PENGARUH ALKOHOL TERHADAP REMAJA

DISUSUN OLEH : SANI REVI PALUPI X–F

MAN MALANG II BATU TAHUN AJARAN 2010 / 2011

15 Mei 2011 Panyusun DAFTAR ISI . Semoga makalah ini berguna bagi siswa-siswi MAN Malang 2 Batu dan masyarakat pada umumnya Batu. Dalam kesempatan ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik langsung maupun tidak langsung dalam penulisan makalah ini Dengan terbitnya makalah ini saya berharap kepada teman-teman dan seluruh masyarakat membaca makalah ini kiranya dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat Saya berusaha sesempurna mungkin membuat dan menulis makalah ini.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas karuniaNyalah makalah ini dapat saya selesaikan. Namun saya tetap mengharapkan saran dan kritik demi kepentingan bersama.

Halaman Sampul Kata Pengantar Daftar Isi ………………………………………………………………..1 Kesimpulan 3.1 Latar Belakang ………………………………………………………… 1 1 1 1.2 Rumusan masalah ……………………………………………………… 1.1 Bahaya Alkohol ……………………………………………………….3 Pengaruh alkohol terhadap tubuh BAB III PENUTUP 3. ………………………………………………………………. BAB I PENDAHULUAN 1. 2 2 3 …………………………………….. BAB I PENDAHULUAN . 5 5 …………………………...2 Faktor dan penyebab remaja minum alkohol 2... i ii ………………………………………………………………….2 Saran …………………………………………………………. 2. BAB II PEMBAHASAN 2.3 Tujuan ………………………………………………………………….

Penulis berkebangsaan jerman. orang-orang menggunakan bahan apa saja yang mudah didapat untuk membuat gin. Apa faktor dan penyebab remaja minum-minuman beralkohol? 1. menulis sebuah buku pada tahun 1519 yang berisi petunjuk-petunjuk tentang seni penyulingan. tequila. yaitu pemanasan jus atau bulir yang telah difermentasi hingga mengeluarkan uap air yang kemudian menghasilkan alkohol murni setelah didinginkan. sedangkan bir dibuat dari butir serelia yang telah diolah sebelum difermentasi. Sebagai perbandingan. Untuk mengetahui apa yang dilakukan alkohol terhadap tubuh 3. Sebagian besar minuman beralkohol mengandung tidak lebih dari 40 persen kadar alkohol 1. dan vidka.1. Seiring dengan tersebar luasnya proses penyulingan. Alkohol murni sangat berbahaya jika diminum. vodkam whiskey. da rum Minuman keras memiliki kadar alkohol beragam whiskey biasanya mengandung 40 persen kadar akohol.3 Tujuan 1. Apa bahaya alkohol di usia remaja? 2. gin. dokter dan alkeniawan spanyol. segelas whiskey berukuran 45 ml mengandung jumlah alkohol yang sama dengan yang terdapat dalam 360 ml bir dan 150 ml anggur Anggur dibuat dari buah anggur yang difermentasi. rye. Hieronymus Braunchweigh.1 Latar belakang Sekitar tahun 776 M. Untuk mengetahui alkohol di usia remaja 2. Untuk mengetahui faktor dan penyebab remaja minum-minuman beralkohol BAB II PEMBAHASAN . seperti halnya pada rum. Sekitar tahun 1300. Minuman keras mengalami prose penyulingan. Arnoldus Villanovanus menciptakan minuman keras Brandy pertama sebagai obat kesehatan yang manjur.5 persen dan anggur 11 persen. seorang Alkemiawan arab yang bernama Jabir Ibn Haiyan menciptakan proses penyulingan (destilasi) untuk membuat minuman keras pertama.2 Rumusan Masalah 1. Sebaliknya bir hanya memiliki kadar lakohol sekitar 4. Apa yang dilakukan alkohol terhadap tubuh? 3.

Banyak pelajar yang menjadi peminum muda mengaku menjadi tergantung pada rokok. alkohol menghilangkan reflex muntah yang mencegah seseorang mengeluarkan muntahannya sendiri degan kata lain.3 Pengaruh alkohol terhadap tubuh Orang-orang yang tidak mengerti dengan cermat apa yang mereka minum dapat sangat membahayakan suhu tubuh dan memberikan perasaan senang. kematian karena keracunan alkohol.1 Bahaya Alkohol Jumlah remaja yang minum-minuman beralkohol mengalamai peningkatan dengan ditunjukkan marakanya kasus pemerkosaan. iklan dan pengaruh terbesar dalam hidup mereka adalah orang tua 2. Alkohol menghilangkan rasa pengendalian diri dan menghilangkan akal sehat seseorang. kematian di jalan raya dan bunuh diri. sedih. Banyak remaha yang suka minum melakukan hubungan seks pranikah yang mengakibatkan terjadinya kehamilan dan terjangkit penyakit seks menular seperti AIDS 2. alkohol menghentikan tubuh bereaksi secara alami untuk emngeluarkan racun. Minum-minuman keras di usia dini akan berakibat pada ketagihan dan masalah fisiologi atau psikologi lainnya di kehidupan selanjutnya Para ahli telah menyebutkan beberapa bahaya yang berhubungan dengan minum di usia remaja. Banyak pelajar yang menjadi peminum muda untuk mengeluarkan racun. hati. Alhohol juga memiliki pengaruh fisik yang jauh lebih besar pada anak muda daripada orang yang lebih tua Banyak sekali anak muda yang tidak menyadari bahaya fisik yang mereka hadapi ketika minum secara berlebihan. tetapi juga mempengaruhi lambung. ginjal dan otak dengan cara-cara yang merugikan. Ketika alkohol memasuki system pencernaan. Ketika mulai minum. orang-orang yang berusia lebih muda akan memiliki peluang ketergantingan pada alkohol lebih besar.2. alkohol atau narkoba dan memiliki catatan tindak kejahatan. bosan atau mencari cara untuk minum atau tidak adalah tekanan teman. kekerasan seks.2 Faktor dan penyebab remaja minum alkohol Para remaja minum-minuman keras disebabkan karena mereka merasa kesepian. orang-orang yang minum sebelum berusia 15 tahun akan memiliki kecenderungan empat kali lebih besar menjadi pecandu alkohol dibandingkan dengan mereka yang mulai minum setelah berusia 21 tahun. Menurut badan Penerangan informasi alkohol dan Narkoba Nasional. Jika orang . lambung memberikan pesan “tolak”. Sebagai contoh.

melihat. kerusakan pada otak dapat mematikan. kebingungan atau bahkan koma. Rata-rata orang memerlukan waktu satu jam untuk mengeluarkan sekaleng bir berukuran 360 ml dari tubuhnya Salah satu efek samping dari minum alkohol adalah sakit ketika sadar/hangover. detak jantung dan suhu tubuh dapat terancam. alkohol akan cenderung mengiritasi dinding lambung dan dapat menyebabkan peminum tersebut muntah Orang-orang yang minum alkohol mengurangi kemampuan ginjal dalam menyerap air. Gejalagejala yang ditimbulkan oleh sirosis adalah pendarahan dalam dan pembengkakan pergelangan kaki yang disebabkan oleh ketidakmampuan hati untuk membuang garam. penurunan suhu tubuh dan tekanan darah. Salah satu penyakit paling umum yang dikaitkandengan minum dalam jumlah besar adalah sirosis. organ-organ tubuh penting lainnya dapat menderita kerusakan akibat minum yang berlebihan. yaitu sebuah komplikasi yang mempengaruhi hati. lidah kaku dan rasa sakit pada lambung. Otak yang pertama kali dipengaruhi alkohol adalah korteks otak besar. kesadaran.tersebut belum maka. alkohol akan mempengaruhi ingatan dan emosi Akhirnya jiak sesorang peminum mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang sangat banyak. Hangover adalah cara tubuh menolak minuman yang berlebihan. medulla/bagian otak yang mengendalikan pernafasan. Hati penderita sirosis mengalami luka karena terkapar oleh alkohol secara terus menerus. Hanay terdapat satu cara untuk sembuh dari hangover. yang biasanya muncul sehari setelah minum terlalu banyak. Ketika mencapai ke bagian otak yang disebut system limbus. ditandai dengan sakit kepala berat. Mengonsumsi alkohol selama bertahun-tahun pada masa remaja dapat merusak daerah otak yang mengatur ingatan dan kemampuan belajar serta kemampuan membuat keputusan dan pertimbangan Selain otak. Jika alkohol sudak mencapai itu peminum kehilangan rasa tegang dan malu serta kesulitan berfikir. kondisi ini dapat mematikan . yaitu dengan memberikan waktu bagi tubuh untuk kembali ke keseimbangannya. mendengar. Selain itu. kehilangan kesadaran serta akhirnya kematian Para ilmuwan telah melakukan penelitian tentang pengaruh alkohol pada otak reminum muda. membau dan merasakan sakit. Mereka menemukan bahwa otak para peminum mengalami pengerutan yang signifikan pada daerah yang mengendalikan ingatan dan kemampuan belajar. Akibatnya adalah penurunan kecepatan nafas. Sirosis bahkan dapat mengakibatkan kerusakan otak yang berupa hilangnya ingatan. Mereka yang menemukan bahwa orang dewasa harus mengkonsumsi minuman keras dua kali lebih banyak dari pada para remaja agar menderita jumlah kerusakan yang sama pda otak mereka.

berhalusinasi.Sangat tidak mungkin bagi seseorang yang bermasalah serius dengan minum dapat berhenti sendiri tanpa bantuan dari konselor luar. ditenangkan dan diberi suntikan BAB III PENUTUP 3. kematian dan luka . demam dan kejang-kejang.1 Kesimpulan Penggunaan alkohol telah dicirkan secara jelas sebagai faktor utama dalam banyak masalah yang berkaitan dengan remaha seperti kematian di jalan raya. Orang yang tubuhnya tumbuh tergantung pada alkohol berpotensi mengalami masalah yang mengancam hidup ketika tibatiba berhenti minum. yang penanganannya paling baik dilakukan / diberikan oleh dokter. jantungnya berdetak kencang. Gejala-gejala ini secara bersam-sama disebut delirium tremens dan dapat berlangsung selama 10 hari. kebingungan. Untuk berhenti dari alkohol kembali peminum berat harus hidup dalam gejala kambuh minum alkohol kembali. Meskipun kebanyakn orang tidak mengalami gejala ini mereka yang mengalaminya sebaiknya dirawat di rumah sakit agar dapat lebih dipantau. berkeringat. Dalam jangka waktu 48 hingga 96 jam setelah minum terakhir mereka menggigil.

kesadaran.2 Saran 1. Mereka tidak mengerti bahwa minum-minuman keras tidak sekedar meningkatkan suhu tubuh dan memberikan perasaan senang. hubungan seks yang beresiko. detak jantung akan terancam 3.yang tidak disengaja. depresi dan bunuh diri. Jika terlalu berlebihan mengonsumsi alkohol. hati. Saran untuk remaja sebaiknya melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat seperti belajar ataupun sekedar menyalurkan hobi 2. tetapi mempengaruhi lambung. Alkohol sangat berbahaya bagi para remaja karena memiliki peluang ketergantungan lebih besar. ginjal dan otak. prestasi yang buruk di sekolah. bagian otak yang mengendalikan pernafasan. Saran untuk pemerintah agar memberhentikan pemroduksian dan penditribusian minuman bealkohol agar tiada lagi remeha maupun orang dewasa yang mengkonsumsi minuman keras .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful