HASIL OBSERVASI TENTANG PENYIKAPAN TUGAS DAN REFLEKSI PROFESIONAL GURU

MAKALAH Untuk memenuhi Tugas Makalah matakuliah Profesi Keguruan Yang dibina oleh Bapak EN Efendi

Disusun oleh: Titik Muslikah Hanisha Marta Diyanti Robiatul Adawiyah (09320058) (09320096) (09320097)

Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Matematika dan Komputasi Mei 2011

i

KATA PENGANTAR

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Esa maka telah selesailah makalah tentang “Hasil Observasi Penyikapan Tugas dan Refleksi Profesional Guru“ untuk memenuhi tugas Makalah Profesi Keguruan. Dengan harapan bahwa makalah ini akan menjadi salah satu sumber pengetahuan dan dapat menumbuhkan semangat dalam belajar. Dan dapat memberikan manfaat bagi siapa saja yang membaca makalah ini. Terselesaikannya makalah ini adalah berkat dukungan dari orang – orang yang ada disekitar kami. Dan tak lupa kami ucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada : 1. Bapak EN Effendi, selaku koordinator dosen matakuliah Profesi Keguruan. 2. Semua pihak yang telah membantu sehingga terselesaikannya makalah ini. Kami sadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, sebagaimana peribahasa mengatakan “Tak Ada Gading Yang Tak Retak”. Karenanya, saran dan kritik dari semua pihak untuk perbaikan sangat kami harapkan. Akhirnya, kami berharap dari karya yang sederhana ini kiranya dapat ditarik sebuah manfaat. Dari daerah, saya ingin memberikan sumbangsih kepada bangsa.

Malang, Mei 2011

Penyusun

ii

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ....................................................................................... ii DAFTAR ISI ....................................................................................................iii BAB I PENDAHULUAN...................................................................... 1 1.1 Latar Belakang………………………………………...... 1 1.2 Rumusan Masalah ............................................................. 1 1.3 Tujuan ................................................................................ 2 1.4 Manfaat .............................................................................. 3

BAB II

PEMBAHASAN HASIL OBSERVASI ................................. 4 2.1 Dimensi- dimensiKemanusiaan……..…………………... 4 2.2 Pengembangan Pengetahuan atau Pemahaman, Nilai dan Sikap serta Ketrampilan dalam Rangka Perkembangan Pribadi Utuh……………………………………………... 6 2.3 Penyikapan tugas guru berdasarkan pemahaman dimensidimensi Kemanusiaan dan Pemahaman nilai dan sikap

serta ketrampilan dalam rangka perkembangan pribadi utuh………………………………………………………. 8

BAB III

PENUTUP……………………………………………………..28 3.1 Kesimpulan………………………………………………28 3.2 Saran……………………………………………………..29

DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………30 LAMPIRAN……………………………………………………………………

iii

iv .

Setelah kita paham tentang konsep dasar tersebut. Bagaimanakah gambaran umum tentang dimensi-dimensi kemanusian dan bagaimana keadaan di lapangan(sekolah SMK Putra Indonesia Malang)? 1 . apakah memang ada yang patut diteladani atau tidak. sering menjadi perhatian masyarakat luas. 1. memberi arahan dan dorongan kepada anak didiknya. maka rumusan pokok permasalahan pentingnya memiliki pola pikir kreatif adalah: 1. Masyarakat terutama akan melihat bagaimana sikap dan perbuatan guru itu sehari-hari. Memahami penyikapan tugas dan refleksi profesionalitas seorang guru merupakan hal yang harus kita pegang teguh dan perlu dikembangkan.2 Rumusan Masalah Berdasarkan uraian latar belakang di atas. Maka dari itu kita melakukan observasi ke sekolah agar kita dapat membandingkan konsep yang kita pahami tentang keprofesionalan guru dengan keadaan di lapangan(di sekolah). meningkatkan pengetahuannya. Maka kita perlu memahami konsep dasar tentang keprofesionalan seorang guru dan juga tentang penyikapan kita akan tugas-tugas seorang guru. kita juga harus tahu bagaimana keadaan di lapangan(di sekolah).1 Latar Belakang Masalah Guru sebagai pendidik profesional mempunyai citra yang baik dimasyarakat apabila dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa ia layak menjadi panutan atau teladan masyarakat sekelilingnya.BAB I PENDAHULUAN 1. dan bagaimana cara guru berpakaian dan berbicara serta cara bergaul baik dengan siswa. Tentang bagaimana guru meningkatkan pelayanannya. teman-temannya serta anggota masyarakat.

Bagaimana dampak jangka panjang dari keputusan dan tindakan guru dengan mengacu pada tujuan utuh pendidikan yang di lakukan SMK Putra Indonesia Malang? 4.2. Bagaimana pengembangan pengetahuan atau pemahaman. nilai dan sikap serta keterampilan dalam rangka perkembangan pribadi utuh? 3. Bagaimana pengembangan pengetahuan atau pemahaman. maka tujuan yang ingin dicapai adalah : 1.3 Tujuan Berdasarkan rumusan masalah di atas. nilai dan sikap serta keterampilan dalam rangka perkembangan pribadi utuh? 3. Bagaimana dampak jangka panjang dari keputusan dan tindakan guru dengan mengacu pada tujuan utuh pendidikan yang di lakukan SMK Putra Indonesia Malang? 4. Bagaimanakah gambaran umum tentang dimensi-dimensi kemanusian dan bagaimana keadaan di lapangan(sekolah SMK Putra Indonesia Malang)? 2. Bagaimana penyikapan tugas guru berdasarkan pemahaman dimensi-dimensi kemanusiaan dan pengembangan pengetahuan atau pemahaman. nilai dan sikap serta ketrampilan dalam rangka perkembangan pribadi utuh? 1. Bagaimana penyikapan tugas guru berdasarkan pemahaman dimensi-dimensi kemanusiaan dan pengembangan pengetahuan atau pemahaman. nilai dan sikap serta ketrampilan dalam rangka perkembangan pribadi utuh? 2 .

Kami berharap makalah kami dapat menjadi acuan kepada pendidik bahwa penting untuk memahami penyikapan terhadap tugastugasnya sebagai seorang guru. 3.4 Manfaat Manfaat yang bisa di dapat dari penulisan makalah ini adalah: 1. Bagi pembaca.1. 3 . 2. diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan dan bisa juga dapat di aplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya penulisan makalah ini kita sebagai calon guru dapat membandingkan suatu konsep tentang bagaimana penyikapan tugas dan refleksi keprofesionalan seorang guru dengan keadaan di lapangan (di sekolah).

Dimensi keindividualan Pada dasarnya konsep dimensi keindividualan adalah kesadaran manusia akan dirinya sendiri yang meliputi kesadaran akan adanya diri diantara realita. mertabat kepribadian. Disekolah kami ada pihak guru piket yang siap menggantikan tugas yang seharusnya dilakukan oleh guru yang berhalangan hadir tersebut.dimensi kemanusiaan Sesuai dengan konsep dimensi-dimensi kemanusiaan ada 4 macam yaitu : 1. Sesuai dengan wawancara yang dilakukan dengan bapak Hendik Krisna Dani S.BAB II PEMBAHASAN HASIL OBSERVASI Berdasarkan hasil observasi maka kita peroleh hasil sebagai berikut : 2. dalam lingkup sekolah sudah memiliki agenda tersendiri mengenai bidang keagamaan. Berdasarkan hasil wawancara dengan bapak hendik selaku guru kimia di SMK Putra Indonesia Malang. egoisme. biasanya alasan mereka karena malas dan juga karena ada urusan lain yang tidak bisa di tinggal Karena merangkap jabatan. Misalkan pada hari besar keagamaan biasanya melakukan 4 .1 Tentang dimensi. self narcisme. Beliau berkata bahwa ada guru yang biasanya tidak hadir dalam kegiatan belajar mengajar.si. self respect. Beliau mengatakan bahwa. Dimensi keberagamaan Pendidikan agama tidak hanya tanggung jawab guru agama. Hal ini karena sikap ego dari guru. Biasanya yang mereka lakukan adalah memberikan tugas dan memantau jalannya KBM. Tetapi pada kenyataan dilapangan tidak sepenuhnya sesuai dengan konsep. 2. Tetapi Karena kita mempunyai prinsip untuk melayani peserta didik. tetapi merupakan tanggung jawab semua guru di sekolah dan tanggung jawab setiap orang untuk saling menasehati pada kebenaran terhadap sesamanya. perbedaan dan persamaan dengan orang lain dan kesadaran terhadap potensi-potensi pribadi yang menjadi dasar dari self realisasi.

Nah. Untuk mengembangkan potensi sosialitas pada diri peserta didik. Karena guru adalah pemimpin diskusi dikelas. ia akan memerlukan lingkup sosial yang lebih luas untuk mewujudkan eksistensi dirinya. 3. 5 . siswa dengan siswa membuka peluang bagi siswa untuk lebih banyak belajar peristiwa sosial tersebut. Pak hendik menjawab “Biasanya terlihat dari guru yang tidak interaktif dikelas hanya menerangkan saja. Guru harus memiliki riwayat organisasi. Dan orang yang sering berorganisasi jelas jiwa sosial nya tinggi. idealnya pendidik menciptakan suasana pembelajaran yang memungkinkan terjalinnya interaksi dan interdependesi siswa. warga kampus. dapat mendorong terciptanya suasana kebersamaan antara siswa. Untuk sekedar memperingati atau melakuakn pengajian dan istigosah bersama. warga suatu kelompok kebudayaan dan lainnya. Siswa dan guru juga difasilitasi dengan tempat peribadatan. timbul pertanyaan bagaimana dengan guru yang tidak pernah berorganisasi. Komunikasi yang teraktif antara guru dengan siswa. bersifat terbuka dan menghargai perbedaan pendapat sesama anggota kelompoknya. tidak mengajak peserta didik ikut dalam suasana dikelas”. manusia berada dalam satu kesatuan hidup. Jadi bisa menunaikan ibadah dengan baik meski dalam lingkungan sekolah. misalnya warga kampung.kegiatan yang dilakukan yang dihadiri oleh seluruh siswa dan guruguru pengajar. Penggunaan metode diskusi misalnya. Semakin lama. Dimensi kesosialan Perwujudan manusia sebagai makhluk sosial terutama tampak dalam kenyataan bahwa tidak ada manusia yang mampu hidup sebagai manusia tanpa adanya bantuan dari orang lain. Dalam kehidupan manusia selanjutnya. hingga saat menjadi guru pun guru juga harus berorganisasi.

Menurut bapak hendik. Pendidik tertentu pula memberikan contoh dan dengan kesabaran mengarahkan perilaku peserta didiknya pada nilai-nilai yang dianut. Menanamkan kesadaran bagi peserta didik terhadap kewajibannya sebagai anggota masyarakat di samping mengetahui juga haknya secara individual. Melakukan tindakan dengan menyebarkan angket ke peserta didik. tidak ada yang melanggar norma atau nilai sejauh ini. Sesuai dengan 6 . 2. Nilai dan Sikap serta Ketrampilan dalam Rangka Perkembangan Pribadi Utuh Dalam rangka mengembangkan pengetahuan atau pemahaman. seorang guru harus memiliki kompetensi profesional seorang guru yaitu seperangkat kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru agar ia dapat melaksanakan tugas mengajarnya dengan berhasil. Nah. nilai dan sikap serta ketrampilan dalam rangka perkembangan pribadi utuh. Karena tugas seorang guru tidak hanya memiliki beban mengajar tetapi juga memiliki bebeal moral terhadap peserta didiknya. Yaitu ada pihak kurikulum.2 Pengembangan Pengetahuan atau Pemahaman. Karena selain ada kode etik guru pihak sekolah juga memiliki tata tertib guru layaknya peserta didik yang juga memiliki tata tertib. Pihak sekolah disini memiliki pihak kurikulum yang membentuk supervise yang juga bekerja sama dengan pihak BK. Dalam lingkungan sekolah SMK Putra Indonesia Malang. Selain itu.4. sangat penting untuk memahami norma dan nilai. jika ada yang melanggar ada pihak tertentu yang berwenang dalam menangani kasus. peserta didik harus memiliki pengetahuan tentang nilai-nilai dalam kehidupan dan mengeksternalisasikannya. Dimensi kesusilaan Sebagai seorang guru sangat penting untuk memahami norma dan nilai yang ada. dalam hal ini kurikulum yang berwenang dalam bidangnya. Karena guru sebagai panutan bagi peserta didiknya. Mengenai bagaimana mengetahui guru yang sudah sesuai dalam pelaksanaan tugas. disekolah SMK Putra Indonesia Malang.

Berbeda dengan pendapat dari bapak Hendik Krisna Dani S. sehingga bila kompetensi-kompetensi tersebut dipenuhi berarti guru tersebut sudah melaksanakan tugas keprofesionalan. Kompetensi pedagogic b. Tetapi disini saya tekankan. Beliau juga memegang teguh kompetensi dasar yang ada dalam peratutan pemerintah tersebut. Beliau berkata. Saat kita bisa merasakan menjadi siswa kita pasti tau guru yang baik dan enak dalam mengajar itu seperti apa. Yaitu.si yang kami wawancara di sela-sela istirahat. Kompetensi kepribadian c. 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan pasal 28 ayat 3 yang berisi: Kompetensi sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan anak usia dini meliputi: a. Maka. seorang guru juga harus bisa merasakan menjadi siswa.Peraturan Pemerintah Republik Indonesia NO.pd. bukan lalu memanjakan siswa dan menuruti semua kemauan siswa artinya kita dituntut untuk bisa merasakan bagimana menjadi siswa yang baik dan memilah milah mana yang baik untuk siswa. Kompetensi professional d. Kompetensi sosial Menurut hasil wawancara dengan bapak Khoirul Anam S. untuk mencapai tujuan tersebut guru harus benar-benar memahami serta merealisasikan”. Bapak hendik juga menambahkan criteria apa saja yang harus dimiliki oleh seorang guru. “saya memiliki criteria tersendiri. Setelah memahami bagimana menjadi siswa lalu kita bisa menentukan dan menerapkan metode apa yang sesuai dengan kondisi siswa dan kemauan siswa. jadi kita bisa secaa tidak langsung mengajar dengan baik yang bisa disenangi oleh peserta didik kita. tetapi beliau memiliki suatu kompetensi lagi yang dirasa juga penting dimiliki oleh seorang guru. Beliau memang setuju dengan keempat kompetensi tersebut. Beliau juga berpendapat “kompetensi tersebut sudah cukup bagi guru. jelas yang pertama seorang calon guru harus memiliki 7 .

“Artinya saat interview calon guru jelas saya uji kematangan ilmu atau pengetahuan yang dia miliki sesuai dengan bidang yang di ambil. Beliau berkata “ saya mengambil criteria yang pertama karena menurut saya guru tidak lain adalah pemimpin diskusi dalam kelas. jadi kita harus memilih guru yang benar-benar berkompeten di bidang matematika. 5. Cepat tanggap saat diajukan pertanyaan. Berpenampilan yang sesuai dengan kondisi budaya sekolah. Jadi harus di dukung kemampuan berorganisasi yang kompeten. 4. 2. Setelah itu kita lihat apakah dia kompeten di bidangnya atau tidak”.background pendidikan. Visi dan misi dari SMK Putra Indonesia Malang adalah sebagai berikut: 8 . Bapak hendik juga menambahkan bahwasanya beliau pernah menjadi salah seorang guru yang menyeleksi calon guru yang ingin menjadi guru di SMK Putra Indonesia Malang.3 Dampak jangka panjang Keputusan dan Tindakan Guru Dampak jangka panjang menurut bapak hendik hendik adalah tergantung pada visi misi yang dibuat oleh sekolah. Sesuai dengan kebutuhan yang ingin dicapai oleh sekolah yaitu sesuai dengan visi misi yang dibuat sekolah. 3. Misalkan kita membutuhkan seorang guru matematika. kita lihat dan kita akumulasi ijazah yang dimiliki. kita harus mengakumulasi dari ijazah itu setidaknya harus menguasai kemampuan berhitung dan menguasai seluk beluk matematika. Akan mengambil guru yang memiliki sertifikasi pengalaman beroraganisasi. 2. Yang pertama yang menjadi kriterianya adalah: 1. Menguasai bahan ajar. Dan setelah itu dengan memiliki background organisasi kita bisa menciptakan suasana kelas yang kondusif”.

berahklak mulia. dan berwawasan global. Karena visi itu tidak boleh statnand sedangkan yang statnand untuk 5 tahun kedepan adalah misi. Memanfaatkan bahasa internasonal sebagai sarana menuju lembaga pendidikan yang menghasilkan tamatan berwawasan global. Tetapi kalau visi itu setiap tahun bisa kita evaluasi misalnya visi pertama telah kita capai maka nanti untuk visi selanjutnya dapat kita perbaiki dengan mengacu pada visi sebelumnya. berdaya saing tinggi. “Nah. Menurut bapak Hendik misi itu tetap karena visi itu merupakan trend watching yang kita lihat 5 tahun kedepan. Mengambangkan sekolah sebagai tempat pelatihan yang adaptif.  VISI 1. fleksibel dan berwawasan nasional. Memberikan pengabdian kepada masyarakat. Meningkatkan peran serta masyarakat dan dunia usaha / dunia industri dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan. Melaksanakan system pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi yang mengarah pada pola konstruktivistik. Meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas SMK Putra Indonesia Malang. 7. dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Mengutamakan mutu layanan pendidikan kejuruan sesuai dengan tuntunan masyarakat dan dunia usaha / dunia industri. 4. 6. Mengembangkan nilai-nilai keagamaan dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan. 2. 3. 8. MISI Terwujudnya SMK Putra Indonesia Malang sebagai lembaga pendidikan kejuruan yang mampu menghasilkan sumber daya manusia unggul. dalam visi dan misi yang dimiliki oleh setiap sekolah inilah sebagai salah satu acuan dari kitaseorang guru tentang apa yang akan 9 . 5. kompeten.

dilakukan. atau yang sedang dilakukan dalam jangka pendek dan jangka panjang selain berdasarkan atas peraturan pemerintah”. metode apa yang digunakan saat mengajar dan bagaimana sikap dia terhadap tugas tersebut serta bagaimana sikap dia terhadap peserta didiknya. 10 . Pelaksaan tugas guru bisa dilihat pada bagaimana dia mengajar. karena kalau tidak pasti sekolah akan ketinggalan pasar. Setelah itu muncul pertanyaan baru. tetapi masih banyak tugas atau beban yang lain yang harus ditanggung seorang guru. sedang maupun yang telah dilakukan mengacu pada visi dan misi yang dimiliki oleh sekolah yang dalam hal ini adalah SMK Putra Indonesia dan juga berdasarkan tujuan utuh pendidikan. dan membimbing peserta didik. 2. Menurut bapak Hendik “jelas pihak management sekolah harus tahu. Dengan demikian dapat kita tarik kesimpulan bahwa dampak jangka panjang keputusan dan tindakan guru baik yang akan. Orang yang disebut guru adalah orang yang memiliki kemampuan merancang program pembelajaran serta mampu menata dan mengelola kelas agar peserta didik dapat belajar dan pada akhirnya dapat mencapai tingkat kedewasaan sebagai tujuan akhir dari proses pendidikan.4 Penyikapan tugas guru berdasarkan pemahaman dimensi-dimensi Kemanusiaan dan Pemahaman nilai dan sikap serta ketrampilan dalam rangka perkembangan pribadi utuh Guru adalah orang dewasa yang secara sadar bertanggung jawab dalam mendidik. pihak sekolah sudah mengetahui dampak jangka panjang yang akan terjadi nanti. mengajar. apakah sebelum merumuskan visi dan misi sekolah. Menurut Bapak Hendyk tugas dari seorang guru memang tidak hanya saat mengajar.

Mengenai sikap saat mengajar. Selain mengajar seorang guru juga harus membuat silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). maka selanjutnya bisa kita tingkatkan ke wawasan dunia luar yang uptodate. Antara kelas yang satu dengan yang lain pasti suasananya sudah berbeda. Berarti kita harus bisa memancingnya dengan diskusi-diskusi yang aktif. Selain itu kita harus bisa mengkondisikan kelas tersebut agar bisa kondusif. sudah tidak ada lagi guru yang bersifat terlampau otoriter atau bahkan sampai melakukan kekerasan. Pembuatan RPP harus sesuai dengan visi dan misi sekolah. Dan validasi kuikulum itu diberikan oleh diknas. Kita pun dalam menyikapi tiap kelas juga harus berbeda sesuai dengan karakteristik siswanya. Yang jelas kami menerapkan sikap yang disiplin terhadap siswa-siswa kami” tegas Bapak Hendyk.Metode yang dipakai oleh Bpk Hendyk sangat beragam dan sesuai dengan RPP. bukan aktif yang tidak baik). Dan apabila kelas itu sudah aktif (dalam artian aktif berdiskusi. karena memang karakteristik dari siswanya juga berbeda. Selain itu kita tidak bisa memberikan yang sama kepada setiap kelas. Bapak Hendyk mengaku bahwa kita melihat bagaimana karakteristik siswanya. Misalnya pada kelas tersebut besifat kondusif sekali yaitu siswanya diam. karena guruguu di SMK Putra Indonesia sudah paham akan hukum dan juga adanya tata tertib yang di buat sekolah khusus untuk guru. Tetapi tergantung pada karakteristik masing. 11 . Tidak harus kita bersifat sabar atau otoriter. Tentu saja pihak sekolah ingin mempunyai nilai yang unggul dibandingkan sekolah lain. Maka dari itu sekolah biasanya memodifikasi kurikulum yang sudah ada dengan cara menambah materi atau mempermudah dan yang jelas tidak mengurang ivisi dari validasi kurikulum yang telah ditetapkan diknas. “Tetapi sejauh ini disekolah kami. Tetapi yang paling penting adalah bagaimana kita bisa mengendalikan kelas itu dengan baik. Visi dan misi sekolah tergantung pada Peraturan Pemerintah yaitu pasti mengacu pada validasi kurikulum.masing siswa.

maka akan diperiksa oleh pihak kurikulum sekolah apakah sesuai dengan misi dan visi sekolah apa belum. Jika belum sesuai maka RPP akan dikembalikan ke guru yang bersangkutan untuk diperbaiki lagi. Dan jika sudah sesuai maka kurikulum RPP itulah yang dipakai sebagai pedoman dalam pembelajaran selama satu semester kedepan.Setelah guru membuat kurikulum. 12 .

cara penulisan. 2. Siswa dapat menjelaskan kegunaan senyawa benzena dan turunannya. tata nama. dan makromolekul II. Standar Kompetensi Memahami senyawa organik dan reaksinya. Siswa dapat menjelaskan bahaya senyawa benzena dan turunannya.LAMPIRAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Pertemuan ke-4) Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Materi Pokok Sub Materi Alokasi Waktu : Kimia : SMA/SMK : XII/2 : Benzena dan Turunannya : Kegunaan dan Dampak Benzena dan Turunannya : 2 x 45 menit I. 13 . benzena dan turunannya. Indikator Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari Tujuan Pembelajaran: 1. III. Kompetensi Dasar Mendeskripsikan sruktur. sifat dan kegunaan benzena dan turunannya.

Materi Prasyarat   Sifat Fisik dan Sifat Kimia Benzena Jenis-jenis Senyawa Turunan Benzena B. Masing-masing dari senyawa turunan benzena tersebut memiliki kegunaan yang beragam bagi kehidupan manusia. Stirena Stirena digunakan sebagai bahan dasar pembuatan polimer sintetik polistirena melalui proses polimerisasi.IV. Analisis Materi A. Berikut ini beberapa senyawa turunan Benzena dan kegunaannya: 1. Materi yang Dikembangkan Kegunaan Benzena dan Turunannya Kegunaan benzena yang terpenting adalah sebagai pelarut dan sebagai bahan baku pembuatan senyawa-senyawa aromatik lainnya yang merupakan senyawa turunan benzena. 14 . 2. senyawa yang digunakan sebagai bahan peledak (dinamit). Toluena Toluena digunakan sebagai pelarut dan sebagai bahan dasar untuk membuat TNT (trinitotoluena). sol sepatu serta piring dan cangkir. boneka. Polistirena banyak digunakan untuk membuat insolator listrik.

2 yang memiliki struktur sebagai berikut: Struktur Zat Pewarna Red No. Anilina Anilina merupakan bahan dasar untuk pembuatan zat-zat warna diazo.Struktur Polistirena 3.2 15 . Garam diazonium selanjutnya diubah menjadi berbagai macam zat warna. Anilina dapat diubah menjadi garam diazonium dengan bantuan asam nitrit dan asam klorida. Salah satu contohnya adalah Red No.

7. Fenol Dalam kehidupan sehari-hari fenol dikenal sebagai karbol atau lisol yang berfungsi sebagai zat disenfektan. Oleh karena itu aspirin juga digunakan sebagai obat sakit kepala. Benzaldehida Benzaldehida digunakan sebagai zat pengawet serta bahan baku pembuatan parfum karena memiliki bau yang khas. dan asma. Natrium benzoat yang biasa ggunakan sebagai pengawet makanan dalam kaleng. 6. Penggunaan dalam jangka panjang dapat menyebabkan iritasi lapisan mukosa pada lambung sehingga menimbulkan sakit maag. sakit gigi. sekarang Red No.2 dulunya digunakan seabagai pewarna minuman. Oleh karena itu. untuk menghasilkan sinamaldehida (minyak kayu manis). alergi. 5. 4. demam dan sakit jantung. Asam asetil salisilat  8. tetapi ternyata bersifat sebagai mutagen. Asam Benzoat dan Turunannya Terdapat beberapa turunan dari asam benzoat yang tanpa kita sadari sering kita gunakan. 16 . diantaranya adalah:  Asam asetil salisilat atau lebih dikenal dengan sebutan aspirin atau asetosal yang biasa digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit (analgesik) dan penurun panas (antipiretik).2 digunakan sebagai pewarna wol dan sutera. gangguan ginjal. Benzaldehida dapat berkondensasi dengan asetaldehida (etanal).Red No.

Penggunaan parasetamol yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan ginjal dan hati. Metil Salisilat  Asam tereftalat merupakan bahan serat sintetik polyester. Asam Tereftalat  Parasetamol (asetaminofen) memiliki fungsi yang sama dengan aspirin tetapi lebih aman bagi lambung. Hampir semua obat yang beredar dipasaran menggunakan zat aktif parasetamol. 17 .NNatrium Benzoat  Metil salisilat adalah komponen utama obat gosok atau minyak angin.

penyakit kanker darah yang telah banyak menyebabkan kematian.000 ppm selama 5 – 10 menit bersifat fatal dan paparan sebesar 7. Paparan sebesar 20. Paparan Benzena antara 50–150 ppm dapat menyebabkan sakit kepala. yaitu zat yang dapat membentuk kanker dalam tubuh manusia jika kadarnya dalam tubuh manusia berlebih. sakit kepala. dan perasaan mengantuk. dan pingsan. gaya berjalan terhuyung-huyung. muntah. yaitu senyawa polisiklik seperti naftalena dan antrasena. Beberapa penelitian menunjukan bahwa benzena merupakan salah satu penyebab leukemia. dan Metode Model : Induktif-Deduktif Pendekatan : Konsep Metode : Diskusi 18 . Dampak yang ringan dapat berupa euforia.500 ppm dapat menyebabkan keracunan jika terhirup selama 0. Telah disebutkan bahwa benzena memiliki sifat racun atau kasinogenik. Pendekatan. Kegiatan Pembelajaran A. Konsentrasi Benzena yang lebih tinggi dapat menyebabkan efek yang lebih parah.Parasetamol Dampak Benzena Terhadap Kesehatan. Model. kelesuan.5 – 1 jam. Dampak kesehatan akibat paparan Benzena berupa depresi pada sistim saraf pusat hingga kematian. termasuk vertigo dan kehilangan kesadaran. C. Materi Pengayaan Kegunaan dari senyawa turunan lain dari benzena. V.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran a. Anilina 4.Com. Asam Asetil salisilat 6. Benzaeldehida 5. yaitu: 1.Com tentang Kegunaan Benzena dan Dampak Benzena. Natrium Benzoat b. dan baca informasi mengenai kegunaan senyawa benzena dan dampaknya. Toluena 2. Com.”   Kemudian siswa dan guru mendiskusikan kegunaan benzena dan bahayanya bagi kesehatan manusia.  Guru meminta siswa untuk membuka situs Web Pembelajaran BenZena. kalian buka kembali Web Pembelajaran BenZena. Pembukaan   Guru mengucapkan salam pembuka dan memeriksa kehadiran siswa (absensi) Guru menuliskan enam nama senyawa turunan benzena di papan tulis sebagai apersepsi. Kegiatan Inti  Guru memberitahukan bahwa pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan materi tentang ”Benzena dan Turunannya” khususnya mengenai kegunaan dan dampak senyawa benzena dan turunannya. atau situs lainnya di internet 19 .  Guru memberikan waktu pada siswa untuk mencari informasi dari Web Pembelajaran BenZena. Masing-masing kelompok mendapatkan satu senyawa turunan benzena yang berbeda. Guru membagi siswa ke dalam enam kelompok dan memberikan tugas untuk mendiskusikan tentang kegunaan dan dampak senyawa turunan benzena. Stirena 3.B. seperti yang ada di papan tulis. ”Sekarang.

aspirin. stirena.  Kemudian guru meminta perwakilan dari setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Waktu yang diberikan adalah 10 menit. Setiap kelompok diberikan waktu selama 5 menit. dan natrium benzoat sebagai senyawa turuan benzena?  Guru meminta siswa untuk kembali mempelajari tentang meteri Benzena dan Turunannya di rumah.Com mengenai “Benzena dan Turunannya” Situs lain yang berkaitan dengan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya.  Setelah siswa mendapatkan informasi yang diperlukan. VII. Apa kegunaan utama dari Benzena? Mengapa benzena sangat berbahaya bagi kesehatan manusia? Bagaimana kegunaan dan dampak toluena. sebagai persiapan untuk ujian pada pertemuan selanjutnya. anilina. benzaldehida.yang membahas kegunaan senyawa turunan Benzena dari setipa kelompok. Penutup  Siswa dibimbing oleh guru untuk kembali mengulang kesimpulan konsep apa yang telah di pelajari pada pertemuan kali ini. Alat dan Sumber    Buku Kimia SMA kelas XII Web Pembelajaran BenZena. Evaluasi 20 . VI. guru kembali memberikan siswa waktu untuk mendiskusikan informasi yang telah mereka peroleh dengan kelompoknya selama 10 menit. c.

Cangkir c... Insulator listrik b. Piring e. sebagai obat penghilang rasa sakit b. a. Stirena merupakan senyawa turunan benzena yang merupakan bahan dasar untuk membuat polimer polistirena yang berupa plastik untuk membuat barang-barang di bawah ini. sebagai obat penurun panas c. benzil alkohol b. sebagai obat penyakit jantung e. Suatu senyawa memiliki kegunaan sebagai berikut:    sebagai zat pengawet sebagai bahan baku pembuatan parfum sebagai bahan dasar pembuatan minyak kayu manis Senyawa tersebut merupakan senyawa turunan benzena yaitu. natrium benzoat c. Botol minuman 21 ... toluena d. nitrobenzena e.. Sol sepatu d.. anilina e. kecuali.. a. metal salisilat 2.. metilbenzena d. a. sebagai obat penyakit lambung d. sebagai obat sakit kepala 3..1... a. Di bawah ini adalah kegunaan dari senyawa asam asetil salisilat. asam salisilat b.. benzaldehida c. kecuali. Senyawa turunan benzena yang digunakan sebagai bahan pengawet makanan adalah . asam benzoat 4.

5. dapat menyebabkan kerusakan sistem saraf pusat d. kecuali... bersifat karsinogenik b.. Benzena dikatakan bersifat racun karena hal-hal di bawah ini. dapat mengganggu sistem pernafasan e. dapat menyebabkan kanker RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 22 . dapat menyebabkan penyakit leukemia c. a.

00 :1 Alokasi Waktu : 2 X 45 menit Standar Kompetensi Mengapresiasi Karya Seni Rupa Kompetensi Dasar Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam berkarya seni rupa dan teknik dalam berkarya seni rupa murni dan senirupa terapan I. Siswa dapat Membuat contoh gambar salah satu cabang seni III. Secara istilah definisi seni adalah ciptaan manusia yanng ada dalam lapisan masyarakat dari zaman dahulu sampai sekarang. Indikator : 1. Siswa Dapat menjelaskan pengertian seni dan kebudayaan. pelayanan. Budaya juga berasal dari bahasa sansekerta dari kata “buddhayah” yang merupakan bentuk jamak dari kata budi. Menjelaskan fungsi seni secara umum 3. Materi Pembelajaran 1. dimana buddhayah artinya hal-hal yang 23 . Membuat contoh gambar salah satu cabang seni II. Seni berasal dari bahasa Sansekerta dari kata “sani” yang artinya pemberian. Tujuan Pembelajaran 5. 4. Menjelaskan cabang-cabang seni rupa. Siswa dapat menjelaskan cabang-cabang kesenian. Siswa dapat menjelaskan fungsi-fungsi seni secara umum 7. Menjelaskan pengertian seni dan budaya 2. 6. 8.Mata Pelajaran : Seni Budaya Satuan Pendidikan Kelas / Semester : SMK :X/1 KKM Pertemuan ke- : 7.

seni adalah suatu usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. rumah. Cabang-cabang seni murni. Cabang-cabang seni rupa. 2. menyampaikan perasaan-perasaan yang telah dihayatinya kepada orang lain sehingga ikut merasakan perasaanperasaan seperti yang ia alami. dll 3. Pengertian seni menurut pendapat beberapa para ahli. yaitu : Seni murni adalah salah satu cabang seni rupa yang mengkhususkan diri pada kreatifitas dan ekspresi pribadi. yaitu : Leo Tolstoy. sinetron). perabotan. pendidikan. dll) maupun non fisik (lagu. produksi dan kebutuhan masyarakat. ekonomi. novel. Berbeda dengan seni murni. seni adalah suatu kegiatan manusia yang secara sadar dengan perantara tanda-tanda lahiriah tertentu. Shopenhauer. seni adalah penciptaan benda atau segala hal yang karena keindahan bentuknya orang senang melihat atau mendengar. desain lebih mengarah pada unsur guna. yaitu :      Seni lukis Seni keramik Seni patung Seni kria Seni grafis Desain. ekonomi. Cabang-cabang desain. Fungsi seni adalah : sebagai sarana hiburan. untuk memenuhi kebutuhan manusia baik fisik (ex : baju. drama. Tetapi seni murni juga dapat diperjualkan belikan dan juga bisa berfungsi sebagai benda pajang dalam suatu ruangan. Sedangkan culture berasal dari bahasa latin dari kata “colere” yang artinya mengolah atau mengerjakan. yaitu :     Desain produk Desain grafis Desain arsitektur Desain interior 24 . Ki Hajar Dewantara. sering disebut dengan seni industri atau seni pakai. Ensiklopedia. seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah sehingga dapat menggerakkan jiwa dan perasaan orang lain.berkaitan dengan akal pikiran manusia.

Langkah Pembelajaran Kegiatan awal :     Alokasi waktu : 10 menit Apersepsi dan motivasi tentang lingkungan sekolah yang bernilai seni Mengabsen siswa Menjelaskan tujuan pembelajaran Kegiatan inti :    Alokasi waktu : 70 menit Guru mengajak siswa berinteraksi tentang seni dan lingkungan sekitar sebagai perkenalan Guru menyajikan materi : (a) Arti seni budaya (b) Fungsi seni (c) Cabang-cabang seni rupa  Guru membagi kelompok berpasangan 2 orang. Model Pembelajaran :   IV. tanya jawab.  Suruhlah seseorang dari pasangan itu menceritakan hasil diskusi di depan kelas  Siswa lain mendengar dan siap memberi kritikan dan mengomentari  Guru menjelaskan kembali materi yang belum dipahami  Guru mengarahkan siswa dengan memberi penguatan dan membuat kesimpulan bersama. Kegiatan akhir 25 .  Siswa mulai mencari hal-hal baru yang ada di sekitar lingkungan sekolah tentang seni dan berbagai fungsinya. Ilmu-ilmu seni III. pemberian tugas Picture and Picture Example non Examples V. Metode Metode : diskusi.  Siswa berdiskusi lalu membuat contoh-contoh seni dari ke-4 cabang.

Erlangga 2006 (hal 1-17) Alat dan Bahan Buku gambar A3 Pensil XIII. Sumber belajar       XII.   Agus S.google. A. Seni Budaya kelas XII.    Alokasi waktu : 10 menit Siswa mengumpulkan hasil kerjanya Guru dan siswa membuat kesimpulan dari materi hari ini Dari ke-4 cabang IX. Seni Budaya. Erlangga.co. 2004 (hal 10-34) http://id. Seni Rupa Desain SMA kelas XI.id/images Sri Hermawati D. 2004 (hal 10-14) Agus S. Penilaian    Sikap Penilaian proses Hasil akhir 26 . dkk.org/wiki/Abad_Prasejarah" http://images. Dinas Pendidikan Nasonal. Seni Rupa Desain SMA kelas X. 2009 (hal 274 -280) Yayat Nusantara. Erlangga.wikipedia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful