NAMA NIM

: :

JURUSAN/FAKULTAS : GOLONGAN / KELAS :

1. Jelaskan makna kata “ wawasan” dan hubungan ketiga kata dalam wastek! Jawab Wawasan adalah rasa ingin tahu atau rasa mengerti seseorang terhadap apa yang ada di sekelilingnya tanpa ada batasan tertentu. Wawasan tak dapat terlepas dari ilmu pengetahuan, dimana orang yang berwawasan pasti berilmu pengetahuan, sedangkan orang yang berpengetahuan belum tentu berwawasan luas. b. Hubungan antara ketiga substansi dalam kata IPTEKS yaitu ilmu pengetahuan adalah rasa keingintahuan manusia terhadap sekelilingnya, dan diwujudkan dalam kehidupan dengan Teknologi, sebagai alat yang mempermudah kegiatan manusia, dan di dalam teknologi tersebut terdapat seni sebagai daya tarik dan nilai plus setiap teknologi yang ada.
a.

2. Wawasan Ipteks, memiliki beberapa substansi yang harus dikembangkan sebagai profil kepribadian Mahasiswa Unhas, jelaskan dan jelaskan pula nilai-nilai pembelajaran baru yang diharapkan setelah menjalankan proses learning! jawab : Dalam pembelajaran dikenal prinsip holistic atau holisme. Prinsip holisme adalah prinsip dimana masing-masing pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran mempunyai kontribusi. Artinya, mahasiswa sebagai pusat pembelajaran, dan dosen sebagai fasilitator serta partner pembelajaran.Setelah menjalani proses learning, diharapkan mahasiswa berkarakter ilmiah, berani mengutarakan pendapat, dan peka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di sekitarnya.

Skema rangkaian : Daftar komponen : 1. 2. R1=10M 1/4W 5% R2-3=1M 1/4W 5% R4=33K 1/4W 5% R5=1.3.8K 1/2W 5% R6=1K 1/4W 5% . Dengan adanya sentuhan pada logam. serta mencantumkan alamat web yang dikunjungi! Aplikasi Saklar Sentuh Rangkaian sederhana ini berfungsi sebagai saklar sentuh. dimana tegangan diturunkan oleh ZD (D2) : 3. Dengan menyentuh logam (media sentuh) akan menyebabkan relay terbuka dan jika disentuh kembali relay akan tertutup. input kaki nomer 1 tegangannya akan turun dan menyebabkan out IC flipflop 4011 akan naik yang dpt menggerakkan transistor untuk mengaktifkan relay.9 volt dan digunakan untuk mencatu IC 4011. Carilah karya ipteks dari internet sesuai disiplin ilmu. 3. dan kesimpulan. berikan komentar. yang mengunakan keping logam sebagai media sentuhnya. 4.Catu daya yang digunakan 12 VDC untuk mencatu tegangan relay sedangkan IC 4011 membutuhkan sumber tegangan yang lebih kecil. 5. demikian pula kebalikannya.

metabolism dan lain-lain.4W ZENER 11.belajarelektro. sebagai indicator bahwa teknologi terus berinovasi dan merasuk ke semua aspek kehidupan. 3. C1-2=470nF 63V MKT 7. seni normative : seni yang berdasar pada nilai – nilai atau norma yang berlaku 4. Rangkaian ini dikembangkan kedalam dunia industry. Ilmu pengetahuan: segenap yang kita ketahui tentang sesuatu obyek tertentu.Q1=BD679 13. www. C3=47nF 63V MKT 8.IC1=4011 14. 1.9V 0. D1=1N4148 10. sains humanistic: disiplin ilmu alam yang menjelaskan tentang intraksi manusia terhadap lingkungannya seperti ekosistem. gerak.D2=3. 6. energy dan sebagainya 5. ekologi. Teknologi: semua yang berfungsi memudahkan pekerjaan manusia. kecerdasan genetikal: kecerdasan yang terjadi akibat adanya sifat menurun dari kedua induknya.D3=LED RED 12. sebagai contoh pada laptop yang memiliki saklar sentuh pada casingnya.RL1=12V Relay Pembahasan Rangkaian sederhana ini adalah salah satu teknologi aplikasi elektronika yang dapat dikembangkan untuk. 2. C4=22uF 25V 9.6.com 4. Saklar ini hanya memerlukan sentuhan jari tangan agar mendapatkan kondisi ON. sains mekanistik: disiplin ilmu alam yang menjelaskan tentang intraksi benda yang ada di alam seperti. .

5. Ceritakan salah satu nilai kearifan local yang menjadi ciri khas daerah asal saudara? Jawab Salah satu nilai kearifan loal yang dapat saya ambil dari daerah saya adalah prinsip siri’ na pace di mana prinsip ini menuntut kita sebagai mahluk social di masyarakat harus menjaga malu kita atau harga diri kita di manapun kita berada baik itu dari segi suku. Dan juga kita harus menjaga satu sama lain atau kasih mengasih sesame manusia dalam berbagai kondisi yang terjadi. . nanoteknologi: teknologi yang memakai prinsip mikro dari penggunaannya tetapi mempunyai peran penting dalam kerja sama system teknologi 9. agama maupun jenis kelemin. berfikir holistic: adalah berfikir secara umum atau universal 10. klonig gen: suatu proses pembentukan sifat baru dari organisme dengan mengkombinasi atau memotong gen yang ada 8. berfikir induktif:berfikir yang mengacu pada satu hal yang khusus.7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful