BUKU PANDUAN WARGA RUKUN TETANGGA 004 – RUKUN WARGA 07 KELURAHAN JATISAMPURNA KECAMATAN JATISAMPURNA KOTA BEKASI

Sekretariat : Perumahan Grand Cibubur Blok D-9 Telp. (021) 9352 8371 HP. 0815 776 4567

ANGGARAN DASAR
BAB I PENDAHULUAN Warga Perumahan Grand Cibubur Boutique Resident, khususnya RT 004 RW 07 adalah warga yang menetap di wilayah RT 004 yang diresmikan, diputuskan dan ditetapkan oleh Kepala Kelurahan Jatisampurna, Kecamatan Jatisampurna Bekasi. Wilayah RT 004 RW 07 meliputi : Blok A -----12 unit Blok B -----8 unit Blok C -----30 unit Blok D -----30 unit Blok E -----22 unit Blok F -----Blok G -----16 unit Blok H -----22 unit Dengan total 168 unit rumah dan 12 unit toko, program kerja kepengurusan RT 004 RW 07 periode 2008 – 2011 diharapkan seluruh warga memiliki kepedulian untuk saling menghargai dan menyayangi sesama sebagai satu keluarga besar dengan tujuan hidup tentram dan aman. BAB II KEDUDUKAN DAN STATUS WARGA 2.1 2.2 RT 004 berada dibawah RW 07 berkedudukan di Perumahan Grand Cibubur Boutique Resident, Kelurahan Jatisampurna, Kecamatan Jatisampurna – Bekasi. Warga RT 004 adalah warga yang menetap dan tinggal di wilayah RT 004, baik dirumah milik sendiri atau pun kontrak. BAB III HAK DAN KEWAJIBAN WARGA 3.1 HAK WARGA a. Setiap warga berhak mengeluarkan pendapat baik lisan maupun tulisan kepada pengurus RT 004 b. Setiap warga berhak mengikuti setiap kegiatan – kegiatan dilingkungan RT 004. c. Setiap warga berhak memilih dan dipilih sebagai pengurus RT.

Dalam hal-hal tertentu ketua RT berhak mengambil kebijakan.2 Warga yang pindah keluar wilayah RT 004 diwajibkan melapor ke pengurus RT 004 dan membuat surat pindah dari RT 004 RW 07 Warga yang pindah keluar wilayah RT 004. kebersihan dank as RT/RW yang disetorkan kepada Koordinator Blok masing masing. g. Setiap warga berkewajiban mematuhi Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga RT 004 RW 07. Pengurus RT akan mengadakan musyawarah yang bersifat mendesak BAB VI PEMILIHAN KETUA RT 5. Diadakan setiap ada masalah yang membutuhkan mufakat seluruh warga. d. selambat-lambatnya 2 hari sebelum hari pelaksanaan. Setiap warga (KK/Rumah) berkewajiban membayar iuran keamanan.1 KUALIFIKASI CALON a. Calon ketua RT adalah warga yang bersikap jujur dan ramah terhadap sesama serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Setiap warga (Kepala Keluarga) berkewajiban memberikan data atau identitas diri ke pengurus RT. Musyawarah meliputi koordinasi dan evaluasi program kerja kepengurusan RT. bukan lagi warga RT 004. Warga yang masih memiliki kartu tanda penduduk RT 004. Merupakan hasil musyawarah yang patut dipatuhi dan dijalankan oleh setiap pengurus dan warga b. tetapi tidak lagi tinggal di wilayah RT 004 bukan warga RT 004. 3. kepala keluarga berkewajiban melaporkan ke pengurus RT dengan membawa fotocopy identitas diri.1 4. e. . Setiap warga baru berkewajiban melaporkan ke Ketua RT dengan membawa fotocopy KK atau fotocopy identitas diri lainnya. h. BAB V MUSYAWARAH 5.2 Setiap warga berhak mengetahui laporan keuangan dan kas RT. Merupakan forum musyawarah untuk mencari mufakat warga c. f.1 MUSYAWARAH WARGA a. Warga yang menetap diwajibkan memiliki identitas diri (KTP) permanent dan untuk warga yang mengontrak diwajibkan memiliki KTP musiman. Setiap warga diwajibkan menciptakan lingkungan yang aman dan tentram. Warga mendapatkan undangan musyawarah. Setiap warga tamu atau anggota keluarga baru atau pembantu yang bekerja menginap. menetap atau tinggal di wilayah RT 004. paling lambat tanggal 10 pada setiap bulannya. yang dilakukan secara berkala setiap 3 bulan sekali. b.2 6. MUSYAWARAH PENGURUS a. c. d. Setiap warga berkewajiban mematuhi hasil rapat pengurus RT dengan warga keseluruhan. KEWAJIBAN WARGA a.d. BAB IV PINDAHAN 4. b.

Anggota kepengurusan harus bertanggung jawab secara moral untuk melaksanakan tugasnya. Menyerahkan laporan pertanggungjawaban kepada musyawarah umum warga pada akhir masa jabatan.1 Kengurusan yang baru mulai berjalan apabila : a. Ketua mempunyai hak untuk menyusun kepengurusan RT BAB VII KEPENGURUSAN 6.2 7. Ketua RT maksimum menjabat 2 (dua) periode. b.1 KETUA Bertanggung jawab untuk : a. MASA JABATAN a.3 7. Calon ketua yang memperoleh suara terbanyak ditetapkan sebagai ketua yang terpilih. Memimpin rapat pengurus dan rapat warga. d. BAB VIII TUGAS KEPENGURUSAN 7. berupa uang kas. Mengontrol pemasukan dan pengeluaran dana RT e. Pengurus yang tidak menjalankan tugasnya dapat diberikan teguran oleh ketua. Mengatur data warga f. Pengurus yang melaksanakan manipulasi. TATA CARA PEMILIHAN a.3 7. laporan keuangan. Menyiapkan dan mendistribusikan agenda rapat pengurus c. data warga. Mengatur administrasi e. Pemilihan ketua RT dilaksanakan secara langsung. korupsi dan bertindak buruk dapat diberhentikan oleh ketua melalui rapat pengurus. Susunan kepengurusan dibuat paling lambat 2 minggu setelah hasil pemilihan.4 7. 6.b. Adanya serah terima secara adminitratif dari kepengurusan lama kepada kepengurusan baru. BENDAHARA 8. b.2 Calon ketua RT diharuskan warga yang menetap dan tinggal di rumah milik sekurang-kurangnya selama 1 tahun. Bekerjasama dengan humas. c. umum. d. c. untuk mengatur pubikasi dokumentasi kegiatan insidential. bebas dan rahasia. Pengurus wajib menghadiri rapat koordinasi dan evaluasi yang diadakan setiap 3 bulan sekali.5 8. Memilih anggota dan merubah struktur kepengurusan RT. Setiap KK memliki 2 (dua) suara yaitu suami dan istri c. Masa kepengurusan RT adalah 3 (tiga) tahun b. Mengarahkan dan mengkoordinir warga untuk mencapai tujuan bersama b. SEKRETARIS Bertanggung jawab untuk : a. b. berkas-berkas RT dan inventaris RT. Mempubikasikan hasil musyawarah d. Calon ketua RT dapat diikuti 2 (dua) calon atau lebih di dalam pemilihan. Mengatur / mengkoordinir jadwal kegiatan tahunan.2 dan 8.3 .

Menyiapkan sarana dan prasarana penunjang pengajian. 8.4 INTERNAL CONTROL Bertanggung jawab untuk : a.8 8. Memimpin aktivitas didalam pengajian RT 004. c. Mengontrol dan memberdayakan petugas keamanan. Melakukan monitoring dan kontrol terhadap semua anggaran kegiatan. Mengatur dan melakukan management atas semua transaksi kegiatan b. Menyusun rencana penanggulangan keamanan lingkungan di dalam dan di luar RT 004.7 8. SEKSI KEROHANIAN Bertanggung jawab untuk : a. Menggairahkan warga untuk meningkatkan olahraga di lingkungan RT 004 b. Membuat jadwal pelatihan dan pertandingan. Menjadi penghubung dan jembatan antara pengurus dan warga (internal khusus) atau menjadi penghubung antara pengurus RT 004 dengan aparat pemerintah diluar RT 004 (eksternal khusus). b. Membuat laporan keuangan secara rutin setiap bulan. e. c. d. d. c. Melakukan koordinasi dengan coordinator keamanan. Menampung aspirasi dan dikoordinasikan dengan ketua RT SEKSI HUMAS Bertanggung jawab untuk : a.Bertanggung jawab untuk : a. SEKSI KEOLAHRAGAAN Bertanggung jawab untuk : a.9 . Mengkoordinir dana sosial warga dan duka cita d. Membentuk sistem area penitipan kendaraan bermotor yang bersifat insidential. Sebagai koordinator apabila ada pertandingan atau uji tanding dengan RT / Perkumpulan lain. Membuat dan mengelola sistem data base kehumasan (bekerjasama dengan sekretaris) d. 8. Menginformasikan program kerja baik di lingkungan internal maupun eksternal (Public Relation). b. d.5 8. Seksi kerohanian Non muslim agar bisa menjembatani segala kegiatan Non muslim lainnya.6 8. Menjadi penghubung untuk menjembatani antar pengurus dan warga RT 004 b. Menyiapkan sarana dan prasarana olahraga. Menyusun jadwal pengajian dan petugas penceramah b. Menjadi penghubung dan berkoordinasi dengan pengurus Masjid terdekat. Membina hubungan baik dengan seluruh pengurus RT 004 maupun pengurus RT lain. Memberikan masukkan kepada ketua RT dalam menjalankan periode kepengurusan KOORDINATOR BLOK Bertanggung jawab untuk : a. SEKSI KEAMANAN Bertanggung jawab untuk : a. c. e. Memantau seluruh kegiatan kepengurusan RT b. c. Membina kerjasama keamanan lingkungan dengan tokoh masyarakat dan kepolisian setempat.

8. nayaman dan sehat. Menjaga dan menyimpan inventaris RT d. Melakukan koordinasi dengan seksi-seksi lainnya.11 8. Menggali potensi demi untuk menghasilkan kreasi dan prestasi c.12 8. c. Ketua RT harus memberikan kebijakan mengenai dana financial Hal-hal yang belum diatur dalam panduan warga ini akan diatur secara tersendiri di kemudian hari. sesuai dengan kebutuhan. b.13 8. d. seluruh peraturan ini. Menginformasikan dan menyiapkan sarana dan prasarana apabila ada warga yang meninggal dunia dengan koordinasi dengan seksi kerohanian. maka pengurus RT . Membuat jadwal latihan yang berhubungan dengan seni sesuai dengan kemampuan yang ada. b. SEKSI TATA LINGKUNGAN Bertanggung jawab untuk : a.10 SEKSI SOSIAL Bertanggung jawab untuk : a. Menyusun rencana pemeliharaan dan rehabilitasi fasilitas RT. SEKSI SENI Bertanggung jawab untuk : a. seperti HUT RI dan lainnya. Menyiapkan dan memberikan dana sosial RT. Sebagai koordinator apabila ada yang sakit atau melahirkan. Semua persiapan dan jadwal dikoordinasikan dengan ketua RT. DHARMA WANITA Bertanggung jawab untuk : a. Melakukan koordinasi dengan bendahara. c. d.14 Kebijakan Ketua RT : Kegiatan / acara yang diadakan di lingkungan RT adalah : a. e. Membuat dan mempersiapkan rencana kerja yang berhubungan dengan lingkungan (bekerjasama dengan keua RT) c. Memberdayakan segala kebutuhan warga RT 004 b. Memberdayakan kebutuhan peralatan dan perlengkapan pecah belah untuk pelaksanaan kegiatan RT 004. Peraturan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun. b. Mengatur lingkungan agar tertata rapi. SEKSI PERLENGKAPAN Bertanggung jawab untuk : a. Agar setiap warga mengetahui memberikan 1 (satu) salinan. Menyiapkan jadwal untuk acara perayaan HUT RI. Perayaan Tahunan HUT RI b. BAB IX PENUTUP 8. Menginventarisir aset RT (bekerjasama dengan sekretaris) b. aman. Membantu program RT yang berhubungan dengan lingkungan. Memberdayakan warga untuk menciptakan budaya saling membantu sesama di lingkungan RT 004. Acara rutinitas warga yang bersifat keagamaan menjadi prioritas ketua. c.

b..000............ ketua RT berhak memberhentikan acara. Besar kas RT pada awal kepengurusan ditentukan sebesar Rp.. 5. b.. Penggunaan fasilitas umum untuk kepentingan perorangan diijinkan sepanjang tidak bertentangan norma yang berlaku dalam masyarakat dan tidak merugikan warga. Apabila terjadi keributan di dalam acara tersebut.. Seluruh biaya tersebut akan dimasukkan ke dalam kas RT........ Penggunaan fasilitas umum dan fasilitas sosial akan dikenakan biaya yang akan digunakan untuk memelihara fasilitas tersebut... 200.dan akan dievaluasi setiap tahun melalui rapat seluruh warga... Sakit Rawat Inap …………………………… Rp. b. HAJATAN DAN ACARA KELUARGA a.. Bagi yang bukan warga dan yang bukan warga tetap dimasukkan ke dalam KK salah satu keluarga dikenakan biaya administrasi secara sukarela c. DANA SOSIAL WARGA a..FASILITAS SOSIAL DAN FASILITAS UMUM a...ANGGARAN RUMAH TANGGA 1.. d. Warga yang berhak mendapatkan dana sosial apabila :  Melahirkan / Bersalin .. 3. Meninggal Dunia .... KAS RT a.. 100. Biaya penggunaan fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk kepentingan perorangan ditentukan sebesar Rp. . Alokasi dana sosial dibicarakan lewat musyawarah warga b... PENGURUS ADMINITRASI a.. 250.. 25. Kas RT akan digunakan untuk kepentingan warga dan penggunaannya akan dilaporkan pada rapat tahunan..000. Pengurusan administrasi dianjurkan membawa identitas diri (KTP dan KK) PERAYAAN.... Rp. Biaya pengurusan surat pengantar. Setiap warga memiliki hak yang sama untuk menggunakan fasilitas umum maupun fasilitas sosial yang ada di dalam lingkungan perumahan.. 400.000..-/ hari dan akan dievaluasi setiap tahun melalui rapat seluruh warga. surat domisili atau surat yang lainnya dikenakan biaya administrasi secara sukarela. 2... BIAYA ADMINITRASI a. Pengurusan administrasi harus diurus oleh kepala keluarga atau anggota keluarga lainnya.000. c... Apabila salah satu warga mengadakan perayaan... 4.. Rp... hajatan atau acara keluarga. b. 6.000... diwajibkan memberitahu ketua RT dan tetangga sekitarnya... b.

KERJA BAKTI Dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan dan menumbuhkan kebersamaan diantara warga dengan melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan perumahan dan seluruh fasiltas yang tersedia sesuai jadwal yang akan disampaikan kemudian. Umumnya koperasi dikendalikan secara bersama oleh seluruh anggotanya. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa fungsi dan peran koperasi sebagai berikut:     Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya. Pada tepian jalan selebar 1 meter tidak dibenarkan untuk ditanami tanaman yang memiliki akan tunggang. yang dapat menjadi anggota koperasi yaitu:   Perorangan. Kavling tidak diperuntukkan untuk penggunaan pagar c. Badan hukum koperasi. b. yaitu anggota koperasi memiliki identitas ganda. misalnya dengan melakukan pembagian dividen berdasarkan besar pembelian atau penjualan yang dilakukan oleh si anggota Fungsi dan Peran Koperasi Menurut Undang-undang No. Koperasi Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. • Pada Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan (PSAK) No. di mana setiap anggota memiliki hak suara yang sama dalam setiap keputusan yang diambil koperasi. 8. 27 (Revisi 1998). Diharapkan setiap warga membawa peralatan untuk kerja bakti PERUBAHAN UNIT RUMAH / RENOVASI a. disebutkan bahwa karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain. yaitu suatu koperasi yang menjadi anggota koperasi yang memiliki lingkup lebih luas.7. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi. Pembagian keuntungan koperasi (biasa disebut Sisa Hasil Usaha atau SHU) biasanya dihitung berdasarkan andil anggota tersebut dalam koperasi. Berperan serta secara aktif dalam kehidupan manusia dan masyarakat upaya mempertinggi kualitas Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai sokogurunya Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Warga tidak sarankan untuk tidak merubah ciri tampak bangunan berdasarkan tipe awal pembangunan. yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi Prinsip Koperasi . Berdasarkan pengertian tersebut. yaitu orang yang secara sukarela menjadi anggota koperasi.

Koperasi dapat pula dikelompokkan berdasarkan sektor usahanya. Simpanan wajib tidak dapat diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota koperasi. koperasi produsen dan koperasi kredit (jasa keuangan). Koperasi Pemasaran adalah koperasi yang menjalankan penjualan produk/jasa koperasinya atau anggotanya kegiatan Koperasi Jasa adalah koperasi yang bergerak di bidang usaha jasa lainnya. 25 tahun 1992 Pasal 5 disebutkan prinsip koperasi. Simpanan pokok tidak dapat diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota koperasi. Adapun modal koperasi terdiri atas modal sendiri dan modal pinjaman. . untuk menjalankan kegiatan usahanya koperasi memerlukan modal. Simpanan pokok jumlahnya sama untuk setiap anggota. 25 Perkoperasian Koperasi secara umum dapat dikelompokkan menjadi koperasi konsumen. Modal sendiri meliputi sumber modal sebagai berikut:  Simpanan Pokok Simpanan pokok adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan oleh anggota kepada koperasi pada saat masuk menjadi anggota.  Simpanan Wajib Simpanan wajib adalah jumlah simpanan tertentu yang harus dibayarkan oleh anggota kepada koperasi dalam waktu dan kesempatan tertentu. misalnya tiap bulan dengan jumlah simpanan yang sama untuk setiap bulannya.Menurut UU No.      Koperasi Simpan Pinjam adalah koperasi yang bergerak di bidang simpanan dan pinjaman Koperasi Konsumen adalah koperasi beranggotakan para konsumen dengan menjalankan kegiatannya jual beli menjual barang konsumsi Koperasi Produsen adalah koperasi beranggotakan para pengusaha kecil (UKM) dengan menjalankan kegiatan pengadaan bahan baku dan penolong untuk anggotanya. Sumber Modal Koperasi Seperti halnya bentuk badan usaha yang lain. yaitu:        Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka Pengelolaan dilakukan secara demokratis Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota (andil anggota tersebut dalam koperasi) Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal Kemandirian Pendidikan perkoperasian Kerjasama antar koperasi Jenis-jenis Koperasi menurut UU No.

Perangkat Organisasi Koperasi Rapat Anggota Rapat anggota adalah wadah aspirasi anggota dan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi.  Hibah Hibah adalah sejumlah uang atau barang modal yang dapat dinilai dengan uang yang diterima dari pihak lain yang bersifat hibah/pemberian dan tidak mengikat. pengangkatan dan pemberhentian personalia pengurus dan pengawas. Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. koperasi tersebut harus merencanakan anggaran dasar dan rumah tangga koperasi itu.Simpanan Qurba . Pertama. . . termasuk pemilihan. maka segala kebijakan yang berlaku dalam koperasi harus melewati persetujuan rapat anggota terlebih dahulu. Modal pinjaman koperasi berasal dari pihak-pihak sebagai berikut:      Anggota dan calon anggota Koperasi lainnya dan/atau anggotanya yang didasari dengan perjanjian kerjasama antar koperasi Bank dan Lembaga keuangan bukan bank lembaga keuangan lainnya yang dilakukan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku Penerbitan obligasi dan surat utang lainnya yang dilakukan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku Sumber lain yang sah Mekanisme Pendirian Koperasi Mekanisme pendirian koperasi terdiri dari beberapa tahap.. Barulah bisa menjalankan koperasi dengan baik dan benar. pembagian kepada anggota yang keluar dari keanggotaan koperasi. Setelah itu.Simpanan sukarela simpanan yang dapat diambil kapan saja. Kedua. para anggota tersebut akan mengadakan rapat anggota.Deposito Berjangka  Dana Cadangan Dana cadangan adalah sejumlah uang yang diperoleh dari penyisihan Sisa Hasil usaha. untuk melakukan pemilihan pengurus koperasi ( ketua. sekertaris. Lalu meminta perizinan dari negara. • Simpanan khusus/lain-lain . dan bendahara ). karena untuk menjalankan koperasi membutuhkan minimal 20 anggota. yang dimaksudkan untuk pemupukan modal sendiri. dan untuk menutup kerugian koperasi bila diperlukan. pengumpulan anggota.

membahas jangka waktu pendirian koperasi dan sanksi anggota  Memilih nama-nama sebagai Kuasa Pendiri Koperasi  Memilih nama-nama pengurus dan pengawas koperasi  Menyusun Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga dan peraturan khusus 4. terkait dengan lampiran persyaratan administrasi . Notaris berkoordinasi ke Dinas Koperasi. Dalam menjalankan tugasnya. Rapat Pembentukan Koperasi o Dihadiri para Pendiri ( minimal 20 orang ) o Acara yang dibahas :  Kesepakatan membentuk koperasi  Tujuan mendirikan koperasi  Nama. Proses Pembuatan Akta Pendirian a. pengurus bertanggung jawab terhadap rapat anggota. Anggota pengawas dipilih oleh anggota koperasi di rapat anggota. UKM Perindag setempat. pengawas berhak mendapatkan setiap laporan pengurus. Pengawas bertanggung jawab kepada rapat anggota Prosedur Pendirian Koperasi : 1. baik dibidang organisasi maupun usaha.Pengurus Pengurus adalah badan yang dibentuk oleh rapat anggota dan disertai dan diserahi mandat untuk melaksanakan kepemimpinan koperasi. Dalam pelaksanaannya. Pra Koperasi 2. Atas persetujuan rapat anggota pengurus dapat mengangkat manajer untuk mengelola koperasi. Namun pengurus tetap bertanggung jawab pada rapat anggota. alamat dan wilayah keanggotaan koperasi  Kegiatan / usaha yang akan dijalankan koperasi  Persyaratan menjadi anggota koperasi  Membahas dan menentukan besarnya modal  Membahas SHU. tetapi merahasiakannya kepada pihak ketiga. Persiapan Pembentukan Koperasi o Penyuluhan Perkoperasian o Persiapan Rapat Pembentukan Koperasi 3. Anggota pengurus dipilih dari dan oleh anggota koperasi dalam rapat anggota. Pengawas Pengawas adalah suatu badan yang dibentuk untuk melaksanakan pengawasan terhadap kinerja pengurus. Kuasa pendiri menghadap notaris untuk mengajukan permohonan pembuatan Akta Koperasi dengan melampirkan persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku b.

Daftar Hadir Rapat Pembentukan Daftar Nama – nama Pendiri Koperasi Daftar Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib Anggota Susunan Pengurus dan Pengawas Surat Kuasa Pengurusan Badan Hukum Koperasi . usaha layak sesuai kondisi lapangan. PK dan Menengah Kota bersangkutan. Persyaratan Ijin Koperasi Baru 1. Pengajuan Permohonan Badan Hukum / Pengesahan Akta Pendirian Koperasi oleh Bupati / Walikota dengan melampirkan :         Surat permohonan bermaterai Rp. UKM Perindag setempat. Penerimaan / Penolakan Permohonan Penelitian Administrasi Lapangan Sesuai Ketentuan 6.000.000. benar. Pengesahan Akta Pendirian Koperasi o Bila point 5 secara administrasi lengkap. maka : Pengesahan segera dilakukan oleh Kepala Dinas Koperasi. 6. Pembuatan Akta Pendirian yang diterbitkan oleh Notaris dengan surat pengantar dari Dinas Koperasi. dilampiri dengan persyaratan sesuai ketentuan 5. 2. 3.c. Penerbitan akta pendirian koperasi oleh notaris pembuat akta koperasi 2. Pengajuan Permohonan Pengesahan Akta Pendirian Koperasi o Permohonan diajukan kepada Kepala Dinas Koperasi UKM Perindag setempat. Penyuluhan Perkoperasian ( dihadiri minimal 20 orang pendiri ). Surat Permohonan Penyuluhan ke Kepala Dinas Koperasi PK dan Menengah Kota bersangkutan. PKM melakukan cek lapangan untuk mengetahui keberadaan koperasi d. 4.Dua rangkap Akta Pendirian Koperasi dari Notaris Berita Acara Rapat Anggota Pendirian Koperasi bermaterai Rp. Notaris / Dinas Koperasi notaris/ Dinas Koperasi. 6.

5. KECAMATAN JATISAMPURNA – BEKASI . Untuk Keterangan Lebih lanjut silahkan datang ke Dinas Koperasi PK dan M Kota. Pengesahan Badan Hukum Koperasi.000.000.      Riwayat Hidup Pengelola Koperasi Rencana kegiatan selama 3 (tiga) tahun Rencana Aggaran Pendapatan dan Biaya Koperasi (RAPBK) selama 3 (tiga) tahun Neraca awal dan perhitungan rugi laba Surat bukti setoran di Bank sekurang – kurangnya sebesar Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib minimal Rp. 6. 15. Sebelum Pengesahan Akta Pendirian oleh Bupati / Walikota .Foto copy KTP para pendiri dengan alamat di Kota bersangkutan. Tim Verifikasi Dinas Koperasi PK dan Menengah mengadakan peninjauan lapangan ke Koperasi yang bersangkutan. DENAH WARGA PERUMAHAN GRAND CIBUBUR BOUTIQUE RESIDENT RT 004 RW 07 KELURAHAN JATISAMPURNA. NB.

KECAMATAN JATISAMPURNA – BEKASI .H F G E E E E D F G C C D D C D B A SITE PLAN SKALA 1 : 2000 D B A STRUKTUR KEPENGURUSAN RT 004 RW 07 PERUMAHAN GRAND CIBUBUR BOUTIQUE RESIDENT RT 004 RW 07 KELURAHAN JATISAMPURNA.

DATA WARGA PERUMAHAN GRAND CIBUBUR BOUTIQUE RESIDENT RT 004 RW 07 KELURAHAN JATISAMPURNA. KECAMATAN JATISAMPURNA – BEKASI .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful