Pompa dan kompresor dirancang untuk beroperasi dengan fluida cair dan gas, dan merupakan bagian penting

dalam suatu instalasi.

Tak jarang pompa dan kompresor harus beroperasi dalam kondisi maksimum, bahkan ekstrim, yang meningkatkan risiko kecelakaan.

Sering kali penyebab kecelakaan serius tersebut adalah kebocoran ataupun ledakan. Kecelakaan di tempat kerja akan mengancam keselamatan pekerja, mengakibatkan kerusakan materi, dan kerusakan lingkungan. Tangki yang berisi cairan atau gas tidak berbahaya sekalipun memiliki potensi bahaya. KOMPRESOR 1.1. Jenis-jenis Kompresor Kompresor adalah mesin untuk menempatkan udara atau gas. Kompresor udara biasanya mengisap udara dari atmofsir. Namun adapula yang mengisap udara atau gas yang bertekanan lebih tinggi dari tekanan atmofsir. Dalam kehidupan modern seperti sekarang ini kompresor mempunyai kegunaan yang sangat luas dihampiri segala bidang baik di bidang industri, pertanian, rumah tangga, dsb. Jenis dan ukurannyapun baraneka ragam sesuai dengan pemakainya. Klasifikasi kompresor dapat digolong-golongkan atas beberapa, yaitu : A. Kompresor yang digolongkan atas dasar tekananya. Kompresor atas golongan dibagi atas 3, yaitu : 1. Kompresor (pemampat) dipakai untuk jenis yang bertekanan tinggi. 2. Blower (peniup) dipakai untuk bertekanan rendah. 3. Fan (kipas) dipakai untuk yang bertekanan sangat rendah. B. Atas dasar pemampatanya kompresor dapat dibagi atas 2, yaitu : 1. Jenis Turbo Jenis turbo menaikan tekanan dan kecepatan gas-gas dengan gaya sentrifugal yang ditimbulkan oleh impeler atau dengan gaya angkat (lift) yang ditimbulkan oleh sudu.

2. . Pendingin Air. 3. Lawan Berimbang (Balance Oposed). Bentuk–L. yaitu : a. Berdasarkan Penempatanya. yaitu: Kerja Tunggal (Single Acting). yaitu : 1. Sabuk–V. Dalam hal ini yang akan dibicarakan hanya mengenai kompresor jenis bolakbalik yaitu: Kompresor Sekrup. Bentuk–V. Kompresor Sekrup Injeksi Minyak.Kompresor Sekrup. 2. 2. 4. Berdasarkan Cara Pendingin. Jenis Perpindahan Jenis perpindahan menaikkan tekanan dengan memperkecil atau memafaatkan volume gas yang dihisap ke dalam silinder atau stator oleh torak atau sudu. dan banyak Tingkat. yaitu: Pelumas Minyak. Kompresor yang dibagi atas dasar Konstruksinya. Jenis Bolak-balik C. yaitu: Satu Tingkat. Bentuk–W. Roda Gigi. yaitu. Berdasarkan Cara Pelumasannya. Berdasarkan Transmisi Penggerak. Berdasarkan Jumlah Tingkat Kompresis. Bentuk Bintang. Berdasarkan Langkah Kerja. Pendingin Udara. Kerja Ganda (Double Acting). 5. Jenis putar (rotary) Jenis ini dibagi atas beberapa. Tegak. yaitu: Langsung. . Tanpa Minyak. yaitu: Permanen (stationery). Dimana kompresor Sekrup ini dibagi atas 2 macam. yaitu : .Kompresor Sudu Luncur. yaitu : 1. Berdasarkan Susunan Silinder. 7. Dua Tingkat. Berdasarkan atas ini dibagi atas berbagai macam. yaitu: Mendatar. 6. Kompresor Sekrup Bebas Minyak . dapat dipindahkan (portable). Jenis perpindahan ini dibagi 2 macam.Konpresor Roots b.

• Sudu-sudu atau impeller. • Saluran tekan Cara Kerja Pompa Sentrifugal . 2004). Pompa memiliki dua kegunaan utama: •Memindahkan cairan dari satu tempat ke tempat lainnya (ex : air dari aquifer bawah tanah ke tangki penyimpan air) •Mensirkulasikan cairan sekitar sistem (misalnya air pendingin atau pelumas yang melewati mesin-mesin dan peralatan) Pompa Sentrifugal Pompa sentrifugal merupakan salah satu peralatan paling sederhana dalam berbagai proses pabrik. • Ruang antara keliling impeller bagian luar dengan rumah pompa.POMPA Sistem pemompaan bertanggung jawab terhadap hampir 20% kebutuhan energi listrik dunia dan penggunaan energi dalam operasi pabrik industri tertentu berkisar 25-50% (US DOE. • Saluran isap. • Rumah pompa. Pompa adalah suatu alat yang fungsi untuk memindahkan zat cair dari satu tempat ke tempat yang lain atau dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi. • Poros penghubung impeller dengan motor penggerak. • Poros sudu-sudu atau poros impeller.

dll) masuk ke dalam impeller yang berputar melalui saluran tersebut. dan cairan (air. dan menuju ke saluran keluar (g). Pada bagian samping dari impeller dekat dengan poros (d). kecepatan gerak benda. minyak. maka besarnya gaya sentrifugal K adalah: Cara Kerja Pompa Sentrifugal Impeller adalah semacam piringan berongga dengan sudu-sudu melengkung di dalamnya dan dipasang pada poros yang digerakkan oleh motor listrik. sehingga menyebabkan cairan berputar. Bila kecepatan linier benda V. air didesak keluar menjauhi pusat. dan jari-jari lintasan R. mesin uap atau turbin uap. Bagaimana Pompa Sentrifugal Bekerja? Bagaimana Pompa Sentrifugal Bekerja? • Cairan dipaksa menuju sebuah impeler oleh tekanan atmosfir. massa benda M. atau dalam hal ini jet pump oleh tekanan buatan. Dan karena gerakan berputar dari impeller maka cairan yang terdapat pada bagian tersebut ikut berputar akibat gaya sentrifugal yang terjadi. Volute atau cincin diffuser stasioner mengubah energi kinetik menjadi energi tekanan Komponen Pompa Sentrifugal : Komponen berputar:impeller yang disambungkan ke poros . Besarnya gaya sentrifugal yang timbul tergantung dari masa benda. dihubungkan dengan saluran isap (f). dan masuk dalam ruangan antara keliling impeller bagian luar dan rumah pompa (e). • Baling-baling impeler meneruskan energi kinetik ke cairan. • Impeler dikelilingi oleh volute casing atau dalam hal pompa turbin digunakan cincin diffuser stasioner.Pompa sentrifugal bekerja berdasarkan prinsip gaya sentrifugal yaitu bahwa benda yang bergerak secara melengkung akan mengalami gaya yang arahnya keluar dari titik pusat lintasan yang melengkung tersebut. dan jari-jari lengkung lintasannya. Cairan meninggalkan impeler pada kecepatan tinggi.

yang akan mengurangi efisiensi pompa. Hal ini mencegah perpindahan air dari sisi pengiriman ke sisi penghisapan. Pompa dua tahap memiliki dua impeler yang terpasang secara seri untuk layanan head sedang. Jumlah impeler menentukan jumlah tahapan pompa. di mana baling-baling seluruhnya mengurung air. Bentuk atau konstruksi mekanis: impeler yang tertutup.Komponen statis: •casing. Impeler biasanya terbuat dari perunggu. Biasanya digunakan untuk pompa air. impeler pompa berpusar/vortex. besi tuang atau stainless steel. •penutup casing. Impeler dapat digolongkan atas dasar: 1. maka penting untuk memilih rancangan yang cocok dan mendapatkan impeler dalam kondisi yang baik. aliran campuran 2. Dalam rangka untuk memisahkan ruang pembuangan dari ruang penghisapan. . Pompa multi-tahap memiliki tiga impeler atau lebih terpasang seri untuk layanan head yang tinggi. •bearings Impeler Impeler merupakan cakram bulat dari logam dengan lintasan untuk aliran fluida yang sudah terpasang. Sebagaimana kinerja pompa tergantung pada jenis impelernya. diperlukan sebuah sambungan yang bergerak diantara impeler dan wadah pompa. impeler terbuka dan semi terbuka. namun bahan-bahan lain juga digunakan. Bentuk atau konstruksi mekanis: • Impeler yang tertutup memiliki baling-baling yang ditutupi oleh mantel (= penutup) pada kedua sisinya. aliran aksial. Arah utama aliran dari sumbu putaran: aliran radial. Jenis hisapan: hisapan tunggal dan hisapan ganda 3. polikarbonat. Pompa satu tahap memiliki satu impeler dan sangat cocok untuk layanan head (=tekanan) rendah.

bantalan poros. Tekanan pada ujung penghisapan dapat sekecil sepersepuluh tekanan atmosfir dan pada ujung pengiriman dapat 20x tekanan atmosfir pada pompa satu tahap.Penyambungan ini dilakukan oleh cincin yang dipasang diatas bagian penutup impeler atau di bagian dalam permukaan silinder wadah pompa. Hal ini dapat meningkatkan pemakaian sil. Wadah dapat dirancang sebagai: . dan batang torak itu sendiri. Salah satu tujuan utamanya adalah membantu kesetimbangan tekanan hidrolik pada batang torak pompa. mengoperasikan pompa dengan wadah volute pada kapasitas yang lebih rendah dari yang direkomendasikan pabrik pembuatnya dapat mengakibatkan tekanan lateral pada batang torak pompa. Walau begitu. • Wadah bulat memiliki baling-baling penyebaran stasioner disekeliling impeler yang mengubah kecepatan menjadi energi tekanan. kemungkinan tersumbatnya kecil. Wadah volute ganda digunakan bilamana gaya radial menjadi cukup berarti pada kapasitas yang berkurang. Akan tetapi untuk menghindari terjadinya penyumbatan melalui resirkulasi internal. volute atau back-plate pompa harus diatur secara manual untuk mendapatkan setelan impeler yang benar. • Impeler terbuka dan semi terbuka. Untuk pompa multitahap perbedaan tekanannya jauh lebih tinggi. Rumah Pompa • Fungsi utama rumah pompa adalah menutup impeler pada penghisapan dan pengiriman pada ujung dan sehingga berbentuk tangki tekanan. Kerugian dari impeler tertutup ini adalah resiko yang tinggi terhadap rintangan. Wadah dirancang untuk tahan paling sedikit dua kali tekanan ini untuk menjamin batas keamanan yang cukup. Wadah • Wadah volute memiliki impeler yang dipasang dibagian dalam wadah. • Fungsi rumah pompa yang kedua adalah memberikan media pendukung dan bantalan poros untuk batang torak dan impeler. Wadah tersebut banyak digunakan untuk pompa multi-tahap.

• Pompa jenis Rumah Keong Rumah keong ganda (kembar) menghasilkan kesimetrisan yang hampir radial pada pompa bertekanan tinggi dan pada pompa yang dirancang untuk operasi aliran yang sedikit. Laluan-laluan yang berangsur-angsur mengembang ini akan mengubah arah aliran fluida dan mengkonversikannya menjadi tinggi-tekan tekanan (pressure head). Rumah keong akan menyeimbangkan bebanbeban radial pada poros pompa sehingga beban akan saling meniadakan.– Wadah padat: seluruh wadah dan nosel dimuat dalam satu cetakan atau potongan yang sudah dibuat pabrik pembuatnya. . – Wadah terbelah: dua bagian atau lebih disambungkan bersama. Hal ini dibuat sedemikian rupa untuk mengurangi kecepatan fluida yang diubah menjadi tekanan statis. dan regeneratif. • Pompa jenis Diffuser Baling-baling pengarah yang tetap mengelilingi runner atau impeller pada jenis pompa diffuser. Jenis Pompa Sentrifugal: • Pompa jenis Rumah Keong (Volut) Impeller membuang fluida ke dalam rumah spiral yang secara berangsurangsur berkembang. Energi ditambahkan ke cairan dalam sejumlah impuls. • Pompa jenis Turbin Juga disebut pompa Vorteks (Vortex). tempat impeller tadi berputar. wadahnya disebut terbelah secara horisontal atau wadah yang terbelah secara aksial. Bilamana bagian wadah dibagi oleh bidang horisontal. periperi (Periphery). dengan demikian akan mengurangi pembebanan poros dan resultan lenturan. Cairan dipusar oleh baling-baling impeller dengan kecepatan tinggi selama hampir satu putaran di dalam saluran yang berbentuk cincin (annular).

dan kondisi hisapan. maka untuk kondisi aliran yang sebangun pula. dan sebaliknya. Kecepatan Spesifik Kecepatan spesifik (specific velocity) merupakan indeks jenis pompa. yang menggunakan kapasitas dan tinggi tekan yang diperoleh pada titik efisiensi maksimum. dan efisiensi pompa untuk diameter impeller dan ukuran rumah pompa tertentu. • Kurva menunjukkan hubungan head. daya. . Kecepatan spesifik menentukan profil atau bentuk umum impeller. kecepatan spesifik merupakan kecepatan dalam putaran per menit yang impellernya akan berputar bila ukurannya diperkecil untuk dapat mengalirkan 1 gpm cairan terhadap tinggi tekan sebesar 1 ft. Hukum Kesebangunan Pompa: • Jika ada dua buah pompa (misal pompa 1 dan pompa 2) yang secara geometris sebangun satu sama lain. Diameter baling-baling pada sisi hisap sama dengan pada sisi buang. • Kurva head – kapasitas (H-Q) menunjukkan hubungan antara kapasitas dan head total. Diameter sisi buang baling-baling ini lebih besar daripada diameter sisi masuknya. yang tergantung pada head. • Pompa jenis Aliran Aksial Pompa aliran aksial menghasilkan tinggi tekan (head) oleh propeller atau oleh gaya angkat (lift) baling-baling pada cairan.• Pompa jenis Aliran Campur (Mixed Flow) Pompa aliran campur menghasilkan sebagian tinggi tekan (head) oleh adanya gaya angkat (lift) baling-baling pada cairan. Dalam bentuk angka. Impeller untuk tinggi tekan yang besar biasanya mempunyai kecepatan spesifik yang rendah. desain. Karakteristik Pompa Sentrifugal: • Pompa sentrifugal yang dioperasikan pada kecepatan konstan akan mengalirkan kapasitas mulai dari nol hingga maksimum. kapasitas.

katup. • Bila terdapat sederetan pompa dengan desain yang sama. Efisiensi dan Kerugian pada Pompa • Kerugian pompa terdiri dari kerugian hidrolis (karena gesekan aliran di dalam pompa). • Head statis merupakan perbedaan ketinggian antara level cairan pada sisi hisap dan pada sisi buang. kerugian kapasitas (karena kebocorankebocoran dalam dan packing). yang biasanya lebih kecil daripada yang diperoleh secara teoritis.98). Harga ηm sebesar 0. • Adanya kerugian hidrolis akan menambah energi pada aliran fluida yang sesungguhnya. maka terjadilah kerugian kapasitas.96 – 0. Head Gesekan dan Head Statis • Kurva diperoleh dengan mengabungkan kurva head gesekan sistem dengan head statis sistem dan setiap perbedaan tekanan yang ada. • Sebagai akibat adanya aliran yang kembali melalui celah-celah ke bagian isap (Qcelah). • Kurva head gesekan merupakan hubungan antara aliran dan gesekan dalam pemipaan.• Kurva H-Q menunjukkan kinerja pompa dengan berbagai ukuran diameter impeller yang divariasikan di dalam satu rumah pompa (gambar atas).99. Oleh karena itu. Inilah yang disebut dengan efisiensi volumetris (0. Maka efisiensi mekanis pompa didefinisikan sebagai: di mana Pteoritis adalah daya yang diterima pompa untuk mengalirkan fluida dan Pe adalah daya motor penggerak. maka kita bisa memilih pompa yang akan kita gunakan melalui angka maupun modelnya (gambar bawah). • Adanya gesekan mekanis pada bantalan-bantalan akan menimbulkan kerugian mekanis. efisiensi total pompa (ηpompa) merupakan hasil kali seluruh efisiensi . • Jadi. head gesekan bervariasi terhadap kuadrat aliran (biasanya berbentuk parabolis). dan fitting pada bagian hisap dan buang.85 – 0.

Agar tidak terjadi penguapan (kavitasi) pada fluida di dalam pompa atau di dalam pipa isap.Tinggi Hisap Pompa Tinggi isap merupakan kedudukan sumbu pompa di atas permukaan fluida yang diisap. . maka tinggi isap tersebut tidak dapat dibuat terlalu besar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful