TUGAS MAKALAH

MEMAHAMI MASALAH AKHLAK TERPUJI Diajukan Untuk Memahami tugas

Mata Pelajaaaran :Aqidah Akhlak

Disusun Oleh : Hamidah Hasna Rahmi Susanti Rosita Aryani Rusmiyani Kelas:XD

MADRASAH ALIYAH NEGRI 2 KANDANGAN (MAN 2 KANDANGAN) TAHUN AJARAN 2011/2012

berpegang pepatah “Tak ada gading yang retak” maka makalah ini pun jauh dari kesan sempurna.selaku pembimbing dan pengasuh mata pelajaran aqidah akhlak 2.sahabat dan umat beliau hingga akhi nanti.Pd. .penulis berhasil menyelesaikan makalah ini sebagai mata pelajaran aqidah akhlak selawat dan salam tak lupa kami haturkan kehadirat Nabi Besar Muhammad SAW beserta para kerabat.karena berkat limpahan karunia-Nya.Teman-teman yang turut membantu hingga selesainya makalah ini. Penulis menyadari bahwa penusunan makalah ini dapat terlaksana berkat dukungan berbagai pihak.Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT.Bapak Jailani s. Sepenuhnya penulis menyadari bahwa manusia tidak ada yang sempurna.KATA PENGANTAR Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang.Oleh sebab itu penulis tidak menutup diri dari kritik dan saran-saran dari semua pihak untuk sempurnanya makalah ini dan demi kemajuan dunia pendidikan dimasa mendatang.Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada: 1.

Tawakal e.PENUTUP Kesipulan……………………………………………………. i KATA PENGANTAR……………………………………………… ii DAFTAR ISI………………………………………………………… iii BAB I..Menyebutkan dan Menjelaskan Induk-Induk Akhlak Terpuji a. DAFTAR PUSTAKA .Ikhtiar B.Zuhud c.Menyebutkan Dalil Tentang Akhlak Terpuji dan Tercela BAB II.DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL………………………………………………..Qana’ah b. Saran………………………………………………………….Sabar d.PENDAHULUAN A.

Dengki.Dan dibawah ini akan diuraikan sebagian dari akhlak tersebut.Dhalim.syaja’ah(Kesatria).Dan adapun diantara akhlak tercela(akhlak Madzmumah)yaitu Iri hati.dan perbuatan Keji(fakhsa’).Sombong.Menyebutkan dan Menjelaskan Induk-Induk Akhlak Terpuji Akhlak secara garis besar terbagi menjadi dua yaitu akhlak terpuji dan akhlak tercela dan munculnya akhlak tersebut didasakan pada tiga perbuatan utama yaitu Hikmah(Bijaksana).Tamak.suka menerima yang dibagikan kepadanya.Mengunjing.Qana’ah 1.Egois.Menurut istilah syara’ berarti rela menerima kenyataan hidup yang dialami tidak keluh kesah. Menerima dengan rela apa yang ada b). a.Komponen Qana’ah Bersikap qana’ah meliputi 5 hal yaitu: a). 2.Pengertian Qana’ah Menurut bahasa qana’ah berarti rela.BAB I PENDAHULUAN A.dan iffah (memelihara dari perbuatan maksiat dan dosa).Dusta.Boros.Kikir. Menerima dengan sabar akan semua ketentuan Allah .Men gumpat. memohon kepada Allah suatu tambahan rezeki yang layak dan diiringi dengan ikhtiar c).

tetapi berusaha sekuat-kuatnya untuk menghindarinya dan merasa cukup dengan yang sudah dimiliki. Derajat pertama(terendah) yaitu menghindari dunia padahal hatinya sangat berkeinginan dan sangat tertarik.Pengertian Zhuhud Zuhud adalah sifat utama yang berkaitan dengan sifat-sifat utama lainya seperti qana’ah. Tumbuhnya sifat zuhud pada seseorang melalui suatu proses. Zuhud itu dapat dibagi atas tiga tingkatan yaitu: a) .Sabar . Bertawakal kapada Allah e). Zuhud merupakan salah satu sifat terpuji.derajat ketiga yaitu meninggalkan dunia karena zuhud semata karena adanya pandangan bahwa dunia tidak berarti sedikit pun dibandingkan dengan kenikmatan.taqaddhu’.sja’ah.sabar.Zuhud 1.istiqomah.d). Derajat kedua yaitu meningkatkan keduniaan karena pandangan rendah dan hina terhadap orang yang rakus dan tamak terhadap harta. C. c).yang seharusnya dimili oleh setiap orang muslim untuk menyempurnakan ibadahnya. b).iffah. Tidak tertarik oleh segala tipu daya yang bersipat duniawi b.setelah orang memiliki imat yang masih tebal dan kuat serta adanya keinginan yang besar terhadap kehidupan akherat yang kekal.Sedangkan kehidupan dunia ini ibarat permainan dan bersifat sementara.

selalu ingat Allah dan berserah diri kepada-Nya.Perintah bertawakal Tawakal kepada Allah termasuk perkara yang diwajibkan dalam Islam.Sabar saat menghadapi musibah 3). D.Sabar dalam maksiat. Menurut imam Gazali sabar terbagi menjadi 3 macam yaitu: 1).mewakilkan dan secara istilah syara’ tawakal berarti menyerahkan suatu urusan kepada kebijakan Allah yang mengatur segalagalanya.Pengertian Ikhtiar Kata ikhtiar berati meilih.Tawakal 1.Dan secara istilah berarti melakukan suatu kegiatan dengan maksud untuk memperoleh sesuatu hal yang dikehendaki.Ikhtiar 1.Sabar adalah kemampuan menahan diri dikala ada godaan untuk tidak marah atau pasrah.macam-macam sabar.Sabar(tabah)adalah tahan menderita untuk menghadapi yang tidak disenangi dengan penuh ridha dan menyerahkan diri kepada Allah.Menyebutkan Dalil Tentang Akhlak Terpuji dan Tercela . Orang yang sabar(tabah)dalam berbagai keadaan akan tetap tenang. a). E.Pengertian tawakal Tawakal menurut bahasa berarti berserah diri. a).Sabar dalamketaatan 2).Tawakal kepada Allah dilakukan setelah berusaha semaksimal mungkin sesuai kemampuan. B.

BAB II PENUTUP A.Kesimpulan B.Saran-Saran .