BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Berbicara tentang ilmu selalu tidak lepas dari ranah pendidikan Islam sebagai agama yang diklaim memiliki keutuhan dan kelengkapan dalam sembarang aspek kehidupan yang paling komprehensif juga menempatkan pendidikan sebagai bagian paling vital dalam dirinya. Persoalan konsep dasar pendidikan Islam baik dalam hal makna dasar maupun dasar filosofi pendidikan Islam merupakan hal yang amat menarik untuk terus dikaji dalam dunia pendidikan Islam, karena ia mengandung dasar filosofis yang mendalam dan mendasar dalam rangka memahami, menerapkan dan mengembangkan pendidikan Islam. Melalui kajian konsep dasar pendidikan Islam inilah kita bisa mempelajari dan menyadari sejauh mana keunggulan konsep pendidikan Islam untuk mampu menghadapi dan menjawab berbagai masalah dan tantangan kependidikan dalam berbagai persoalan kehidupan manusia sekarang dan mendatang. Berangkat dari hal tersebut, maka disusunlah makalah ini tentang hakikat pendidikan Islam yang membahas pengertian pendidikan Islam, istilah-istilah yang dianggap memiliki arti yang dekat dan tepat dengan makna pendidikan yaitu Tarbiyah (‫ ,)تربية‬Ta’lim (‫ )تعليم‬dan Ta’dib (‫ )تأديب‬yang masing-masing memiliki karakteristik makna disamping mempunyai kesesuaian dalam pengertian pendidikan. B. Rumusan Masalah Dari latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan yang akan dibahas adalah sebagai berikut : 1. 2. Apakah pengertian Pendidikan Islam? Bagaimanakah perbedaan term Tarbiyah (‫ ,)تربية‬Ta’lim (‫ )تعليم‬dan Ta’dib (

‫?)تأديب‬
3. Bagaimanakah fungsi pendidikan bagi manusia dalam Islam?

1

4. Bagaimanakah hubungan antara tujuan hidup dan tujuan pendidikan dalam Islam? 5. Bagaimanakah Fungsi Filsafat Pendidikan Islam terhadap Pendidikan Islam? 2 .

. yang telah mencapai kualitasnya. Filsafat Pendidikan Islam (Bandung : Al-Ma’arif. 1989). 23. yaitu jenis pendidikan yang berlatar belakang keagamaan. 3 Azyumardi Azra. Pokok-Pokok Pikiran tentang Islam (Jakarta : Usaha Enterprise.2 Menurut Azyumardi Azra. Pengertian Pendidikan Islam Dalam studi kependidikan. perasaan. sekalipun diyakini baru (hanya) Nabi Muhammad Saw. 1997). yaitu manusia yang sempurna dalam segala hal. tuntunan dan usulan) oleh subyek didik terhadap perkembangan jiwa (pikiran. Marimba dalam bukunya Filsafat Pendidikan Islam menyatakan bahwa “Pendidikan Islam adalah bimbingan jasmani-rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran Islam. Marimba.”4 Soekarno dan Ahmad Supardi dalam bukunya Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam memberikan pengertian pendidikan Islam adalah Pendidikan yang berdasarkan ajaran atau tuntunan agama Islam dalam usaha membina dan Muslih Usa dan Aden Wijdan SZ. 2 Endang Saefuddin Anshari. Pendidikan Islam adalah suatu proses pembentukan individu berdasarkan ajaran-ajaran Islam yang diwahyukan Allah SWT kepada Muhammad Saw. Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam (Jakarta: Logos Wacana Ilmu.BAB II PEMBAHASAN A. Pemikiran Islam dalam Peradaban Industrial (Yogyakarta : Aditya Media. intuisi). Dapat juga digambarkan bahwa pendidikan yang mampu membentuk “manusia yang unggul secara intelektual. 85. sebutan “Pendidikan Islam” pada umumnya dipahami sebagai suatu ciri khas. 1976). 35-36.1 Endang Saefuddin Anshari memberi pengertian secara lebih tehnis tentang pengertian pendidikan Islam yakni Pendidikan Islam sebagai proses bimbingan (pimpinan. 1 3 . 5.3 Adapun pandangan Ahmad D. 1998). dan anggun dalam moral. dengan metode tertentu dan dengan alat perlengkapan yang ada ke arah terciptanya pribadi tertentu disertai evaluasi sesuai ajaran Islam. 4 Ahmad D. kemauan.” Menurut cita-citanya pendidikan Islam memproyeksi diri untuk memproduk “insan kamil”. dan raga obyek didik dengan bahan-bahan materi tertentu. kaya dalam amal. pada jangka waktu tertentu.

8 9 4 .7 Dengan demikian. Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta : Bumi Aksara. 2003).membentuk pribadi-pribadi Muslim yang bertaqwa kepada Allah SWT.9 a) Tarbiyah (‫)تربية‬ 5 Soekarno dan Ahmad Supardi. Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam (Bandung : Angkasa.”6 Di lain pihak. 6 7 94. 1980).)تربية‬Ta’lim (‫ )تعليم‬dan Ta’dib (‫)تأديب‬ Ada tiga istilah yang dianggap memiliki arti yang dekat dan tepat dengan makna pendidikan.)تربية‬ta’lim (‫)تعليم‬ dan ta’dib (‫ )ت تأديب‬yang masing-masing memiliki karakteristik makna ‫ت‬ disamping mempunyai kesesuaian dalam pengertian pendidikan. 7-8. Perbedaan term Tarbiyah (‫ . Hasan Langgulung mendefinisikan pendidikan Islam sebagai suatu proses penyiapan generasi muda untuk mengisi peranan. pada dasarnya pendidikan Islam adalah upaya untuk mencapai kemajuan perkembangan bagi individu peserta didik.)تربية‬Ta’lim (‫ )تعليم‬dan Ta’dib (‫)تأديب‬ 1. memiliki kemampuan dan kesanggupan memfungsikan potensi-potensi yang ada dalam dirinya dan alam sekitarnya. Hasan Langgulung. hingga bermanfaat dan memberi kemaslahatan bagi diri dan bagi masyarakat pada umumnya. Ketiga istilah itu adalah tarbiyah (‫ . cinta kepada tanah air sebagai karunia yang diberikan Allah. 152. serta bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai Islam. Pengertian Tarbiyah (‫ . 1999). 3. memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai Islam yang diselaraskan dengan fungsi manusia untuk beramal di dunia dan memetik hasilnya di akhirat. Hery Noer Aly. Dalam Islam yang disebut kemajuan itu adalah mencakup kemajuan fisik material dan kemajuan mental spiritual yang keduanya ditujukan untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. 123.5 Zuhairini dalam bukunya Filsafat Pendidikan Islam ketika membicarakan arti pendidikan Islam mengemukakan bahwa “Pendidikan Islam adalah usaha yang diarahkan kepada pembentukan kepribadian anak yang sesuai dengan ajaran Islam atau sesuatu upaya dengan ajaran Islam. Zuhairini.8 B. Antologi Pendidikan Islam dan Dakwah (Yogyakarta : UII Press. cinta dan kasih kepada kedua orang tua dan sesama hidupnya. Kamrani Buseri. 1995). Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta : Logos Wacana Ilmu. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam (Bandung : al-Ma’arif. 1990).

dan ketiga َ ْ َ َ kata rabba yarubu (‫ )رب ي َرب‬yang berarti “memperbaiki. Rahman Abdullah. pengertian pendidikan Islam yang dikandung dalam term alTarbiyah terdiri atas empat unsur pendekatan. yakni pertama dari kata rabba yarbu (‫ي َربو‬ ُ ْ ‫ )ربا‬yang berarti “bertambah dan tumbuh”. 5 . Diponegoro. menguasai dan ّ ُ ّ َ memimpin. Al-Qur’an dan Terjemahnya (Surabaya : al-Hidayah.Istilah tarbiyah berakar dari tiga kata. 21-22. yaitu : (1) memelihara dan menjaga fitrah anak didik menjelang dewasa (baligh). 13 Departemen Agama Republik Indonesia. (4) melaksanakan pendidikan secara bertahap. kedua kata rabiya َ َ yarba (‫ )رب ِي ي َربى‬yang berarti “tumbuh dan berkembang”. (3) mengarahkan seluruh fitrah menuju kesempurnaan. (2) mengembangkan seluruh potensi menuju kesempurnaan.. kasihilah mereka keduanya. 41. Falsafah Pendidikan Islam (Jakarta : Bulan Bintang. 11 Omar Mohammad Al-Thoumy Al-Syaibany. maka Allah adalah Pendidik Yang Maha Agung bagi seluruh alam semesta.. 1998). termasuk manusia. Berdasarkan hal ini. 12 Abdurrahman An-Nahlawi. sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil". 1979). secara filosofis mengisyaratkan bahwa proses pendidikan Islam adalah bersumber pada pendidikan yang diberikan Allah sebagai “Pendidik” seluruh ciptaan-Nya. Dalam konteks yang luas. Al-Fatihah : 2.dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku. 428. Sebab kata rabb (Tuhan) dan murabbi (pendidik) berasal dari akar kata yang sama. “Alhamdu li Allahi rabb al-‘alamin” mempunyai kandungan makna yang berkonotasi dengan istilah al-Tarbiyah. 1990). menjaga dan memelihara”. 31.10 Kata rabb sebagaimana yang terdapat dalam QS. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam (Bandung : CV.11 Uraian di atas.12 Firman Allah yang mendukung penggunaan istilah ini antara lain terdapat dalam ayat-ayat sebagai berikut :                “. Aktualisasi Konsep Dasar Pendidikan Islam (Jakarta : Rineka Cipta. Al-Isra’ : 24)13 b) Ta’lim (‫)تعليم‬ 10 Abd. 1992).. (QS..

Herry Noer Aly (Bandung : CV. tt). Tafsir al-Manar (Beirut : Dar al-Fikr. Departemen Agama Republik Indonesia. sehingga memungkinkannya menerima al-hikmah serta mempelajari segala yang bermanfaat untuk diketahui.Istilah ta’lim telah digunakan sejak periode awal pelaksanaan pendidikan Islam. kata ini lebih bersifat universal dibanding dengan al-Tarbiyah maupun al-Ta’dib. 38.” (QS. melainkan membawa kaum muslimin kepada nilai pendidikan tazkiyah an-nafs (pensucian diri) dari segala kotoran. Menurut Abdul Fattah Jalal. misalnya mengartikan ta’lim sebagai proses transmisi berbagai ilmu pengetahuan pada jiwa individu tanpa adanya batasan dan ketentuan tertentu. Abdul Fattah Jalal. Rasyid Ridha. 262. apa yang dilakukan Rasul bukan hanya sekedar membuat umat Islam bisa membaca. 1988). 16 15 6 . Tafsir al-Qur’an al-Hakim. serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui. Menurut para ahli. Al-Qur’an dan Terjemahnya. 29-30.16 c) Ta’dib (‫)تأديب‬ 14 Muhammad Rasyid Ridha. Azaz-azaz Pendidikan Islam. Al-Baqarah : 151)15 Ayat tersebut menjelaskan tentang aktivitas Rasulullah mengajarkan tilawat al-Qur’an kepada kaum muslimin.14 Argumentasinya didasarkan dengan merujuk pada ayat ini :                                             “Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al-Kitab dan Al-Hikmah. Diponegoro. terj.

tanggung jawab dan penanaman amanah kepada peserta didik. yakni dalam hal memelihara dan mendidik anak. 18 Ibid. 61. 60.Menurut al-Attas. Haidar Bagir (Bandung : Mizan. terdapat keterkaitan yang saling mengikat satu sama lain. pengertian. 17 7 . titik tekannya difokuskan pada bimbingan anak supaya berdaya (punya potensi) dan tumbuh kelengkapan dasarnya serta dapat berkembang secara sempurna.18 2. titik tekannya adalah penyampaian ilmu pengetahuan yang benar. terj. Al-‘Askary dari ‘Ali r. maka Ia sempurnakan pendidikanku. ta’lim dan ta’dib dapatlah diambil suatu analisa. Sedangkan ta’lim. Dalam pada tarbiyah.17 Konsep ini di dasarkan pada hadits Nabi: (‫ا َد ّ ب َن ِي ربت ّي فَا َحسن ت َأ ْد ِيبـي )رواه العسكري عن علي‬ ّ ْ ْ َ َ ْ ْ َ ْ Artinya : “Tuhan telah mendidikku. Oleh karena itu ta’lim disini mencakup aspek-aspek Muhammad Naquib al-Attas. pendidikan akan berfungsi sebagai pembimbing ke arah pengenalan dan pengakuan tempat Tuhan dalam tatanan wujud dan kepribadiannya. Konsep Pendidikan dalam Islam. Jika ditinjau dari segi penekanannya terdapat titik perbedaan antara satu dengan lainnya.” (HR. namun apabila dilihat dari unsur kandungannya. Dengan pendekatan ini. Perbedaan Tarbiyah (‫ .)تربية‬Ta’lim (‫ )تعليم‬dan Ta’dib (‫)تأديب‬ Istilah tarbiyah. pemahaman. Yaitu pengembangan ilmu dalam diri manusia dan pemupukan akhlak yakni pengamalan ilmu yang benar dalam mendidik pribadi. 1994).a) Hadits tersebut bisa dimaknai bahwa al-ta’dib adalah pengenalan dan pengakuan yang secara berangsur-angsur ditanamkan ke dalam diri manusia (peserta didik) tentang tempat-tempat yang tepat dari segala sesuatu di dalam tatanan penciptaan. istilah yang paling tepat untuk menunjukkan pendidikan Islam adalah al-ta’dib.

Sehingga ia mampu memposisikan dirinya menjadi manusia yang berkualitas bagi agama.com/2010/02/pengertian-talim-tadib-dan-tarbiyah. dan kemanusiaan. http://uasspi1. diakses tanggal 28 september 2011. 19 8 . dan tarbiyah”. “Pengertian ta’lim. 54. Rahman Abdullah. ta’dib. titik tekannya adalah pada penguasaan ilmu yang benar dalam diri seseorang agar menghasilkan kemantapan amal dan tingkah laku yang baik. Istilah ini mencakup unsur-unsur pengetahuan (‘ilm). Oleh karena itu. pendidikan (Islam) tidak hanya mengajarkan atau mentransformasikan ilmu. Aktualisasi Konsep Dasar Pendidikan Islam. berketrampilan.20 Dengan demikian dapat dipahami bahwa fungsi pendidikan Islam tidak saja dalam rangka membina manusia beriman dan bertaqwa. Adapun ta’dib. pengajaran (ta’lim) dan pengasuhan yang baik (tarbiyah). 1995). untuk menuju sasaran kemuliaan manusia dan budaya yang diridhai oleh Allah SWT.21 Menurut Jusuf Amir Faisal. Reorientasi Pendidikan Islam (Jakarta : Gema Insani Press.blogspot.pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan seseorang dalam hidupnya dan pedoman perilaku yang baik.html. setidak-tidaknya pendidikan Islam memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut : UASSPI. Dengan pemaparan ketiga konsep di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa ketiganya mempunyai satu tujuan dalam dunia pendidikan yaitu menghantarkan anak didik menjadi yang “seutuhnya”. 118. kemasyarakatan. 21 Abd. Fungsi pendidikan bagi manusia dalam Islam Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang didasarkan kepada ajaranajaran islam yang senantiasa terus tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat. tetapi juga mengembangkan kemampuan memecahkan berbagai masalah kehidupan dan kemanusiaan yang berguna bagi lingkungannya.19 C. 20 Jusuf Amir Faisal. ketrampilan dan kepekaan rasa (budaya) atau agama. sehingga mampu mengarungi kehidupan ini dengan baik. masyarakat dan bangsanya. berkepribadian dan berbudaya. sehingga pendidikan Islam mesti berorientasi kepada masa depan dan kemanusiaan. tetapi manusia yang mampu menghadapi dan mengatasi berbagai masalah dalam kehidupan.

95-96. kesehatan dan sebagainya. 2005). seni budaya. kehendak dan kesengajaan.22 D. olah raga. 55. Pengembangan intelektual muslim yang mampu mencari. fisika. Ilmu Pendidikan Islam.” (QS. 5. 3. menjadi pelayan Allah. 10. penurut kemauan Allah. Individualisasi nilai dan ajaran Islam dan demi terbentuknya umat Islam yang muttaqin dalam bersikap. seni musik. Perancangan kultur Islam demi terbentuk dan berkembangnya peradaban Islam. kimia. Adz-Dzariat : 56). Orang yang menuruti kemauan Allah itu dinamakan juga orang taqwa. Dalam tujuan terkandung cita-cita. 6. 4. Orang yang paling tinggi derajat nilai dirinya dan paling mulia di sisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa. arsitek. Al-Qur’an dan Terjemahnya. mengembangkan serta memelihara ilmu. Pengembangan pendidikan yang berkelanjutan dalam bidang ekonomi. 24 Departemen Agama Republik Indonesia. 25 Akmal Hawi. 7. Dasar-dasar Pendidikan Islam (Palembang : IAIN Raden Fatah Press. 2. 9 . serta memelihara ilmu dan teknologi. serta berkonsekuensi penyusunan daya-upaya untuk mencapainya. mengembangkan. politik. berpikir dan berperilaku. Adz-Dzariat : 56                  “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. Di dalam Al-Qur’an telah Allah beritahukan tujuan diadakannya atau dihidupkannya manusia atau tujuan hidup manusia sesuai QS. tujuan hidup manusia adalah untuk menjadi pengabdi Allah.25 22 23 Jusuf Amir Faisal. Sosialisasi nilai-nilai dan ajaran Islam demi terbentuknya umat Islam. Hubungan antara Tujuan hidup dan tujuan pendidikan dalam Islam Tujuan adalah batas akhir yang dicita-citakan seseorang dan dijadikan pusat perhatiannya untuk dicapai melalui usaha. 862. Pengembangan kualitas muslim dan warga negara sebagai anggota dan pembina masyarakat yang berkualitas kompetitif.1.23 Tujuan pendidikan Islam sama dengan tujuan hidup yang ditetapkan oleh Allah. Reorientasi Pendidikan Islam. teknologi dan ketrampilan demi terbentuknya para manajer dan manusia profesional.24 Dengan demikian. Hery Noer Aly. Menemukan.

melainkan tahu dengan jelas dan lengkap seluruh isi ajaran Allah di dalam Al-Qur’an dan cakap mengerjakannya ke dalam praktek hidup sehari-hari. antara satu metode dengan metode lainnya sehingga bila terdapat ketidakcocokan. Agar istilah-istilah. Kuliah Filsafat Pendidikan Islam. Kritik terhadap asumsi-asumsi yang dipegangi oleh para pendidik dan tenaga kependidikan.27 26 27 Ibidi. diselaraskan. atau tidak sinkron. Fungsi Filsafat Pendidikan Islam terhadap Pendidikan Islam Adapun fungsi Filsafat Pendidikan Islam terhadap Pendidikan Islam. konsep maupun dalam proses praktiknya. Evaluasi terhadap kesenjangan-kesenjangan. dan menjadi kesamaan persepsi di kalangan pendidikan dan tenaga kependidikan. petunjuk. Maragustam Siregar. Teori umum bagi pendidikan. 5. Sangat tidak benar kalau pendidik tidak mempunyai filsafat pendidikan Islam sewaktu dia menjalankan tugas profesionalnya. teori dan praktik pendidikan. 10 .26 E. warga masyarakat dan bangsa. pada hari Selasa 20 September 2011.Pendidikan Islam bukan pengajaran teoritis. konsep-konsep dan ide-ide yang berkembang itu sinkron. Normatif. antara teori dan praktiknya. Banyak istilah dalam lapangan pendidikan yang harus didefinisikan dan dikembangkan. pedoman. antara satu teori dengan teori lainnya. baik selaku individu maupun selaku warga keluarga. maka perlu dianalisis. 2. yaitu : 1. pembimbing asas-asas. jika pegangan filsafat pendidikannya tidak menjiwai nilai-nilai Islam baik dalam pembentukan teori. 4.. dikaitkan satu dengan yang lain menjadi jalinan yang harmonis dan teratur. Analisis terhadap konsep-konsep dan istilah-istilah pendidikan. 3. Filsafat pendidikan dijadikan sebagai penentu arah. pertentangan-pertentangan. sepanjang filsafat pendidikan Islam tersebut mengarah pada apa dan bagaimana seharusnya pendidikan itu baik dari segi teoritik maupun dari segi pelaksanaannya. 11-12. melainkan benar-benar melakukan pembentukan kecakapan riil yang diperlukan bagi seorang pengabdi Allah yang mendapat tugas menjadi khalifah di bumi. prinsip-prinsip. maka dengan segera dapat diperbaiki. ditafsirkan dan dianalisis. Pengabdi Allah yang dinamakan juga orang taqwa itu bukanlah ahli teori keagamaan.

tetapi manusia yang mampu menghadapi dan mengatasi berbagai masalah dalam kehidupan. (3) Evaluasi terhadap kesenjangan-kesenjangan antara teori dan praktiknya atau antara satu teori dengan teori lainnya atau antara satu metode dengan metode lainnya sehingga bila terdapat ketidakcocokan. Adapun fungsi Filsafat Pendidikan Islam terhadap Pendidikan Islam. pedoman. kemasyarakatan. berkepribadian dan berbudaya.)تربية‬ta’lim (‫ )تعليم‬dan ta’dib ( ‫)تأديب‬ yang masing-masing memiliki karakteristik makna disamping mempunyai kesesuaian dalam pengertian pendidikan. (5) Normatif. dan kemanusiaan. Di dalam Al-Qur’an telah Allah beritahukan tujuan diadakannya atau dihidupkannya manusia yaitu mengabdi kepada Allah. melainkan tahu dengan jelas dan lengkap seluruh isi ajaran Allah di dalam Al-Qur’an dan cakap mengerjakannya ke dalam praktek hidup sehari-hari. Tujuan pendidikan Islam sama dengan tujuan hidup yang ditetapkan oleh Allah. pembimbing asas-asas. Filsafat pendidikan dijadikan sebagai penentu arah. Pengabdi Allah bukanlah ahli teori keagamaan. teori dan praktik pendidikan. berketrampilan. Ada tiga istilah yang dianggap memiliki arti yang dekat dan tepat dengan makna pendidikan. Fungsi pendidikan Islam tidak saja dalam rangka membina manusia beriman dan bertaqwa. maka dengan segera dapat diperbaiki. prinsip-prinsip. (2) Kritik terhadap asumsi-asumsi yang dipegangi oleh para pendidik dan tenaga kependidikan. 11 . Ketiga istilah itu adalah tarbiyah (‫ . atau tidak sinkron. yaitu : (1) Teori umum bagi pendidikan.BAB III PENUTUP Kesimpulan Pendidikan Islam adalah upaya untuk mencapai kemajuan perkembangan bagi individu peserta didik. Dalam Islam yang disebut kemajuan itu adalah mencakup kemajuan fisik material dan kemajuan mental spiritual yang keduanya ditujukan untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. (4) Analisis terhadap konsep-konsep dan istilah-istilah pendidikan. petunjuk.

Hawi. Muslih dan Aden Wijdan SZ.1990. Soekarno dan Ahmad Supardi. Surabaya : alHidayah. Dasar-dasar Pendidikan Islam. Anshari. 1997. 2003. 1994. Azra. Jusuf Amir. Hasan. Pemikiran Islam dalam Peradaban Industrial. terj. Kamrani. Akmal. Bandung : Mizan. 1998. 1990. Jakarta : Logos Wacana Ilmu. Hery Noer. 1992. Maragustam. 1980. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung : alMa’arif. Filsafat Pendidikan Islam. Abdul Fattah. Diponegoro. Faisal. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam.html. Reorientasi Pendidikan Islam. Aktualisasi Konsep Dasar Pendidikan Islam. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. 1976. Muhammad Naquib. Antologi Pendidikan Islam dan Dakwah. Pokok-Pokok Pikiran tentang Islam. Bandung : Angkasa. Langgulung. Konsep Pendidikan dalam Islam. Herry Noer Aly. Abdurrahman. Jakarta: Logos Wacana Ilmu. Jakarta : Rineka Cipta. 1988. Usa. Bandung : CV. Marimba. Rahman. Jakarta : Bulan Bintang. Tafsir al-Qur’an al-Hakim. 1995. Falsafah Pendidikan Islam. Al-Attas. Aly. Jakarta : Gema Insani Press. Jakarta : Usaha Enterprise. Abd. An-Nahlawi. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Palembang : IAIN Raden Fatah Press. Haidar Bagir. Siregar. Bandung : Al-Ma’arif. 1995. Al-Syaibany. UASSPI. 1989. Ridha. Kuliah Filsafat Pendidikan Islam. diakses tanggal 28 september 2011. dan tarbiyah”.blogspot.DAFTAR PUSTAKA Abdullah. Omar Mohammad Al-Thoumy. Zuhairini. Departemen Agama Republik Indonesia. Filsafat Pendidikan Islam. ta’dib. Bandung : CV. Ahmad D. 2005.com/2010/02/pengertian-talim-tadib-dan-tarbiyah. Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara. 12 . Jalal. Azaz-azaz Pendidikan Islam. Tafsir al-Manar. Diponegoro. http://uasspi1. 1998. Yogyakarta : UII Press. Azyumardi. Muhammad Rasyid. “Pengertian ta’lim. Endang Saefuddin. 1979. Yogyakarta : Aditya Media. Beirut : Dar al-Fikr. 1999. Buseri. terj. Selasa 20 September 2011.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful