AV Blok

AV Blok terjadi bila jalur SA Node ke AV Node (yang membentuk interval PR pada EKG) terhambat, maka Interval PR menjadi lebih panjang. Ibarat jalan tol macet, maka jarak tempuh ke tempat tujuan menjadi lebih lama. AV Blok dibagi menjadi 3 derajat sesuai tengan tingkat keparahan.

1. AV Blok derajat I

a. Interval PR memanjang > dari 5 kotak kecil b. Durasi Interval PR setiap beat adalah sama. Pada contoh gambar diatas menunjukkan interval PR lebih panjang dari normal yaitu 7 kk, dan setiap beat panjangnya sama.

2. AV Blok derajat 2 type mobitz I

a. Interval PR makin panjang dari 1 beat ke beat berikutnya. b. Ada gelombang P yang tidak diikuti Kompleks QRS. Pada contoh gambar diatas interval PR makin panjang yaitu 4kk, 9kk, 11kk, kemudiankompleks QRSnya tidak ada/menghilang.

3. AV Blok derajat 2 type mobitz II

tetapi ada gelombang P yang tidak diikuti kompleks QRS. bisa panjang. 4. Pada contoh gambar diatas interval PR normal. AV Blok derajat 3 / Total AV Blok (TAVB) a. Ada gelombang P yang tidak diikuti Kompleks QRS. . Gelombang P dan kompleks QRS membentuk pola irama sendiri-sendiri. tetapi tidak seperti mobitz 2 yang makin panjang.a. b. Gelombang P bisa 2 kali lebih banyak dari kompleks QRS. Interval PR bisa normal. b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful