Laporan Praktikum “Pertumbuhan Biji Kacang Tanah”

XII IPA 4

Kelompok 1 :
Devire Putri Octavia Ivon Kristin Nip Joshwa Simamora Risqi Eka Purnamasari Rendy Setiawan

cahaya . 1.3 Tujuan Penelitian Untuk mengetahui pengaruh cahaya terhadap biji kacang tanah 1. sehingga biji tersebut bertingkah laku seolah – olah ia masih tetap terkubur dengan cara mengecambahkan biji dalam kegelapan. yaitu akar lembaga / calon akar (radikula). Berakhirnya masa dormansi ditandai dengan masuknya air ke dalam biji suatu tumbuhan. Air yang berimbibisi menyebabkan biji mengembang dan memecahkan kulit pembungkusnya dan juga memicu perubahan metabolik pada embrio yang menyebabkan biji tersebut melanjutkan pertumbuhan. Apakah cahaya dapat mempengaruhi pertumbuhan kacang tanah ? b.BAB 1 PENDAHULUAN 1. disebut proses imbibisi.2 Rumusan Masalah a. Cahaya kelihatannya merupakan petunjuk utama yang memberitahu benih bahwa ia telah menembus tanah. Kita dapat menipu biji kacang tanah.5 Variabel Variabel bebas Variabel terikat Variabel kontrol : Intensitas cahaya : Biji kacang tanah : Tanah. dan nutrient – nutrientnya dipindahkan ke bagian embrio yang sedang tumbuh. Masa dormansi adalah berhentinya pertumbuhan pada tumbuhan dikarenakan kondisi lingkungan yang tidak sesuai. Enzim – enzim akan dimulai mencerna bahan – bahan yang di simpan pada endosperma atau kotiledon. yaitu factor cahaya. dan batang lembaga (kaulikulus). 1. suhu. Embrio atau lembaga tumbuhan mempunyai 3 bagian. salah satunya .1 Latar Belakang Awal perkecambahan dimulai dengan berakhirnya masa dormansi. Tumbuhan tumbuh lebih cepat ditempat yang gelap dibandingkan ditempat yang terang. Apakah cahaya dapat mempengaruhi perkembangan kacang tanah? 1. Imbibisi terjadi karena penyerapan air akibat potensial air yang rendah pada biji yang kering. Biji dapat berkecambah karena di dalamnya terdapat embrio atau lembaga tumbuhan.4 Hipotesis Cahaya mempengaruhi cepat atau lambatnya pertumbuhan. daun lembaga (kotiledon). Terdapat beberapa factor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

tetapi abnormal. Akar tanaman yang terkena cahaya lebih berat dibandingkan yang sedikit mendapat cahaya. Efek fotoperiodisme. biru.BAB 2 DASAR TEORI a) Struktur auksin : Struktur yang paling dikenal adalah IAA Indol Acetic Acid). merupakan respon tumbuhan terhadap panjang pendek sinar matahari. daun . Pertumbuhan perkecambahan di tempat yang etiolasi / teduh akan berlangsung cepat. Daun tamnaman yang terkena cahaya lebih kecil dan mesofilnya lebih tebal dibandingkan yang sedikit mendapat cahaya. Stomata tanaman yang terkena cahaya ukurannya kecil dengan jumlah yang banyak dibandingkan yang sedikit mendapat cahaya. yang mirip dengan asam amino tryptophan. . Auksin disintesis di meristem apical. Aktivitasnya dihambat oleh cahaya matahari. nila dan violet) berperan sebagai sumber energy dalam proses fotosintesis.daun muda dan biji. Fungsi auksin : o o o o Merangsang pemanjangan sel pada aderah titik tumbuh Merangsang pembentukan akar Merangsang pembentukan buah tanpa biji (partenokarpi) Berperan dalam dominasi apical b) Cahaya (merah.

2 Cara Kerja o o o o o o o o Pilihlah 8 biji kacang tanah yang ukuran dan kualitasnya relatif sama.1 Alat dan Bahan o o o o Wadah 2 buah 8 biji kacang tanah Kapas secukupnya Kardus 3. Masukkan data ke dalam tabel pengamatan. Siapkan 2 wadah dan beri label A dan B untuk memudahkan pengamatan.rata Arah tumbuh batang .3 Tabel Hasil Pengamatan Hr Wdh A B 1 2 3 4 5 6 7 Rata .BAB 3 METODE PENELITIAN 3. 3. Sirami kedua wadah secara teratur dengan air setiap hari ke-8. Letakkan 4 biji kacang tanah kedalam masing-masing wadah. Berikan kapas secukupnya kedalam 2 wadah tersebut. Amati dan catat panjang batang setiap hari selama 7 hari. Letakkan wadah A pada tempat gelap dan B pada tempat terang. Lubangi sisi kardus B agar mendapatkan cahaya dan sisi A tidak di lubangi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful