KEDUDUKAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA 1.

Pancasila, dalam fungsinya sebagai dasar negara, merupakan sumber kaidah hukum yang mengatur negara Republik Indonesia, termasuk di dalamnya seluruh unsur-unsurnya yakni pemerintah, wilayah dan rakyat. Pancasila dalam kedudukannya seperti inilah yang merupakan dasar pijakan penyelenggaraan negara dan seluruh kehidupan negara Republik Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara mempunyai arti menjadikan Pancasila sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan. Konsekuensinya adalah Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum. Hal ini menempatkan Pancasila sebagai dasar negara yang berarti melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam semua peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu, sudah seharusnya semua peraturan perundang-undangan di negara Republik Indonesia bersumber pada Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia mempunyai implikasi bahwa Pancasila terikat oleh suatu kekuatan secara hukum, terikat oleh struktur kekuasaan secara formal, dan meliputi suasana kebatinan atau citacita hukum yang menguasai dasar negara (Suhadi, 1998). Cita-cita hukum atau suasana kebatinan tersebut terangkum di dalam empat pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 di mana keempatnya sama hakikatnya dengan Pancasila. Empat pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tersebut lebih lanjut terjelma ke dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar 1945. Barulah dari pasalpasal Undang-Undang Dasar 1945 itu diuraikan lagi ke dalam banyak peraturan perundang-undangan lainnya, seperti misalnya ketetapan MPR, undang-undang, peraturan pemerintah dan lain sebagainya.

maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan itu dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa. Kedudukan pancasila sebagai dasar negara dapat dirinci sebagai berikut: • • Pancasila sebagai dasar negara adalah sumber dari segala sumber hukum (sumber tertib hukum) Indonesia Pancasila merupakan asas kerohanian tertib hukum Indonesia yang dalam Pembukaan UUD 1945 dijabarkan dalam empat pokok pikiran • • Mewujudkan cita0cita hukum bagi hukum dasar negara baik hukum dasar tertulis maupun tidak tertulis. Pasal-pasal Undang-Undang Dasar 1945 menggariskan ketentuanketentuan yang menunjukkan fungsi pancasila dalam proses penyelenggaraan kehidupan bernegara. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalm permusyawaratan perwakilan. kemanusiaan yang adil dan beradab.2.. persatuan Indonesia. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara seperti tersebut di atas. 3. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara yaitu Pancasila sebagai dasar dari penyelenggaraan kehidupan bernegara bagi negara Republik Indonesia. sesuai dengan apa yang tersurat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alenia 4 antara lain menegaskan: “…. selanjutnya dalam proses penyelenggaraan kehidupan bernegara memiliki fungsi yang kuat pula. Pancasila mengandung norma yang mengharuskan UUD 1945 mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan penyelenggara negara termasuk penyelenggara partai dan . Dengan kedudukan yang istimewa tersebut. serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”..

golongan fungsional memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur. XVIII/MPR/1998 tentang pencabutan P4 dan Penetapan tentang Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara. Pancasila sebagai dasar Negara mempunyai makna yaitu: • Sebagai dasar untuk menata Negara yang merdeka dan berdaulat. dan • • Sebagai dasar. Mengubah Pancasila berarti membubarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di proklamirkan tanggal 17 Agustus 1945. kuat dan tidak dapat dirubah oleh siapapun. penyelenggara negara. yang tercntum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke 4. . • Pancasila merupakan sumber semangat bagi UUD 1945. Dalam penjelasan Ketetapan inipun dinyatakan bahwa kedudukan Pancasila sebagia Dasar Negara di dalamnya mengandung makna sebagai Ideologi Nasional. Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara mempunyai fungsi dan kedudukan sebagai kaidah Negara yang fundamental atau mendasar. Sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan aparatur Negara yang bersih dan berwibawa. arah dan petunjuk aktifitas perikehidupan bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. sehingga tercapai tujuan nasional. pelaksana pemerintahan termasuk penyelenggara partai dan golongan fungsional 4. termasuk oleh MPR/DPR hasil pemilihan umum. sehingga sifatnya tetap. Pancasila sebagai dasar Negara ditegaskan lagi dengan adanya Ketetapan MPR No. Pada Ketetapan ini dinyatakan bahwa Pancasila sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah dasar Negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus dilaksanakan secara konsekuen dan konsisten. Cita-cita dan Tujuan Negara.

Kekuatan imperatif atau memaksa artinya menuntut warga negara untuk taat dan tunduk kepada Pancasila dan aturan hukum yang dijiwainya. (http://elearning..Yogyakarta: Kanisius. DAFTAR PUSTAKA Modul Pancasila.id/docmodul/indexpendidikan_pancasila.com/2009/07/fungsipancasila-bagi-bangsa-dan-negara. 1987. diakses 30 Oktober 2011) Suwarno. . P. Pelanggaran terhadap Pancasila dan peraturan-peraturan yang dijiwainya diikuti dengan sanksi hukum sesuai dengan hukum yang berlaku.html 5.J. Pancasila Budaya Bangsa Indonesia .Sumber: LKS Kencana Utama Dipetik dari: http://iptekdakhlan. Tim Penulis Jurusan PMPKN.blogspot.html. Malang : IKIP Malang.gunadarma. Pamadi Sarkadi (2007) Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia membawa konsekuensi logis. yakni kekuatan imperatif atau memaksa secara hukum.ac.1993. Pancasila Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia.

id/website/index.com/makalah/falsafah-pancasila-sebagai-dasarfalsafah-negara-indonesia.wordpress. 2007. PKN14207 Sistem Hukum Indonesia.Anonim.” falsafah-pancasila-sebagai-dasar-falsafah-negara-indonesia” (http://lasonearth. 2008.php? option=com_content&view=article&id=61:pkni4207-sistem-hukumindonesia&Itemid=75&catid=30:fkip. (http://pustaka.ac. Parmakin. diakses tanggal 30 Oktober 2011) Sarkadi.ut. diakses tanggal 29 Oktober 2011) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful