Analisis Pengendalian Intern Kuesioner pengendalian intern – umum Kelebihan

1. Pemisahan fungsi

Terdapat bagan organisasi yang jelas 2. Kinerja karyawan yang cakap Terdapat karyawan yang memadai untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab 3. Akses terhadap aktiva Memilih sistem informasi akuntansi yang dapat diandalkan Terdapat praktek yang sehat kecuali anggaran yang tidak dianggarkan 4. Otorisas Klien memiliki bagan rekening 5. Catatan akuntansi yang memadai Laporan keuangan disusun secara periodik Pencatatan ke dalam buku besar dilakukan oleh karyawan yang berwenang 6. Perbandingan aktiva dengan catatan Setiap bulannya disusun laporan keuangan untuk keperluan manajemen Kelemahan 1. Tidak adanya anggaran untuk beban sehingga tidak ada batasan untuk anggaran ini. 2. Karyawan bagian akuntansi tidak diminta untuk mengambil cuti tahunan ini kurang baik karena akan menimbulkan kejenuhan pada karyawan.

penerimaan kas. Pemisahan fungsi Terdapat pemisahan fungsi antara bagian penjualan. . penagihan. 3. penggudangan. Akses terhadap aktiva Memiliki SIA yang diandalkan Terdapat praktek yang sehat kecuali anggaran yang tidak dianggarkan 5. Kelemahan 1. Setiap bulannya dilakukan perbandingan rekonsiliasi . Otorisasi Terdapat petugas yang menyetujui menyetujui penjualan kredit (manajer) Penyuluhan kredit barang disetujui oleh bagian kredit Terdapat petugas yang menyetujui seluruh pesanan penjualan 4. 2. Perbandingan aktiva dg catatan Pencatatan kartu stock gudang dibandingkan dg pencatatan di bagian akunting.Kusioner pemgendalian intern – sistem penjualan kredit Kelebihan 1. Kinerja karyawan yang baik Terdapat karyawan yang memadai untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Tidak terdapat pengecekan terhadap harga yang tercantum pada faktur penjualan hal ini dapat mengakibatkan pencatatan piutang salah.

6. Pemisahan fungsi Terdapat pemisahan fungsi antara penerima kas dan pencatat utang. Pelaksanaan transaksi Semua kegiatan penerimaan kas dan penyetoran diawasi penuh oleh direktur akuntansi. Catatan akuntansi yang memadai Dilakukan pencatatan untuk semua penjulan tunai Dilakukan pencatatan untuk penyetoran kas ke bank Dilakukan pencatatan akuntansi untuk semua kegiatan penerimaan kas. Pencatatan akuntansi dicampuri oleh kasir yang tidak mempunyai wewenang di bidang akuntansi (kartu piutang) 3. Karyawan yang cakap Terdapat karyawan yang memadai untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab. 4. Kelemahan . Kuesioner pengendalian intern – penerimaan Kelebihan 1. 3. Memo kredit tidak tercetak dg bernomor urut dan penggunaanya tidak diawasi karena sudah ada pejabat yang berwenang untuk menyetujui. Otorisasi Terdapat yang menerima kas dan melakukan pencatatan akuntansi piutang dan jurnal 5. Perbandingan Melakukan perbandingan antara bukti setoran price list dg junal penerimaan kas. 2.2.

Pelaksanaan transaksi Pengeluaran kas dg cek dikontrol dg 2 buah tanda tangan. ini dapat mengakibatkan tidak terkontrolnya penerimaan kas tiap hari. ini dapat mengakibatkan penggelapan setoran namun masih bisa dikendalikan karena terdapat petugas yang berbeda untuk menyimpan bukti setoran. Petugas penyetor kas ke bank sama dg penyiap setoran. Karyawan yang cakap Terdapat karyawan yang memadai untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Kelemahan 1. 2. Tidak semua penerimaan kas segera disetor ke bank. Tidak adanya pengawasan penuh terhadap blanko check. Otorisasi Penandatanganan check di otorisasi oleh dewan komisaris. 3. Tidak adanya pemisahan fungsi antara penandatanganan check dg fungsi persetujuan pembayaran dan fungsi akuntansi ini dapat mengakibatkan penggelapan. 2. sehingga dapat mengakibatkan jumlah check dikeluarkan tidak terkontrol.1. 3. 2. Tidak adanya pencatatan akuntansi yang memadai ini dapat mengakibatkan tidak terkontrolnya pengeluaran dan tidak dapat dilakukan perbandingan. Kuesioner pengendalian intern – persediaan – pembelian Kelebihan . Kuesioner pengendalian intern – pengeluaran kas Kelebihan 1.

persediaan (jika ada) diselidiki penyebabnya. 3. Perbandingan Secara periodik dilakukan perhitungan oleh karyawan yang independent Perbedaan atau selisih antara hasil perhitungan fisik dan catatan perpetual. Karyawan yang cakap Terdapat karyawan yang memadai untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab. 6. 2. Kelemahan . Pelaksanaan transaksi Memiliki SIA yang dapat diandalkan Persediaan dijaga dan diawasi secara memadai Semua penerimaan barang diperiksa dahn dihitung 4. Otorisasi Pesanan pembelian diotorisasi oleh pejabat yang bertanggung jawab. fungsi pembelian dan fungsi pencatatan pembelian persediaan. Catatan akuntansi yang memadai Surat pesanan pembelian bernomor urut Setiap penerimaan barang dibuatkan laporan penerimaan barang Menggunakan sistem pencatatan persediaan 5.1. Pemisahan fungsi Terdapat pemisahan fungsi antara fungsi penerimaan barang. penghitung persediaan.

1. ini dapat mengakibatkan . Otorisasi Semua pengangkatan dan pemberhentian karyawan disetujui oleh pejabat yang bertanggung jawab. ini dapat mengakibatkan pembelian fiktif. 6. Kelemahan 1. Tidak adanya pemisahan fungsi antara pembelian dg fungsi penerimaan dan akuntansi. Perbandingan Perusahaan memiliki rekening gaji ( di bank) yang terpisah dari rekening yang lain. Semua tarif gaji disetujui oleh pejabat yang bertanggung jawab 5. 4. Pemisahan fungsi Terdapat pemisahan fungsi antara pencatat waktu fungsi pembayaran 2. Kuesioner pengendalian intern – sistem pengajian Kelebihan 1. Pelaksaaaan transaksi Adanya petugas yang melakukan pembuatan daftar gaji dan pembayaran gaji. Pencatatan Perhitungan ulang terhadap gajih untuk mengecek kemungkinan kesalahan perhitungan. Karyawan yang cakap Terdapat karyawan yang memadai untuk melaksanakan ugas dan tanggung jawab 3. Karyawan yang menangani catatan karyawan tidak berhubungan dg pembuat daftar gaji untuk menginformasikan perubahan status seorang karyawan .

Surat surat berharga tidak dihitung secara periodek sehingga kita tidak dapat membuat perbandingan. Pelaksanaan transaksi Surat berharga di sinmpan dlm safe deposit box. . gaji terhadap karyawan yang seharusnya mendapatkan 2. Pemisahan fungsi Terdapat pemisahan fungsi terhadap perlindungan surat berharga 2.kurangnya pembayaran tunjangan. Karyawan yang cakap Terdapat karyawan yang memadai untuk melakukan tugas dan tanggung jawab 3. Cek ditandatangani oleh orang yang tidak mempunyai akses ke catatan gaji ini dapat mengakibatkan selisih pencatatan gaji Kuesioner pengendalian intern – surat surat berharga dan investasi Kebaikan 1. Setiap pembelian dan penjualan dan setiap jenis surat berhargatidak diotorisasi oleh dewan komisaris. Tidak dilakukan pencatatan terhadap seluaruh pendapatan investasi sehingga tidak dapat menilai seberapa besar nilai investasi yang ada. Pencatatan Dilakukan pencatatan untuk setiap surat berharga 4. Kelemahan 1. 2. 3.

4. 5. Kelemahan 1. 6.aktiva tetap Kebaikan 1. Otorisasi Penghentian aktiva tetap di otorisasi oleh pejabat yang berwenang. Kuesioner pengendalian intern – utang wesel dan utang bunga Kebaikan . Transaksi Semua pembelian aktiva tetap dimintakan persetujuan dewan komisaris. Fungsi pemisahan Terdapat fungsi pemisahan antara fungsi penerimaan aktiva dan pengeluaran aktiva 2. Pembanding Rekening pembantu aktiva tetap direkonsiliasi dengan rekening control Pencocokan antara rekening pembantu aktiva tetap dengan aktiva yang bersangkutan. Pencatatan Semua penghentian aktiva tetap dilakukan pencatatan yang memadai.Kuesioner pengendalian intern . Karyawan yang handal Terdapat karyawan yang memadai untuk melakukan tugas dan tanggung jawab. Tidak adanya kebijakan untuk membedakan suatu pengeluaran sebagai reparasi dan pemeliharaan sehingga tidak ada anggaran yang jelas. 3.

Pencatatan Rincian tentang pinjaman dicatat secara rinci 6. 2. Pemisahan fungsi Terdapat pemisahan fungsi antara yang menangani saham denganyang menangani pembagian deviden.1. Karyawan yang cakap Terdapat karyawan yang memadai untuk melakukan tugas dan tanggung jawab 3. Pembanding Pengkajian ulang untuk bunga yang terutang. Kelemahan 1. Karyawan yang cakap . Otorisasi Semua pinjawan diotorisasi oleh dewan komisaris 4. Transaksi Semua wesel yang dilunasi dibatalkan dicap telah dibayar 5. ini dapat mengakibatkan salah perhitungan terhadap utang bunga Kuesioner pengendalian intern – modal saham dan laba ditahan Kebaikan 1. Pembayaran bunga tidak direkonsiliasi dengan utang wesel yang dimiliki . Pemisahan fungsi Terdapat pemisahan fungsi antara pencatatan transaksi utang pengeluaran kas 2.

Terdapat karyawan yang memadai untuk melakukan tugas dan tanggung jawab 3. Transaksi Sertifikat yang tidak beredar diawasi oleh karyawankhusus Saham yang dibatalkan disimpan ditempat khusus. TUGAS PENGAUDITAN NAMA : RAHMI YULIA ARIANI NPM : 2006.7019 .12.

Related Interests