan evolusi manusia dengan meneliti fosil-fosil. 2. Somatologi adalah ilmu yang mempelajari keberagaman ras manusia dengan mengamati ciri-ciri fisik. B. Anthropologi Sosial dan Budaya 1. Prehistori adalah ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan semua kebudayaan manusia di bumi sebelum manusia mengenal tulisan. 2. Etnolinguistik antropologi adalah ilmu yang mempelajari pelukisan tentang ciri dan tata bahasa dan beratus-ratus bahasa suku-suku bangsa yang ada di dunia / bumi. 3. Etnologi adalah ilmu yang mempelajari asas kebudayaan manusia di dalam kehidupan masyarakat suku bangsa di seluruh dunia. 4.

[sunting] Sejarah Seperti halnya sosiologi. Kisah-kisah petualangan dan penemuan mereka kemudian mereka catat di buku harian ataupun jurnal perjalanan. Bahan etnografi itu menarik perhatian pelajar-pelajar di Eropa. antropologi sebagai sebuah ilmu juga mengalami tahapan-tahapan dalam perkembangannya. menjadi sangat besar. pada permulaan abad ke-19 perhatian bangsa Eropa terhadap bahan-bahan etnografi suku luar Eropa dari sudut pandang ilmiah. kebudayaan.Etnopsikologi adalah ilmu yang mempelajari kepribadian bangsa serta peranan individu pada bangsa dalam proses perubahan adat istiadat dan nilai universal dengan berpegang pada konsep psikologi. Mulai dari Afrika. Amerika. Mulai dari ciri-ciri fisik. sebagai bahan kajian Antropologi. Karena itu. hingga ke Australia. dan menganggap Eropa sebagai bangsa yang tinggi kebudayaannya . Asia. Bahan-bahan yang berisi tentang deskripsi suku asing tersebut kemudian dikenal dengan bahan etnografi atau deskripsi tentang bangsa-bangsa. atau bahasa dari suku tersebut. bangsa-bangsa di Eropa mulai berlomba-lomba untuk menjelajahi dunia. susunan masyarakat. Sekitar abad ke-15-16. [sunting] Fase Kedua (tahun 1800-an) Pada fase ini. Koentjaraninggrat menyusun perkembangan ilmu Antropologi menjadi empat fase sebagai berikut: [sunting] Fase Pertama (Sebelum tahun 1800-an) Manusia dan kebudayaannya. bahan-bahan etnografi tersebut telah disusun menjadi karangan-karangan berdasarkan cara berpikir evolusi masyarakat pada saat itu. timbul usaha-usaha untuk mengintegrasikan seluruh himpunan bahan etnografi. masyarakat dan kebudayaan berevolusi secara perlahan-lahan dan dalam jangka waktu yang lama. Dalam penjelajahannya mereka banyak menemukan hal-hal baru. Mereka menganggap bangsa-bangsa selain Eropa sebagai bangsa-bangsa primitif yang tertinggal. Mereka juga banyak menjumpai suku-suku yang asing bagi mereka. Mereka mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan suku-suku asing tersebut. Kemudian.

Dalam rangka membangun koloni-koloni tersebut. Untuk itulah mereka mulai mempelajari bahan-bahan etnografi tentang sukusuku bangsa di luar Eropa. mempelajari kebudayaan dan kebiasaannya. pemberontakan-pemberontakan. cuaca yang kurang cocok bagi bangsa Eropa serta hambatan-hambatan lain. mereka mempelajari masyarakat dan kebudayaan primitif dengan maksud untuk memperoleh pemahaman tentang tingkat-tingkat sejarah penyebaran kebudayaan manusia. negara-negara di Eropa berlomba-lomba membangun koloni di benua lain seperti Asia. Sebagian dari bangsa-bangsa tersebut berhasil mereka. . Kebudayaan-kebudayaan suku bangsa asli yang di jajah bangsa Eropa. Walaupun banyak definisi tentang sosiologi namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Dalam menghadapinya. kesenjangan sosial. Proses-proses perubahan tersebut menyebabkan perhatian ilmu antropologi tidak lagi ditujukan kepada penduduk pedesaan di luar Eropa. Australia dan Afrika. sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum. Perang Dunia II. teman sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan.Pada fase ini. Ungkapan ini dipublikasikan diungkapkan pertama kalinya dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive" karangan August Comte (1798-1857). untuk kepentingan pemerintah kolonial.[rujukan?] Sebagai sebuah ilmu. pemerintahan kolonial negara Eropa berusaha mencari-cari kelemahan suku asli untuk kemudian menaklukannya. Antropologi berkembang secara pesat. [sunting] Fase Keempat (setelah tahun 1930-an) Pada fase ini. muncul berbagai kendala seperti serangan dari bangsa asli. dan kesengsaraan yang tak berujung. Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan. [sunting] Fase Ketiga (awal abad ke-20) Pada fase ini. Namun pada saat itu juga. muncul semangat nasionalisme bangsa-bangsa yang dijajah Eropa untuk keluar dari belenggu penjajahan. Perang ini membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia dan membawa sebagian besar negara-negara di dunia kepada kehancuran total. Namun banyak masyarakatnya yang masih memendam dendam terhadap bangsa Eropa yang telah menjajah mereka selama bertahun-tahun. Antopologi bertujuan akademis. dan memiliki budaya. dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat. tetapi juga kepada suku bangsa di daerah pedalaman Eropa seperti suku bangsa Soami. Kehancuran itu menghasilkan kemiskinan. Pada masa ini pula terjadi sebuah perang besar di Eropa. perilaku masyarakat. Amerika. mulai hilang akibat terpengaruh kebudayaan bangsa Eropa. Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan. memiliki kepentingan bersama. Flam dan Lapp.

[rujukan?] Masing-masing berjasa besar menyumbangkan beragam pendekatan mempelajari masyarakat yang amat berguna untuk perkembangan Sosiologi.[rujukan?] Sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari tentang masyarakat lahir di Eropa karena ilmuwan Eropa pada abad ke-19 mulai menyadari perlunya secara khusus mempelajari kondisi dan perubahan sosial. tampak dari tampilnya sejumlah ilmuwan besar di bidang sosiologi. Karl Marx. kepercayaan. . yang memahami masyarakat seperti tubuh manusia.      1842: Istilah Sosiologi sebagai cabang Ilmu Sosial dicetuskan pertama kali oleh ilmuwan Perancis.[rujukan?] Para ilmuwan itu kemudian berupaya membangun suatu teori sosial berdasarkan ciri-ciri hakiki masyarakat pada tiap tahap peradaban manusia. bernama August Comte tahun 1842 dan kemudian dikenal sebagai Bapak Sosiologi. tujuan. dimana perhatian dipusatkan pada hukum-hukum statis yang menjadi dasar adanya masyarakat dan sosiologi dinamis dimana perhatian dipusatkan tentang perkembangan masyarakat dalam arti pembangunan. Ferdinand Tönnies. 1876: Di Inggris Herbert Spencer mempublikasikan Sosiology dan memperkenalkan pendekatan analogi organik. dan sikap yang menjadi penuntun perilaku manusia. Georg Simmel. Rintisan Comte tersebut disambut hangat oleh masyarakat luas.[rujukan?] Mereka antara lain Herbert Spencer. Karl Marx memperkenalkan pendekatan materialisme dialektis. yang berupaya menelusuri nilai.[rujukan?] Emile memperkenalkan pendekatan fungsionalisme yang berupaya menelusuri fungsi berbagai elemen sosial sebagai pengikat sekaligus pemelihara keteraturan sosial. Max Weber. Emile Durkheim.Sejarah istilah sosiologi Potret Auguste Comte. dan Pitirim Sorokin(semuanya berasal dari Eropa). yang menganggap konflik antarkelas sosial menjadi intisari perubahan dan perkembangan masyarakat.[rujukan?] Comte membedakan antara sosiologi statis. sebagai suatu organisasi yang terdiri atas bagian-bagian yang tergantung satu sama lain. Max Weber memperkenalkan pendekatan verstehen (pemahaman).[rujukan?] Émile Durkheim — ilmuwan sosial Perancis — berhasil melembagakan Sosiologi sebagai disiplin akademis.

yang pemecahannya menuntut kajian lebih luas lagi. sosiologi sebagai ilmu mempunyai ciri-ciri. dan bersikap hormat kepada guru. merupakan tindakan sosial. Alat untuk melakukan khayalan sosiologis adalah persmasalahan (troubles) dan isu (issues). 3. 4. maka pengangguran itu adalah masalah. 2.[1] .[rujukan?] Contoh.[rujukan?] Menurut Wright Mills. dan hubungan antara keduanya. Realitas sosial adalah penungkapan tabir menjadi suatu realitas yang tidak terduga oleh sosiolog dengan mengikuti aturan-aturan ilmiah dan melakukan pembuktian secara ilmiah dan objektif dengan pengendalian prasangka pribadi. [sunting] Pokok bahasan sosiologi Pokok bahasan sosiolgi ada empat: 1. berpikir. Ward mempublikasikan Dynamic Sosiology. Tindakan sosial sebagai tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain. riwayat hidup pribadi. dengan khayalan sosiologi. [sunting] Ciri-Ciri dan Hakikat Sosiologi Sosiologi merupakan salah satu bidang ilmu sosial yang mempelajari masyarakat. maka pengangguran tersebut merupakan isu. sebagai berikut. Permasalahan pribadi individu merupakan ancaman terhadap nilai-nilai pribadi. Menurut Harry M. berpikir. Sosiologi sebagai ilmu telah memenuhi semua unsur ilmu pengetahuan. Khayalan sosiologis sebagai cara untuk memahami apa yang terjadi di masyarakat maupun yang ada dalam diri manusia. menggunakan seragam. Kewajiban-kewajiban tersebut dituangkan ke dalam sebuah aturan dan memiliki sanksi tertentu jika dilanggar. Fakta sosial sebagai cara bertindak. di sekolah seorang murid diwajidkan untuk datang tepat waktu. Isu merupakan hal yang ada di luar jangkauan kehidupan pribadi individu. Contoh. Masalah individual ini pemecahannya bisa lewat peningkatan keterampilan pribadi. dan pengamatan tabir secara jeli serta menghindari penilaian normatif. yang bersifat memaksa dan mengendalikan individu (murid). tetapi menanam bunga untuk diikutsertakan dalam sebuah lomba sehingga mendapat perhatian orang lain.[rujukan?] Contoh. Di Amerika Lester F. menanam bunga untuk kesenangan pribadi bukan merupakan tindakan sosial. dan berperasaan yang berada di luar individu dan mempunya kekuatan memaksa dan mengendalikan individu tersebut. Sementara jika di kota tersebut ada 12 juta penduduk yang menganggur dari 18 juta jiwa yang ada. Dari contoh tersebut bisa dilihat adanya cara bertindak. yang dikutip oleh Soerjono Soekanto. dan berperasaan yang ada di luar individu (sekolah). jika suatu daerah hanya memiliki satu orang yang menganggur. Johnson. kita mampu memahami sejarah masyarakat.

yaitu pembahasan suatu masalah tidak mempersoalkan baik atau buruk masalah tersebut. artinya sosiologi mempunyai gejala-gejala umum yang ada pada interaksi antara manusia. tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secara mendalam. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan umum.[3]  Objek Material . kemudian diperbaiki. sifat. dan abstraksi tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis dan bertujuan menjalankan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori. bentuk. Artinya yang menjadi perhatian adalah bentuk dan pola peristiwa dalam masyarakat secara menyeluruh. Sosiologi termasuk disiplin ilmu normatif. Komulatif. bukan hanya peristiwa itu sendiri. yaitu disusun atas dasar teori-teori yang sudah ada. Teoritis. Sosiologi bertujuan menghasilkan pengertian dan pola-pola umum. hakikat. Nonetis. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan abstrak dan bukan ilmu pengetahuan konkret. Sosiologi termasuk ilmu pengetahuan murni (pure science) dan ilmu pengetahuan terapan. Hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan sebagai berikut. bukan merupakan disiplin ilmu kategori yang membatasi diri pada kejadian saat ini dan bukan apa yang terjadi atau seharusnya terjadi. yaitu selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan. diperluas sehingga memperkuat teori-teori yang lama.antara lain:  Untuk pembangunan Sosiologi berguna untuk memberikan data-data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan. serta mencari prinsip-prinsip dan hukum-hukum umum dari interaksi manusia. dan struktur masyarakat manusia. Hal ini menyangkut metode yang digunakan. yaitu didasarkan pada observasi dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulasi (menduga-duga). pelaksanaan maupun penilaian pembangunan  Untuk penelitian Tanpa penelitian dan penyelidikan sosiologis tidak akan diperoleh perencanaan sosial yang efektif atau pemecahan masalah-masalah sosial dengan baik [sunting] Objek Sosiologi Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai beberapa objek.    Empiris. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang empiris dan rasional.[2]        Sosiologi adalah ilmu sosial karena yang dipelajari adalah gejala-gejala kemasyarakatan. isi. [sunting] Kegunaan Sosiologi Kegunaan Sosiologi dalam masyarakat.

 Objek budaya Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain. Persoalan sejarah yaitu berhubungan dengan catatan kronologis.[5] Hal ini dikarenakan ruang lingkup sosiologi mencakup semua interaksi sosial yang berlangsung antara individu dengan individu. sepanjang kejadian itu memberikan keterangan beserta uraian proses berlangsungnya hidup kelompok-kelompok. Hampir semua gejala sosial yang terjadi di desa maupun di kota baik individu ataupun kelompok. merupakan ruang kajian yang cocok bagi sosiologi. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri. dan sebagainya. misalnya antara lain:[6]    Ekonomi beserta kegiatan usahanya secara prinsipil yang berhubungan dengan produksi. Sebagai contoh. Ruang lingkup kajian sosiologi tersebut jika dirincikan menjadi beberapa hal. [sunting] Ruang Lingkup Kajian Sosiologi Sebagai ilmu pengetahuan.dan penggunaan sumber-sumber kekayaan alam. individu dengan kelompok.  Objek Formal Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. sepanjang kenyataan yang ada dalam kehidupan manusia dan dapat memengaruhi pengalaman yang dirasakan . sosiologi mengkaji lebih mendalam pada bidangnya dengan cara bervariasi. mulai kapan remaja tersebut berperilaku nakal.dan banyak juga hal-hal ataupaun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial. Ruang lingkup kajian sosiologi lebih luas dari ilmu sosial lainnya. Masalah manajemen yaitu pihak-pihak yang membuat kajian.[4] Misalnya seorang sosiolog mengkaji dan mengamati kenakalan remaja di Indonesia saat ini. faktor-faktor. misalnya usaha kegiatan manusia beserta prestasinya yang tercatat. riwayat suatu negara dapat dipelajari dengan mengungkapkan latar belakang terbentuknya suatu negara. berkaitan dengan apa yang dialami warganya. serta kelompok dengan kelompok di lingkugan masyarakat. Dengan demikian sosiologi dapat dihubungkan dengan kejadian sejarah. atau beberapa peristiwa dalam perjalanan sejarah dari kelompok manusia. asalkan menggunakan prosedur ilmiah. sampai memberikan alternatif pemecahan masalah tersebut. prinsip-prinsip suatu negara sampai perjalanan negara di masa yang akan datang.  Objek Agama Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat. distribusi. Sosiologi mempertumbuhkan semua lingkungan dan kebiasaan manusia. mereka akan mengkaji mengapa remaja tersebut nakal. Sosiologi menggabungkan data dari berbagai ilmu pengetahuan sebagai dasar penelitiannya.

turut berpengaruh terhadap pandangan mengenai perubahan masyarakat. Hal ini terlihat dengan jelas terutama dalam revolusi Amerika. Plato dan Aristoteles beranggapan bahwa manusia terbentuk begitu saja. . Para ilmuwan tergugah. Pendapat itu kemudian ditegaskan lagi oleh para pemikir di abad pertengahan. Ibnu Sina. revolusi industri. Selama kelompok itu ada. Dengan cepat struktur masyarakat lama berganti dengan struktur yang lebih baru. Banyak kerajaan-kerajaan besar di Eropa yang jatuh dan terpecah. Tanpa ada yang bisa mencegah. [sunting] Pengaruh perubahan yang terjadi di abad pencerahan Perubahan-perubahan besar di abad pencerahan. kini harus memimpin berdasarkan undang-undang yang di tetapkan. masalah. Para ahli di zaman itu berpendapat bahwa pandangan mengenai perubahan masyarakat harus berpedoman pada akal budi manusia. cara-cara. serta proses dalam kelompoknya. disetarakan haknya dengan rakyat jelata. [sunting] Gejolak abad revolusi Perubahan yang terjadi akibat revolusi benar-benar mencengangkan. [sunting] Perkembangan sosiologi dari abad ke abad [sunting] Perkembangan pada abad pencerahan Banyak ilmuwan-ilmuwan besar pada zaman dahulu.manusia. manusia tidak bisa mengetahui. apalagi menentukan apa yang akan terjadi dengan masyarakatnya. Pertanyaan dan pertanggungjawaban ilmiah tentang perubahan masyarakat belum terpikirkan pada masa ini. Gejolak-gejolak yang diakibatkan oleh ketiga revolusi ini terasa pengaruhnya di seluruh dunia. dan revolusi Perancis. dan Thomas Aquinas. masyarakat mengalami perkembangan dan kemunduran. ciri-ciri ilmiah mulai tampak di abad ini. maka selama itu pula akan terlihat bentuk-bentuk. Semua faktor tersebut dapat memengaruhi hubungan antara manusia dan berpengaruh terhadap analisis sosiologi. mereka mulai menyadari pentingnya menganalisis perubahan dalam masyarakat. Struktur masyarakat yang sudah berlaku ratusan tahun rusak. Raja yang semula berkuasa penuh. seperti Agustinus. Berkembangnya ilmu pengetahuan di abad pencerahan (sekitar abad ke-17 M). mekanisme. Mereka berpendapat bahwa sebagai makhluk hidup yang fana. dan perkembangan sifat kelompok tersebut. Bangasawan dan kaum Rohaniwan yang semula bergemilang harta dan kekuasaan. terus berkembang secara revolusioner sapanjang abad ke-18 M. seperti Sokrates. standar.

Maka lahirlah sosiologi modern. Harus dicari metode ilmiah yang jelas agar dapat menjadi alat bantu untuk menjelaskan perubahan dalam masyarakat dengan bukti-bukti yang kuat serta masuk akal. [sunting] Kelahiran sosiologi modern Sosiologi modern tumbuh pesat di benua Amerika. gelombang besar imigran berdatangan ke Amerika Utara. perubahan besar masyarakat pun tak terelakkan. Artinya :    Perubahan masyarakat bukan merupakan nasib yang harus diterima begitu saja. tepatnya di Amerika Serikat dan Kanada. Bencana itu dapat dicegah sekiranya perubahan masyarakat sudah diantisipasi secara dini. . Mereka telah menyakikan betapa perubahan masyarakat yang besar telah membawa banyak korban berupa perang. perubahan masyarakat sudah dapat diantisipasi sebelumnya sehingga krisis sosial yang parah dapat dicegah. dan perumusan teori berdasarkan pembuktian). Konsekuensi gejolak sosial itu. munculnya kota-kota industri baru. pemberontakan dan kerusuhan. Perubahan drastis yang terjadi semasa abad revolusi menguatkan pandangan betapa perlunya penjelasan rasional terhadap perubahan besar dalam masyarakat.Revolusi Perancis berhasil mengubah struktur masyarakat feodal ke masyarakat yang bebas Gejolak abad revolusi itu mulai menggugah para ilmuwan pada pemikiran bahwa perubahan masyarakat harus dapat dianalisis. melainkan dapat diketahui penyebab dan akibatnya. untuk sampai pada kesadaran bahwa pendekatan sosiologi lama ala Eropa tidak relevan lagi. Mengapa bukan di Eropa? (yang notabene merupakan tempat dimana sosiologi muncul pertama kalinya). Mereka berupaya menemukan pendekatan baru yang sesuai dengan kondisi masyarakat pada saat itu. bertambahnya kriminalitas dan lain lain. Perubahan masyarakat itu menggugah para ilmuwan sosial untuk berpikir keras. Pada permulaan abad ke-20. kemiskinan. Gejala itu berakibat pesatnya pertumbuhan penduduk. penjelasan yang teliti. Dengan metode ilmiah yang tepat (penelitian berulang kali.

[1] Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit. pendekatan sosiologi modern cenderung mikro (lebih sering disebut pendekatan empiris). adat istiadat. perubahan masyarakat dapat dipelajari mulai dari fakta sosial demi fakta sosial yang muncul. perkakas. yang berasal dari kata Latin Colere. Artinya. dan karya seni. Dengan demikian. Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah. kebudayaan disebut culture. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia. Berdasarkan fakta sosial itu dapat ditarik kesimpulan perubahan masyarakat secara menyeluruh.[1] Bahasa.Berkebalikan dengan pendapat sebelumnya. pakaian. yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia. membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. bangunan. budaya bersifat kompleks. [sunting] Pengertian kebudayaan . sebagaimana juga budaya. yaitu mengolah atau mengerjakan. abstrak. bahasa.[1] Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. Definisi Budaya Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Dalam bahasa Inggris. Sejak saat itulah disadari betapa pentingnya penelitian (research) dalam sosiologi."Citra yang memaksa" itu mengambil bentuk-bentuk berbeda dalam berbagai budaya seperti "individualisme kasar" di Amerika. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. dan luas. "keselarasan individu dengan alam" d Jepang dan "kepatuhan kolektif" di Cina. Citra budaya yang bersifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkan dunia makna dan nilai logis yang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka. budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya.[2] Beberapa alasan mengapa orang mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain terlihat dalam definisi budaya: Budaya adalah suatu perangkat rumit nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra yang mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. termasuk sistem agama dan politik.

yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat. yang di dalamnya terkandung pengetahuan. religi. religius. rasa. kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial. tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat. seni. bahasa. organisasi sosial. dan lain-lain. antara lain sebagai berikut: 1. kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks. Menurut Edward Burnett Tylor. Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi: o sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya o organisasi ekonomi o alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama) o organisasi kekuatan (politik) . dan lain-lain. yaitu: o alat-alat teknologi o sistem ekonomi o keluarga o kekuasaan politik 2. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya. hukum. kebudayaan adalah sarana hasil karya. moral. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi. kepercayaan. peralatan hidup. berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok. Melville J. sehingga dalam kehidupan sehari-hari.norma sosial. Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain. kesenian. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. dan cipta masyarakat. Menurut Andreas Eppink. Melville J. adat istiadat. yang kemudian disebut sebagai superorganic. misalnya polapola perilaku. kebudayaan itu bersifat abstrak. ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial. Dari berbagai definisi tersebut. dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. [sunting] Unsur-Unsur Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan.

[sunting] Wujud dan komponen [sunting] Wujud Menurut J. aktivitas. peraturan. nilainilai. dan didokumentasikan. dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba. cerita rakyat. Hoenigman. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia. Sifatnya konkret. Kebudayaan nonmaterial Kebudayaan nonmaterial adalah ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi. stadion olahraga. pesawat terbang. Kebudayaan material juga mencakup barang-barang. maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut. mengadakan kontak. terjadi dalam kehidupan sehari-hari. perhisalan. dan mesin cuci. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. perbuatan. dan lagu atau tarian tradisional. Sifatnya paling konkret di antara ketiga wujud kebudayaan. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. menurut ahli atropologi Cateora. yaitu :  Kebudayaan material Kebudayaan material mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata. dan sebagainya yang sifatnya abstrak. pakaian. tidak dapat diraba atau disentuh. Lembaga social Lembaga social dan pendidikan memberikan peran yang banyak dalam kontek berhubungan dan   . senjata. dan seterusnya. gagasan. norma-norma.  Gagasan (Wujud ideal) Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi. Budaya memiliki beberapa elemen atau komponen. dan artefak. misalnya berupa dongeng. konkret. dilihat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan. Aktivitas (tindakan) Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat. gedung pencakar langit. Termasuk dalam kebudayaan material ini adalah temuan-temuan yang dihasilkan dari suatu penggalian arkeologi: mangkuk tanah liat.J. Artefak (karya) Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas.   [sunting] Komponen Berdasarkan wujudnya tersebut. dan dapat diamati dan didokumentasikan. seperti televisi. wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan.

Bahasa Bahasa merupakan alat pengatar dalam berkomunikasi. Estetika Berhubungan dengan seni dan kesenian. music. bahasa untuk setiap walayah. serta memelihara segala peralatan dan perlengkapan. Jadi keunikan dan kekomplekan bahasa ini harus dipelajari dan dipahami agar komunikasi lebih baik dan efektif dengan memperoleh nilai empati dan simpati dari orang lain. setiap akan membangu bagunan jenis apa saj harus meletakan janur kuning dan buah – buahan. sebagai symbol yang arti disetiap derah berbeda. wajar seorang wanita memilik karier Sistem kepercayaan Bagaimana masyarakat mengembangkan dan membangun system kepercayaan atau keyakinan terhadap sesuatu. hikayat. drama dan tari –tarian. dongeng. Bahasa memiliki sidat unik dan komplek. Teknologi menyangkut cara-cara atau teknik memproduksi. Tetapi di kota besar seperti Jakarta jarang mungkin tidak terlihat masyarakatnya menggunakan cara tersebut. bagaimana memandang hidup dan kehidupan. memakai. hal ini akan mempengaruhi system penilaian yang ada dalam masyarakat. Seperti di Indonesia setiap masyarakatnya memiliki nilai estetika sendiri. Nilai estetika ini perlu dipahami dalam segala peran. Teknologi muncul dalam cara-cara manusia mengorganisasikan . Misalkan di beberapa wilayah dan bersifat kedaerah. cerita. Sistem social yang terbantuk dalam suatu Negara akan menjadi dasar dan konsep yang berlaku pada tatanan social masyarakat. sampai dengan cara bagaimana berkomunikasi. Contoh Di Indonesia pada kota dan desa dibeberapa wilayah.   berkomunikasi di alam masyarakat. bagian dan Negara memiliki perbedaan yang sangat komplek. yang hanya dapat dimengerti oleh pengguna bahasa tersebu. Dalam ilmu komunikasi bahasa merupakan komponen komunikasi yang sulit dipahami. cara mereka berkonsumsi. [sunting] Hubungan Antara Unsur-Unsur Kebudayaan Komponen-komponen atau unsur-unsur utama dari kebudayaan antara lain: [sunting] Peralatan dan perlengkapan hidup (teknologi) Teknologi merupakan salah satu komponen kebudayaan. Sistem keyakinan ini akan mempengaruhi dalam kebiasaan. agar pesan yang akan kita sampaikan dapat mencapai tujuan dan efektif. Tetapi di kota – kota besar hal tersebut terbalik. wanita tidak perlu sekolah yang tinggi apalagi bekerja pada satu instansi atau perusahaan. yang berlaku dan berkembang dalam masyarakat.

organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat. ada beberapa macam kelompok kekerabatan dari yang jumlahnya relatif kecil hingga besar seperti keluarga ambilineal. Di masyarakat umum kita juga mengenal kelompok kekerabatan lain seperti keluarga inti. yaitu:         alat-alat produktif senjata wadah alat-alat menyalakan api makanan pakaian tempat berlindung dan perumahan alat-alat transportasi [sunting] Sistem mata pencaharian Perhatian para ilmuwan pada sistem mata pencaharian ini terfokus pada masalah-masalah mata pencaharian tradisional saja. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama. keluarga luas. Masyarakat kecil yang berpindah-pindah atau masyarakat pedesaan yang hidup dari pertanian paling sedikit mengenal delapan macam teknologi tradisional (disebut juga sistem peralatan dan unsur kebudayaan fisik). cucu. manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri. dan keluarga unilateral. keluarga bilateral. anak. klan. bibi. kakak. yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. dan paroh masyarakat. baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum. dalam cara-cara mengekspresikan rasa keindahan. paman. ibu. menantu. Meyer Fortes mengemukakan bahwa sistem kekerabatan suatu masyarakat dapat dipergunakan untuk menggambarkan struktur sosial dari masyarakat yang bersangkutan. nenek dan seterusnya. Dalam kajian sosiologi-antropologi. di antaranya:     Berburu dan meramu Beternak Bercocok tanam di ladang Menangkap ikan [sunting] Sistem kekerabatan dan organisasi sosial Sistem kekerabatan merupakan bagian yang sangat penting dalam struktur sosial. Anggota kekerabatan terdiri atas ayah.masyarakat. kakek. adik. fatri. Sementara itu. Kekerabatan adalah unit-unit sosial yang terdiri dari beberapa keluarga yang memiliki hubungan darah atau hubungan perkawinan. . atau dalam memproduksi hasilhasil kesenian.

pemahaman. baik secara individual maupun hidup bermasyarakat. yang berasar dari bahasa Latin religare. Agama dan sistem kepercayaan lainnya seringkali terintegrasi dengan kebudayaan. Fungsi bahasa secara umum adalah sebagai alat untuk berekspresi. mewujudkan seni (sastra). Kesenian mengacu pada nilai keindahan (estetika) yang berasal dari ekspresi hasrat manusia akan keindahan yang dinikmati dengan mata ataupun telinga. Sedangkan fungsi bahasa secara khusus adalah untuk mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari. dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicaranya atau orang lain. Sehubungan dengan itu. Secara bersamaan. . dan alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial. muncul keyakinan akan adanya penguasa tertinggi dari sistem jagad raya ini. yang juga mengendalikan manusia sebagai salah satu bagian jagad raya. manusia dapat menyesuaikan diri dengan adat istiadat. berkomunikasi. Sebagai makhluk yang mempunyai cita rasa tinggi. tata krama masyarakat. Bahasa memiliki beberapa fungsi yang dapat dibagi menjadi fungsi umum dan fungsi khusus. yang berarti "menambatkan").[sunting] Bahasa Bahasa adalah alat atau perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berhubungan. mempelajari naskah-naskah kuno. [sunting] Sistem Kepercayaan Artikel utama untuk bagian ini adalah: Agama Ada kalanya pengetahuan. tingkah laku. lisan. Melalui bahasa. dan daya tahan fisik manusia dalam menguasai dan mengungkap rahasia-rahasia alam sangat terbatas. manusia tidak dapat dilepaskan dari religi atau sistem kepercayaan kepada penguasa alam semesta. manusia menghasilkan berbagai corak kesenian mulai dari yang sederhana hingga perwujudan kesenian yang kompleks. baik lewat tulisan. ataupun gerakan (bahasa isyarat). dan sekaligus mudah membaurkan dirinya dengan segala bentuk masyarakat. [sunting] Kesenian Karya seni dari peradaban Mesir kuno. dan untuk mengeksploitasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Agama (bahasa Inggris: Religion.

[6] Kristen (Protestan dan Katolik) adalah agama yang banyak mengubah wajah kebudayaan Eropa dalam 1. dan sebagian wilayah Asia Tenggara.[3] Agama biasanya memiliki suatu prinsip. sering dikelompokkan sebagai agama Samawi[4] atau agama Abrahamik. Dictionary of Philosophy and Religion (Kamus Filosofi dan Agama) mendefinisikan Agama sebagai berikut: . seperti Kristen dan Islam. seperti misalnya dalam sistem teokrasi. Pemikiran para filsuf modern pun banyak terpengaruh oleh para filsuf Kristen semacam St. Saat ini terdapat lebih dari 1. adalah agama monotheistik dan salah satu agama tertua yang masih ada sampai sekarang. Terdapat nilai-nilai dan sejarah umat Yahudi yang juga direferensikan dalam agama Abrahamik lainnya..[7] Islam memiliki nilai-nilai dan norma agama yang banyak memengaruhi kebudayaan Timur Tengah dan Afrika Utara.700 tahun terakhir. [sunting] Agama Samawi Tiga agama besar. dan menerima sebuah paket doktrin yang menawarkan hal yang terkait dengan sikap yang harus diambil oleh individu untuk mendapatkan kebahagiaan sejati.[8] [sunting] Agama dan filsafat dari Timur Agni.5 milyar pemeluk agama Islam di dunia. 2. Ketiganya telah memberikan pengaruh yang besar dalam kebudayaan manusia di berbagai belahan dunia. Kristen dan Islam.1 milyar pemeluk agama Kristen di seluruh dunia. seperti "10 Firman" dalam agama Kristen atau "5 rukun Islam" dalam agama Islam. Saat ini diperkirakan terdapat antara 1. yang jika tidak disebut sebagai yang pertama.d. Yahudi. Kadang-kadang agama dilibatkan dalam sistem pemerintahan. sebuah institusi dengan keanggotaan yang diakui dan biasa berkumpul bersama untuk beribadah.5 s. Thomas Aquinas dan Erasmus. dewa api agama Hindu .. Saat ini umat Yahudi berjumlah lebih dari 13 juta jiwa.[5] Ketiga agama tersebut memiliki sejumlah tradisi yang sama namun juga perbedaan-perbedaan yang mendasar dalam inti ajarannya. Yahudi adalah salah satu agama.adalah sebuah unsur kebudayaan yang penting dalam sejarah umat manusia. Agama juga memengaruhi kesenian.

seperti misalnya agama Shinto. Myanmar. Agama Hindu dari India. [9] Gagasan ini berakar dari sebuah keyakinan bahwa Amerika Serikat adalah sebuah "kota di atas bukit" (atau city upon a hill"). agama tradisional menjawab kebutuhan rohani manusia akan ketentraman hati di saat bermasalah.Artikel utama untuk bagian ini adalah: Agama dari timur dan Filosofi Timur Agama dan filosofi seringkali saling terkait satu sama lain pada kebudayaan Asia. Seperti kebanyakan agama lainnya. termasuk Sri Lanka. Mongolia. Mahatma Gandhi memberikan pengertian baru tentang Ahimsa. menekankan untuk mencari kenikmatan di dunia. maupun tradisi filosofi di seluruh Asia. dianut oleh sebagian suku pedalaman di Asia. mungkin bisa dianggap telah menyerap kedalam kebudayaan atau bahkan menjadi agama negara. "cahaya untuk negara-negara" ("a light unto the nations"). Pada abad ke-20. Mereka percaya. China. dua aliran filosofi politik tercipta. tertimpa musibah. Hinduisme adalah sumber dari Buddhisme. Jepang dan Korea dan China selatan sampai Vietnam. pengorbanan. yang dipercayai oleh banyak orang di Amerika Serikat. filosofi komunisme Mao Zedong menjadi sistem kepercayaan sekuler yang sangat kuat di China. tanpa memedulikan status sosial. dan kebulatan tekad. [sunting] Agama tradisional Artikel utama untuk bagian ini adalah: Agama tradisional Agama tradisional. bagian barat laut China.[10] yang . tertimpa musibah dan menyediakan ritual yang ditujukan untuk kebahagiaan manusia itu sendiri. politik. Konghucu dan Taoisme. dan Thailand. Pengaruh bereka cukup besar. cabang Mahāyāna yang menyebar di sepanjang utara dan timur India sampai Tibet. memengaruhi baik religi. di kedua negara berpenduduk paling padat se-Asia. Laos. Agama dan filosofi di Asia kebanyakan berasal dari India dan China. mengajarkan pentingnya elemen nonmateri sementara sebuah pemikiran India lainnya. seseorang dapat mendapatkan kehidupan yang lebih baik. adalah sebuah kepercayaan. Pada periode yang sama. Kamboja. [sunting] "American Dream" American Dream. dan menyebar di sepanjang benua Asia melalui difusi kebudayaan dan migrasi. inti dari kepercayaan Hindu maupun Jaina. Theravāda Buddhisme menyebar di sekitar Asia Tenggara. seni. dua filosofi yang berasal dari Cina. dan memberikan definisi baru tentang konsep antikekerasan dan antiperang. atau kadang-kadang disebut sebagai "agama nenek moyang". Afrika. Carvaka. dan Amerika. melalui kerja keras. atau "mimpi orang Amerika" dalam bahasa Indonesia.

[sunting] Pernikahan Agama sering kali mempengaruhi pernikahan dan perilaku seksual. pengetahuan tentang sifat dan tingkah laku sesama manusia pengetahuan tentang ruang dan waktu [sunting] Perubahan sosial budaya Artikel utama untuk bagian ini adalah: Perubahan sosial budaya . dan orang yang bercerai tidak dapat dinikahkan kembali di gereja. sifat. intuisi. dan harapan-harapan. Sistem pengetahuan tersebut dikelompokkan menjadi:     pengetahuan tentang alam pengetahuan tentang tumbuh-tumbuhan dan hewan di sekitarnya pengetahuan tentang tubuh manusia. Umat Kristen juga melihat hubungan antara Yesus Kristus dengan gerejanya. Sementara Agama Islam memandang pernikahan sebagai suatu kewajiban. atau percobaan-percobaan yang bersifat empiris (trial and error). dan berpikir menurut logika. Islam menganjurkan untuk tidak melakukan perceraian. Mereka memperoleh pengetahuan melalui pengalaman. wahyu. keadaan. gereja biasanya memasukkan acara pengucapan janji pernikahan di hadapan tamu. Gereja Katolik Roma mempercayai bahwa sebuah perceraian adalah salah. Pengetahuan dimiliki oleh semua suku bangsa di dunia. pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui manusia tentang benda. [sunting] Sistem ilmu dan pengetahuan Secara sederhana. sebagai bukti bahwa komunitas tersebut menerima pernikahan mereka. namun memperbolehkannya. Kebanyakan gereja Kristen memberikan pemberkatan kepada pasangan yang menikah.memiliki nilai dan kekayaan yang telah ada sejak kedatangan para penjelajah Eropa sampai generasi berikutnya.

dan kemudian memancing inovasi-inovasi baru lainnya dalam kebudayaan. tekanan kerja dalam masyarakat 2. Penyebaran kebudayaan secara damai akan menghasilkan Akulturasi. Contohnya. Ada tiga faktor yang dapat memengaruhi perubahan sosial: 1. Perubahan sosial budaya adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Sedangkan Sintesis adalah bercampurnya dua kebudayaan yang berakibat pada terbentuknya sebuah kebudayaan baru yang sangat berbeda dengan kebudayaan asli. Penetrasi kekerasan (penetration violante) . atau Sintesis. masuknya pengaruh kebudayaan Hindu dan Islam ke Indonesia[rujukan?]. Asimilasi. bentuk bangunan Candi Borobudur yang merupakan perpaduan antara kebudayaan asli Indonesia dan kebudayaan India. berakhirnya zaman es berujung pada ditemukannya sistem pertanian. Akulturasi adalah bersatunya dua kebudayaan sehingga membentuk kebudayaan baru tanpa menghilangkan unsur kebudayaan asli.[11] Perubahan budaya juga dapat timbul akibat timbulnya perubahan lingkungan masyarakat. penemuan baru. perubahan lingkungan alam. Penerimaan kedua macam kebudayaan tersebut tidak mengakibatkan konflik. Pengaruh kedua kebudayaan ini pun tidak mengakibatkan hilangnya unsur-unsur asli budaya masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan. Hirschman mengatakan bahwa kebosanan manusia sebenarnya merupakan penyebab dari perubahan. Sebagai contoh. dan kontak dengan kebudayaan lain. Misalnya. tetapi memperkaya khasanah budaya masyarakat setempat.Perubahan sosial budaya dapat terjadi bila sebuah kebudayaan melakukan kontak dengan kebudayaan asing. Penetrasi kebudayaan dapat terjadi dengan dua cara: Penetrasi damai (penetration pasifique) Masuknya sebuah kebudayaan dengan jalan damai. [sunting] Penetrasi kebudayaan Yang dimaksud dengan penetrasi kebudayaan adalah masuknya pengaruh suatu kebudayaan ke kebudayaan lainnya. Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. keefektifan komunikasi 3. Asimilasi adalah bercampurnya dua kebudayaan sehingga membentuk kebudayaan baru.

Gagasan tentang "budaya" ini merefleksikan adanya ketidakseimbangan antara kekuatan Eropa dan kekuatan daerah-daerah yang dijajahnya. kata kebudayaan merujuk pada benda-benda dan aktivitas yang "elit" seperti misalnya memakai baju yang berkelas. jika seseorang berpendendapat bahwa musik klasik adalah musik yang "berkelas". Menurut cara pikir ini. masuknya kebudayaan Barat ke Indonesia pada zaman penjajahan disertai dengan kekerasan sehingga menimbulkan goncangan-goncangan yang merusak keseimbangan dalam masyarakat[rujukan?]. kebanyakan orang memahami gagasan "budaya" yang dikembangkan di Eropa pada abad ke-18 dan awal abad ke-19. Wujud budaya dunia barat antara lain adalah budaya dari Belanda yang menjajah selama 350 tahun lamanya. dan bercita rasa seni. Mereka menganggap 'kebudayaan' sebagai "peradaban" sebagai lawan kata dari "alam". fine art. sementara musik tradisional dianggap sebagai musik yang kampungan dan ketinggalan zaman. Artefak tentang "kebudayaan tingkat tinggi" (High Culture) oleh Edgar Degas. kebudayaan satu dengan kebudayaan lain dapat diperbandingkan. Pada prakteknya. atau mendengarkan musik klasik. Contohnya. [sunting] Cara pandang terhadap kebudayaan [sunting] Kebudayaan sebagai peradaban Saat ini. Budaya warisan Belanda masih melekat di Indonesia antara lain pada sistem pemerintahan Indonesia. dan mengambil bagian. maka timbul anggapan bahwa ia adalah orang yang sudah "berkebudayaan".Masuknya sebuah kebudayaan dengan cara memaksa dan merusak. . sementara kata berkebudayaan digunakan untuk menggambarkan orang yang mengetahui. salah satu kebudayaan pasti lebih tinggi dari kebudayaan lainnya. dari aktivitas-aktivitas di atas. Sebagai contoh. elit.

Pemikiran ini menganggap suatu budaya dengan budaya lainnya memiliki perbedaan dan kekhasan masing-masing. Menurut cara pandang ini. Dalam hal ini. gagasan ini masih mengakui adanya pemisahan antara "berkebudayaan" dengan "tidak berkebudayaan" atau kebudayaan "primitif.mulai dijadikan subyek penelitian oleh para ahli sosiologi. dan perjuangan nasionalis dari etnis minoritas melawan Kekaisaran Austria-Hongaria mengembangkan sebuah gagasan kebudayaan dalam "sudut pandang umum". Pengamat sosial membedakan beberapa kebudayaan sebagai kultur populer (popular culture) atau pop kultur. tetapi perbandingan itu -berkebudayaan dan tidak berkebudayaandapat menekan interpretasi perbaikan dan interpretasi pengalaman sebagai perkembangan yang merusak dan "tidak alami" yang mengaburkan dan menyimpangkan sifat dasar manusia. para cendekiawan di Jerman. para ahli antropologi telah memakai kata kebudayaan dengan definisi yang lebih luas. Pada tahun 50-an. mereka mengasumsikan bahwa setiap manusia tumbuh dan berevolusi bersama. Bertolak dari teori evolusi. Saat ini kebanyak ilmuwan sosial menolak untuk memperbandingkan antara kebudayaan dengan alam dan konsep monadik yang pernah berlaku. musik tradisional (yang diciptakan oleh masyarakat kelas pekerja) dianggap mengekspresikan "jalan hidup yang alami" (natural way of life). seseorang yang memiliki kebiasaan yang berbeda dengan mereka yang "berkebudayaan" disebut sebagai orang yang "tidak berkebudayaan".seperti misalnya perjuangan nasionalis untuk menyatukan Jerman. Pada abad ini . bukan sebagai orang "dari kebudayaan yang lain.kelompok dengan perilaku yang sedikit berbeda dari kebudayaan induknya . yang berarti barang atau aktivitas yang diproduksi dan dikonsumsi oleh banyak orang. beberapa kritik sosial telah menerima adanya perbedaan antara berkebudayaan dan tidak berkebudayaan. Mereka menganggap bahwa kebudayaan yang sebelumnya dianggap "tidak elit" dan "kebudayaan elit" adalah sama . khususnya mereka yang peduli terhadap gerakan nasionalisme . subkebudayaan .Orang yang menggunakan kata "kebudayaan" dengan cara ini tidak percaya ada kebudayaan lain yang eksis. budaya tidak dapat diperbandingkan.masing-masing masyarakat memiliki kebudayaan yang tidak dapat diperbandingkan. dan musik klasik sebagai suatu kemunduran dan kemerosotan. Karenanya. [sunting] Kebudayaan sebagai "sudut pandang umum" Selama Era Romantis. dan dari evolusi itulah tercipta kebudayaan." Orang yang "tidak berkebudayaan" dikatakan lebih "alam. Meskipun begitu. mereka percaya bahwa kebudayaan hanya ada satu dan menjadi tolak ukur norma dan nilai di seluruh dunia." dan para pengamat seringkali mempertahankan elemen dari kebudayaan tingkat tinggi (high culture) untuk menekan pemikiran "manusia alami" (human nature) Sejak abad ke-18." Pada akhir abad ke-19.

Cara yang dipilih masyarakat tergantung pada seberapa besar perbedaan kebudayaan induk dengan kebudayaan minoritas. hal tersebut juga dipengaruhi oleh faktor ekonomi. aesthetik. ras. migrasi. di antaranya karena perbedaan umur. kelas. hubungan dan saling keterkaitan kebudayaankebudayaan di dunia saat ini sangat tinggi. [sunting] Kebudayaan sebagai mekanisme stabilisasi Teori-teori yang ada saat ini menganggap bahwa (suatu) kebudayaan adalah sebuah produk dari stabilisasi yang melekat dalam tekanan evolusi menuju kebersamaan dan kesadaran bersama dalam suatu masyarakat. watak dari penduduk asli. pekerjaan. keefektifan dan keintensifan komunikasi antar budaya. tanpa bertentangan dengan kebudayaan induk yang ada dalam masyarakat asli. dan agama. etnisitas. pandangan politik dan gender. kelompok minoritas dapat menjaga dan mengembangkan kebudayaannya sendiri. atau biasa disebut dengan tribalisme. Multikulturalisme: Sebuah kebijakan yang mengharuskan imigran dan kelompok minoritas untuk menjaga kebudayaan mereka masing-masing dan berinteraksi secara damai dengan kebudayaan induk. Selain kemajuan teknologi dan informasi. Leitkultur (kebudayaan inti): Sebuah model yang dikembangkan oleh Bassam Tibi di Jerman. dan tipe pemerintahan yang berkuasa. agama.pula. yaitu sebuah kebudayaan yang memiliki sedikit perbedaan dalam hal perilaku dan kepercayaan dari kebudayaan induknya.  Monokulturalisme: Pemerintah mengusahakan terjadinya asimilasi kebudayaan sehingga masyarakat yang berbeda kebudayaan menjadi satu dan saling bekerja sama. seberapa banyak imigran yang datang. [sunting] Kebudayaan di antara masyarakat Sebuah kebudayaan besar biasanya memiliki sub-kebudayaan (atau biasa disebut sub-kultur). Munculnya sub-kultur disebabkan oleh beberapa hal.    [sunting] Kebudayaan menurut wilayah Artikel utama untuk bagian ini adalah: Kebudayaan menurut wilayah Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi. Melting Pot: Kebudayaan imigran/asing berbaur dan bergabung dengan kebudayaan asli tanpa campur tangan pemerintah. terjadi popularisasi ide kebudayaan perusahaan . Ada beberapa cara yang dilakukan masyarakat ketika berhadapan dengan imigran dan kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan asli. . Dalam Leitkultur.perbedaan dan bakat dalam konteks pekerja organisasi atau tempat bekerja.

norma dan nilai Agama Islam juga turut memengaruhi kebudayaan terutama di wilayah Asia Selatan dan tenggara. agama Budha dan Taoisme banyak memengaruhi kebudayaan di Asia Timur. orang-orang dari Afrika (terutama di Amerika Serikat). dan Belanda. beberapa dari kebudayaan tersebut memiliki pengaruh yang menonjol terhadap kebudayaan lain. seperti kebudayaan Sub-Sahara. Aborigin. Inggris. Eropa . wilayah Afrika Utara lebih banyak terpengaruh oleh kebudayaan Arab dan Islam. Australia Kebanyakan budaya di Australia masa kini berakar dari kebudayaan Eropa dan Amerika. Asia Asia memiliki berbagai kebudayaan yang berbeda satu sama lain. Sementara itu. Orang Hopi yang sedang menenun dengan alat tradisional di Amerika Serikat. Jerman. dan para imigran Eropa terutama Spanyol. Portugis. Amerika Kebudayaan di benua Amerika dipengaruhi oleh suku-suku Asli benua Amerika. Korea. serta diintegrasikan dengan kebudayaan penduduk asli benua Australia. seperti misalnya pengaruh kebudayaan Tiongkok kepada kebudayaan Jepang. Kebudayaan Eropa dan Amerika tersebut kemudian dikembangkan dan disesuaikan dengan lingkungan benua Australia. Selain kedua Agama tersebut. meskipun begitu. Perancis.Afrika Beberapa kebudayaan di benua Afrika terbentuk melalui penjajahan Eropa. Dalam bidang agama. dan Vietnam.

Kebudayaan ini dikenal juga dengan sebutan "kebudayaan barat". meskipun tidak hanya agama Islam yang berkembang di daerah ini. Romawi kuno. kebudayaan ini juga dipengaruhi oleh kebudayaan Yunani kuno. Selain dipengaruhi oleh kebudayaan negara yang pernah dijajah. Kebudayaan ini telah diserap oleh banyak kebudayaan. Timur Tengah dan Afrika Utara Kebudayaan didaerah Timur Tengah dan Afrika Utara saat ini kebanyakan sangat dipengaruhi oleh nilai dan norma agama Islam. hal ini terbukti dengan banyaknya pengguna bahasa Inggris dan bahasa Eropa lainnya di seluruh dunia. meskipun kepercayaan akan agama banyak mengalami kemunduran beberapa tahun ini. . dan agama Kristen.Kebudayaan Eropa banyak terpengaruh oleh kebudayaan negara-negara yang pernah dijajahnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful