1.

Struktur Batang

Batang dapat diumpamakan sebagai sumbu tubuh tumbuhan. Bagian ini umumnya tumbuh di atas tanah. Arah tumbuh batang tumbuhan menuju sinar matahari. Umumnya batang bercabang, tetapi pada tumbuhan tertentu batangnya tidak memiliki cabang seperti pada tumbuhan pisang, kelapa, dan pepaya. Struktur batang terdiri atas epidermis, korteks, endodermis, dan silinder pusat (stele). Silinder pusat pada batang ini terdiri atas beberapa jaringan yaitu empulur, perikardium, dan berkas pengangkut yaitu xilem dan floem. Untuk lebih jelasnya akan kamu pelajari saat duduk di bangku SMP kelas VIII. Batang tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu batang berkayu, batang rumput, dan batang basah. Perhatikan gambar di bawah ini
Batang Dikotil

. Dikotil
Tumbuhan berbiji belah atau tumbuhan berkeping biji dua adalah segolongan tumbuhan berbunga yang memiliki ciri khas yang sama dengan memiliki sepasang daun lembaga (kotiledon:daun yang terbentuk pada embrio) berbentuk sejak dalam tahap biji sehingga biji sebagian besar anggotanya bersifat mudah terbelah dua dan sistem Crouquist mengakui kelompok ini sebagai takson dan menamakannya kelas Magnoliopsida. Nama ini dibentuk dengan menggantikan akhiran -aceae dalam nama Magnoliopsida dengan akhiran -opsida . Kelas Magnoliopsida dipakai sebagai nama takson bagi semua tumbuhan berbunga bukan monokotil. Magnoliopsida adalah nama yang dipakai untuk menggantikan nama yang dipakai sistem klasifikasi yang lebih lama, kelas Dicotyledoneae (kelas “tumbuhan berdaun lembaga dua” atau “tumbuhan dikotil”). Contoh tumbuhan dikotil

Pada batang dikotil terdapat lapisan-lapisan dari luar ke dalam :

berkayu keras dan hidupnya menahun. Pada batang yang mengalami pertumbuhan sekunder. tetapi hanya pada saat air dan zat hara tersedia cukup. makin ke dalam tersusun atas jaringan parenkim. b. Lapis terluar dari stele disebut perisikel atau perikambium. Batang Monokotil Pada batang Monokotil. c. terdiri dari beberapa lapis sel. Tidak adanya kambium pada Monokotil menyebabkan batang Monokotil tidak dapat tumbuh membesar. pada perkembangan selanjutnya jaringan parenkim yang terdapat di antara berkas pembuluh angkut juga berubah menjadi kambium. Epidermis Terdiri atas selaput sel yang tersusun rapat. batas antara korteks dan stele umumnya tidak jelas. Monokotil . sedang pada musim kering tidak terjadi pertumbuhan sehingga pertumbuhan menebalnya pada batang tampak berlapis-lapis. Antara xilem dan floem terdapat kambium intravasikuler.a. lapis-lapis lingkaran tersebut dinamakan Lingkaran Tahun. lapisan epidermis digantikan oleh lapisan gabus yang dibentuk dari kambium gabus. Fungsi epidermis untuk melindungi jaringan di bawahnya. Pada tumbuhan Dikotil. 2. xilem di sebelah dalam dan floem sebelah luar. Pada stele monokotil terdapat ikatan pembuluh yang menyebar dan bertipe kolateral tertutup yang artinya di antara xilem dan floem tidak ditemukan kambium. Korteks Korteks batang disebut juga kulit pertama. Letak saling bersisian. tersusun atas selapis sel. ada Monokotil yang dapat mengadakan pertumbuhan menebal sekunder. Endodermis tumbuhan Anguiospermae mengandung zat tepung. dengan perkataan lain tidak terjadi pertumbuhan menebal sekunder. Meskipun demikian. tetapi tidak terdapat pada endodermis tumbuhan Gymnospermae. yang disebut kambium intervasikuler. yang dekat dengan lapisan epidermis tersusun atas jaringan kolenkim. Stele/ Silinder Pusat Merupakan lapisan terdalam dari batang. lkatan pembuluh pada stele disebut tipe kolateral yang artinya xilem dan floem. d. merupakan lapisan pemisah antara korteks dengan stele. setiap lapis menunjukkan aktivitas pertumbuhan selama satu tahun. tidak mempunyai ruang antar sel. pertumbuhan menebal sekunder tidak berlangsung terus-menerus. Endodermis Endodermis batang disebut juga kulit dalam. Keduanya dapat mengadakan pertumbuhan sekunder yang mengakibatkan bertambah besarnya diameter batang. epidermis terdiri dari satu lapis sel. misalnya pada pohon Hanjuang (Cordyline sp) dan pohon Nenas seberang (Agave sp).

Macam jaringan pada akar Dikotil. sumber bahan baku industri. Fungsi Epidermis atau eksodermis akar tumbuhan dikotil = Jalan masuk air dan garam mineral. dekorasi. media penulisan. Korteks akar tumbuhan dikotil letak korteks akar akar ini didaerah di sebelah dalam epidermis. sel-sel kaliptra ada yang mengandung butirbutir amylum. pada Dikotil. perumahan. Endodermis akar tumbuhan dikotil letak Endodermis akar ini dilapisan sebelah dalam korteks dan di luar perisikel. dinamakan kolumela. Akar tumbuhan Dikotil tersusun oleh bermacam-macam jaringan dengan fungsi tertentu. 4 . Sebagai sumber pangan. Fungsi korteks akar tumbuhan dikotil = tempat menyimpan cadangan makanan. Kelompok ini diakui sebagai takson dalam berbagai sistem klasifikasi tumbuhan dan mendapat berbagai nama. dan sebagainya Akar adalah bagian pokok di samping batang dan daun bagi tumbuhan yang tumbuh menuju inti bumi kormus AKAR Asal akar adalah dari akar lembaga (radix). Perisikel akar tumbuhan dikotil letak Perisikel akar ini disebelah dalam lapisan endodermis. pada Monokotil. akar lembaga mati. akar lembaga terus tumbuh sehingga membentuk akar tunggang. dan fungsinya adalah sebagai berikut : 1. yang fungsinya melindungi ujung akar sewaktu menembus tanah. pakaian. Fungsi Endodermis akar tumbuhan dikotil = Mengatur masuknya air tanah ke dalam pembuluh. Kelompok tumbuhan ini mencakup berbagai tumbuhan paling berguna dalam kehidupan manusia. Menyimpan zat makanan. seperti Monocotyledoneae. . kemudian pada pangkal batang akan tumbuh akar-akar yang memiliki ukuran hampir sama sehingga membentuk akar serabut. 3. sumber energi nabati.Tumbuhan berkeping biji tunggal (atau monokotil) adalah salah satu dari dua kelompok besar tumbuhan berbunga yang bijinya tidak membelah karena hanya memiliki satu daun lembaga. zat pewarna. letak. Akar monokotil dan dikotil ujungnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra. 2. Liliopsida. dan Liliidae. Epidermis atau eksodermis akar tumbuhan dikotil letak epidermis akar ini di bagian terluar akar.

Di antara xilem dan floem terdapat kambium. Xilem akar tumbuhan dikotil letak Perisikel akar ini dibagian tengah akar. Xilem dan floem pada tumbuhan Dikotil tersusun radial atau membentuk jari-jari. . lokasi. 7. b) Fungsi xilem dan floem sama seperti pada tanaman Dikotil. Empulur akar tumbuhan dikotil letak Perisikel akar ini dibagian tengah. Aktivitas kambium ke arah luar membentuk unsur kulit dan ke arah dalam membentuk unsur kayu Struktur jaringan penyusun akar tumbuhan Monokotil sebagai berikut a) Epidermis. c) Empulur. Xilem berbentuk bintang di pusat dan floem mengelilingi xilem. dan fungsi seperti pada akar tanaman Dikotil. korteks. Di antara bangunan bentuk bintang di dalam xilem. dan perisikel memiliki struktur. 5. tetapi letak keduanya saling berdekatan karena tidak memiliki kambium. Floem akar tumbuhan dikotil letak Perisikel akar ini di antara jari-jari yang dibentuk oleh xilem. Fungsi Perisikel akar tumbuhan dikotil = Mengangkut zat makanan yang dibuat daun menuju ke seluruh bagian tumbuhan. terletak di bagian tengah serta dikelilingi xilem dan floem yang berselang-seling. Fungsi Perisikel akar tumbuhan dikotil = Menyimpan makanan cadangan. Adapun struktur akar tumbuhan Dicotyledoneae terlihat seperti gambar di bawah ini : Perhatikan Gambar 1. 6. Fungsi Xilem akar tumbuhan dikotil = Mengangkut air dan garam mineral dari tanah menuju daun.Fungsi Perisikel akar tumbuhan dikotil = Membentuk cabang akar dan kambium gabus.

Bagaimana struktur jaringan penyusun akar tumbuhan secara keseluruhan? .Perhatikan Gambar agar Anda lebih mengenal struktur jaringan penyusun akar tumbuhan Monokotil. Gambar akar tumbuhan Monokotil Anda telah mempelajari Akar Tumbuhan monokotil.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful