II.

KADMIUM

 SEJARAH

Latin: cadmina, Yunani: kadmeia, nama kuno untuk calamine, seng karbonat). Ditemukan oleh Stromeyer di tahun 1817 dari impurity (pengotor) dalam seng karbonat. Kadmium hampir selalu ditemukan dalam jumlah yang kecil dalam bijih-bijih seng, seperti sphalerite (ZnS). Greenokcite (CdS) merupakan mineral satu-satunya yang mengandung kadmium. Hampir semua kadmium diambil sebagai hasil produksi dalam persiapan bijih-bijih seng, tembaga dan timbal.  SIFAT FISIKA DAN KIMIA KADMIUM Kadmium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cd dan nomor atom 48. SIFAT FISIK a. b. c. d. Logam berwarna putih keperakan Mengkilat Lunak/Mudah ditempa dan ditarik Titik lebur rendah

SIFAT KIMIA a. g. d. Cadmium merupakan bahan alami yang terdapat dalam kerak bumi. Biasanya pada konsentrat bijih Zn didapatkan 0. c. Cd tidak larut dalam basa. . jika dipanaskan akan membentuk asap coklat CdO Memiliki ketahanan korosi yang tinggi CdI2 larut dalam alkohol  SUMBER DAN CARA PENGOLAHAN Hanya ada satu jenis mineral kadmium di alam yaitu greennockite (CdS) yang selalu ditemukan bersamaan dengan mineral spalerite (ZnS). f. Cd dapat dipisahkan dari seng melalui penyulingan bertahap. Se. e. sehingga Cd diperoleh sebagai hasil sampingan produksi seng. Larut dalam H2SO4 encer dan HCl encer Cd + H2SO4 → CdSO4 Cd tidak menunjukkan sifat amfoter Bereaksi dengan halogen dan nonlogam seperti S.3 % logam Cd. h.2 sampai 0. P Cd adalah logam yang cukup aktif Dalam udara terbuka. Zn dan Pb diperoleh kembali secara serentak dengan cara tungku pemanas letupan. Cd suatu hasil sampingan yang tidak banyak ragamnya dan biasanya dipisahkan dari Zn dengan destilasi atau dengan pengendapan dari larutan sulfat dengan debu Zn. Karena titik didihnya rendah. Umumnya terdapat bersama-sama dengan Zn dalam bijinya. Produksi sampingan dari peristiwa peleburan bijih-bijih seng (Zn). b.

Logam ini akan kehilangan kilapnya jika berada dalam udara yang basah atau lembab serta akan cepat mengalami kerusakan bila dikenai uap ammonia (NH3) dan sulfur hidroksida (SO2).  Di gunakan dalam penyepuhan kayu. berwarna putih seperti putih perak. Penggunaan di Industri  Dalamindustribatubaterai  Senyawa kadmium digunakan dalam fosfor tabung TV hitam-putih dan fosfor hijau dalam TV bewarna.  Penambangan timah hitam dan bijih seng Paduan Kadmium .  KEGUNAAN Kadmium merupakan komponen campuran logam yang memiliki titik cair terendah. Ia juga banyak digunakan dalam aplikasi sepuhan listrik (electroplating). Senyawa kadmium digunakan dalam fosfor tabung TV hitam-putih dan fosfor hijau dalam TV bewarna. Kadmium digunakan pula dalam pembuatan solder. Unsur ini digunakan dalam campuran logam poros dengan koefisien gesek yang rendah dan tahan lama. Sulfat merupakan garamnya yang paling banyak ditemukan dan sulfidanya memiliki pigmen kuning. CdO.  Obat – obatan seperti sipilis dan malaria.  Sebagai katalis. yang dapat digunakan untuk cahaya.  Kadmium adalah komponen dari beberapa senyawa semikonduktor. baterai Ni-Cd. dan sebagai penjaga reaksi nuklir fisi. Kadmium dan solusi senyawa-senyawanya sangat beracun. Sedangkan berdasar pada sifat-sifat kimianya.  Digunakan Dalam elektroplating. logam Cd didalam persenyawaan yang dibentuknya pada umumnya mempunyai bilangan valensi 2+.Berdasarkan pada sifat-sifat fisikanya Cd merupakan logam yang lunak. sangat sedikit yang mempunyai bilangan valensi 1+. ductile.

yaitu logam kadmium (Cd) Paduan seng mengandung kadmium dalam kisaran 0.Kadmium dalam baterai. Cadmium sulfide dapat di preparasi dari kationnya dengan penambahan ion sulfide.700 ppm) dijumpai pada permukaan sample tanah yang diambil di dekat pertambangan biji seng (Zn). dan hasil kadmium 2% untuk emas Paduan emas 75%.  lampu hijau.  digunakan sebagai anoda korban dalam perlindungan korosi. Kadmium dapat ditambahkan ke paduan emas sebesar sampai 4% untuk Paduan emas 75%. emphysema dan renal turbular disease yang kronis. Jumlah normal kadmium di tanah berada di bawah 1 ppm.  sebagai anoda.  menghasilkan paduan hijau tua. Secara prinsipil pada konsentrasi rendah berefek terhadap gangguan pada paruparu. tembaga 23%.025-0. CdS. Kadmium berpengaruh terhadap manusia dalam jangka waktu panjang dan dapat terakumulasi pada tubuh khususnya hati dan ginjal.dan elektrolit KOH 20%. Kadmium sulfide berwarna kuning legam.  REAKSI/PERSENYAWAAN Senyawa paling penting dalam perdagangan saat ini yaitu cadmium sulfide. tembaga 6%. nikel (IV) oksida (NiO2) sebagai katoda.(aq) → CdS(S)  BAHAYA KADMIUM Kadmium merupakan salah satu jenis logam berat yang berbahaya karena elemen ini beresiko tinggi terhadap pembuluh darah. 1 5 persen mendapatkan warna emas hijau. Reaksi : Cd2+ (aq) + S 2. oleh karena itu dapat dapat dipakai sebagai pewarna. dan Kadmium 4% Paduan Nikel. tetapi angka tertinggi (1. 15% perak. Kadmium lebih mudah diakumulasi oleh tanaman dibandingkan dengan ion .

 Kadmium bisa juga menyebabkan kekacauan pada metabolisme kalsium yang pada akhirnya mengalami kekurangan kalsium pada tubuh dan menyebabkan penyakit osteomalacia (rasa sakit pada persendian tulang belakang.logam berat lainnya seperti timbal. selama 15 menit. Unsur ini lunak. Penanganannya harus hati-hati karena uap dari kadmium sangat berbahaya. Pengeksposan terhadap uap kadmium oksida tidak boleh melewati 0. Peristiwa keracunan akut ini dapat terjadi karena parapekerja terkena paparan uap logam kadmium atau CdO. tulang kaki) dan bittlebones (kerusakantulang). 40 jam seminggu). Akibatnya tekanan darah menjadi tinggi yang kemudian bisa menyebabkan terjadinya gagal jantung dan kerusakan ginjal. organisasi International Conference on Weights and Measures mendefinisikan satu meter dalam fungsi panjang gelombang cahaya kadmium merah di garis spektral. Pada tahun 1927.14 mg/m3. Keracunan Cd dapat mempengaruhi otot polo spembuluh darah. Konsentrasi maksimum. Logam berat ini bergabung bersama timbal dan merkuri sebagai the big three heavy metal yang memiliki tingkat bahaya tertinggi pada kesehatan manusia. konsumsi per minggu yang ditoleransikan bagi manusia adalah 400-500 μg per orang atau 7 μg per kg berat badan. Kadmium memiliki banyak efektoksik diantaranya kerusakan ginjal dan karsinogenik pada hewan yang menyebabkan tumor pada testis. Tapi definisi ini telah dirubah. Akumulasi logam kadmium dalam    .01 mg/m3 (rata-rata waktu-berat selama 8 jam. logam putih yang kebiru-biruan yang dapat dengan mudah dipotong dengan pisau. Menurut badan dunia FAO/WHO. Pengeksposan terhadap debu-debu kadmium tidak boleh melewati 0. Keracunan akut yang disebabkan oleh kadmium sering terjadi pada pekerja di industriindustri yang berkaitan dengan logam ini. Nilai-nilai konsentrasi di atas sedang dievaluasi kembali dan rekomendasi sementara adalah untuk mengurangi pengeksposan terhadap kadmium.05 mg/m3 dan konsentrasi maksimum tidak boleh melewati 0. tidak boleh melewati 0.05 mg/m3. Contohnya solder perak.

Waktu paruh dari kadmium dalam tubuh 7-30 tahun dan menembus ginjal terutama setelah terjadi kerusakan.ginjal membentuk komplekdengan protein. .