Tugas Azas - Azas Managemen

Duta Yanu Aditya D0109022

Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret 2010

Defenisi administrasi Defenisi administrasi menurut “pengantar ilmu administrasi Negara” adalah usaha kerja sama menusia untuk mencapai tujuan bersama yang di jalankan dengan tingkat rasionalitas yang tinggi. Arti sempit administrasi adalah tata usaha.Rangkuman Defenisi Administrasi 1. 2. Manajemen suatu proses yang menggerakkan kegiatan dalam administrasi itu sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai. . 3. administrasi berarti tata usaha atau urusan pencatatan. 4. sedangkan arti luas administrasi adalah segala kegiatan/ penyelenggaraan pekerjaan untuk mencapai tujuan atau segala kegiatan yang dijalankan untuk memutar roda organisasi/ perusahaan agar tujuannya dapat tercapai dengan baik. Organisasi wadah dimana usaha kerja sama dilaksanakan 2. Unsur – unsur administrasi Unsur – unsur administrasi menurut The Liang Gie pada “ Unsur-unsur management” adalah: 1. Administrasi dalam arti yang sempit dan administrasi dalam arti yang luas. Asal usul istilah administrasi Istilah administrasi berasal dari bahasa belanda “asministtratie” dan bahasa inggris “administration” dalam bahasa belanda.

3. Keuangan sisi pembiayaan dalam setiap administrasi. perilaku. 5. Sifat kegiatan administrasi Sifat administrasi menurut The Liang Gie pada “Unsur-unsur management” adalah: 1. 8.sistem.bahan keterangan 7. Kepegawaian sisi yang berkenan dengan sumber tenaga manusia yang harus ada pada setiap usaha kerja sama 4. 5.kontingensi.seperti pendekatan proses. mengirim bahan. Perwakilan suatu yang menggambarkan pada pihak luar segala sesuatu yang berlangsung mengenai usaha kerja sama itu/ sebaliknya. Empiris Sebab eksitensi perkembangan dan penerapannya didasarkan atas pengamatanpengamatan dan percobaan-percobaan empiris. mencatat. . Pekerjaan kantor segenap aktivitas yang mengumpulkan. sehingga menimbulkan aneka pendekatan. Perlengkapan melayani kebutuhan kebendaan dan kerumah tanggaan 6. Tata hubungan memungkinkan orang dalam usaha bersama itu mengetahui apa yang terjadi/ diinginkan oleh masyarakat.

Analitis Sebab memperlihatkan spesifikasi atau spesialisasi atas berbagai bidang atau objek telaahan dalam memahami berbagai sifat. berurutan serta tersusundalam satu kesatuan fungsiyang saling berhubungan. 5.2. tenaga dan waktu yang dipergunakan dan apabila yang terjadi adalah inefisiensi dan inefektivitas maka metode yang dipergunakan dalam proses kehiatankurang tepat. seperti bidang admnistrasi Negara dan bidang administrasi niaga. saling mempengaruhi bagi tercapainya tujuan. Dengan demikian mencermikan atau menggambarkan pemikiran terbaik dari realita objek atau gejala yang diamati dan diteliti. Dapat dibuktikan kebenarannya Karena seluruh proses kegiatan dan dinamika kerja sama administrasi ditujukan kearah terciptanya efisiensi dan efektivitas yang dapat diuji berdasarkan output (keluaran) seperti biaya. berkesinambungan. Objektif Sebab oleh karena analisis dan telaahnya bebas dari prasangka dan keinginan pribadi penganalisis atau penelaah. 3. fungsi dan aktivitas kerjasama (organisasi) menurut bidangnya masing-masing. Objektivitas ilmu mensyaratkan kesesuaian realita objek tanpa ada penyimpangan oleh subjektivitas dari yang ditelitinya. Orientasi sikap administrasi . Sistematis Sebab keseluruhan tindakan dan aktivitas serta proses administrasi merupakan rangkaian kegiatan dan tindakan yang dilaksanakan secara bertahap. 6. 4.

Cermin rasa kemasyarakatan 5. Lawan daripada orientasi keluar adalah pandangan orientasi kedalam yang sebenarnya diidentikandengan sikap dari organisasi sektor privat yang lebih mengutamakan kepentingan untuk memperoleh profit. Ekspresi tujuan-tujuan sosial 6. Menyadari nilai-nilai yang diwakili Kesemua orientasi sikap yang harus dimiliki oleh administrator/ penjabat publik di atas pada dasarnya adalah orientasi dengan pandangan ke luar. seperti dengan memperkaya diri sendiri dengan menggunakan jabatan dan kewenangan yang dimilikinya dan sebaliknya para pengusha / organisasi sejtor privat sudah mulai memiliki sifat pandangan orientasi keluar yang dapat kita . yaitu kepada public. Perhatian pada pantulan sosial 3.Orientasi sikap administrasi Negara ditandai oleh : 1. Kepatuhan pada masa depan 8. Kesadaran akan nilai-nilai poltik 4. Percaya pada masa depan 9. Menyadari tanggung jawab sosialnya 11. Mengembangkan sikap tanggap 12. Pandangan keluar 2. Bukti rasa kemanusiaan 7. Prihatin atas kemalangan masyarakat 10. namun demikian banyak pejabat publik yang juga ternyata mempunyai pandangan kedalam.

. kemudian adanya program community development.lihat misalnya: sektor swasta menjadi mitra didalam pembinaan usaha kecil.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful