ALAT PENCATAT CUACA

1

ANGIN (ANEMOMETER) Jenis anemometer standar yang digunakan pada stasiun klimaologi adalah anemometer mangkuk (cup anemometer). Kelinieran tanggapan pada kisaran kecepatan angin yang diukur c. Kesesuaian alat dengan arah angin yang akan diukur kecepatannya Beberapa alat pengukur kecepatan angin:  Tabung Pitot Alat ini pada dasarnya terdiri dari tabung yang salah satu ujungnya dihubungkan dengan monometer (alat pengukur tekanan) dan ujung lain juga terbukadihadapan pada posisi menentang arah angin. TEKANAN UDARA (BAROMETER) Ditemukan oleh seorang ahli matematika Torricelli. Kisaran kecepatan angin yang dapat dideteksi b. Ukuran aat e. Besarnya tekanan tersebut akan berkorelasi dengan kecepata n angin. Barometer adalah suatu intrumen untuk mengukur tekanan udara di angkasa.1.  Anemometer mangkuk 2 . Dalam pemilihan jenis anemometer perlu diperhatikan beberapa hal: a. Pemilihan jenis anemometer disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Alat ini digunakan untuk mengukur angin berkecapatan tinggi lebih dari 5m/detik. Angin yang masuk kedalam tabung ini akan member tekanan pada monometer. Kecepatan tanggapan d. Barometer juga disebut sebagai suatu intra barometer utama yang berfungsi untuk mengukur perubahan tekanan udara suatu tabung kaca tertutup yang terbalik 2.

Anemometer baling-baling banyka digunakan dalam pengukuran kecepatan angin pada skala mikro. ii. Sebelum digunakan. Umumnya digunakan 3 atau lebih daun kipas (biode). Cara kerja Anemometer: i. karena jika meiring akan menyebabkan bias yang cukup berarti dalam mengukur angin. Pengukuran dapat digunakan dengan hanya dipegang dengan kedudukan tegak (vertikal)atau diletakkan di atas penyangga berkaki tiga. Anemometer hendaknya dicoba dulu. kecepatan angin dapat dihitung. Sebelum pengukuran.suhu kawat diatur agar lebih tinggi dari suhu udara disekitarnya. Poros atau sumbu putar harus beradap pada posisi tegak lurus. Arahkan suatu rotasi yang benar-benar mempunyai kedudukan vertikal terhadap gerakan udara (kecepatan angin) yang akan diukur. Anemometer mengkuk digunakan untuk mengukur kecepatan angin horizontal. Semakin tinggi kecepatan angin berarti suhu kawat akan cepat turun.  Anemometer baling-baling Pada prinsipnya jenis anemometer ini sama dengan anemometer mangkuk.  Anemometer arus konstan Komponen utama alat ini adalah atu atau beberapa helai kawat harus yang daya hantar listriknya dipengaruhi oleh suhu. iii. Putaran baling-baling berkorelasi dengan kecepatan angin.Umumnya terdiri dari 3 (bias lebih dari 3) mangkuk yang dihubungkan keporos dengan tangkai. Anemometer Anemometer berfungsi untuk mengukur kecepatan angin di suatu tempat secara otomatis dengan satuan meter per detik. 3 . 3. Berdasarkan suhu kawat. apakah mangkok motor dalam keadaan licin dan mudah bergerak dengan cara menghembuskan udara pada mangkok tersebut. dengan demikian akan terjadi perpindahan panas dari kawat ke udara disekitarnya akan lebih cepat dengan bertambahnya kecepatan angin. Karena daya hantar suhu kawat akan bergantung pada suhunya maka dengan mengetahui daya hantar listrik dapat dihitung suhu kawat selanjutnya.

a) Sensor Angin Model 05103 Kualitas Sensor angin tinggi tahan lama dan konstrusinya tahan korosi.V & vektor angin d) Baling-balingMicro Gill & Anemometer 3-tutup Model 12005 Tradisional. respon sensor untuk pengukuran angin horizontal juga tersedia secara terpisah f) Model 81000 Anemometer Ultrasonic 4 . b) Monitor angin-AQ Model 05305 Sensor angin beresolusi tinggi untuk kualitas udara aplikasi panduan EPA . cocok. cocok. respon sensor untuk pengukuran angin horizontal juga tersedia secara terpisah e) Baling-balingMicro Gill & Anemometer 3-tutup Model 12005 Tradisional.PSD. c) Anemometer Gill UVW Model 27005 Sensor untuk pengukuran langsung dari U.

g) Gardu Angin Model 03002 Anemometer berkualitas pengukuran angin. Termometer ditempatkan dalam tabung baja. 5 . Suhu tanah diukur dengan termometer tananh yakni temometer air raksa yang diujungnya dibengkokkan dan dimasukkan ke dalam tananh pada posisi yang sesuai degan kedalaman yang akan diukur. semua permukaan yang berada di sekitar sasaran dapat memberikan kontribusi terhadap cahaya inframerah yang diterima oleh sensor. panas bergantung pada aktifitas rata-rata suhu. tingkat sampel internal memastikan resolusi pengukuran superior. SUHU (TEMPERATUR) Suhu adalah energy kinetis rata-rata (derajat panas/derajat dingin) suhu tidak sama dengan panas. 4.Keuntungan termometer ini adalah dapat mengestimasi suhu suatu benda dengan tanpa menyentuh bentuk benda tersebut dan respon termometer ini juga relatif cepat. Kelemahan termometer inframerah adalah sasarannya tidak spesifik.2 – 1.5 meter dari permukaan tanah. Suhu udara diukur degan menggunakan termometer air raksa yang ditetapkan didalam sangkar meteorologi yang berwarna putih pada ketinggian 1. kecepatan angin 160 Hz. yakni pada kisaran inframerah. yang didasarkan pancaran radiasi inframerah yang dihasilkan oleh benda tersebut. gambar komplit. menyediakan sensor udara tidak bergerak. Tabung baja tersebut digunakan sebagai pelindung ermometer dan untuk memudahkan proses pemasukkan dan pengeluaran termometer sampai pada kedalaman yang dikehendaki.3 dimensi. Selain itu harga termometer ini juga relatif mahal.Banyak permukaan yang spektrum pancaran maksimumnya berada pada kisaran 8-10 mikrometer. suhu diukur dengan derajat sedangkan panas diukur dengan joule dan kalori. dan baling-baling cocok merupakan tingkat sensor aplikasi profesional yang untuk N an Termometer Inframerah Termometer Inframerah berfungsi untuk mengukur suhu benda yang dijadikan sasaran.

502 T/(240.Psikometri bola basah dan bola kering Termometer bola kering adalah termometer air raksa biasa. maka kelembaban relative dapat dihitung dengan menggunakan rumus RH = [Pa/Ps] x 100% Ps = 0. semakin tinggi laju penguapan. Dengan mengetahui suhu udara tersebut.61375 exp[17. Suhu yang terbaca pada termometer bola basah akan sama dengan atau lebih rendah dari suhu yang terbaca pada termometer bola kering. PENGUKURAN KELEMBABAN UDARA Ada 3 pendekatan yang dapat digunakan untuk mengukur kelembaban udara. maka akan semakin banyak energy panas yang terpakai. a. 5. Suhu termometer bola basah akan sama dengan suhu temometer bola kering . Pendekatan gravimeter menggunakan bahan padat penyerap uap air (Solid Desiccant). Kondisi ini hanya akan berlangsug jika udara disekitarnya jenuh uap air.perbedaan serat karbon sebelum dan sesudah ditempatkan pada udara dengan volume yang diketahui merupakan berat uap air yang terkandung dalam udara yang akan diukur tersebut. Suhu termometer bola basah yang lebih rendah disebabkan karena sebagian panas pada bagian ujung sensor termometer ini akan terpakai dalam proses penguapan (evaporasi) air pada kain lembab yang membalutnya. jika penguapan air pada ujung sensor termometer bola basah tersebut tidak terjadi. sedangkan termometer bola basah adalah termometer air raksa yang ujung ujung sensornya dibaut dengan kain kasa (atau bahan lain) yang dijaga agar selalu lembab. termometer bola basah dan bola kering dan hygrometer titik embun. Berarti akan semakin rendah suhu termometer bola basah.97 + T] Pa = 4.62 x 10-4 VT Dimana : Pa = Tekanan uap air aktual Ps = Tekanan uap air pada kondisi jenuh 6 . Data yang diperoleh adalah kerapatan uap air atau kelembaban absolute. Yakni dengan pendekatan gravimeter.

geofisika dan oseanografi dibutuhkan geoid dengan ketelitian yang cukup tinggi Teknik Penentuan Geoid Pada prinsipnya geoid (model geopotensial) dapat diturunkan dari data gaya berat sebagai data utamanya yang distribusinya mencakup seluruh permukaan bumi. Jarak geoid terhadap ellipsoid disebut Undulasi geoid (N). Sementara itu kenyataan sebenarnya. Nilai dari undulasi geoid tidak sama di semua tempat. 7 . Akurasi suatu model geopotensial terutama ditentukan oleh kualitas data gaya berat. karena itu secara praktis geoid dianggap berhimpit dengan permukaan laut rata-rata (Mean sea level-MSL). dan diturunkan dari data satelit (satelit sistem geometrik seperti satelit altimetry (wilayah laut) dan satelit sistem dynamic seperti GRACE dan GOCCE. hal ini disebabkan ketidakseragaman sebaran densitas massa bumi. selain juga ditentukan oleh formulasi matematika yang digunakan ketika menurunkan model tersebut. oleh sebab itu merupakan yang paling akurat. serta melalui interpolasi untuk wilayah-wilayah yang tidak ada data gayaberatnya. Data gaya berat dapat diperoleh dari pengukuran secara terestris menggunakan gravimeter. Untuk kelembaban udara dan dijadikan patokan untuk kaibrasi instrumeninstrumen pengukuran kelembaban udara lainnya. Lebih jauh geoid dapat didefinisikan sebagai bidang ekipotensial yang berimpit dengan permukaan laut pada saat keadaan tenang dan tanpa gangguan .Pv = kerapatan uap air dalam kesatuan g/m3 T = suhu dalam satuan oK Pendekatan gravimeter merupan pengukuran lagnsung. Geoid Salah satu tujuan ilmu geodesi adalah menentukan bentuk dan ukuran bumi termasuk pula didalamnya menentukan medan gaya berat bumi dalam dimensi ruang dan waktu. cekungan.dataran akan membuat ellipsoid berubah menjadi bentuk yang baru yaitu Geoid. Geoid disebut sebagai model bumi yang mendekati sesungguhnya. Kelemahan penekatan ini adalah kaena tidak praktis dan butuh neraca yang sensitif dan akurat. Untuk keperluan aplikasi geodesi. Bentuk bumi didekati melalui beberapa model diantaranya ellipsoida yang merupakan bentuk ideal dengan asumsi bahwa densitas ( kerapatan ) bumi homogen. lautan. dari udara dengan teknik air borne gravimetry. densitas massa bumi yang heterogen dengan adanya gunung.

Pada pengukuran gaya berat untuk pembuatan model geoid secara terestris dengan menggunakan instrumen gravimeter akan bermasalah jika daerah observasi cukup luas dengan kondisi topografi yang sulit dijangkau seperti hutan belantara. maka informasi posisi 3D. sehingga melalui pembacaan mikrometer diketahui perubahan gaya berat antara dua stasiun yang telah dilakukan pengukuran tersebut. kecepatan dan percepatan pesawat dalam arah vertikal dan horisontal yang mana dapat diberikan oleh GPS. Pada stasiun yang telah diketahui harga gaya beratnya dilakukan pembacaan skala mikrometer. Hal ini akan memakan waktu yang sangat lama dan tenaga yang cukup besar. gunung es.Teknik pengukuran Geoid dari Pengukuran Gravimeter Pengukuran gaya berat untuk membuat model geoid dengan cara terestris menggunakan alat gravimeter adalah pengukuran gaya berat langsung di permukaan bumi. pengunungan. kecepatan dan percepatan pesawat terbang dapat ditentukan secara teliti. Dengan pengamatan GPS. Untuk menentukan besarnya koreksi-koreksi tersebut dibutuhkan informasi posisi 3D. dan juga lautan yang luas. Gaya berat yang diukur oleh Gravimeter merupakan percepatan total yang dialami oleh pesawat terbang. Teknik Penentuan Geoid dengan Airborne Gravimetri Penetuan gaya berat untuk menentukan model geoid dengan metode (GPS) Air -Borne Gravimetry merupakan pengukuran gaya berat di udara dimana gravimeter dilengkapi juga dengan GPS receiver yang ditempatkan di pesawat terbang besama-sama. Alat gravimeter ditempatkan di titik-titik ukur dan kemudian dilakukan pembacaan. kemudian gravimeter dipindahkan ke stasiun berikutnya dan dilakukan pembacaan mikrometer. koreksi percepatan vertikal pesawat dan koreksi freeair harus ditentukan lebih dahulu. Untuk memperoleh nilai gaya berat free-air. yang berarti biaya yang dikeluarkan akan sangat besar pula. Di samping itu GPS juga dapat digunakan sebagai sistem navigasi pesawat terbang pada saat survey dengan metode real time DGPS (Differential Global Positioning System) 8 . maka komponen koreksi seperti koreksi eotvos. koreksi percepatan horisontal pesawat. Pada pengukuran ini salah satu stasiun pengamatan biasanya sudah harus diketahui harga gaya beratnya (pengukuran gaya berat relatif).

Udara yang akan diukur kelembabannya dialirkan kedalam hygrometer dan suhunya secara perlahanlahan diturunkan sampai udara tersebut menjadi jenuh uap air dan akibatnya akan tejadi pengembunan pada permukaan cermin. Lisimeter mengukur laju evaporasi berdasarkan pengurangan berat akibat menguapnya air dari silinder tanah dengan struktur yang tidak terganggu (undisrubed soi) yang bagian atasnya ditanami dengan tanaman. Posisi cermin diatur agar refleksi cahaya tepat jatuh pada sensor. cermin.Higrometer titik embun Komponen utama higrometer adalah sumber cahaya. sendor cahaya dan pendingin udara. PENGUKURAN EVAPOTRANSPIRASI Pengukuran laju evapotranspirasi dengan menggunakan alat yang disebut lisimeter. Pengembunan yang tejadi pada permukaan cermin ini menyebabkan refleksi cahaya ke sensor menurun (yakni pada saat kondensasi mulai berlangsung) dicatat dan di sebut sebagai suhu titik embun 6. sesuai dengan jenis vegetasi yang akan diukur laju evapotranspirasinya. 9 . Cahaya yang berasal dari sumber diarahkan ke cermin.

maka mungkin saat ini jumlah jenis tanaman tidak akan sebanyak yang kita ketahui.7. Bagian besar bumi dan makhluk hidup juga terdiri atas air. Dengan adanya air hujan diperkirakan sekitar 150 ton pupuk jatuh ke bumi setiap tahunnya. Data curah hujan yang dihasilkan secara otomatis dari alat pengukur curah hujan ini dapat dikirimkan secara online melalui internet dengan operating sistem IGOS dan disimpan dalam suatu database yang dapat diakses oleh siapa saja melalui internet. PENGUKURAN CURAH HUJAN (OMBOMETER) Curah hujan Alat Pengukur Curah Hujan Standar WMO (World Metrological Organization Latar Belakang Peranan air dalam kehidupan sangat besar. seperti material pupuk yang lengkap bagi tumbuhan. di lain pihak kita belum mampu mengamati fenomena banyaknya curah hujan yang terjadi pada suatu tempat secara otomatis dan tercatat dalam sebuah database sehingga data curah hujan belum bisa dimanfaatkan secara optimal. Dengan adanya alat pengukur curah hujan ini kita dapat mengetahui banyaknya curah hujan yang terjadi setiap waktu. Dari uraian di atas. Deskripsi Alat pengukur curah hujan merupakan alat untuk mengukur curah hujan yang terjadi pada suatu daerah baik pedesaan. atau-pun propinsi yang mengacu pada standar WMO (World Metrological Organitation). Air yang berasal dari hujan merupakan fenomena alam yang paling penting bagi terjadinya kehidupan di bumi. kita mengetahui bahwa manfaat air hujan sangatlah penting bagi kehidupan. Mekanisme kompleks kehidupan tidak mungkin berfungsi tanpa kehadiran cairan yang berupa air. 10 . Butiran hujan selain membawa molekul air juga membawa banyak materi yang penting bagi kehidupan. Tanpa adanya mekanisme seperti itu. kecamatan. Namun.

11 . Caranya dengan meletakkan jarum petunjuk pada angka nol dari deretan angka pada lingkaran luar dengan membuat baut di bagian atas luar memakai alat yang sudah tersedia.Keunggulan  Memudahkan BMG dalam mengamati curah hujan pada suatu daerah.id. Alat ini dipasang ditempat terbuka. Altimeter Altimeter berfungsi untuk mengukur ketinggian suatu tempat dari permukaan laut secara otomatis dengan satuan meter atau feet.  Memberikan data hidrologi untuk kepentingan depertemen-departemen yang terkait. temperatur. pembacaan dilakukan sekali sehari pada pukul 09. dan sebagainya. Berbentuk silinder dengan bagian atas terbuka (untuk menerima butiran air hujan yang jatuh). Cara kerja Altimeter: 1.  Mengukur curah hujan secara otomatis.  Pencatatan waktu dalam data curah hujan menggunakan waktu yang tertelusur ke time server ntp.kim. sehingga air hujan akan diterima langsung oleh alat ini. Jarum Altimeter kita posisikan pada titik nol dahulu dengan membawa ke tepi laut. Bagian atas yang erbuka dipasang pada ketinggian 20cm diatas permukaan tanah yang ditanami rumput untuk menghindari masuknya air percikan dari permukaan tanah.  Database curah hujan di setiap daerah dapat diakses secara online dan setiap saat sehingga dapat memprediksi terjadinya banjir di suatu daerah. kelembaban udara.satuan yang digunakan adalah milimeter (mm). Alat ukur curah hujan ini ada yang manual dan ada yang dirancang untuk mengukur secara kontinu (otomatis) 8.  Software aplikasi dapat dikembangkan menjadi Sistim Informasi Monitoring banjir.1 mm. dan ketelitian pembacaan sampai pada 0.lipi.go.00 (pagi).

Besarnya tekanan udara di daerah tersebut dapat diketahui dengan menghitung berapa milibar beda antara kedua jarum tersebut. Sebelum digunakan. Dari gelas ukur dapat diketahui berapa mili meter curah hujannya pada skala angka gelas ukur tersebut. Cara kerja Barometer Aneroid : i. Cara kerja Ombrometer tipe Hellman: Air hujan yang jatuh dari atas akan diterima oleh corong kemudian masuk ke dalam bak penampung melalui pipa kecil yang dihubungkan dengan pena tinta yang selalu bergerak otomatis menggores pada kertas pias. 10. terlihat dari bergeraknya jarum yang dapat menunjukkan angka ketinggian tempat dan dapat menunjukkan angka tekanan udara di suatu yang dikehendaki. kemudian disalurkan pada bak penampuang. Altimeter secara otomatis dapat bekerja ganda.Barometer Aneroid Barometer Aneroid berfungsi untuk mengukur tekanan udara di suatu tempat secara otomatis dengan satuan milibar (mb). iii. Ombrometer tipe Observatorium dan tipe Hellman Ombrometer berfungsi untuk mengukur curah hujan di suatu tempat dengan satuan milimeter (mm). ii. maka jarum hitam akan bergerak. Cara kerja Ombrometer tipe Observatorium : Air hujan yang jatuh dari atas akan diterima oleh corong Ombrometer. 3. 9. 12 .2. secara otomatis jarum akan bergerak dan setiap naik 20 meter jarum akan bergerak ke kiri satu baris atau dertan angka bagian luar. Jika Altimeter sudah dibawa ke suatu tempat yang lebih tinggi. posisi kedua jarum (umumnya warna hitam dan kuning) harus terletak dalam keadaan yang berhimpitan. Setelah digunakan (dibawa ke tempat yang mempunyai tekanan udara yang berbeda). Air hujan yang ada di bak penampung dapat dikeluarkan melalui kran pengatur untuk diukur dengan gelas ukur.Goresan pada kertas pias akan membentuk grafik yang menggambarkan besar atau kecilnya curah hujan pada masa pengamatan.

diprogram untuk menggabungkan seluruh interval perjam pada waktu matahari lokal. CM 10 / CM 11.Data Sinar Matahari Fraser NobleRekaman diatas adalah sebuah thermopile.SOLARIMETER Dengan pemanasan solarimeter sci-tec/Kipp&Zonen CM 5 / CM 6. Sinyalnya secara akurat dikonversikan ke dalam standard unit internasional kJ hr-1 m-2.11. Data direkam dalam sebuah pembukuan data otomatis. radiasi jaring. CM 21Pengendalian elektronik langsung arus Pemanasan yang dapat disesuaiakan dalam 2 langkah transformator 230 V .26 VAC / 22 VDC 12. albedo dan radiasi fotosintetik aktif (PAR). terpasang pada sebuah kubah kwarsa ganda. 13 . 13. Yang harus dijaga tetap bersih pada sebuah landasan tetap dari kotoran burung dan kotoran dari cerobong asap disekitar dan tempat lain.Sensor Cahaya Untuk radiasi surya. Yang kemudian di download setiap hari oleh perintah langsung yang dikirim dari sekitar Bracknell di Inggris bagian selatan.

Sensor Kombinasi Temperatur dan Kelembaban Relatif Casella Dilengkapi dengan layar radiasi Tidak terpengaruh kondensasi kapasitas hygrometer bebas dari terangkat oleh angin thermometer platinum resistance dilengkapi dengan elektronik untuk meluruskan sinyal output batas pengukuran temperature dari -40 F sampai 140 F Keakuratan +/. Peralatan yang hanya mengukur radiasi matahari langsung dinamakan pyrheliometer 15. Sambungan pada pinggir permukaan ada dalam hubungan termal dengan dasar plat.4 sampai 1. tergantung pada kehilangan kelebihan panas dengan hubungannya terhadap dasar. Sambungan di dekat tengah dihangatkan dalam respon terhadap radiasi matahari yang masuk.0.5 °F at 32 °F Batas pengukuran RH dari 0 sampai 100 % Keakuratan +/. Sensor Radiasi Matahari Casella mengukur intensitas dari radiasi matahari global dalam Watts per meter persegi mengukur langsung dan menyebar cahaya matahari menggunakan sebuah dioda photo silicon batas sprektrum dari 0. Kelebihan temperature yang dicapai. Kombinasi dari panas yang hilang ini tidak dapat diprediksi secara akurat dari prinsip pertama jadi perlengkapan tersebut harus dikalibrasi.1 µm panjang gelombang Bagian dari perlengkapan system cuaca Nomad.14. 14 .3% Bagian dari perlengkapan system cuaca Nomad 16. dan dikarenakan menghasilkan voltase. dengan konveksi melewati udara dan dengan radiasi.Thermokopel Pada intinya ada sebuah set penghitam dari manganinkonstantan thermokopel dihubungkan secara seri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful