PERANGKAT PEMBELAJARAN PRAKTIKUM GOLONGAN DARAH

Disusun Oleh: Yulia Puspitasari (1004680)

PROGRAM STUDI IPA SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2011

.

2. papan tulis Tahapan Kegiatan Kegiatan pendahuluan Langkah-langkah KBM 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : SMPN Tangerang Mata Pelajaran : IPA Terpadu Kelas / Semester : VIII / I Standar Kompetensi : 1. Guru menarik perhatian dan memotivasi siswa dengan memperlihatkan bahan/serum dan alat yang akan digunakan dalam praktikum golongan darah.6. Guru memberikan acuan tentang materi yang akan dipelajari yaitu sistem peredaran Alokasi waktu 15’ Pertanyaan prduktif “apa yang kalian pikirkan dari alat dan vahan yang ada dihadapan kalian”? Apakah kalian mengetahui golongan darah kalian? Apakah golongan darah kalian . Kompetensi Dasar : 1. serta dengan mengajukan pertanyaan. Indikator : Merancang percobaan mengidentifikasi golongan darah Materi Pelajaran : Sistem Peredaran darah Model : Inquiry terpimpin (Gueded inquirí) Metode :Eksperimen Pertemuan/waktu : 2/2 x 45 menit Sumber/media : Buku paket IPA terpadu SMP. Mendiskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

Tahap menggali pemahaman siswa sama dengan ibu atau ayah? • Guru mengundang siswa berinkuiri dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa • Guru membantu mengarahkan siswa untuk mengumpulkan informasi. b. Tahap melaksanakan percobaan . 60’ Mengapa transfusi darah pada seseorang jenis golongan darahnya harus sama? Resipiens yang golongan darahnya B. • Guru membagikan LKS kepada masing-masing siswa. • Guru menjelaskan prosedur kerja praktikum • Guru membimbing siswa selama pelaksanaan praktikum golongan darah.darah dengan cara mengajukan pertanyaan (Question) 3. mengidentifikasi golongan darah dan merumuskan hipótesis dengan pertanyaan-pertanyaan pengarah dari guru. Guru mengaitkan pengetahuan siswa mengenai struktur dan fungsi darah Kegiatan Inti a. Tahapan undangan berinkuiri. transfusi golongan darah apakah yang harus diberikan ? c. • Guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok besar.

Kegiatan Penutup • Siswa menarik kesimpulan berdasarkan hasil diskusi kelas 15’ . Kelompok yang melakukan presentasi akan berbagi data dengan kelompok lain dan memberi kesempatan untuk tanya jawab mengenai langkah kerja. • Siswa secara berkelompok atau individual mencatat informasi hasil eksperimen dan menyusunnya dalam bentuk laporan sementara hasil percobaan.d. Tahap menyajikan hasil percobaan • Guru mengajak siswa melakukan analisis dan diskusi terhadap hasilhasil yang diperoleh sehingga siswa mendapatkan konsep dan teori yang benar sesuai konsep ilmiah serta terhindar dari miskonsepsi. informasi-informasi apa saja yang diperlukan berkaitan dengan sistem peredaran darah. • Masing-masing kelompok mempresentasikan temuannya. data.

• Siswa ditugaskan untuk menyusun laporan hasil pengamatan/percobaan • Siswa ditugaskan untuk membenahi lab serta alat & bahan kembali pada keadaan semula/bersih .

Tusuk gigi 6. tidak? Berilah setetes serum anti-A pada tetes darah di lingkaran A. Pipet 7. 2. 4. kemudian teteskan pada kaca objek (dilingkaran A dan B) 3. Aduk darah yang telah diberi anti serum dengan Amati setelah lima menit. Alkohol 70% 8.LEMBAR KERJA SISWA PRAKTIKUM GOLONGAN DARAH KELAS VIII SMP Nama Anggota Kelompok Tanggal Tujuan : : : 1. 5. Lanset 3. Tusukkan lanset pada ujung jari tengah temanmu. Apakah terjadi penggumpalan atau dan serum anti-B pada darah di lingkaran B menggunakan tusuk gigi . Mempelajari dan memahami golongan darah Alat dan Bahan : 1. Kaca objek 2. Spidol (marker) 5. Pilih salah seorang dari kelompokmu untuk diambil sampel Bersihkan ujung jari tengah temanmu dengan menggunakan darahnya kapas yang telah diberi alkohol. Serum anti-A dan serum anti-B Prosedur kerja : 1. Kapas 4.

golongan darahnya B  Jika darah dilingkaran A dan B menggumpal. Tentukan golongan darah temanmu  Jika darah dilingkaran A menggumpal dan di B tidak. golongan darahnya O METODE 1. golongan darahnya adalah A  Jika darah dilingkaran A tidak menggumpal dan di B menggumpal. Kelompokkan alat dan bahan yang akan kalian gunakan untuk percobaan (TPK 8) Alat Bahan Data Hasil Pengamatan : . 3. Buat hipotesis yang akan kalian uji dalam percobaan (missal sampel darah yang bergolongan Aakan menggumpal jika di tetesi serum anti A Hipotesis:……………………………………………………………………………………. golongan darahnya AB  Jika darah dilingkaran A dan B tidak menggumpal.6. 4. Tuliskan pertanyaan yang akan kalian buktikan melalui percobaan (misalnya bagaimana bila sampel darah ditetesi serum anti A/ serum anti B apakah akan menggumpal?) Rumusan Masalah: ………………………………………………………………………… 2. Tentukan mengapa penggumpalan pada sampel darah terjadi ketika di tetesi serim anti A/anti B! Kandungan yang ada pada darah: ………………………………………………………………………………….

Sampel darah Serum anti-A Menggumpal/ti dak Serum anti-B Menggumpal/ti dak Serum antiAB Menggumpal/ti dak Golongan darah 1 2 3 4 5 Jawablah pertanyaan berikut ini: 1. Golongan darah apa yang dimiliki temanmu? Tuliskan analisis kalian berdasarkan pertanyaan diatas dan data hasil pengamatan yang kalian peroleh: -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Tuliskan Kesimpulan: ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- . Antigen apa yang terkandung pada sel darah temanmu? 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful