DI S U S U N OLEH : KELOMPOK ANGGOTA 1. 2. 3. 4. 5. 6.

PRODI : II :

EIBI PRAMITHA MIRANDA DELLA AGUSTIN MUMUN YASMIN EKA PUTRA M.ZULFIKAR : BIMBINGAN DAN KONSELING

MATA KULIAH : STATISTIKA D.PENGAMPUH : Dra.EVI RATNA KARTIKA WATI M.Sc

Evi Ratna Kartika Wati M.Sc. Oktober 2011 Penyusun . Demikianlah tugas ini disusun semoga bermanfaat. Indralaya. Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan tugas observasi pada pengamen remaja ini dapat diselesaikan.KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Tugas ini disusun untuk diajukan sebagai tugas mata kuliah STATISTIKA dengan judul “ MERETAS KEHIDUPAN DI TROTOAR JALAN “ Terima kasih disampaikan Ibu Dra. selaku dosen mata kuliah Statistika yang telah membimbing dan memberikan kuliah demi lancarnya tugas ini.

..... ii BAB I : PENDAHULUAN I...........................2 Saran......................................................................................................................................................2 Sub topik judul bahasan........................................................................................1 BAB II : PEMBAHASAN BAB III : PENUTUP III.........1 I...............................................................20 III.......................................1 Definisi judul..................................................................................... 21 ................................................................................................1 Kesimpulan..................................................................DAFTAR ISI Kata Pengantar.................................. i Daftar Isi........................................20 Daftar Pustaka............................................

Mereka mengais rupiah demi rupiah dan terkadang tak ada satupun rupiah yang mereka dapatkan. Kegigihan untuk mencapai Kemandirian Hidup pada akhirnya dapat menjadikan pribadi orang tersebut menjadi seorang yang SUKSES. Perlu upaya ekstra. kemudian membersihkan ilalang dan belum lagi terhindar dari ancaman ular berbisa atau hewan buas lainnya. bahwasanya kalo tidak ada upaya.BAB I PENDAHULUAN I. maka timbul beberapa sub topik yang ingin dibahas penyusun yakni meliputi : 1. meretas merupakan menebangi pohon untuk membuat jalan. Demikian pula sama hal nya dengan apa yang telah dan sedang dilakukan oleh para pengamen remaja di jalanan.1 Definisi judul Kemandirian hidup adalah cita-cita semua orang yang memiliki rasa tanggung jawab atas dirinya. menebangi pohon untuk membuat jalan. No Pain No Gain demikian ungkapan yang sering kita dengar. I. Karena di dalam istilah tersebut mempunyai makna yang cukup mendalam terhadap rutinitas kegiatan yang mereka lakukan. Bagaimana para pengamen remaja meretas kehidupan mereka? 2.2 Sub topik dari judul bahasan Berdasarkan judul dari hasil observasi pengamen remaja yakni Meretas Kehidupan di Trotoar Jalan. dengan segala pengorbanan yang harus kita ikhlaskan. Belum lagi mendapat tantangan dari lingkungan disekitar mereka yang bisa saja mengancam keselamatan jiwa mereka. tentu tidak akan ada hasil. Namun untuk mencapai cita-cita mulia ini. Meretas Kehidupan di Trotoar Jalan merupakan istilah yang pantas diberikan kepada mereka. Dalam kamus besar Bahasa indonesia. keluarganya dan lingkungannya. apabila dianalogikan dengan kehidupan maka makna yang timbul dari kata meretas ialah berjuang hidup pada kondisi di suatu lingkungannya yang sangat keras. tentunya bukanlah hal yang mudah untuk wujudkannya. Dari trotoar yang satu kemudian masuk ke dalam bus dengan berdiri dengan tegap dan gagah mereka mulai memainakan alat musik yang mereka bawa. Bagaimana cara mereka berinteraksi dengan lingkungan ? . Berarti secara tersirat. tidak hanya kerja keras tetapi juga harus kerja cerdas.

Namun. . nilai-nilai dan minta yang baru. Para pengamen remaja berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di seputaran simpang empat rumah sakit R. pada perkembangan psikologisnya seperti hasil observasi yang diperoleh mereka lebih jauh berkembang dan tidak sesuai dengan usia yang mereka miliki.1980). Selain itu. Hal itu hanya dilihat dari perkembangan fisik nya saja. Hal ini terlihat. Dengan begitu. para pengamen remaja mau tidak mau harus mengikuti peraturan yang ada di kawasan tersebut.BAB II PEMBAHASAN II. karena dalam observasi yang dilakukan terlihat adanya pembatasan dan penguasaan wilayah yang dilakukan oleh pengamen lainnya yang lebih tua ataupun senior. Kondisi inilah yang menuntut individu untuk bisa menyesuaikan diri secara mental dan melihat pentingnya menetapkan suatu sikap.1 Cara pengamen remaja meretas kehidupan Masa remaja adalah periode yang penting. Hal ini dilakukan demi bisa mendapatkan uang untuk bertahan hidup. dimana terjadi perkembangan fisik dan psikologis yang cepat dan penting (hurlock. periode ini pun memiliki dampak penting terhadap perkembangan fisik dan psikologis individu. hal ini terlihat dari bentuk tubuh yang mulai berubah yakni mulai tumbuhnya jakun pada pengamen pria dan bentuk dada dan pinggul yang mulai membesar pada pengamen wanita.K Charitas terlihat masih terjadi perkembangan fisik. Periode ini dianggap sebagai masa penting karena memiliki dampak langsung dan dampak jangka panjang dari apa yang terjadi pada masa ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful