EJAAN YANG DISEMPURNAKAN MAKALAH

diajukan untuk melengkapi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia

disusun oleh : WANTI MUTIA ULFAH NURUL HASANAH ARIQA NURWILDA FLORENTINA (1100487) (1100162) (1106074) (1100845)

MANAJEMEN RESORT DAN LEISURE FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG 2011

.ABSTRAK Makalah ini dibuat dengan maksud untuk menumbuhkan kembali penggunaan EYD yang kini sudah mulai kurang dipedulikan oleh kalangan masyarakat. sejarah EYD. maka dari itu masyarakat harus bisa memahami dan mulai terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD. penulisan huruf dan penulisan kata yang sesuai dengan kaidah EYD hingga pengaplikasian pada contoh-cotoh kata. pembagian ruang lingkup EYD. Hasil pembahasan menyimpulkan bahwa “KESIMPULANNYA APA” Kata Kunci: EYD. Penggunaan EYD akan sangat berguna bagi masyarakat ketika dalam keadaan formal. yaitu pengenalan EYD. Proses pembahasan terdiri dari beberapa tahap.

Sistematika Penulisan Makalah dan Metode Pengkajian. kata dan tanda baca yang benar. Tujuan. Oleh karena itu. 17 November 2011 . Dalam makalah ini kami mengidentifikasi dari Bab I yaitu : Latar Belakang. sehingga pengetahuan kami bertambah dan bisa bermanfaat untuk penyusunan skripsi kami dimasa mendatang. Adapun yang kami bahas dalam makalah sederhana ini mengenai “Ejaan Yang Disempurnakan” . Penulisan dan pembuatan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia. Akhir kata. Bab II berisi Isi / Pembahasan serta Bab III yaitu : Simpulan&Saran makalah tentang EYD dalam Bahasa Indonesia. Bandung. Kami mengharapkan Kritik dan Saran yang membangun terhadap makalah kami. Manfaat. wabillahi taufik walhidayah Wassalamuallaikum wr. Kami harap semoga makalah ini berguna bagi siapa saja yang membacanya. kami mendapat bantuan dari berbagai pihak. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan makalah. Rumusan Masalah. Dalam menyelesaikan tugas makalah ini.wb.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt atas rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktu makalah yang berjudul “Ejaan Yang Disempurnakan” ini membahas mengenai aturan-aturan tentang cara menuliskan bahasa dengan huruf. Juga pada teman-teman satu kelompok yang selama ini saling membantu dalam menyusun makalah ini. dalam kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Firman Aziz selaku Dosen mata kuliah Bahasa Indonesia yang telah memberikan tugas ini.

Tujuan E. Kritik dan Saran DAFTAR PUSTAKA i ii . Batasan Masalah D. Manfaat F.DAFTAR ISI Kata Pengantar Daftar Isi BAB I PENDAHULUAN A. Metode Pengkajian Makalah BAB II ISI BAB III PENUTUP A. Rumusan Masalah C. Simpulan B. Latar Belakang Masalah B. Sistematika Penulisan Makalah G.

bahasa juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi secara tulisan. yang memilik peran yang cukup besar dalam mengatur etika berbahasa secara tertulis sehingga diharapkan informasi tersebut dapat di sampaikan dan di fahami secara komprehensif dan terarah. dalam hal ini kita selaku warga Negara yang baik hendaknya selalu memperhatikan ramburambu ketata bahasaan Indonesia yang baik dan benar. sebagai bahan pendukung kelengkapan tersebut. masyarakat dituntut secara aktif untuk dapat mengawasi serta memahami infrormasi di segala aspek kehidupan sosial secara baik dan benar. teknologi dan pembangunan reformasi demokrasi ini semakin pesat. Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) adalah sub. sejalan dengan perkembangan era globalisasi dimana perkembangan ilmu pengetahuan. bahasa berfungsi sebagai media penyampaian informasi secara baik dan tepat. materi dalam ketata bahasaan Indonesia. disinilah peran aturan baku tersebut di gunakan.BAB I PENDAHULUAN A. B. Dalam prakteknya diharapkan aturan tersebut dapat digunakan dalam keseharian Masyarakat sehingga proses penggunaan tata bahasa Indonesia dapat digunakan secara baik dan benar. Latar Belakang Selain digunakan sebagai alat komunikasi secara lisan. diharapkan masyarakat dapat menggunakan media tersebut secara baik dan benar. Rumusan Masalah Masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah :  Bagaimana Penggunaan EYD yang Baik dan Benar?  Bagaimana Konsep EYD yang Baik dan Benar?  Sejak kapan EYD berlaku? . Dalam memadukan satu kesepakatan dalam etika berbahasa. dengan penyampaian berita atau materi secara tertulis.

 Apa yang Termasuk kedalam Ruang Lingkup EYD?  Bagaiman Penulisan Huruf Kapital dan Huruf Miring yang Sesuai dengan EYD?  Ada Berapa Jenis Penulisan Kata dalam Kaidah EYD? C. Manfaat Ada beberapa manfaat dari penulisan makalah ini. Tujuan Tujuan penulis menyusun makalah ini yaitu :       Mengetahui Penggunaan EYD yang Baik dan Benar Memahami Konsep EYD Mengetahui tentang sejarah diberlakukannya EYD Mengetahui Ruang Lingkup EYD Memahami Cara Penulisan Huruf Kapital dan Huruf Miring yang Sesuai dengan EYD Mengetahui Jenis-jenis Penulisan Kata dalam Kaidah EYD E. penulis membatasi masalah pada pertanyaan tentang :   Penggunaan EYD yang baik dan benar Konsep EYD Menurut penulis. diantaranya adalah : 1. Batasan Masalah Dalam melakukan suatu makalah perlu adanya pembatasan masalah agar isi makalah lebih terarah dan memudahkan dalam pembahasan sehingga tujuan penelitian dapat tercapai. Makalah ini membantu para pembacanya agar dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar berdasarkan pedoman dari EYD. . pertanyaan tersebut akan terjawab pada pembahasan dari pertanyaan-pertanyaan lain yang terdapat dalam Rumusan Masalah. Berdasarkan rumusan masalah di atas. D.

Rumusan Masalah. Sistematika Penulisan Makalah Sistematika Penulis dalam makalah ini di susun dalam 3 bab yang diuraikan sebagai berikut : BAB I : PENDAHULUAN Dalam Bab Ini mencakup tentang : Latar Belakang Masalah. menuntun dan melatih cara penulisan huruf kapital dan huruf miring serta membantu memahami cara menempatkan huruf kapital dan huruf miring dalam EYD. 5. Metode Pengkajian Makalah BAB II : ISI Dalam Bab Ini mencakup tentang : Pembahasan mengenai pokok-pokok materi mengenai Ejaan Yang Disempurnakan. Sistematika Penulisan Makalah.2. 6. Tujuan. Sebagai sumber untuk memahami perbedaan-perbedaan cara penulisan kata dalam kaidah EYD. 3. Untuk membantu memahami. Manfaat. 4. F. BAB III : PENUTUP Dalam Bab Ini Mencakup tentang : PENUTUP Dalam Bab ini mencakup tentang simpulan dan juga saran. . Makalah ini dibuat agar pembaca memperoleh gambaran mengenai aspek-aspek apa saja yang termasuk ke dalam ruang lingkup EYD. Batasan Masalah. sehingga pembaca dapat mengaplikasikan semua aspek tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai referensi untuk lebih memahami seperti apa konsep EYD itu dan untuk memahami perbedaan dari pengertian antara „ejaan‟ dan pengertian „mengeja‟. Memberi pengetahuan mengenai sejarah serta proses peyempurnaan ejaan yang pernah ada di Indonesia.

G. ketik aja itu dulu. Metode Pengkajian Makalah Makalah ini dibuat berdasarkan beberapa sumber. “kata ennur penjelansannya nanti aja.” .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful