Konsep pecahan Pecahan bisa di temui pada soal cerita, yang menggunakan berbagai obyek nyata seperti buahbuahan

, kue, tali atau barang-barang lainnya. Selain itu dapat juga berupa daerah bangun datar misalnya persegi, persegi panjang, lingkaran, dan lain sebagainya. Dimana biasanya daerah tersebut ditunjukan dengan jalan di arsir contohnya seperti ini:

Dapat juga dengan menggunakan kertas yang dilipat, seperti ini: dimana akan di tunjukan bahwa 1/2 = 2/4 = 4/8 dengan menggunakan 3 lembar kertas yang berbentuk persegi panjang. 1. Satu lembar kertas pertama di lipat menjadi 2 bagian yang sama besar. Sehingga memperoleh 1/2

lakukan hal yang sama seperti lembar pertama lalu tambahkan lipatan lagi. menjadi 2 sehingga memperoleh 2/4 3. kemudian tambahkan lipatan lagi menjadi 2 bagian yang sama sehingga di peroleh 4/8 Dari gambar diatas. Kemudian ambil lembar ke dua. Lembar ke tiga. lakukan hal yang sama seperti lembar ke dua.2. maka akan didapatkan nilai yang . bahwa 1/2 = 2/4 = 4/8 Dimana jika dengan menghitung langsung. jelas jika dilihat dari luas area yang diarsir. caranya: pembilang dan penyebut pada pecahan tersebut kita bagi atau kita kalikan dengan angka yang sama.

Contoh: Peragaan dengan garis bilangan: Pecahan senilai dapat ditunjukkan dengan menggunakan garis bilangan seperti ini: Untuk melihat pecahan senilai dapat juga di gunakan Tabel perkalian seperti ini: .sama.

Dari tabel ini dapat dilihat bahwa: 1/4 = 3/12 = 4/16 dan seterusnya.... Rumus secara umum untuk pecahan: Print Document to : .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful