BAB III RUMAH SEDERHANA SEHAT

III.1 Rumah Sehat III.1.1 Definisi Rumah Sehat Sering kita mendengar kalimat ’sehat itu mahal’.18 Nirwono Joga seorang arsitek lansekap berpendapat, ”Rumah harus difungsikan sebagai tempat terapi fisik dan mental seluruh penghuni rumah. Rumah harus sehat sehingga penghuni rumah menjadi ikut sehat.”19 Jadi, apakah sehat harus selalu dikonotasikan dengan mahal? ternyata tidak. Dari rumah yang sehat, hidup sehat itu dapat di mulai. Dinas Perumahan DKI Jakarta menetapkan Persyaratan Kualitas Minimal Perumahan dan Permukiman Sehat dengan pengertian rumah sehat adalah tempat tinggal yang memenuhi ketetapan atau ketentuan teknis kesehatan yang wajib dipenuhi dalam rangka melindungi penghuni rumah dari bahaya atau gangguan kesehatan, sehingga memungkinkan penghuni memperoleh derajat kesehatan yang optimal.20 Oleh karena itu rumah sehat tidak harus diwujudkan dengan biaya tinggi, karena yang terpenting rumah tersebut memenuhi kualitas ruang bertinggal sehat yang dibutuhkan. III.1.2 Syarat Rumah Sehat Secara umum, rumah dapat dikatakan sehat bila memenuhi kriteria berikut21 : Memenuhi kebutuhan fisiologis antara lain pencahayaan, penghawaan, dan ruang gerak yang cukup, terhindar dari kebisingan yang mengganggu. Memenuhi kebutuhan psikologis antara lain privasi yang cukup, komunikasi yang sehat antar anggota keluarga dan penghuni rumah. Memenuhi persyaratan pencegahan penularan penyakit antar penghuni rumah dengan penyediaan air bersih, pengelolaan tinja dan limbah rumah tangga, bebas binatang yang potensial menularkan penyakit (misalnya tikus), kepadatan hunian tidak berlebihan, cukup sinar matahari, terlindungnya makanan dan minuman dari pencemaran.
18 19

http://www.kompas.com Rumah Sehat, Fenomena Gaya Hidup. Jumat, 13 Juni 2003. http://www.kompas.com Memilih Rumah Sehat Lingkungan. Jumat, 24 Oktober 2003. 20 http://www.jakarta.go.id/dinasperumahan - Dinas Perumahan DKI Jakarta : 30 August, 2007, 11:50 21 - Kepmenkes RI No:829/MENKES/SK/VII/1999 tentang Persyaratan Kesehatan Perumahan. - Pedoman Teknis Penilaian Rumah Sehat, Dirjen PPM&PL Depkes RI, 2002.

Rumah sederhana sehat..., Annisa Fitriani, FT UI, 2008

11

-

Memenuhi persyaratan pencegahan terjadinya kecelakaan baik yang timbul karena keadaan luar maupun dalam rumah, antara lain persyaratan garis sepadan jalan, konstruksi yang tidak mudah roboh, tidak mudah terbakar, dan tidak cenderung membuat penghuninya jatuh tergelincir.

III.2 Rumah Sederhana Sehat Di masa krisis ekonomi yang masih terus berlanjut, bagi keluarga pas-pasan tidak ada pilihan lain kecuali berhemat di segala hal. Namun kebutuhan pokok akan papan (rumah) yang layak huni terus bertambah. Sementara anggaran dana untuk memiliki rumah ideal dengan harga tanah terjangkau juga terbatas. Maka memilih rumah pun harus pandai. Ada dua faktor utama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih rumah tinggal, yakni lingkungan perumahan yang sehat dan desain rumah yang sehat.22 Kenyataannya biaya pembangunan rumah tidaklah murah, untuk itu perlu diadakan penyediaan rumah layak huni dengan harga terjangkau. Pembangunan ’Rumah Sederhana Sehat’ menjadi sesuatu yang penting untuk dilaksanakan tanpa melupakan faktor estetika agar tidak terjadi pandangan umum bahwa rumah sederhana sehat adalah rumah kecil lusuh yang membosankan. III.2.1 Definisi Rumah Sederhana Rumah Sederhana adalah tempat kediaman yang layak dihuni dan harganya terjangkau oleh masyarakat berpenghasilan rendah dan sedang.23 Hal penting yang harus dipenuhi yaitu memiliki luas kavling ideal, dalam arti memenuhi kebutuhan minimum luas lahan untuk bangunan sederhana sehat baik sebelum maupun setelah dikembangkan.

22 23

http://www.kompas.com Memilih Rumah Sehat Lingkungan. Jumat, 24 Oktober 2003. http://www.jakarta.go.id/dinasperumahan - Dinas Perumahan DKI Jakarta : 30 August, 2007, 11:50

Rumah sederhana sehat..., Annisa Fitriani, FT UI, 2008

12

Untuk lebih detail, kebutuhan minimum ruangan pada rumah sederhana adalah (dapat dilihat pada tabel)24 :
Standar per jiwa (m²) Unit (ambang batas) 7,2 (Indonesia) 9,0 (internasional) 12,0 36 60,0 ------48 60,0 ------27 60,0 72 - 90 200 36 60,0 72 - 90 200 21,6 60,0 72 - 90 200 28,8 60,0 72 - 90 200 Minimal Luas (m²) untuk 3 jiwa Lahan Efektif Ideal Unit Minimal Luas (m²) untuk 4 jiwa Lahan Efektif Ideal

Sumber : Pedoman Umum Rumah Sederhana Sehat

Namun tipe keluarga seperti apa yang mampu/menjadi sasaran utama memiliki rumah sederhana dengan luas tanah efektif (sekitar 90m²)? Untuk mengetahuinya, berikut contoh fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) penawaran dari bank untuk membantu masyarakat memiliki rumah. Contoh ini akan memberikan gambaran tipe keluarga seperti apa yang akan/menjadi sasaran utama memiliki rumah sederhana sehat. Saat mengambil KPR, maka bank biasanya tidak akan mau membayarkan sebesar 100% harga rumah, tetapi hanya 70% harga rumah, oleh karena itu calon pemilik rumah haruslah membayar 30% sebagai uang muka (tetapi bila uang muka yang dibayar lebih besar, maka sisa yang harus dibayar tentu saja akan berkurang). Setelah itu sisanya harus dicicil tiap bulannya sebesar 1/3 gaji bulanan.25 Pihak bank menentukan besar cicilan 1/3 gaji bulanan dengan pertimbangan 2/3 gaji dapat digunakan sepenuhnya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, sehingga tidak mengganggu kesejahteraan keluarga. Ambil contoh perumahan di pinggir kota seperti Bintaro, rumah terbesar dengan luas tanah 90m² harga jualnya Rp.150juta.26 Dengan batas maksimal kredit 15 tahun, maka setelah dikurangi 30% sebagai uang muka, suatu keluarga harus mencicil
24 25

http://www.kimpraswil.go.id/Ditjen-mukim/peraturan Safir Senduk, Strategi Mengambil Kredit Pemilikan Rumah. Tabloid NOVA No.697/XIV 26 Daftar harga jual Perumahan Puri Bintaro Indah. Berlaku mulai tanggal 14 Agustus 2007.

Rumah sederhana sehat..., Annisa Fitriani, FT UI, 2008

13

600ribu itu adalah 1/3 gaji bulanan pengambil KPR. Jakarta: Oktober 1993. Annisa Fitriani.8juta sebulan. 11:50 http://www.id/Ditjen-mukim/peraturan Rumah sederhana sehat. dengan mempertimbangkan dan memanfaatkan potensi lokal meliputi potensi fisik seperti bahan bangunan..2.1.8juta sebulan.jakarta. Dinas Perumahan DKI Jakarta menetapkan bahwa Rumah Sederhana Sehat adalah tempat kediaman yang layak dihuni dan harganya terjangkau oleh masyarakat. dan iklim setempat serta potensi sosial budaya seperti arsitektur lokal.Rp.1. 2007. FT UI. III. 2008 14 .3.go. dan kenyamanan. Seandainya Rp. 27 28 http://www..2 Definisi Rumah Sederhana Sehat Dalam rangka peningkatan taraf hidup rakyat Indonesia.28 Gb.Dinas Perumahan DKI Jakarta : 30 August. Dengan demikian dapat diperkirakan keluarga yang mampu memiliki rumah dengan luas lahan efektif (90m²) berdasarkan harga jual rumah tahun 2007 adalah keluarga dengan gaji minimal Rp.600ribu setiap bulannya.1 Gambaran lingkungan perumahan sehat Sumber : Dirjen Cipta Karya.id/dinasperumahan . geologis.27 Untuk lebih jelasnya Depkmipraswil menentukan pengertian Rumah Sederhana Sehat adalah rumah yang dibangun dengan menggunakan bahan bangunan dan konstruksi sederhana akan tetapi masih memenuhi standar kebutuhan minimal dari aspek kesehatan. dan cara hidup..kimpraswil. Rumah dan Lingkungan Perumahan Sehat.go. maka gaji pengambil KPR tersebut Rp. keamanan. berupa bangunan yang luas lantai dan luas kavlingnya memadai dengan jumlah penghuni serta memenuhi persyaratan kesehatan rumah tinggal. DepPU.

III. organisasi ruang. Suasana itu hanya dapat tercipta dengan kerindangan pepohonan yang tumbuh optimal. pemilik/pembangun rumah harus mempertimbangkan beberapa hal ditinjau dari segi lingkungan. Sedangkan aturan Koefisien Dasar Bangunan (KDB). air. bangunan rumah sebaiknya mengikuti bentuk topografi alam sekitar. teknologi bangunan.2. dan sampah yang menggunung. agar tidak menganggu keseimbangan tanah. seperti pasar. Imelda Akmal.. sekolah.com Memilih Rumah Sehat Lingkungan. Lokasi dekat kawasan industri pabrik berat berisiko pencemaran udara. Annisa Fitriani.29 Tinggal di negeri tropis seperti Indonesia. terdapat aturan Garis Sepadan Bangunan (GSB) yang mengatur jarak antar rumah dengan jalan agar rumah tidak bising serta berdebu. dan rawan kejahatan.30 29 30 http://www. Jumat. 2008 15 . 1. 24 Oktober 2003.. Perlu diperhatikan juga apakah lokasi perumahan dan lingkungan sekitar bebas banjir pada masa kini dan mendatang? Jika lokasi dekat terminal. FT UI. membutuhkan suasana rumah dan lingkungan sekitar rumah yang sejuk dan teduh. atau rumah sakit. risiko pencemaran udara (bau). Jakarta: 2005. Lokasi dekat pasar rawan kejahatan. luasan ruang. Selain itu. Lokasi dekat kawasan jalur tegangan tinggi juga berpotensi terkena pencemaran energi listrik dan magnetik yang berbahaya untuk kesehatan jangka panjang. Rumah Mungil Yang Sehat. Hal. amati tingkat kebisingan suara.16 Rumah sederhana sehat.kompas. dengan suhu udara panas dan kelembaban udara yang tinggi sepanjang tahun. keamanan dan kesehatan. Lingkungan Lokasi Keputusan untuk membeli sebuah rumah setidaknya harus mempertimbangkan faktor-faktor lokasi perumahan yang strategis. tempat kerja.3 Desain Rumah Sederhana Sehat Untuk memenuhi kebutuhan perumahan yang layak dan terjangkau tetapi juga memenuhi persyaratan kenyamanan. mengatur agar luas bangunan rumah maksimal 60% luas lahan agar tidak mengganggu daya serap air pada suatu lingkungan. kemudahan aksesibilitas dan transportasi dari dan ke tempat tujuan rutin. pusat perbelanjaan. pencemaran udara. tempat ibadah. dan elemen lainnya. dan suara. fisika bangunan.. Untuk idealnya.

Jakarta: Oktober 1993. tidak berbau. Rumah sederhana sehat. segar. Jakarta: Oktober 1993. terutama untuk menjaga kesehatan penghuninya. 2008 16 . tidak menimbulkan bau dan tidak mencemari itu permukaan dibuat tanah.. Gb. Kualitas air bersih harus memenuhi persyaratan kesehatan. Rumah dan Lingkungan Perumahan Sehat. 31 Dirjen Cipta Karya.3. Rumah dan Lingkungan Perumahan Sehat.2 air bersih Sumber : Wikipedia. oleh karena harus perkerasan dan dengan kemiringan tertentu agar limbah dapat terus mengalir lancar. Water. = tidak mengandung bakteri yang mengganggu kesehatan. dan relatif jernih. Air bersih dan sehat adalah air yang memenuhi syarat : Fisik = tidak berwarna. Fasilitas pelengkap tersebut terdiri dari31 : a. Sarana air bersih Pada lingkungan ini tersedia sarana air bersih dengan kapasitas 120liter/hari/orang. DepPU.3 Selokan air depan rumah Sumber : Dirjen Cipta Karya. b.3.. terasa tawar. FT UI. DepPU. Saluran pembuangan air kotor Air kotor atau air buangan dari kamar mandi. Bakteriologi Gb.- Fasilitas pelengkap Fasilitas ini merupakan kelengkapan dasar fisik bangunan rumah dan lingkungan yang memungkinkan permukiman dapat berfungsi dengan baik.. Kimia = tidak mengandung zat membahayakan/dapat merusak benda. 17 September 2007. Limbah rumah tangga tidak boleh mencemari sumber air. cuci dan dapur disalurkan melalui selokan terbuka atau tertutup di dalam pekarangan rumah ke selokan air di pinggir jalan. Annisa Fitriani.

. setiap rumah harus menyediakan wadah berupa tong atau bak sampah diberi penutup agar lalat dan binatang tidak dapat masuk.5 Bak sampah dengan penutup Sumber : Dirjen Cipta Karya.nau. Tempat pembuangan sampah Untuk pembuangan sampah.. Jarak antar sumur air minum dengan sumur resapan septik tank minimal 10m. Jarak 10m tersebut tidak hanya diterapkan pada sumur air minum sendiri.Limbah kotoran manusia harus dikelola agar tidak menimbulkan bau dan mencemari permukaan tanah serta air tanah. Jakarta: Oktober 1993. Gb.edu c..3. Gb. Tentunya pada lingkungan perumahan terdapat petugas pengangkut sampah yang mengambil sampah secara berkala untuk menghindari penimbunan sampah berlebihan. DepPU.4 Sistem pengolahan limbah kotoran manusia Sumber : http//:www. Rumah sederhana sehat.cet. tetapi perhatikan juga letak sumur resapan air kotor kita dengan sumur air minum tetangga. 2008 17 . FT UI. Annisa Fitriani. Rumah dan Lingkungan Perumahan Sehat.3.

3. Teknologi Bangunan Struktur Secara umum. beton. Bahan pondasi harus kedap air untuk menghindari rembesan air tanah ke atas..2. dinding. Annisa Fitriani. Bahan pondasi dapat berupa batu kali. Pondasi Pondasi berfungsi meneruskan beban bangunan termasuk berat sendiri ke tanah..id/Ditjen-mukim/peraturan Rumah sederhana sehat.7 Perletakan pondasi di atas tanah keras Sumber : Dirjen Cipta Karya. konstruksi bangunan rumah bagian atap. Jakarta: Oktober 1993. dan pondasi rumah harus kokoh. batu bata. Rumah dan Lingkungan Perumahan Sehat. 32 http://www. FT UI. Berdasarkan Pedoman Umum Rumah Sederhana Sehat Depkimpraswil kebutuhan minimal keamanan dan keselamatan struktur bangunan rumah sederhana terdiri dari32 : a.3.go. beban angin dan beban gempa. 2008 18 .. DepPU. Pondasi harus terletak di atas tanah yang keras.kimpraswil. memberi kestabilan pada bangunan hingga tidak runtuh dan merupakan konstruksi penghubung dari bangunan atas dengan tanah. kaku dan kuat menahan beban sendiri.6 Pondasi setempat Gb. Gb.

DepPU. Rumah sederhana sehat. Untuk rumah kayu tidak panggung rangka dinding menggunakan kayu.. dapat menggunakan kuda-kuda dengan memanfaatkan samping tembok yang disekelilingnya dilengkapi dengan ring-balok konstruksi beton bertulang. FT UI. Kerangka bangunan Rangka dinding untuk rumah tembok dibuat dari struktur beton bertulang. Jakarta: Oktober 1993. Annisa Fitriani.3. 2008 19 . Gb. Sedangkan rumah kayu panggung seluruhnya menggunakan kayu. baik untuk rangka bangunan maupun untuk dinding dan pondasinya.. c. Untuk rumah setengah tembok menggunakan setengah rangka dari beton bertulang dan setengah dari rangka kayu. Untuk sloof disarankan menggunakan beton bertulang. Rumah dan Lingkungan Perumahan Sehat. Kuda-kuda Rumah sederhana sehat ini menggunakan atap pelana dengan kuda-kuda kerangka kayu dengan kelas kuat dan awet II.8 Konstruksi bangunan rumah Sumber : Dirjen Cipta Karya.b. Khusus untuk rumah tembok dengan konstruksi pasangan..

maupun anak beranjak dewasa.3. Annisa Fitriani. 2008 20 . baik anak kecil. Keluarga pasangan suami-istri dengan anak adalah keluarga yang tumbuh. Kondisi tersebut mengharuskan pembangun rumah mempertimbangkan kemungkinan bertambahnya kebutuhan ruang (renovasi). Pengembangan Rumah Mungil. dan pondasi sebagai persiapan kemungkinan akan terjadi penambahan ruang secara vertikal.9 Penambahan struktur saat renovasi Penambahan balok lantai 33 Sumber : Wijoyo H. Pertimbangan tersebut dapat berupa melebihkan besar kolom. Perkuatan pondasi Perkuatan kolom Gb. maka mayoritas keluarga dengan penghasilan menengah adalah keluarga pasangan suami-istri dengan anak. balok. karena pada umumnya tipe keluarga ini belum mampu untuk langsung membangun rumah utuh yang mampu menampung anak sampai anak tersebut menjadi dewasa. penambahan struktur dapat dilakukan saat renovasi.(terjemahan) hal. Site Planning for Cluster Housing.Sesuai tabel matriks hubungan tipe penghuni rumah dengan penghasilan Richard Utterman dan Robert Small33. USA: 1983. Namun bila memang belum ada biaya lebih.44 Rumah sederhana sehat. anak remaja.. Serial Rumah Richard Uttermann and Robert Small. sehingga pembangunan rumah untuk keluarga tipe ini haruslah rumah yang masih dapat dikembangkan kualitas ruangnya. FT UI. baik besaran ruang maupun tata ruang dalamnya (perabot)....

11:50 Rumah sederhana sehat.Dinas Perumahan DKI Jakarta : 30 August.3..go. FT UI. yaitu34 : a. 2007. Annisa Fitriani.id/dinasperumahan .jakarta. 2008 21 . Rumah dan Lingkungan Perumahan Sehat. Penutup atap sebaiknya merupakan bidang datar dan sudut kemiringan atap tergantung dari jenis bahan penutup atap yang dipakai (lihat tabel).- Komponen Dinas Perumahan DKI Jakarta menetapkan Persyaratan Kualitas Minimal Perumahan dan Permukiman Sehat yang termasuk didalamnya ketentuan komponen bangunan pokok rumah sederhana sehat. debu. DepPU. Bahan penutup atap Ijuk Alang-alang Genteng Asbes semen Sirap Seng Sudut kemiringan (X˚) 45˚ 45˚ 30˚ 18˚ 25˚ 15˚ Sumber : Dirjen Cipta Karya. Jakarta: Oktober 1993. Atap Atap berfungsi untuk menahan panas... Bumbungan rumah yang memiliki tinggi 10m atau lebih harus dilengkapi dengan penangkal petir. Gb.10 Atap rumah di daerah tropis harus mampu meneruskan air hujan jatuh ke tanah Sumber : Dirjen Cipta Karya. DepPU. 34 http://www. Rumah dan Lingkungan Perumahan Sehat. dan air hujan. Jakarta: Oktober 1993.

. batako. Plafon Plafon berfungsi untuk mengurangi radiasi matahari yang masuk ke dalam rumah. Dengan adanya pemanasan global saat ini tinggi plafon sangat mempengaruhi suhu dalam rumah. DepPU. Jakarta: Oktober 1993.. Dinding harus cukup kaku. Rumah sederhana sehat. Dinding Dinding berfungsi untuk menahan angin dan debu. selain itu plafon harus mudah dibersihkan dan tidak rawan kecelakaan. papan kayu. bambu. Jakarta: Oktober 1993. 2008 22 . serta dibuat tidak tembus pandang.b. Gb. Tinggi plafon sekurangnya 240cm. tahan terhadap gempa. Khusus untuk dinding kamar mandi dan tempat cuci harus kedap air dan mudah dibersihkan. Annisa Fitriani.3. Dinding dilengkapi dengan sarana ventilasi untuk pengaturan sirkulasi udara. Rumah dan Lingkungan Perumahan Sehat. Rumah dan Lingkungan Perumahan Sehat.12 Dinding tidak tembus pandang dan memiliki lubang ventilasi Sumber : Dirjen Cipta Karya. Bahan dinding dapat berupa batu bata.3. c. Gb.11 Plafon pada rumah sederhana Sumber : Dirjen Cipta Karya. DepPU.. FT UI.

3.d.14 Gambaran tinggi lantai rumah terhadap pekarangan dan jalan Sumber : Dirjen Cipta Karya. Lantai Lantai harus dalam keadaan kering..13 Lubang ventilasi pada rumah sederhana Sumber : Dirjen Cipta Karya. FT UI. Bahan lantai harus kedap air dan mudah dibersihkan. Letak lubang ventilasi yang paling baik adalah searah tiupan angin dengan besar lubang minimal 1/9 luas lantai ruang.3. e. Bahan pelapis lantai dapat berupa ubin. jalan udara segar. Annisa Fitriani. terang hari. tidak lembab. teraso. Gb. DepPU. Tinggi lantai untuk rumah bukan panggung sekurang-kurangnya 10cm dari pekarangan dan 25cm dari badan jalan.. Rumah dan Lingkungan Perumahan Sehat. 2008 23 . Jendela dan pintu Jendela dan pintu berfungsi sebagai lubang angin. Rumah dan Lingkungan Perumahan Sehat Jakarta: Oktober 1993. DepPU. keramik. Gb. Pintu juga digunakan sebagai sirkulasi antar ruang. Rumah sederhana sehat. Jakarta: Oktober 1993.. porselen.

oleh kapilaritas (pada retak plesteran dinding atau kelembaban tanah yang melalui trasraam yang tidak kedap air). Rumah Mungil Yang Sehat. dan makin besar pori makin mudah terisi air. Untuk membangun sebuah rumah biasa (36m²). Hal. Rumah Mungil Yang Sehat. Namun suhu udaranya bisa mencapai 30˚C dan kelembaban udaranya sangat tinggi. yaitu sekitar 80%. 2008 24 . Annisa Fitriani. ventilasi.000liter air harus menguap agar rumah tersebut dapat dianggap kering dan sehat untuk dihuni. Indonesia yang merupakan daerah tropis. dan ukuran pori).id/dinasperumahan . oleh tekanan angin (misalnya pada tepi dinding atau atap yang terkena angin kencang)..14 Imelda Akmal.com Rumah sederhana sehat.- Bahan bangunan Sebagai usaha pengadaan rumah sederhana sehat maka bahan bangunan yang digunakan sebaiknya berasal dari wilayah sendiri sehingga sesuai dengan kondisi iklim dan hal ini akan sangat berpengaruh pada biaya perawatan dan biaya pengiriman bahan bangunan. 20 37 http://www. Hal. 2007.. Jakarta: 2005. Hal penting lain yang perlu diperhatikan yaitu.38 35 36 Imelda Akmal.35 Untuk menyesuaikan kondisi rumah dengan iklim tropis tersebut dan untuk mendukung kesehatan penghuni rumah.go. Kemampuan ini tergantung pada struktur pori (jenis. FT UI. 11:50 38 http://www. Sebagai angka perkiraan dasar dapat dianggap akan dibutuhkan waktu selama 4 bulan. bentuk.37 Hampir setiap bahan bangunan dapat menyalurkan dan menyimpan kelembaban dalam bentuk air maupun uap.Dinas Perumahan DKI Jakarta : 30 August. Merupakan isolator listrik dan bukan konduktor elektromagnetik. Waktu penguapan air tersebut tergantung pada cara membangun.. iklim.lmbunika. Jakarta: 2005. bahan bangunan tidak terbuat dari bahan yang dapat melepas zat-zat yang dapat membahayakan kesehatan atau dapat menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya mikro-organisme patogen. sekitar 28. Makin kecil pori bahan bangunan makin besar daya mengisap air. maka kriteria material yang baik adalah36 : • • Mampu menahan air namun memiliki pori sehingga dapat bernafas untuk menyalurkan udara dan gas dari luar ke dalam dan sebaliknya. memiliki dua musim dengan banyak sinar matahari dan curah hujan yang bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini berarti bahwa air bisa masuk ke dalam bahan bangunan melalui gravitasi (misalnya oleh atap yang bocor).jakarta. dan kelembaban udara setempat.

Bahan bangunan alam relatif aman untuk kesehatan. kerikil. hal ini sudah cukup dikenal di kalangan praktisi kesehatan kerja maupun kesehatan lingkungan. Bahan bangunan buatan Bahan yang dibakar Bahan yang dilebur Bahan yang dikempa Bahan kimia/petrokimia Bahan bangunan logam Logam mulia Logam ½mulia Logam besi Logam non besi Sumber : http://www. Organik : kayu. yaitu ventilasi yang baik pada rumah. kobalt.perunggu. tetapi tidak menutup kemungkinan proses pengolahan bahan alami tersebut menggunakan bahan kimia berbahaya. genting.39 Seiring dengan perkembangan teknologi. Namun. batako. tanah liat.kuningan.co. 2008 25 . kertas.lmbunika. cat. Bahan bangunan umumnya digolongkan sebagai berikut40 : Golongan Bahan bangunan alam Bahan bangunan Anorganik: batu alam. Annisa Fitriani. Asbestosis adalah penyakit kronis yang mengakibatkan penderita sulit bernafas dan mengakibatkan kematian.. Bata merah. nikel. ada cara sederhana untuk mereduksi kadar gas radon dalam ruangan. kandungan bahan asbes dapat mengakibatkan gangguan kesehatan berupa timbulnya penyakit asbestosis. baja. Air raksa.lmbunika. Namun harus memperhatikan efeknya terhadap kesehatan manusia sebagai penggunanya. kapur. Kaca Konblok. Aluminium. Besi. Bahan asbes banyak digunakan sebagai atap rumah. Emas. Di Indonesia. bambu. Beragam kayu.Kelebihan kelembaban apapun dalam iklim tropis lembab akan menumbuhkan cendawan kelabu (aspergillus) yang mempengaruhi kesehatan penghuni karena mengakibatkan alergi bronkitis dan asma. terutama untuk rumah sederhana. rumput. dedaunan. perak. alang-alang.com 41 http://www. bambu. Plastik.com http://www. rumbia. kini muncul beragam bahan bangunan baru. peraturan mengenai peredaran asbes ini belum jelas.tempo. Sambil menunggu keluarnya peraturan mengenai peredaran dan penggunaan asbes.com Contoh bahan Batu kali.id Rumah sederhana sehat..41 39 40 http://www. pasir.lmbunika. FT UI..

Bata merah Batako Batu candi Batu kali Kayu kaso Plywood Baja ringan Gb.. 3.15 Contoh bahan bangunan Gipsum Sumber : Majalah IDEA. Dinding. Rumah sederhana sehat. Lantai.. 2008 26 .. FT UI. Annisa Fitriani. Material Penutup Plafon. Jakarta: 2006.

membangkitkan gairah. selain itu pada malam hari cahaya berguna sebagai penerangan.3. Cahaya dapat membuat kita bersemangat. mengintimidasi. 42 Elizabeth Wilhide. menyejukan.3.42 Gb. intensitas cahaya yang kurang dapat menyebabkan kecelakaan. Rumah dan Lingkungan Perumahan Sehat Jakarta: Oktober 1993. bahkan membantu kita merasa aman dan terlindungi. Jakarta: 2005. Annisa Fitriani. Lighting a Design Source Book.16 Masuknya cahaya matahari ke dalam rumah Sumber : Dirjen Cipta Karya. DepPU. Great Britain: 1998.17 Cahaya dalam ruang Sumber : Imelda Akmal...3. Contoh kegunaan cahaya dari segi kesehatan fisik adalah cahaya matahari yang mampu membunuh kuman penyakit. depresi.12 Rumah sederhana sehat. FT UI. Hal. Rumah Mungil Yang Sehat. Fisika Bangunan Pencahayaan Cahaya sangat berpontensi besar dalam menyehatkan manusia. Cahaya juga berpengaruh pada kesehatan mental karena cahaya bukan hanya sesuatu yang membantu kita untuk melihat tetapi juga sesuatu yang membantu kita merasakan ruang. Gb. 2008 27 . Kualitas cahaya baik alami maupun buatan memiliki pengaruh besar pada suasana dan perasaan. memperingati..

43 Imelda Akmal. FT UI.com Pada pagi dan siang hari. khusus untuk daerah tropis. posisikanlah ruang yang membutuhkan sinar matahari sesuai dengan arah datang matahari.3. Gb... Untuk mendukung kondisi tersebut. Gb 3. manfaatkanlah waktu 3jam tersebut untuk membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah dengan cara membuka jendela/menyingkap tirai. Rumah Mungil Yang Sehat..a.lmbunika. usahakan tiap ruang dalam rumah tidak memakai lampu. 2008 28 . Country Hotel. sehingga mematikan kuman-kuman yang berada di tempat tidur. Sebagai contoh. kamar tidur sebaiknya diletakkan di sebelah timur untuk memberi kesempatan masuknya sinar ultraviolet yang ada pada sinar matahari pagi.43 Oleh karena itu. Spanyol: 2002.18 Letak rumah terhadap sinar matahari yang paling menguntungkan bila memilih arah dari timur ke barat Sumber : http://www.68 Rumah sederhana sehat. Annisa Fitriani. Jakarta: 2005. cahaya tersebut bisa didapatkan pada pukul 7 hingga 10 pagi. Pencahayaan alami Cahaya yang paling baik adalah sinar matahari pagi. hal ini termasuk penghematan biaya listrik. Hal.19 Cahaya matahari yang masuk ke dalam kamar tidur Sumber : teNeus.

.20 Jenis lampu dan terang cahaya yang dihasilkan Sumber : Elizabeth Wilhide. Lampu-lampu tersebut terbagi atas lampu incandescent.b. Pencahayaan buatan Pada sore dan malam hari atau pada kondisi tertentu yang membutuhkan cahaya seperti cuaca mendung yang menghalangi cahaya matahari masuk ke dalam rumah. dan halogen. Untuk membaca dan menulis butuh 500-700lux. sedangkan untuk kegiatan yang perlu detail dalam melihat butuh cahaya 1000lux atau lebih.. Untuk melakukan kegiatan yang tidak terlalu perlu konsentrasi seperti memasak dan makan mata kita butuh cahaya 300-500lux. mengharuskan kita menggunakan pencahayaan buatan. Hal. dan tentu saja biaya.44 Untuk itu jenis dan letak lampu di rumah harus diperhatikan agar kita bisa tetap sehat dan hemat biaya. Annisa Fitriani. 2008 29 . kesehatan manusia. Lighting a Design Source Book. > Jenis Lampu Terdapat tiga jenis lampu yang penggunaannya dapat memberi pengaruh berbeda pada suasana ruang. FT UI.173 Rumah sederhana sehat. Great Britain: 1998. 44 Elizabeth Wilhide. fluorescent. Great Britain: 1998. Fluorescent Incandescent Halogen Gb 3.. Lighting a Design Source Book.

dapat menggunkan lampu halogen karena memiliki tingkat terang mendekati matahari. 2008 30 . namun harganya relatif lebih mahal dari lampu incandescent.21 Perbandingan pemakaian energi lampu incandescent dengan fluorescent Sumber : Ernst & Peter Neufert. Great Britain: 2000.. Hal. Great Britain: 1998. 56 48 Ernst & Peter Neufert.47 Dalam penggunaannya.000 jam. dan menghasilkan cahaya dengan efek hangat sehingga sangat cocok digunakan pada ruang yang membutuhkan suasana tenang seperti ruang keluarga dan kamar tidur. Lighting a Design Source Book. Hal. murah. Hal. Selain itu penggunaan lampu fluorescent dapat menghemat listrik hingga 80% dibandingkan lampu incandescent.. FT UI.45 Lampu fluorescent memiliki terang cahaya yang mendekati terang matahari.. 59 47 Elizabeth Wilhide. 45 46 Elizabeth Wilhide. harga terjangkau. Untuk ruang yang butuh suasana terang dan jelas seperti dapur dan ruang belajar. 50 Elizabeth Wilhide. lampu incadescent memiliki masa aktif 1000-3000 jam. Hal. Architects’ Data (3rd edition). Great Britain: 1998.Lampu incandescent mudah dipasang. 141 49 Elizabeth Wilhide. Lighting a Design Source Book. lampu fluorescent lebih banyak digunakan tetapi terdapat bahan kimia berbahaya terdapat di dalamnya. Lighting a Design Source Book. dan awet. Great Britain: 1998. jauh lebih sedikit dibandingkan lampu fluorescent dengan masa aktif 5000-15. Architects’ Data (3rd edition). Annisa Fitriani.48 Gb 3. Hal. Great Britain: 1998. 61 Rumah sederhana sehat.49 Oleh karena itu sebaiknya gunakan saja lampu incandescent. Great Britain: 2000. Dengan alasan hemat energi dan biaya. Lighting a Design Source Book.46 Lampu ini biasa digunakan sebagai lampu utama di tengah ruang.

FT UI.pribadi.3. menghabiskan waktu bersama keluarga seperti menonton TV dan kadang berfungsi sebagai ruang bermain bila terdapat anak dalam keluarga..23 Pencahayaan ruang keluarga Sumber : dok.. untuk itu gunakan saja ambient light yang tidak terlalu terang dan banyak. Great Britain: 1998. Annisa Fitriani. Jakarta: 2000.3. Rumah keluarga Bpk. Hal. JakSel.. 2008 31 .W.> Perletakan Lampu • Ruang tamu dan ruang keluarga Pada umumnya ruang-ruang ini digunakan untuk menyambut tamu.. Hunian Profesional Muda.50 Gb.22 Pencahayaan ruang tamu Sumber : Majalah LARAS. 126 Rumah sederhana sehat. Lighting a Design Source Book.Djoko N. hal ini termasuk menghemat biaya listrik. 50 Elizabeth Wilhide. Gb. Sehingga faktor nyaman dan rileks lebih diutamakan.

• Dapur dan ruang makan Saat berkegiatan pada ruang-ruang ini mata kita fokus pada satu titik. 251 Rumah sederhana sehat. Architects’ Data (3rd edition).24 Pencahayaan ruang dapur Sumber : Harper Design International. Khusus untuk lampu di bagian mencuci piring dan kompor agar air sebaiknya dari panas gunakan lampu yang di beri lapisan pelindung percikan masakan. lampu dapur yang benar lampu dapur yang salah Gb. Small Apartments. 51 52 Elizabeth Wilhide. Hal. Great Britain: 2000. terhindar uap atau Gb. Perletakan lampu jangan sampai mengurangi terang cahaya yang dibutuhkan untuk melihat saat memasak. Hal. Great Britain: 1998. Annisa Fitriani. seperti saat memasak mata kita akan fokus pada bagian yang terdapat kompor atau pada saat makan mata kita akan fokus pada meja makan. Great Britain: 2000.51 Untuk dapur letakkan jenis lampu task light pada bagian yang difokuskan saja. Architects’ Data (3rd edition). Lighting a Design Source Book. New York: 2003.. FT UI.3... 2008 32 . 137 Ernst & Peter Neufert.25 Contoh perletakan lampu dapur Sumber : Ernst & Peter Neufert.3.52 Hal ini untuk menghindari kelelahan pada mata.

53 54 Elizabeth Wilhide. 2008 33 .3. Annisa Fitriani. FT UI. tidak perlu lampu yang terlalu terang. Interior Modern. Great Britain: 1998. Hal. Jakarta: 1999.. suasana tenang sangat dibutuhkan dan untuk ruang tidur yang kecil biasanya terdapat kegiatan tambahan seperti berhias atau membaca di tempat tidur.Untuk ruang makan. • Ruang tidur Sebagai ruang untuk beristirahat. Oleh karena itu letakkan saja lampu task light kecil pada sisi tempat tidur dan dekat lemari pakaian...53 Gb. Hal. dengan ini tidak perlu lampu besar di tengah ruang.26 Pencahayaan ruang makan Sumber : Majalah LARAS.54 Biasakan saat tidur matikan lampu agar lebih irit listrik dan mata dapat beristirahat secara maksimal.3. 144 Rumah sederhana sehat. Lighting a Design Source Book. Great Britain: 1998. 140 Elizabeth Wilhide. New York: 2003. cukup pasang lampu yang minimal dapat menerangi luas meja makan. Color in Small Spaces.27 Pencahayaan ruang tidur Sumber : Brenda Grant-Hays & Kimberly Mikula. Gb. Lighting a Design Source Book.

. Great Britain: 1998. 156 Elizabeth Wilhide.. Small Apartments. FT UI. Namun air dan listrik adalah dua hal yang berbahaya bila tergabung. Lighting a Design Source Book. Hal.3. Lighting a Design Source Book. New York: 2003. letakan saklar pada bagian luar ruang. 153 Rumah sederhana sehat. Great Britain: 1998. Gb. Lighting a Design Source Book.• Ruang kerja ruang ini tergabung tingkat seperti Umumnya pada ruang ini dengan kamar tidur. Annisa Fitriani. maka letakkan task light yang cahayanya jatuh tepat ke arah meja kerja. Great Britain: 1998. • Ruang mandi Ruang mandi seharusnya menghadirkan suasana tenang karena ruang ini adalah ruang paling privasi dimana kegiatan membersihkan diri terjadi. 55 56 Elizabeth Wilhide.29 Pencahayaan ruang mandi Sumber : Harper Design International.55 Gb. namun karena kegiatan memerlukan yang tinggi konsentrasi melihat membaca/menulis..56 untuk menghindari kecelakaan tersetrum karena tangan basah saat menyalakan lampu atau bahkan terpeleset karena ruangan masih gelap saat memasuki ruangan. 2008 34 . Hal.28 Pencahayaan ruang kerja Sumber : Elizabeth Wilhide.3. Oleh karena itu gunakan lampu ambient light yang dilapisi pelindung air dan supaya lebih aman.

. Lighting a Design Source Book. perhatikan pemasangan kabelnya agar tidak rusak oleh cuaca atau oleh kegiatan bertanam. Great Britain: 1998.30 Pencahayaan ruang luar Sumber : Majalah IDEA.3. Hal. Jakarta: 2006. 158 Rumah sederhana sehat. Lighting a Design Source Book. 160 Elizabeth Wilhide. baik pintu pagar maupun pintu rumah57 Selain menunjukkan letak pintu utama. agar rumah aman dari incaran orang jahat. Hal. 2008 35 . Gb. Untuk lampu taman. sehingga rumah senantiasa terang mulai sore hari hingga kondisi tak terduga seperti langit tiba-tiba mendung. 57 58 Elizabeth Wilhide. Material Penutup Plafon. Great Britain: 1998. Dinding.• Ruang luar Sebagai akses masuk rumah letakkan lampu di atas pintu masuk..58 Bagi penghuni yang bekerja dengan ritme ‘pergi pagi-pulang malam’. Lantai. hal ini juga menambah tingkat keamanan karena bila ada orang tak dikenal berdiri di depan pintu langsung dapat terlihat. sebaiknya gunakan lampu otomatis yang disesuaikan dengan kondisi cahaya dan cuaca.. Annisa Fitriani. FT UI. baik oleh penghuni maupun oleh tetangga.

lmbunika.. FT UI. 2008 36 . Annisa Fitriani.59 Gb. usahakan untuk memiliki teras pada sisi rumah yang berhubungan halaman (area luar) agar bangunan dapat ‘bernafas’ maksimal.3. pribadi 59 60 http://www.com http://www.. Keterangan : = Udara panas = Udara yang tidak panas lagi = Bantalan udara = Uap air Gb.com Rumah sederhana sehat. Rumah sebaiknya berbentuk persegi panjang sehingga menguntungkan bagi penerapan ventilasi silang.- Penghawaan Bangunan rumah sebaiknya berdiri bebas dengan jarak yang cukup dengan bangunan lain.31 Contoh letak rumah terhadap arah mata angin Sumber : http://www.lmbunika.com Bentuk rumah panggung adalah bentuk bangunan tropis yang terbaik.lmbunika.. Selain itu. Orientasi rumah ditempatkan di antara lintasan matahari dan angin. yaitu letak rumah berarah antara timur ke barat dan terletak tegak lurus terhadap arah angin.3.32 Bantalan udara menahan panas dan kelembaban masuk ke dalam rumah Sumber : dok.60 Hal ini dikarenakan lantai rumah tidak bersentuhan langsung dengan tanah sehingga kelembaban tanah tidak mudah naik masuk ke dalam rumah.

FT UI. Gb. Yogyakarta: 2007.3. Annisa Fitriani. Inspirasi Rumah Sehat di Perkotaan. 2008 37 .62 Agar kondisi udara dalam rumah tetap sejuk.35 Rumah dengan penghijauan Sumber : http://www.61 Gunakan ventilasi silang agar udara panas dalam ruang dapat langsung keluar. oleh karena itu kurangilah penggunaan AC.Pembentukan rumah harus memanfaatkan segala sesuatu yang dapat menurunkan suhu dan memberi perlindungan terhadap radiasi matahari sehingga ruang di dalamnya menjadi nyaman. paru-paru.lmbunika. dan jantung).3.com 61 62 http://www. terutama di dinding bagian atas karena udara panas cenderung bergerak naik.. Penghawaan alami baik bagi kesehatan sistem kardiovaskular (peredaran darah. ruang cuci) harus diusahakan ventilasi udaranya yang baik. Hal.34 Ventilasi silang yang optimal Sumber : Probo Hindarto.33 Udara panas naik ke atas Gb. Yogyakarta: 2007. Inspirasi Rumah Sehat di Perkotaan.. sehingga ruang yang cenderung lembab (kamar mandi.com Probo Hindarto. pada ruang luar rumah tanam pohon peneduh pada posisi yang tidak menghalangi gerakan udara. Gb.3. ruang-ruang tidak selalu dapat diatur secara optimal.lmbunika.. Pada organisasi denah. 29 Rumah sederhana sehat.

Contoh pengaturan ruang di lahan pada rumah yang dipersiapkan untuk berkembang nantinya63 : Tahap 1 Tahap 2 Tahap 3 Tahap 4 Gb.3. Tata ruang terhadap lahan Tipologi rumah sederhana sehat yang ditetapkan Depkimpraswil adalah rumah yang memenuhi kebutuhan luas lahan untuk bangunan sederhana sehat baik sebelum maupun setelah dikembangkan. 2008 38 . Annisa Fitriani. Pertimbangan tersebut dapat berupa penempatan ruang yang sekiranya akan mengalami penambahan diletakkan pada sisi lahan yang masih kosong sebagai persiapan kemungkinan terjadinya penambahan horizontal.20m serta luas lahan efektif 90m² dan luas lahan ideal 200m² Sumber : Pedoman Umum Rumah Sederhana 63 http://www.kimpraswil.4. Organisasi Ruang Tata ruang a..id/Ditjen-mukim/peraturan Rumah sederhana sehat.36 Contoh pola pengembangan pada kondisi harga lahan relatif rendah dengan lebar muka minimal 7. Berarti dapat diasumsikan bahwa rumah sederhana sehat ini harus mempertimbangkan kemungkinan bertambahnya kebutuhan ruang (renovasi). FT UI.go...

3. Tata ruang terbuka cocok untuk rumah sederhana karena memudahkan sirkulasi udara.b.. Tata ruang dalam rumah Terdapat dua jenis tata ruang dalam bangunan. dan ruang dalam rumah terasa lega terutama bila ruang juga dibuat terbuka terhadap taman/beranda. yaitu tata ruang tertutup dan tata ruang terbuka. Rumah Mungil Yang Sehat. Hal. 2008 39 . Pada tata ruang tertutup.64 Tata ruang tertutup Tata ruang terbuka Gb. Rumah Mungil Yang Sehat. tiap ruang memiliki privasi dan akustik yang baik. Jakarta: 2005.. tetapi tidak ideal bila diterapkan pada rumah sederhana karena tiap ruang akan sulit mendapatkan sirkulasi udara optimal. FT UI.. Annisa Fitriani. 64 Imelda Akmal. pemasukan cahaya. 56 Rumah sederhana sehat.37 Contoh tipe tata ruang dalam rumah Sumber : Imelda Akmal. Jakarta: 2005.

Great Britain: 1980. Architects’ Data (3rd edition). Agar nyaman. Great Britain: 1980. FT UI. Great Britain: 2000. Architects’ Data (2nd edition). 58 Ernst & Peter Neufert. Ruang sirkulasi horizontal Merupakan area pergerakan antar ruang yang masih satu lantai. Annisa Fitriani. Hal.Djoko N. Architects’ Data (3rd edition). Hal. Rumah keluarga Bpk. 2008 40 . Untuk lebar tangga.67 Pada bagian pijakan tangga sebaiknya diberi lapisan anti slip. Rumah Mungil Yang Sehat.- Ruang sirkulasi Merupakan area pergerakan yang penting dan paling sering dilalui penghuni.3. 19 67 Ernst & Peter Neufert. Architects’ Data (2nd edition). jarak antar pegangan tangga sebaiknya 55cm terhadap tengah badan orang yang lewat.W. Great Britain: 1980. JakSel. 191 Rumah sederhana sehat.38 Lebar minimum satu orang lewat Sumber : Ernst & Peter Neufert. Hal. Ruang sirkulasi vertikal Merupakan area pergerakan antar ruang yang berbeda lantai. Gb. Meskipun hanya ‘jalur untuk lewat’.. keamanannya perlu diperhatikan karena kecelakaan dalam rumah sering terjadi di area ini. Gb.3. pegangan tangga. Jakarta: 2005. Imelda Akmal.40 Lebar tangga minimum Sumber : Ernst & Peter Neufert. Lebar minimalnya 600mm untuk satu orang lewat dan agar lebih nyaman lebarnya 1200mm untuk dua orang lewat bersamaan... Architects’ Data (2nd edition). 65 66 Gb. Great Britain: 2000.39 Lebar ruang sirkulasi untuk dua orang Sumber : Ernst & Peter Neufert.66 Gb.3. dan lampu agar pijakan tangga terlihat jelas pada malam hari. seperti tangga..65 Ruang sirkulasi terdiri dari : a.pribadi. bukan hanya lebar minimal satu orang yang perlu diperhatikan tetapi juga jaraknya dengan pegangan tangga.3.41 Pencahayaan area tangga Sumber : dok. b.

Great Britain: 1980. Berikut ini beberapa ruang dan perabotan yang berhubungan dengan kegiatan dasar manusia saat berada di rumah : a. Webster’s New World Dictionary. dapat diketahui bahwa agar tetap sehat. Ruang tamu dan ruang keluarga Kegiatan manusia yang umum terjadi pada ruang ini adalah duduk santai.42 Beberapa contoh besaran ruang yang dibutuhkan manusia saat duduk Sumber : Ernst & Peter Neufert. Gb. 2008 41 . Great Britain: 1980.67 Rumah sederhana sehat. oleh karena itu yang menjadi perhatian adalah besaran ruang saat manusia saat duduk. Annisa Fitriani. Architects’ Data (2nd edition). 1988. Architects’ Data (2nd edition). 68 69 Gb. Great Britain: 1980. wujudnya harus sesuai dengan jenis kegiatannya. maka wujud perabotan yang sesuai pada ruang tamu dan ruang keluarga dapat dilihat pada gambar berikut ini.3.3.. Sesuai penjelasan Webster’s New World Dictionary.43 Besaran ruang untuk kursi duduk santai Sumber : Ernst & Peter Neufert.3. Architects’ Data (2nd edition). “Ergonomics is the study of interaction between people and their working environment with the aim of improving efficiency” 68 .- Perabotan Perabotan sebagai alat penunjang manusia berkegiatan di dalam ruang. manusia harus menggunakan perabotan sesuai dengan ergonomi manusia tersebut saat berkegiatan. Great Britain: 1980. FT UI.44 Besaran ruang untuk kursi dan meja di sudut ruang Sumber : Ernst & Peter Neufert. Architects’ Data (2nd edition). Third College Edition.69 Gb. Hal. agar tidak menciderai manusia saat menggunakannya... Berdasarkan ergonomi manusia saat duduk. Ernst & Peter Neufert.

Annisa Fitriani. Gb. Oleh karena itu yang menjadi perhatian adalah besaran ruang saat manusia saat duduk tegak tetapi masih bisa bersantai. Bila ruang makan dekat dengan dinding perhatikan juga jarak dinding dengan kursi makan.48 Jarak antar dinding dengan kursi makan dan jarak meja makan dengan lampu yang baik Sumber : Ernst & Peter Neufert.3. 70 Gb. 70 Ernst & Peter Neufert.3. 11 Rumah sederhana sehat...3. Architects’ Data (3rd edition). peletakan meja makan secara diagonal terhadap dinding membuat ruang untuk makan menjadi lebih kecil.b.47 Lebar meja dan kursi makan Gb. Ruang makan Kegiatan manusia yang umum terjadi pada ruang ini adalah duduk dengan tangan bersandar pada meja makan dan terkadang punggung bersandar santai. FT UI. Hal. Selain itu.46 Perletakan meja secara diagonal Sumber : Ernst & Peter Neufert..45 Tinggi meja dan kursi makan Gb. Great Britain: 2000. 2008 42 .3. Architects’ Data (2nd edition). Great Britain: 1980. Architects’ Data (2nd edition). Great Britain: 1980.

Gb.3.c. 71 Ernst & Peter Neufert. 251 Rumah sederhana sehat.50 Laci penyimpanan dapur Gb.49 Perabot dapur yang sesuai dengan penggunanya Sumber : Ernst & Peter Neufert. Great Britain: 2000. Architects’ Data (3rd edition). Dapur Kegiatan manusia yang umum terjadi pada ruang ini adalah berdiri sambil mengangkat tangan.3. baik saat memasak. Living in Small Spaces. Architects’ Data (3rd edition). Annisa Fitriani. FT UI. Pergunakanlah laci/lemari daripada rak. Letakkan peralatan yang baru dicuci di dekat bak. Lebar dapur dengan dua sisi berhadapan Tinggi bak cuci Tinggi lemari dapur Tinggi kompor Gb. Great Britain: 2000. 2008 43 .3. Toronto: 1988.71 Sehingga perabot pada ruang dapur harus sesuai dengan cara manusia melakukan semua kegiatan tersebut.51 Letak piring yang baru dibersihkan Sumber : Lorrie Mack. agar alat masak dan makan tetap bersih selama disimpan.... mengambil mencuci sesuatu perabot pada dapur. agar dapur tetap kering. Hal. lemari ataupun penyimpanan.

Great Britain: 2000.72 Besar tempat tidur memang sudah tersedia dari toko/pabrik akan tetapi dengan adanya lemari pakaian pada ruang tidur maka perlu diperhatikan besar ruang untuk lemari pakaian yang efektif beserta ruang sirkulasinya terhadap tempat tidur. 72 73 Ernst & Peter Neufert.3. 251 Ernst & Peter Neufert.54 Contoh tata perabot dalam ruang tidur Sumber : Ernst & Peter Neufert..52 Beberapa contoh penyusunan dan besar ruang lemari pakaian Gb. Architects’ Data (3rd edition). Ruang tidur Kegiatan manusia yang terjadi pada ruang ini adalah berbaring untuk tidur dan berpakaian di dekat lemari yang umumnya terdapat di dalam ruang tidur. Architects’ Data (3rd edition).73 Gb. Hal.. 259 Rumah sederhana sehat. Posisi tempat tidur juga mempengaruhi kondisi mental seseorang. Hal. Architects’ Data (3rd edition). misalnya seseorang yang penakut akan memilih tidur menempel dinding. Great Britain: 2000.. 2008 44 . Great Britain: 2000.d.3. Annisa Fitriani.3. FT UI.53 Posisi tempat tidur terhadap dinding Gb.

. 263 Rumah sederhana sehat.58 Lebar ruang yang dibutuhkan saat membersihkan ruang mandi Gb. FT UI.55 Lebar ruang yang dibutuhkan saat mandi/keringkan tubuh Gb. Great Britain: 2000. 2008 45 . Annisa Fitriani.e. tetapi tetap harus perhatikan besaran ruang yang dibutuhkan saat membersihkan diri dan harus tersedia ruang yang cukup untuk kegiatan membersihkan ruang mandi itu sendiri agar semua kegiatan tersebut berlangsung nyaman. 74 Ernst & Peter Neufert.59 Luas minimum untuk ruang mandi serderhana Sumber : Ernst & Peter Neufert. Great Britain: 1980.3.. Great Britain: 2000.56 Luas minimum yang dibutuhkan saat buang air di kloset Gb.3. atau sekedar mencuci tangan. Ruang mandi Kegiatan manusia yang terjadi pada ruang ini adalah membersihkan diri yang terdiri dari mandi.57 Luas minimum yang dibutuhkan saat memakai wastafel Sumber : Ernst & Peter Neufert.3. Architects’ Data (3rd edition).. Architects’ Data (2nd edition). Gb.3. Gb.3. buang air. Architects’ Data (3rd edition).74 Pada umumnya perabot ruang mandi sudah tersedia dari pabrik. Hal.

Interior Graphic & Design Standards. Gb. Toronto: 1988.3.3. meja dan ruang gerak yang sesuai. Posisi tersebut adalah duduk tegak dan terkadang punggung butuh bersandar untuk sedikit istirahat saat bekerja. Great Britain: 1980. Architects’ Data (2nd edition).... 2008 46 . 75 76 Ernst & Peter Neufert. Great Britain: 1980. Annisa Fitriani. Living in Small Spaces. FT UI. Hal. Dalam rumah ukuran kecil sering terjadi satu ruang dengan banyak fungsi.75 Untuk itu dibutuhkan besar kursi.3. Gb. Living in Small Spaces.3.60 Tinggi meja dan kursi kerja Gb. 11 Lorrie Mack. Selain itu sisi/ujung perabotan rumah jangan ada yang tajam. Hal.64 Lemari pajangan sekaligus penyimpanan Sumber : Lorrie Mack.65 Contoh ujung meja yang di buat tumpul Sumber : S.3. Ruang kerja Kegiatan manusia yang terjadi pada ruang ini umumnya berlangsung lama dan dalam posisi yang sama.3. segala sesuatu yang berada di dalamnya haruslah mudah dilihat dan diraih oleh seluruh anggota keluarga.63 Pemanfaatan ruang dibawah meja dapur Gb.61 Ruang gerak saat menyetrika pakaian Gb.76 Manfaatkan sisa ruang di bawah meja sebagai tempat penyimpanan. Sebagai contoh. lemari pajangan yang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Gb. New York: 1986.f. Toronto: 1988. Untuk itu sebisa mungkin perabot tersebut juga multifungsi sesuai kegunaan ruang. 48 Rumah sederhana sehat. Architects’ Data (2nd edition).C. Reznikoff.62 Ruang kerja dekat jendela Sumber : Ernst & Peter Neufert.

Elemen Pendukung Warna Warna merupakan salah satu alat desain yang sangat berpengaruh pada ruang. warna dapat memberi efek berbeda pada ruang. New York: 2003. New York: 2003. Annisa Fitriani.5.. Color Harmony. 77 Lorrie Mack. Sedangkan warna-warna ceria atau lainnya tenang digunakan dengan sebagai elemen pembentuk suasana sesuai fungsi ruang. Living in Small Spaces. kuning. 26 Rumah sederhana sehat. Color in Small Spaces.66 Warna merah dan kuning yang cerah Sumber : Brenda Grant-Hays & Kimberly Mikula.3.68 Ruang dengan nuansa warna netral Sumber : Brenda Grant-Hays & Kimberly Mikula. 2008 47 . Color in Small Spaces.. seperti luasannya dan perasaan saat berada dalam ruang tersebut. gunakanlah warna netral seperti putih sebagai dominasi warna ruang agar ruang terasa lebih luas.77 Gb. dan oranye adalah warna yang membangkitkan gairah dan membuat orang yang berada didalamnya menjadi agresif. Gb. Warna tenang seperti biru dan hijau memberi efek menenangkan.3. Gb. USA: 2000 Sifat warna yang berpengaruh pada mental ini dapat dimanfaatkan pada rumah sederhana. FT UI. Toronto: 1988. Warna merah.3. Hal.. seperti pada ruang yang sempit.67 Warna biru dan hijau yang menenangkan Sumber : Martha Gill.

80 Gb.36 81 Christopher Day.3. 80 Imelda Akmal. Spirit and Place. FT UI.kompas. Hal. Great Britain: 2002.70 Shower dengan ujung lebar Sumber : Wikipedia. Rumah Mungil Yang Sehat. Jumat.38 Rumah sederhana sehat. sehingga cocok untuk diterapkan pada rumah sederhana.38 82 Imelda Akmal. Water. cemas. dimanfaatkan Psikoterapi untuk penghuni aromatik mampu menyegarkan emosional sehingga terhindar dari perasaan marah. bingung. terpesona. atau bahkan berbeda bersemangat. Gunakan shower yang lebar agar dapat menyiram seluruh tubuh dan memberikan efek pijat ringan.. Mandi menggunakan shower lebih hemat air dibandingkan dengan bak mandi. Great Britain: 2002. Annisa Fitriani.3. atau mengalir deras. seperti aroma terbakar akan membangunkan kita dari tidur. Spirit and Place.com Rumah dengan Konsep Terapi Aroma. contohnya aroma kemenyan mampu membuat bulu kuduk berdiri dan merasa takut. Hal.- Aroma Aroma membantu kita mengidentifikasi keadaan selain dengan penglihatan dan pendengaran. - Air Gerak air seperti. 2008 48 . berombak. Hidroterapi merangsang otot tubuh menjadi relaks dan tenang. Hal. memberi pengaruh pada perasaan manusia menjadi tenang. Pengaruh kesehatan aroma ini dapat rumah. berbagai penelitian membuktikan bahwa aroma sangat mempengaruhi mental seseorang. 12 Desember 2003. Jakarta: 2005. beriak.78 Tidak hanya fisik.79 Untuk itu letakkanlah potpourri (aroma terapi berbentuk bunga/tumbuhan yang dikeringkan) di beberapa sisi ruang. Aroma mempengaruhi fisik manusia. Jakarta: 2005. 78 79 Christopher Day. Jakarta: 2005. Hal.82 Gb. stres. dan kelelahan.69 Potpourri disamping tempat tidur Sumber : Imelda Akmal.216 http://www. Rumah Mungil Yang Sehat.81 Air juga berpengaruh pada fisik. 17 September 2007... Rumah Mungil Yang Sehat. Pengaruh air ini dapat dimanfaatkan untuk kesehatan melalui kegiatan mandi.

. 32 Rumah sederhana sehat. Living in Small Spaces.. 2008 49 .- Penghijauan Tanaman dapat membantu manusia untuk menjaga kesehatan mental seperti stres karena menghadirkan pemandangan yang melegakan dan mengurangi menenangkan.83 Untuk menambah udara segar dalam ruang pada siang hari. Hammer. Hal. Annisa Fitriani.pribadi. letakkan beberapa tanaman hias pada sisi ruang yang kosong. Selan itu tanaman juga dapat menjaga kesehatan fisik. Bila ingin meletakkan tanaman pada ruang tidur.Djoko N.72 Taman dalam rumah Sumber : dok.71 Pot tanaman pada dapur Sumber : Lorrie Mack. 83 84 Nelson R. Sebagai contoh tanaman yang diletakkan di dalam ruangan dapat menyerap polusi udara dan mengeluarkannya bersamaan dengan hasil respirasi sehingga tidak lagi menjadi berbahaya bila dihirup manusia. JakSel.84 Warna hijau daun yang menenangkan dan oksigen yang dihasilkan membantu menjaga kesehatan penghuni rumah.3.. FT UI.3. Interior Landscapes. Hal. jangan lupa untuk dikeluarkan pada malam hari karena pada malam hari tanaman tersebut justru ikut mengambil oksigen dalam ruang. Gb. Ohio: 1999. Toronto: 1988. Gb. Rumah keluarga Bpk. Toronto: 1988.W.12 Lorrie Mack. Living in Small Spaces..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful