Teknik tes atau sistem testing merupakan usaha pemahaman murid dengan menggunakan alat-alat yang bersifat

mengungkap atau mentes. Sedangkan tes adalah sebagai suatu prosedur yang sistematis untuk mengobservasi (mengamati) tingkah laku individu melalui skala angka atau sistem kategori. Selain itu tes mengandung pengertian alat untuk menentukan atau menguji sesuatu. Penggunaan teknik dari tes bertujuan untuk: 1. Menilai kemampuan belajar murid 2. Memberikan bimbingan belajar kepada murid 3. Mengecek kemampuan belajar 4. Memahami kesulitan-kesulitan belajar 5. Menilai efektivitas (keberhasilan) mengajar (Shertzer & Stone; 1971:235) Metode tes digunakan dengan alat penilaian berbentuk tes. Karena berbagai pertimbangan antara lain tujuan kegiatan anak TK, metode tes jarang sekali digunakan. Namun tidak tertutup kemungkinan guru menggunakan metode tes ini. Terdapat dua jenis tes, yaitu tes standard dan tes buatan guru. Tes standard terdiri dari tes intelegensi, minat, bakat kepribadian atau yang lainnya. Tes itu dihasilkan melalui prosedur yang panjang. Penggunaan tes standard tersebut hanya oleh orang-orang yang memiliki kualifikasi yang dituntut dalam penggunaan tes itu. Kalau guru ingin mengetahui potensi yang berhubungan dengan intelegensi atau lainnya itu, guru harus meminta bantuan ahlinya (psikolog anak). Guru hanya menggunakan hasil tes untuk lebih mengenali anak. Tes buatan guru dapat dihasilkan oleh guru, termasuk guru TK. Menurut Soemiartini (2000) dalam mengembangkan tes ini, guru harus memilih secara cermat butir-butir pertanyaan yang berkaitan dengan tujuan yang hendak dicapai.

.

teman . Hari/Tanggal Paraf Guru .......... cari namaku dengan cara menarik garis hubung !...Nama : Kelas : Tema : Binatang Indikator : Yu’ teman ...

2.Nama : Kelas : Tema : Aku Indikator : Tulislah seperti contoh dengan tanganmu sendiri kalimat di bawah ini ! 1. Mata Untuk Melihat __________________________________ __________________________________ __________________________________ __________________________________ __________________________________ __________________________________ Hari/Tanggal Paraf Guru . 5. 3. 7. 6. 4.

Nama : Kelas : Tema : Aku Indikator : Lengkapilah nama.nama tanaman di bawah ini K______L JA_____NG WOR______L Hari/Tanggal Paraf Guru .

Hari/Tanggal Paraf Guru .

Related Interests