NAMA NIM

: ERNI NUR’AENI KOSWARA : 208 204 098 : KIMIA KOLOID

MATA KULIAH

KEGUNAAN PADUAN LOGAM (ALLOY)
Kegunaan Alumunium Murni dan Paduannya Aluminium adalah logam non-besi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Produksi global dunia pada tahun 2005 mencapai 31,9 juta ton, melebihi produksi semua logam non-besi lainnya (Hetherington et al, 2007). Aluminium memiliki rasio kekuatan terhadap massa yang paling tinggi, sehingga banyak digunakan sebagai bahan pembuat pesawat dan roket. Aluminium juga dapat menjadi reflektor yang baik; lapisan aluminium murni dapat memantulkan 92% cahaya . Aluminium murni, saat ini jarang digunakan karena terlalu lunak. Penggunaan alumunium murni yang paling luas adalah aluminium foil (92-99% aluminium). Paduan aluminium-magnesium umumnya digunakan sebagai bahan pembuat badan kapal. Paduan lainnya akan mudah mengalami korosi ketika berhadapan dengan larutan alkali seperti air laut. Paduan aluminium-tembaga-lithium digunakan sebagai bahan pembuat tangki bahan bakar pada pesawat ulang-alik milik NASA. Uang logam juga terbuat dari aluminium yang diperkeras. Hingga saat ini, sulit dicari apa bahan paduan uang pembuat uang logam berwarna putih keperakan ini, kemungkinan dirahasiakan untuk mencegah pemalsuan uang logam. Velg mobil juga menggunakan bahan aluminium yang dipadu dengan magnesium, silicon, atau keduanya, dan dibuat dengan cara ekstrusi atau dicor. Beberapa jenis roda gigi menggunakan paduan Al-Cu. Penggunaan paduan Cu untuk mendapatkan tingkat kekerasan yang cukup dan

molibden. bagian-bagian yang tidak bisa diandalkan diproduksi sebaliknya.Paduan titanium terdiri dari vanadium. banyak digunakan dalam industri pesawat terbang. dalam industri kapal elektronik tanpa bunga api dan penyambung listrik. liner silinder dan bagian lain yang axi-simetris. Kegunaan Tembaga dan Paduannya Aloy tembaga-berilium digunakan dalam berbagai kegunaan karena konduktivitas listrik dan konduktivitas panas. chrom.aluminium timah. kekuatan tinggi dan kekerasan. industri tenaga nuklir menggunakan logam ini dalam reaktor nuklir sebagai pemantul neutron dan moderator. Karena penyerapan panas neutron yang rendah. besi dll. Berilium digunakan dalam pembuatan giroskop. Alloy pesawat elektroda pengelasan digunakan peluru bintik. berilium digunakan untuk pembuatan litar bersepadumikroskopik.Memiliki sifat-sifat mekanik yang tinggi dengan rasa jenis yang rendah. berpandu. tembaga-berilium berkecepatan antariksa dan pertahanan sebagai bahan penstrukturan ringan dalam tinggi. Hal ini terutama digunakan untuk membuang liner silinder dan katup lengan untuk mesin piston. Kepingan tipis berilium digunakan bersama pemindaian sinarX untuk menepis cahaya tampak dan memperbolehkan hanya sinaran X yang terdeteksi. Kegunaan-kegunaan ini termasuk peralatan angkasaterbang pembuatan: mold. sifat yang nonmagnetik.memperpanjang usia benda akibat fatigue. Dalam bidang litografi sinar X. Paduan titanium alloy. sangat tahan korosi. berbagai . dan satelit komunikasi. bejana tekan (lihat autofrettage). mangan. Kegunaan Logam dan paduannya Bagian-bagian khas yang dibuat oleh proses ini adalah pipa. boiler. dan juga tahan karat serta tahan fatig (logam). roda gaya. pegas.

Extra hard Digunakan untuk protesa kerangka logam Kegunaan Alloy Bukan Logam Mulia Untuk inlay dan crown & bridge Kegunaan Alloy Cobalt-Chromium Untuk rangka gigi tiruan lepasan logam Implant denture DAFTAR PUSTAKA http://risqismalhik.blogspot. Berilium oksida sangat berguna dalam berbagai kegunaan yang memerlukan konduktor panas yang baik. tetapi penggunaan tersebut tak dilanjutkan lagi karena pekerja yang terpapar terancam bahaya beriliosis. Kegunaan Logam mulia dan paduannya Kegunaan pada Kedokteran Gigi Tipe I sifatnya lunak Digunakan untuk inlay yang tidak menahan daya kunyah Tipe II. dan kekuatan serta kekerasan yang tinggi. ketegaran dan kestabilan dimensi.scribd.alat komputer. Medium Digunakan untuk semua jenis inlay yang menerima daya kunyah Tipe III. seterusnya bertindak sebagai perintang listrik.com/category/iptek/ http://www. Hard Sifatnya keras digunakan untukpembuatan gigi tiruan mahkota dan jembatan Tipe IV. pegas jam tangan dan peralatan yang memerlukan keringanan. Campuran berilium pernah pada satu ketika dahulu digunakan dalam lampu floresen.wordpress. dan juga titik lebur yang tinggi.com/2010/08/bahan-kuliah-logam-kedokteran- .com/doc/53531708/makalah-EMAS http://angelonfiveishere.

html .gigi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful