MAKALAH KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

(REFORMASI SEKOLAH DALAM KURIKULUM)

Disusun oleh : Aden suryatna Andri Irwansyah Donna Alhafiedz Fauzi Rahman Mohamad Sopyan Yoga nurdiansah Irva Faoji Anwar : 082441 : 2224101750 : 2224101901 : 2224101671 : 2224101920 : 2224101987 : 2224101817

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA 2011

. yang telah menuntun jalan yang terang benderang yakni addinul islam. desember 2011 Penyusun . kami mohon kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan di masa yang akan datang. Shalawat salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi akhir zaman Muhammad SAW. Maka dari itu kami mencoba membuat makalah ini sebagai tugas matakuliah Kurikulum dan Pembelajaran. Untuk itu kami mohon maaf apabila dalam penulisan makalah ini bayak kesalahan. Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam pembuatan makalah yang singkat ini. Makalah ini kami beri judul ” REFORMASI SEKOLAH DALAM KURIKULUM”... sehingga menimbulkan persaingan dalam bidang pendidikan.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan akal kepada setiap manusia. Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini.. Amin. Dalam era global ini bayak berdirinya sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta. Semoga makalah ini bermanfaat. Sehingga pemikiran-pemikiran mendorong kami membuat makalah ini. Serang.

Untuk mengetahui sejarah berdirinya SMA YP 17 kota Serang. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 16 desember 2011. 1.3 Tujuan Adapun tujuan observasi ini sebagai berikut : 1. Bagaimana sejarah berdirinya SMA YP 17 kota Serang ? 2. dapat di simpulkan bahwa SMA YP 17 kota Serang telah terjadi reformasi dari tahun ke tahun. 2. Apakah telah terjadi reformasi di sekolah tersebut ? 1.1 Latar Belakang masalah Dalam pembuatan makalah ini di latarbelakangi untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah kurikulum pendidikan tentang reformasi pendidikan sekolah menengah baik berupa kurikulum maupun sarananya. 1. kami selaku penulis melakukan suatu study kasus dan menggunakan study pustaka. sebagai referensi pembuatan makalah ini. kami melakukan suatu observasi ke sekolah SMA YP 17 kota serang. Untuk mengetahui terjadinya reformasi di sekolah tersebut.4 metode penulisan metode pembahasan makalah ini. Berdasarkan observasi yang kami lakukan. .BAB 1 PENDAHULUAN 1.2 Rumusan Masalah Dalam makalah ini penulis memberikan batasan dan rumusan masalah sebagai brikut : 1. Untuk menyelesaikan tugas ini.

kemudian menetapkan tekad untuk mengabdikan diri pada negara dan bangsa melalui bidang pendidikan dan pengajaran berdasarkan pancasila dan UUD 1945 (turut mencerdaskan kehidupan bangsa) serta berasaskan kekeluargaan dan kebersamaan yang dijiwai nilai-nilai proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan semangat patriotisme perjuangan pelajar-pejuang / tentara-pelajar ex brigade 17.T.1 Sejarah SMA YP 17 kota Serang YAYASAN PENDIDIKAN TUJUH BELAS menurut namanya berpegang pada angka 17 yang bermakna bahwa “YP-17” akan selalu konsekuen dan mengembangkan terus tradisi spirit serta semangat patriotisme warga pelajar pejuang/tentara pelajar ex brigade 17 dalam segala kegiatan pembangunan yang diselenggarakan pemerintah dengan ikut serta berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan. SMA YP-17 Serang didirikan oleh Bapak H. setelah merdeka dan tugas ketentaraannya selesai. .4/R83 tanggal 29 Desember 1983. Harjasaputra (alm) dan rekan-rekan tanggal 29 Desember 1983 sesuai dengan SK pendirian sekolah dari Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat Nomor : 2301/I02. Beliau adalah eksponen pelajar-pejuang / tentarapelajar ex brigade 17. berilmu dan terampil. Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di Yayasan Pendidikan Tujuh Belas didasarkan pada Sistem Pendidikan Nasional dan Pancasila dengan TRIDHARMA UPAYA serta TRISAMEKTA menuju terwujudnya anak didik yang memiliki watak dan kepribadian.BAB II LANDASAN TEORI 2.

Program dan Tujuan Pendidikan SMA YP 17 kota Serang SMA YP 17 Serang mempunyai visi dan misi yang sangat baik yaitu : VISI :  Cerdas. Seiring dengan perkembangan jaman dan Pemerintahan Otonomi Daerah. yaitu suatu monumen yang berkehidupan. . Nomor 5 tanggal 21 Juli 1999 sekaligus menjadi naungan lembaga pendidikan SMA YP-17 SERANG. 2. SH. SMA YP-17 SERANG sebagai salah satu sekolah swasta di Serang statusnya sama dengan sekolah negeri melalui akreditasi dari pemerintah tahun 1990 dengan Surat Keputusan Nomor : 009/C/Kep/1990 sampai sekarang. berfungsi secara nyata dan dinamik untuk melestarikan nilai-nilai kepahlawanan serta jiwa patriotisme bagi perjuangan dan pengabdian kemasyarakatan. maka YAYASAN PENDIDIKAN TUJUH BELAS berubah nama menjadi YAYASAN PENDIDIKAN TUJUH BELAS PUTERA berdasarkan akte notaris Ny.2 Visi.trampil dan berakhlak mulia MISI :     Meningkatkan Prestasi Akademik Meningkatkan prestasi ekstrakurikuler Meningkat wawasan hidup mandiri dilandasi iman dan taqwa Serta membentuk peserta didik yang berakhlak dan berbudi pekerti luhur . Tjahjati Indra Moksen. Misi.Maksud didirikannya SMA YP-17 SERANG diantaranya sebagai perwujudan monumen hidup pelajar-pejuang / tentara-pejuang ex brigade tujuh belas.

Terampil. Mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab  Meningkatkan kemampuan akademik dan dapat mengikuti pendidikan lebih lanjut  Membekali pendidikan kecakapan hidup diarahkan pada penguasaan bidang keterampilan. pengetahuan dan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia ang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sehat.jepang serta yang bermuatan religi. keahlian.PROGRAM DAN TUJUAN PENDIDIKAN :  Membentuk siswa dalam meningkatkan kecerdasan. b. masyarakat atau dilingkungan pekerjaan sebagai bekal hidup Dalam melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada setip pagi hari dari hari senin sampai dengan sabtu diisi dengan kurikulum bahasa yang meliputi.. .inggris & b. Kreatif. kepada anak didik untuk hidup mandiri yang diperlukan baik dalam keluarga. Cakap. baca tulis Qur’an (BTQ) dan ekstrakurikuler . Ber-ilmu. Berahlak mulia.

tenis meja dan lain-lain. pada tahun 2007 sekolah ini aktif senin s/d jum’at pukul 07. orang tua dan lingkungan sekolah tersebut serta komponen-komponen lainnya. selain futsal sekolah ini sering mengikuti kejuaraan lain seperti pencak silat.BAB III PEMBAHASAN Reformasi dalam dunia pendidikan sangat penting perananya untuk menunjang suatu standar tujuan pendidikan.000.000 Dalam segi prestasi SMA YP 17 patut diperhitungkan. terutama prestasi di bidang olahraga salah satunya di cabang futsal yang sering menjuarai di tingkat Provinsi meski tidak yang pertama. 1. anak didik. lomba karya ilmiah. Untuk masuk ke sekolah ini tidaklah sulit hanya melengkapi syarat-syarat yang di persiapkan oleh pihak sekolah dan meneluarkan biaya administrasi awal yang cukup terjangkau sekitar Rp. ruang aula dan lain lain.000 dan biaya perbulan sekitar Rp 100.15 & 11. aktifnya kegiatan ekstrakurikuler. Dapat dibuktikan bahwa sekolah tersebut mengalami suatu reformasi yaitu penambahan ruang belajar.15 s/d 14. Setiap reformasi pendidikan yang terjadi di lingkungan sekolah menengah baik kurikulum maupun saranan dan prasarananya banyak di pengaruhi oleh faktor – faktor tertentu baik internal maupun eksternal. LKBB. ruang keterampilan.10 dan istirahat pukul 9. Sekolah ini telah mengalami perubahan yang cukup baik karena sekolah ini mampu mengalami suatu perkembangan yang dapat menunjang pendidikan.30. pramuka. Pada umumnya sekolah lain sering menerima suatu anggaran itu dari negara setiap tahunnya berbeda dengan sekolah ini suatu anggaran di dapat kan dari hasil pengajuan proposal ke instansi-instansi yang terkait seperti Pemda dan DIKNAS ataupun dari donatur. perpustakaan. lab IPA.15 s/d 13. sarana olah raga.30 tetapi hanya berlaku satu periode saja dikarenakan kondisi . seperti tenaga pengajar. Dalam pembahasan ini kami selaku penulis telah melakukan suatu observasi ke SMA YP 17 kota serang mengenai reformasi yang terjadi pada sekolah tersebut. Sekolah SMA YP 17 aktif dari hari senin-sabtu pukul 07.

Adapun jenis mata pelajaran mulok yang dipelajari yaitu bahasa jepang yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali yang diharapkan para siswa dapat mengaplikasikan di dunia kerja dengan mudah dan profesional. Sekolah ini setiap hari sabtu sering mengadakan kegiatan tausiyah dengan tujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Sang Pencipta. SMA YP 17 dari tahun ke tahun mengalami penurunan dikarenakan banyak sekolah-sekolah yang mempunyai fasilitas yang lebih baik.siswanya yang tidak memungkinkan. Berbeda ketika pertama kali didirikan sekolah ini mampu mempunyai siswa sekitar 400 siswa dengan sistem pagi dan sore. Adapun denah ruang SMA YP 17 adalah : R. OSIS U LAB KELAS IPA WC Kls Kls Kls Mushola Kelas SISWA Kelas Kelas KELAS Perpusta kaan KELAS Lab Seni KELAS KELAS Aula Ruang Multimedia RUANG KOMPUTER RUANG RUANG GURU KEPSEK & TU & TU .

agar makalah ini menjadi lebih baik dari sebelumnya. sarana olah raga. ruang keterampilan. . perpustakaan. ruang aula dan lain lain. 4.T. Harjasaputra (alm) dan rekan-rekan tanggal 29 Desember 1983  SMA YP 17 KOTA SERANG mengalami reformasi yaitu penambahan ruang belajar.2 SARAN Bagi yang sudah membaca makalah ini mohon untuk kritik dan sarannya.1 KESIMPULAN Dari hasil observasi yang telah kami lakukan di SMA YP 17 KOTA SERANG kami dapat menarik beberapa kesimpulan diantaranya :  SMA YP-17 Serang didirikan oleh Bapak H. aktifnya kegiatan ekstrakurikuler. lab IPA.BAB IV PENUTUP 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful