2 .

Multi-step reaction DNA repair dikelompokkan menjadi 3 cara: . usia sel. dikenal sebagai proses penuaan 2. Dalam sel manusia. Single step reactions. Banyak gen yang pada awalnya menunjukkan pengaruh terhadap harapan hidup ternyata berhubungan dengan perlindungan dan reparasi kerusakan DNA. Walaupun demikian. baik aktivitas metabolisme normal maupun faktor lingkungan seperti cahaya ultraviolet dan radiasi dapat menyebabkan kerusakan DNA. Reparasi DNA Reparasi DNA merujuk pada sekumpulan proses dalam sel yang mengidentifikasi dan memulihkan kerusakan pada molekul DNA. "kerusakan DNA tak tereparasikan" terjadi. Kerusakan ini dapat mencapai 1 juta molekul per sel per hari. proses reparasi DNA secara terus menerus merespo terhadap kerusakan tersebut. Laju reparasi DNA bergantung pada banyak faktor. Single and multi-step base excision repair mechanisms. sehingga dapat mengubah ataupun menghilangkan kemampuan sel untuk mentranskripsi gen. 2.A.Damage reversal: langsung digantikan . meliputi jenis sel.Damage removal: dihilangkan . Sel yang telah mengakumulasi banyak kerusakan DNA ataupun yang tidak dapat secara efektif memperbaiki kerusakan lagi dapat berujung pada tiga keadaan: 1. Beberapa cara untuk reparasi 1. bunuh diri sel. sehingga memengaruhi laju evolusi. direct reversal (langsung diganti) dengan single enzyme seperti photolyase atau O-6-methyl-DNA-alkyltransferase. dikenal sebagai apoptosis 3. dan lingkungan eksternal. (glikosilasis) 3. Ketika proses reparasi normal gagal dan apoptosis sel tidak terjadi.[4] Kegagalan memperbaiki kerusakan dalam sel yang membentuk gamet dapat mencetuskan mutasi pada genom keturunan. Banyak kerusakan ini berupa kerusakan struktural pada molekul DNA.Damage tolerance: mentoleransi kesalahan 3 . menyebabkan pembentukan tumor ataupun kanker Kemampuan suatu sel mereparasi DNA sangatlah penting bagi integritas genom sel tersebut. pembelahan sel yang tak teregulasi. keadaan dormansi ireversibel.

Kalau terjadi kesalahan.Enzim yang mereparasi tidak perlu memotong DNA tetapi hanya menggantikan saja (pada proof reading). Harusnya G dipasang A) maka akan timbul tonjolan. Homolongous recombination (HR). 4 . penggantian basa yang tidak sesuai yang dilakukan dengan enzim. Ada tiga tipe damage removal. Tetapi akan terjadi delesi. Pada cara ini tidak akan terjadi delesi. Damage reversal Cara mudah untuk memperbaiki DNA .1. • Nucleotide excision repair. missal DNA polymerase melakukan kesalahan sehingga timbul misincorporated nucleotide sehingga kalau tidak sesuai (mis. Non homologous end joining (NHEJ). Damage tolerance Dilakukan bila kesalahan tidak dapat diperbaiki sehingga kesalahan terpaksa ditoleransi dan yang terpotong adalah kedua strand. memotong pada salah satu segmen DNA yang mengalami kerusakan. kemudian ada enzim tertentu yang bekerja dan akan menggabungkan. . Damage removal Lebih kompleks karena melibatkan replacing (penggantian) dengan dipotong-potong. Ada 2 cara: 1. membetulkan kesalahan dan selanjutnya maju lagi. • Mismatch repair. 2. selanjutnya DNA polymerase dan DNA ligase bekerja untuk memperbaikinya. Base Excision repair Uracil (U) dipotong (Glycosylase) --> dikeluarkan (phosphodiesterase) --> diganti (DNA polymerase) dengan C --> ditempelkan (ligase) Nucleotide Excision repair Kesalahannya pyrimidine dimer (kesalahan 2 basa tetangga). 2.Photorectivation merupakan contoh damage reversal . maka yang dilakukan dengan memotong pada satu tempat tertentu dan dilepas oleh DNA helicase. hanya 1 basa yang rusak dan digantikan dengan yang lain. Pada mismatch proofreading karena kesalahan pada kedua strand sehingga harus dipotong-potong. bila putusnya tidak sama makan akan diratakan dulu dengan eksonukleuse. sehingga proof reading akan mundur karena memiliki exonuclease activity. yaitu: • Base excision repair. menggunakan sister kromatid untuk memperbaiki kerusakan. 3.

B. mRNA dan molekul RNA lain perlu keluar dari nucleolus melalui pori-pori nucleolus dan menuju sitoplasma dimana mesin untuk untuk sintesis polipeptida berada. Pada sel prokariotik. yaitu sitoplasma. Gambar 1.info/img/term/messenger-rna-9488_3. mRNA (messenger RNA) mRNA adalah jenis RNA yang menggandakan pola asam amino. Asam amino-asam amino tersebut tidak bisa langsung begitu saja mengenali kodon pada mRNA. tRNA. mRNA sedang mereplikasi DNA (sumber: http://drugster. Kedua tugas tersebut bisa dilakukan tRNA dalama waktu yang bersamaan karena keunikan sruktur tRNA. 5 . yang kemudian mRNA tersebut ditranslasikan menjadi banyak polipeptida. metranslasikan kode genetic yang terdiri dari tiga huruf (kodon) yang dibawa oleh mRNA menjadi kodon satu huruf dari protein. pada sitoplasmanya sudah terdapat sediaan asam amino. rRNA 1. Dalam menjalankan tugasnya. karena mRNA membawa kode genetic dari DNA ke mesin translasi di sel. yakni memilih asam amino yang sesuai dan mengenali kodon yang tepat pada mRNA. transkripsi dan translasi terjadi di tempat yang sama. mRNA ditranskripsikan dari DNA. Sedangkan pada sel eukariotik. Suatu sel yang siap melakukan translasi. karena tidak memiliki membran inti. yang bisa didapat baik dari makanan atau material kimia lainnya. tRNA (transfer RNA) tRNA adalah jenis RNA yang.jpg) 2. sesuai namanya. Fungsi mRNA. molekul tRNA harus melakukan dua tugas.

yang mengkoordinasikan fungsi dari mRNA dan tRNA dalam membentuk rangkaian polipeptida. rRNA (ribosomal RNA) rRNA adalah salah satu jenis RNA yang bertanggung jawab bersama protein dalam pembentukan ribosom.Gambar 2. Ribosom. Gambar 3. organel di sitoplasma yang terdiri dari dua sub-unit dengan ukuran berbeda.com/images/d/17521/Transfer-RNA-picture.gif) 3. dengan dua sub-unit yang memiliki ukuran berbeda yang terbuat dari protein dan rRNA (sumber: http://dna-rna.net/wp-content/uploads/2011/08/ribosome-rna.jpg) 6 . Bentuk tRNA (sumber: http://withfriendship.

Sixth Ed. Taylor. Biology : Concepts & Cinnections. Dickey. pp 194-196.(2009).(2008) 7 . Reece. Simon.DAFTAR PUSTAKA Campbell. Molecular Biology of the cell Fifth Edition.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful