Makalah Pendidikan Agama Islam

PUASA DAN ZAKAT

Oleh :

Zahrani

J3F110005

Penanggung Jawab : Ela Sulistiawati, S.Ag., M.Si

PROGRAM KEAHLIAN MANAJEMEN INDUSTRI JASA MAKANAN DAN GIZI DIREKTORAT PROGRAM DIPLOMA INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2011

Makalah ini disusun secara sistematis dan ilmiah untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Pendidikan Agama Islam. kami mendapatkan bantuan dari berbagai pihak.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT.Si sebagai dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan pada kami. serta teman – teman yang kami sayangi.Ag. orang tua kami yang memberikan dukungan baik materi maupun spirit. Dalam pembuatannya. serta dapat memperluas ilmu pengetahuan tentang Puasa dan Zakat. atas segala rahmat dan karunia.. selain itu dapat membuat kami menjadi kreatif dan terampil. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membaca. baik secara moral maupun material salah satu orang yang berperan dalam pembuatan makalah ini adalah dosen kami Ibu Ela Sulistiawati.Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini. S. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna dan kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun. M. November 2010 Penyusun . Bogor.

3. Hambatan ang menyebabkab kewajiban zakat belum meluas tertunaikan dalam masyarakat.2 Tujuan 1. Sedangkan zakat adalah sedekah yang wajib dikeluarkan umat Islam menjelang akhir bulan Ramadan. 1.1 Latar Belakang Agama Islam memiliki 5 rukun Islam yang wajib untuk dijalankan. mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari. Dapat mengetahui dan memahami pembagian zakat yang benar menurut syariat islam 4. diantaranya adalah puasa dan zakat. Namun kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap hari-hari penting puasa termasuk yang wajib dan yang diharamkan merupakan hambatan dalam kehidupan beragama. Zakat merupakan salah satu rukun ketiga dari Rukun Islam. Hambatan-hambatan ini ada yang bersifat inheren di dalam tubuh umat Islam sendiri dan ada yang bersifat eksteren (pengaruh dari luar). Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa. Terdapat puasa wajib dan puasa sunnah. Mengerti dan memahami pengertian puasa dan zakat.BAB I. Dapat menambah ilmu tentang puasa dan zakat . Kewajiban puasa dan zakat ini sebagaimana juga kewajiban-kewajiban lainnya seperti shalat dan ibadah haji harus ditunaikan oleh umat Islam. Dapat mengetahui dan memahami jenis – jenis puasa dan zakat. 2. PENDAHULUAN 1. sebagai pelengkap ibadah puasa.

dan memandang atau melihat sesuatu yang kurang baik.S. Maryam: 26: Artinya: Maka katakanlah (hai Maryam).1 Definisi Puasa Puasa dalam bahasa Arab disebut shiam atau shaum yang artinya menahan diri dari sesuatu. hubungan seksual. puasa umum adalah puasa sekedar menahan diri dari makan. PEMBAHASAN 2. seperti termaktub dalam Q. yaitu yang pertama. puasa khusus adalah puasa yang diamalkan di samping dengan isi umum tersebut di atas juga menyempurnakannya dengan menahan diri dari mengatakan. maka aku tidak berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini. Pengertian yang tersebut terakhir itu terdapat di dalam firman Allah. Dan karena umumnya manusia yang berpuasa berada dalam tingkat ini maka puasa mereka disebut puasa umum. minum. Dan karena puasa tingkat ini dapat diamalkan oleh mereka yang sudah bisa disebut khusus maka puasa mereka yang sudah bisa disebut khusus maka puasa mereka disebut khusus. 19. disertai dengan perilaku meninggalkan perbuatan-perbuatan tdak terpuji yang bisa mengurangi makna/nilainya/pahalanya. atau yang sia-sia dan tak berguna. diamalkan di siang hari sejak dari terbit fajar sampai terbenam matahari dengan cara menahan diri dari makan. Yang kedua.artinya demikianlah kebanyakan puasa manusia. Al-Ghazali membagi pengertian puasa menjadi tiga bagian. Puasa yang diamalkan dengan memenuhi semua persyaratan tersebut besar sekali makna dan pahalanya. puasa khusus al-khusus adalah puasa yang diamalkan di samping dengan kedua isi dua kategori puasa di atas disempurnakan pula dengan puasa hati yaitu menahan hati dari memikirkan. sesungguhnya aku telah bernadzar (untuk) berpuasa karena Allah Yang Maha Pemurah. Yang ketiga. minim. yang menyinggung/menyakiti orang lain. mendengar. puasa adalah suatu ibadat yang mempunyai syarat dan rukun tertentu. apalagi jika diingat bahwa puasa itu adalah salah satu dari lima rukun Islam. mengkhayalkan atau membayangkan hal-hal duniawi yang . dan hubungan seksual. Ke dalam pengertian ini termasuk menahan diri dari berbicara dengan orng lain. Menurut pengertian terminologi syar‟i.BAB 2. kurang pantas.

3. 1991). jika dianggap lebih bermanfaat bagi mustahik. Ketentuan-Ketentuan Zakat Fitrah 1. baik denan KitabNya maupun dengan Sunnah Rasul-Nya serta Ijma‟ dari umatnya (Sabiq. Besarnya zakat Fitrah adalah 1 sha‟ yaitu 2176 gram atau 2. 2. Dan karena puasa semacam ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sangat khusus maka puasa mereka disebut puasa khusus al-khusus. Hal ini dianggap baik oleh para ulama. Menurut madzhab hanafi. atau puasa super khusus (Baihaqi. suci. Kata zakat itu aslinya ialah tumbuh. Definisi Zakat Zakat adalah nama atau sebutan dari suatu hak Allah SWT yng dikeluarkan seseorang kepada fakir miskin.rendah selama berpuasa. maka zakatnya sah. diperbolehkan mengeluarkan zakat Fitrah dengan uang seharga ukuran itu.Sayyid. Dan Allah SWT menetapkan hukum wajibnya.5 Kg. Zakat yang wajib dikeluarkan muslim menjelang Idul Fitri pada bulan Ramadan. dan disebut beriringan denga shalat pada ayat 82. Waktu mengeluarkan zakat Fitrah adalah sejak awal bulan puasa Ramadhan hingga sebelum shalat „Idul Fitri maka dianggap sedekah sunah. dan berkah. karena untuk kehati-hatian. Firman Allah SWT: Artinya: “Pungutlah zakat dari harta benda mereka.” (HR. Besar Zakat ini setara dengan 2.2 Kg beras atau makanan pokok. 1993) Macam-Macam Zakat Zakat terbagi atas dua tipe yakni: a) Zakat Fitrah. Dalam prakteknya jumlah ini digenapkan menjadi 2. Ibnu Majah) . yang akan membersihkan dan menyucikan mereka!” (At-Taubah: 103) Zakat merupakan salah satu dari rukun Islam yang ke lima.5 kilogram makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : Artinya : “Barang siapa mengeluarkan (zakat Fitrah) sebelum shalat („Idul Fitri). Barang siapa mengeluarkannya setelah shalat maka dianggap sedekah sunah.

pertambangan. agar ibadahnya selama Ramadhan diterima dan mendapat pahala. hanyalah untuk orang-orang fakir. Panitia Zakat Fitrah hendaknya mendoakan kepada orang yang membayar zakat. hasil laut. emas dan perak. maka panitia zakat Fitrah yang berhari raya terlebih dahulu tidak boleh menerima zakat Fitrah setelah mereka mengerjakan shalat „Idul Fitri. orang-orang yang berhutang. 5. 2010) Golongan yang menerima zakat Mustahik Zakat Ada 8 golongan yang berhak menerima zakat (mustahiq) baik zakat fitrah atau zakat harta.”(QS. dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. hasil ternak. untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan. pengurus-pengurus zakat.4.” b) Zakat Maal (Harta) Mencakup hasil perniagaan. Zakat Fitrah boleh dikeluarkan langsung kepada mustahik atau dibayarkan melalui amil zakat. sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah. para mu‟allaf yang dibujuk hatinya. pertanian. At-taubah : 60) . yaitu sesuai dengan firman Allah SWT : Artinya : “ Sesungguhnya zakat-zakat itu. diantaranya: Artinya : “Semoga Allah SWT memberikan pahala kepadamu atas apa saja yang telah Allah memberi berkah kepadamu atas semua yang masih ada padamu dan mudah-mudahan Allah menjadikan kesucian bagimu. 7. Masing-masing tipe memiliki perhitungannya sendiri-sendiri (Anonim. Doa yang sering dibaca oleh yang menerima zakat. orang-orang miskin. harta temuan. Amil atau panitia zakat Fitrah boleh membagikan zakat kepada mustahik setelah shalat „Idul Fitri. Jika terjadi perbedaan Hari Raya. 6. untuk (memerdekakan) budak.

dan lain-lain (Huda. Fi sabilillah: mereka adalah para mujahid yang berperang dengan suka rela tanpa mendapat gaji dari pemerintah. Nuril . Miskin: orang yang mampu memenuhi lebih dari separoh kebutuhanya. 2. 6. maka ia diberi zakat sekedar kebutuhanya. sehingga ia sampai ke tujuanya Adapun orang-orang yang tidak boleh menerima zakat ada dua golongan: 1. Orang-orang yang berhutang: mereka adalah orang-orang yang terbebani hutang mereka di beri zakat untuk melunasi hutang mereka dengan syaratnya harus beragama islam. dan tidak berhutang untuk membiayai kemaksiatan. namun ia belum mampu memenuhi kebutuhannya secara menyeluruh. tidak mampu melunasi hutang. Sanak Famili orang yang berzakat. 2010). Orang yang sedang dalam pejalanan yaitu para musafir yang kehabisan bekal untuk melanjutkan perjalananya. 7.Allah telah mejelasakan delapan golongan yang berhak menerima zakat. Yaitu: 1. mereka diberi zakat agar hti mereka lunak menerima islam dan agar keimanan dihati mereka tetap teguh 5. istri. yaitu bapak. 4. . Para muallaf yang dibujuk hatinya: adalah orang orang yang baru memeluk islam. 8. Fakir: orang yang hanya mampu memenuhi kurang dari separoh kebutuhanya. cucu. Zakat juga di berikan untuk memerdekakan budak dan membebaskan tawanan perang yang tertawan oleh pihak musuh. 3.mereka di beri upah yang layak sesuai dengan pekerjaan mereka. kakek. Amil Zakat: orang yang ditugaskan oleh penguasa (pemerintah) untuk mengumpulkan zakat dari orang yang membayar zakat. Anak cucu keluarga Rasulullah SAW 2. maka ia diberi zakat untuk beberapa bulan kebutuhanya. mereka di beri zakat untuk diri mereka sendiri atau untuk membeli senjata. anak.

2010.html [28 November 2010] Sabiq.html [28 November 2010] Huda. -Cet. Nuril. 1993 . 2010. Tentang Zakat Fitrah. Fikih Sunnah/Sayyid Sabiq.DAFTAR PUSTAKA Anonim. alih bahasa oleh Mahyudin Syah. http//:Zakat .Wikipedia bahasa Indonesia. ensiklopedia bebas.8. Sayyid. Zakat. http//:Tentang Zakat Fitrah « Berbagi Ilmu.Bandung: Alam‟arif.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful