Nama / Kelompok: … … … …

Kelas : … …

No. Absen

:……

FASE-FASE BULAN
A. Tujuan  Menganalogikan bagian-bagian eksperimen bola dan senter sebagai bulan dan matahari  Menjelaskan posisi matahari, bulan dan bumi, sehingga terjadi fase-fase bulan.  Menjelaskan posisi matahari, bulan dan bumi saat terjadi gerhana bulan. B. Alat-alat Kertas, bola, dan senter C. Prosedur Kegiatan

1. Nyalakan senter, dan upayakan agar ruang kelas menjadi ruang gelap sehingga nyala senter kelihatan jelas. 2. Pilihlah salah satu temanmu untuk memegangi lampu senter. (senter seolah-olah menjadi matahari) 3. Pilihlah temanmu yang lain untuk memegangi bola sehingga cahaya lampu senter dapat langsung mengenai bola kasti. (bola seolah-olah menjadi bulan) 4. Kamu beserta teman-teman yang lain harus duduk di antara bulan dan matahari. 5. Amatilah bagian bola yang terkena cahaya lampu senter. Gambarlah bagian itu di atas kertas! 6. Mintalah temanmu yang memegangi bola untuk berjalan perlahan-lahan mengitari kelompok. Amatilah bagian-bagian bola yang terkena cahaya, pada posisi yang berbedabeda. 7. Gambarlah hasil pengamatanmu di atas kertas, dan arsirlah bagian bola yang tidak mendapat cahaya lampu.

bulan dan bumi sehingga diperoleh bentuk bulan yang berbeda-beda!. 2. Jelaskan dengan kata-katamu sendiri bagaimana posisi matahari.Gambar Bola (sebagai bulan) yang teramati! D. 3. Bandingkan gambarmu dengan gambar dibawah ini! Berilah label pada gambarmu sesuai dengan fase bulan yang ditunjukkan gambar di bawah ini! E. Bandingkan gambarmu dengan gambar-gambar temanmu! Diskusikan persamaan dan perbedaannya!. Diskusi 1. Kesimpulan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful