Perbedaan hormon dan enzim : Hormon Enzim

Dihasilkan di organ lain (tidak di tempat dia bekerja) disekresikan langsung ke pembuluh darah dapat berupa senyawa protein, polipeptida , asam amino, atau steroid

enzim dihasilkan oleh organ tempat ia bekerja tidak langsung ke pembuluh darah hanya berupa senyawa protein saja

MMEEKKAANNIISSMMEE KKEERRJJAA HHOORRMMOONN MUTIARA INDAH Fakultas Kedokteran Bagian Biokimia Universitas Sumatera Utara

IIIIII.. KKLLAASSIIFFIIKKAASSII HHOORRMMOONN Hormon dapat diklasifikasikan melalui berbagai cara yaitu menurut komposisi kimia, sifat kelarutan, lokasi reseptor dan sifat sinyal yang mengantarai kerja hormon di dalam sel • Klasifikasi hormon berdasarkan senyawa kimia pembentuknya 1.Golongan Steroid→turunan dari kolestrerol 2.Golongan Eikosanoid yaitu dari asam arachidonat 3.Golongan derivat Asam Amino dengan molekul yang kecil →Thyroid,Katekolamin 4.Golongan Polipeptida/Protein →Insulin,Glukagon,GH,TSH • Berdasarkan sifat kelarutan molekul hormon 1. Lipofilik : kelompok hormon yang dapat larut dalam lemak 2. Hidrofilik : kelompok hormon yang dapat larut dalam air • Berdasarkan lokasi reseptor hormon 1.Hormon yang berikatan dengan hormon dengan reseptor intraseluler 2.Hormon yang berikatan dengan reseptor permukaan sel (plasma membran)

Ca2+.• Berdasarkan sifat sinyal yang mengantarai kerja hormon di dalam sel:kelompok Hormon yang menggunakan kelompok second messenger senyawa cAMP.cGMP. Lintasan Kinase sebagai mediator intraseluler . Fosfoinositol.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful