A. Judul Sistem Komputerisasi Perpustakaan Pada SMP N 1 Runjung Agung Menggunakan Visual Basic 6.

0 Berbasis Client Server

B. Latar Belakang Masalah Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi saat ini sangatlah pesat khususnya dibidang computer, sebagai alat bantu dalam menyelesaikan pekerjaan. Komputer dimasa sekarang ini sudah tidak asing lagi, karena sudah banyak orang-orang yang menggunakan computer baik untuk kebutuhan personal, dunia pendidikan, pemerintahan maupun bisnis dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan yang memerlukan pengolahan informasi data base dan kegiatan transaksi. Seperti hal nya yang menjadi latar belakang masalah yaitu dengan perpustakaan SMP Negeri 1 Runjung Agung yang mempunyai beberapa unit komputer tetapi belum di gunakan sebagai mana mestinya sebagai mana contoh untuk pengolahan data perpustakaan maka dengan terjadinya hal itu penyusun tugas akhir ini akan mengupas masalah pengolahan data perpustakaan, karena komputer di perpustakaan hanya dibuat sebagai pengetikan saja, sehingga meningkatnya penggunaan informasi data base elektronik di berbagai sector, memunculkan minat tersendiri bagi mahasiswa, untuk memahami tehnik penyusunan data base itu sendiri, terutama dalam memberikan informasi mengenai sebuah data dan informasi transaksi untuk membantu Manajemen keperpustakaan dalam memberikan informasi

mengenai peminjaman, pengambilan dan pemasukan bubu-buku baru, sehingga mempermudah tenaga teknis dan pengunjung perpustakaan untuk mengetahui informasi transaksi peminjaman dan pengembalian buku yang digunakan untuk membantu dalam pencarian buku oleh pengunjung dan juga bagi petugas teknis sendiri dapat lebih mudah dalam pembuatan laporan kegiatan perpustakaan. Untuk itulah diperlukan cara penyusunan data base yang semudah mungkin, tidak hanya dalam bentuk tulisan yang diolah dalam bentuk manual saja, namun juga berupa penyusunan dan proses database dalam bentuk elektronik dengan system informasi. Karena proses penyusunan database yang berbasis elektronika yang mengutamakan keotomatisan terbukti lebih efektif oleh para pengguna pengolahan database. Hal ini disebabkan oleh, database yang berbasis elektronika dapat digunakan sebagai informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan yang berlangsung dalam kegiatan perpustakaan dalam penginputan data, peminjaman buku,

pengembalian buku, aturan denda keterlambatan pengembalian dan proses informasi pencarian data buku yang masih bias dipinjam hingga proses laporan kapan saja tanpa harus menunggu pengrekapan data yang diulangi kembali dari proses awal penginputan sampai laporan kegiatan dalam proses pengolahan informasi yang diperlukan. Dengan adanya system informasi perpustakaan ini diharapkan dapat memberikan suatu alat bantu dalam proses penyusunan database dan diharapkan akan lebih mudah mengetahui informasi kegiatan perpustakaan.

Tujuan penelitian Adapun tujuan penelitian Tugas Akhir ini adalah: 1. Batasan Masalah Adapun batasan permasalahan penelitian mengenai Data Peminjaman buku. Mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang di dapat khususnya pemrograman dalam membuat suatu program. 3. E. . Rumusan Masalah Rumusan masalah yang akan dijadikan sebagai acuan dalam merancang dan membangun suatu system informasi Perpustakaan yaitu bagaimana cara penginputan data buku perpustakaan. Data Pengembalian buku dan Denda keterlambatan.C. D. meliputi pengolahan data. Sebagai syarat untuk menyelesaikan study pada program study Tehnik Informatika Pada Akademi Manajemen Informatika Dan Komputer “AKMI” Baturaja. 2. pencarian data dan output data. Menghasilkan program aplikasi Perpustakaan .

dan teknologi. istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang. Manfaat penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan suatu manfaat. 2. Kajian Teori 1. Bagi Perguruan Tinggi "AKMI" Baturaja Mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menerapkan teori yang sudah didapat dan dijadikan evaluasi bagi bidang akademik untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan. proses algoritmik. data. Bagi Mahasiswa Mempermudah dalam belajar Visual Basic dengan memperdalam ilmu pengetahuan dalam membuat sebuah aplikasi. G. 3. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah : 1. Sistem Informasi Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Bagi Perpustakaan SMP Negeri 1 Runjung Agung Sangat membantu pekerjaan pegawai perpustakaan dalam hal penginputan data sehingga akan lebih cepat dan tepat. Dalam arti yang sangat luas. istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan . Dalam pengertian ini.F.

dan proses bisnis. sistem informasi antar-berhubungan dengan sistem data di satu sisi dan sistem aktivitas di sisi lain. .komunikasi (TIK). mengambil. memanipulasi dan menampilkan) informasi. dan komputer sistem TIK. Sistem informasi adalah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. transmisi. menyimpan. Dengan demikian. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan. Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. Alter berpendapat untuk sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem di mana manusia dan/atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan. Ada yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi.

yang kemudian seiring dengan era otonomi daerah sekolah tersebut masuk dalam wilayah pemekaran yaitu Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Selatan) yang kemudian berganti nama menjadi SMP Negeri 2 Buay Runjung. .Sistem informasi merupakan fokus utama dari studi untuk disiplin sistem informasi dan organisasi informatika. hiburan. Perpustakaan Dalam arti tradisional.Terjadi seiring dengan terjadinya pemekaran wilayah Kecamatan Runjung Agung. 3. dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia. namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi.0283/C/1991. rekreasi. Perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah.NO. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan. dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri. Smp N 1 Runjung Agung SMP Negeri 1 Runjung Agung adalah sebuah sekolah yang didirikan pada tahun 1990 dengan SK Kelembagaan Nomor : SK. 2. Pada awal berdirinya sekolah ini bernama SMP Negeri 4 Muaradua. sehingga nama sekolah kembail berubah menjadi SMP Negeri 1 Runjung Agung. Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan.

Moubiler yang mencukupi. Akan tetapi proses pendidikan yang baik juga perlu didukung oleh sarana dan prasarana pendidikanyang memadai antara lain : Ruang kelas yang memadai. Baik itu diluar kecamatan Runjung Agung maupun yang lain. Untuk mewujudkan aktifitas pembelajaran yang baik. Jumlah siswa yang masuk ke SMP Negeri 1Runjung Agung terus bertambah seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberikan fasilitas sekolah gratis yang bermutu bagi seluruh siswa. diantaranya. dan fasilitas praktikumyang lengkap agar kegiatan penbelajaran dapat berjalansesuai dengan apa yang telah direncanakan dalam perangkat pembelajaran. Dalam rangka mewujudkan aktifitas belajar mengajar yang baik.Sebagai salah satu sekolah yang secara geografis terletak diantara permukiman perkebunan penduduk dan berjarak ±33 km dari ibu kota kabupaten. Kebutuhan akan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai mutlak diperlukan oleh suatu lembaga pendidikan dalam rangka mendukung peningkatan mutu aktifitas belajar mengajar. SMP Negeri 1 Runjung Agung terkendala pada kurangnya sarana (Meja + Kursi) . SMP Negeri 1 Runjung secara pasti telah menjadi sekolah pilihan utama bagi siswa-siswi yang baru menyelesaikan Pendidikan Sekolah Dasar. dengan peningkatan mutu dan kualitas Guru. Sejak Tahun 2008/2009 hingga tahun Pelajaran 2009/2010. Pihak sekolah telah berupaya keras mewujudkan kebijakan pemerintah tersebut dengan mengambil langkah-langkah.

merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s Allpurpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an.0 Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. 1. 4.1. Visual Basic 6. Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer.Siswa. yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung object (Object Oriented Programming = OOP). khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows.perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Hal ini membuat pihak sekolah berupaya keras dengan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan siswa tersebut agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lebih efektif. Pengertian Visual Basic 6. Bahasa pemrograman Visual Basic. Bahasa pemrograman adalah perintah . .

Gambar.Menu Bar c.ToolBar . Pada posisi default program Visual Basic 6. Tools. Query. yaitu: File. Add-Ins.2. Gambar. Windows. Edit. Komponen-komponen pada Visual Basic 6.0 a. b. Menu Bar Menu Bar merupakan batang menu yang terletak dibawah Title Bar yang berfungsi untuk menampilkan pilihan menu atau perintah untuk mengoperasikan program Visual Basic 6. Run.0. Title Bar Title Bar merupakan batang judul dari program Visual Basic 6. Toolbar Toolbar merupakan sebuah batang yang berisi kumpulan tombol yang terletak dibagian bawah menu bar yang dapat digunakan untuk menjalankan suatu perintah. View. Debug. Project.1. Diagram. Format. dan Help. Saat pertama kali jendela program Visual Basic terbuka. kita bias melihat 13 menu utama.0 hanya menampilkan Toolbar standar.0 yang terletak pada bagian atas dari jendela program yang berfungsi untuk menampilkan judul atau nama jendela.

toolbox menampilkan tabulasi General dengan 21 tombol control. Toolbox Toolbox merupakan kotak perangkat yang berisi kumpulan tombol objek atau control untuk mengatur desain dari aplikasi yang akan dibuat. Pada kondisi default.d. .

Gambar Toolbox Kegunaan masing-masing tombol pada toolbox Visual Basic dapat dilihat pada table di bawah ini : .

Properties Window Properties Window merupakan sebuah jendela yang digunakan untuk menampung nama property pada program Visual Basic 6. Properties Window . dimana file ini digunakan untuk menyimpan seluruh komponen program.e. Dalam Visual Basic 6.0 merupakan hal yang sangat penting untuk membedakan objek yang satu dengan yang lainnya. Project Window f.0. file project disimpan dengan nama file berakhiran VBP. Pada jendela properti ditampilkan jenis dan nama objek yang kita pilih urut berdasarkan abjad atau berdasarkan kategori pada tab categorixed. Project Window Project adalah suatu kumpulan module atau merupakan program aplikasi itu sendiri. Gambar. Gambar.

Kode program akan mengontrol dan menentukan jalannya suatu objek. Gambar.g. Umumnya dalam suatu form terdapat garis titil-titil yang disebut dengan grid. Event Event merupakan suatu kejadian yang akan diterima oleh suatu objek. . Kode Program Kode Program merupakan serangkaian tulisan perintah yang akan dilakukan jika suatu objek dijalankan. Form Window h. Form Window Form Window merupakan object yang dipakai sebagai tempat bekerja program aplikasi secara otomatis akan tersedia form yang baru bila anda membuat program aplikasi yang baru yaitu form 1. Event yang diterima oleh objek berfungsi untuk menjalankan kode program yang ada didalam objek tersebut. i.

Macam-macam objek dalam Visual Basic 6.j.0 a. b. Menu (Mnu) Unit ini digunakan untuk membuat aplikasi Visual Basic 6. Metode biasanya akan mengerjakan suatu tugas khusus pada suatu onjek. . c. Label (Lbl) Unit ini digunakan untuk menampilkan texs tetapi pemakaiannya tidak beroreantasi dengannya. d.0. File List Box (Fil) Unit ini digunakan untuk menampilkan data file pada direktori terpilih atau memungkinkan untuk memilih sebuah drive.0 atau bias diakses melalui menu editor. Metode(Method) Metode merupakan suatu set perintah seperti halnya fungsi dan prosedurnya tetapi sudah tersedia di dalam suatu objek. Form (Frm) Unit ini merupakan lembar kerja tempat meletakkan item dalam windows Visual Basic 6.3. 1.

.5. Komponen klien juga sering disebut sebagai front-end. sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah. umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa layanan yang dimiliki oleh server. sementara komponen server disebut sebagai back-end. Dalam model klien/server. Klien pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang dilakukan server dan menampilkannya kepada pengguna. Komponen server akan menerima request dari klien. Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna. Client Server Klien-server atau client-server merupakan dalam teknologi informasi yang merujuk sebuah kepada paradigma cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak: pihak klien dan pihak server. tapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server. dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada klien. Komponen klien tersebut akan menyiapkan data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan di atas mesin server. dengan menggunakan aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna.

0 menggunakan Client-Server. 2. Metodologi Penelitian 1. Software a).0. . Alat-Alat Penelitian Adapun alat yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah Satu buah laptop ACER dengan spesifikasi sebagai berikut: a. Data tersebut akan ditampilkan di aplikasi Visual Basic 6. c) . Microsoft Office 2007. b). Data Pengembalian buku dan Denda keterlambatan. Hardware a) Prosessor Intel (R) Pentium (R) Dual CPU T2390 dan Memory 502 MB Ram b) Harddisk 160 GB c) VGA/AGP On Board d) Monitor 14.Sistem Aplikasi Visual Basic 6.H. Data Peminjaman buku.1” e) DVD – Super Multi f) Keyboard + Mouse b. Subjek Penelitian Subjek penelitian ini adalah data –data yang berkaitan dengan . Sistem Operasi Microsoft Windows XP Professional.

Referensi Metode Referensi adalahmetode yang mengambil data dokumen yang ada pada objek penelitian. Metode Interview Metode Interview adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mewawancarai pegawai yang memegang jabatan sebagai Kepala Perpustakaan SMP Negeri 1 Runjung Agung. Analisis Perancangan Tabel a. Metode Pengumpulan Data Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu : 1. 4. Analisis Analisis data digunakan untuk mengetahui semua tentang ruang lingkup dan data-data yang ada pada Perpustakaan SMP Negeri 1 Runjung Agung yang bisa memudahkan Tata Usaha atupun guru dalam proses peminjaman. Pengembalian dan Denda keterlambatan maka diuji coba dengan membuat sistem komputerisasi perpustakaan menggunakan Visual Basic 6.3. 2.0. .

Perancangan tabel a) Tabel_Input_Buku Nama Field Kode_buku Judul_buku Pengarang Penerbit Tanggal_terbit Kelas Jumlah_buku Type Text Text Text Text Date/Time Text Integer 5 2 Size 8 25 50 35 Key * b) Tabel_Input_Siswa Nama Field Kode_siswa Nama_siswa Alamat Tgl_input Jenis_kelamin Type Text Text Text Data/Time Text 12 Size 5 25 25 Key * .b.

c) Tabel_Input_Peminjaman Nama Field Kode_peminjam Tgl_pinjam Tgl_kembali Kode_siswa Nama_siswa Kode_buku Pengarang Type Text Date/Time Date/Time Text Text Text Text 5 25 8 50 Size 8 Key * d) Tabel_Pengembalian Nama Field Kode_peminjaman Kode_siswa Nama_siswa Jumlah_buku Tgl_pinjam Tgl_kembali Lama_pinjam Terlambat Denda Type Text Text Text Integer Date/Time Date/Time Text Text $ 15 9 Size 8 5 25 2 Key * .

Jadwal Penelitian November No Kegiatan 1 1 2 3 4 5 6 7 Perencanaan Judul Penelitian Pengumpulan Data Pembuatan Proposal Seminar Proposal Penyusunan Laporan Ujian Tugas Akhir Minggu ke 2 3 4 1 Desember Minggu ke 2 3 4 .J.

org http://www.ilmukomputer.com .wikipedia.DAFTAR PUSTAKA http://id.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times