KATA PENGANTAR

Puji syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan ijinNya, makalah berjudul “Hakikat Manusia Menurut Islam dan al Ghazali” dapat saya selesaikan dengan baik. Tidak lupa terimakasih saya haturkan kepada Dra.Hj.Widiastini,M.Hum selaku dosen agama Islam yang telah membimbing saya dalam mata kuliah agama Islam. Makalah ini berisi tentang Hakikat Manusia menurut Islam dan Al Ghazali yang ditujukan untuk memenuhi tugas Tengah Semester dan menjadikan para pembaca lebih tahu tentang siapa, apa, bagaimana dan mengapa manusia hidup di dunia ini. Makalah ini masih jauh dari sempurna dan banyak kekurangan. Saran dan kritik yang membangun sangat dibutuhkan untuk menyempurnakan makalah ini agar menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat.

Penulis

Tugas Agama Islam 1 Hakikat Manusia Menurut Islam Dan Al Ghazali

1

BAB 1 PENDAHULUAN Pada dasarnya semua manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling tinggi derajatnya dan manusia merupakan makhluk Allah yang paling sempurna. Seperti yang dijelaskan dalam surat Al Hijir 28-29: "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. dimana manusia sebagai makhluk yang sangat lemah dan hina disisi lain dijadikan sebagai "khalifah" (wakil Allah). Dijelaskan dalam al Qur’an surat al ‘Alaq sebagai berikut : “Menurut Islam. Sesungguhnya Allah menciptakan manusia dengan semua kelebihan dan kekurangan. Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya dan telah meniupkan ke dalamnya Ruh (cipataan)Ku. melaksanakan perintahNya dan menjauhi laranganNya dan tiap-tiap manusia memiliki tujuan hidup. manusia adalah makhluk ciptaan Allah. Manusia diciptakan untuk menyembahNya. Kebaikan dan keburukan dapat diukur dari aturan-aturan yang telah ditetapkan Allah SWT. maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud" (QS Al Hijir 28-29). Bertugas mengatur alam semesta dan merupakan wakil Allah untuk menjadi saksi-Nya serta mengungkapkan rahasia-rahasia Tugas Agama Islam 1 Hakikat Manusia Menurut Islam Dan Al Ghazali 2 . dimana semua aturan-aturan ada di dalam al Qur’an dan Hadist. Penjelasan diatas merupakan urutan ungkapan mengenai hakikat diri yang sebenarnya. ia tidaklah muncul dengan sendirinya atau berada oleh dirinya sendiri” ( QS al ‘Alaq : 2) Dalam hidupnya manusia hanya diberi dua pilihan yaitu hidup sebagai hamba yang baik atau buruk.

Tapi Masih banyak manusia yang belum sadar akan hakikatnya sebagai seorang manusia.firman-Nya. Maka dari itu. Seorang manusia yang mengisi kehidupannya dengan melakukan segala perintah Allah SWT. Manusia harus berpegang teguh pada Al Qur’an dan al Hadist karena semua tujuan dan kewajiban manusia ada di dalamnya. dan sebuah kehidupan tentunya membuat manusia sadar akan Kebesaran Allah SWT. Tujuan Penulisan Memenuhi Tugas Agama Islam 1 pada semester satu di Fakultas Kedokteran Gigi UGM tahun ajaran 2007/2008. Semuanya sudah digariskan oleh Allah SWT sesuai nasib dan takdir masing-masing. Kehidupan adalah sebuah anugerah terbesar pada manusia. Dalam makalah ini akan dibahas tentang pengertian hakikat manusia dan apa saja yang harus dijalani manusia agar bisa memenuhi hakikatnya sebagai seorang makhluk ciptaan Allah SWT. B. Tugas Agama Islam 1 Hakikat Manusia Menurut Islam Dan Al Ghazali 3 . Manusia adalah makhluk yang tidak pernah tau apa yang akan terjadi dan bagaimana jalan hidupnya. manusia tersebut A. setiap manusia harus tahu apa tujuan hidupnya dan bisa memanfaatkan kehidupannya dengan sebaik-baiknya sampai kembali kepada yang membuatnya yaitu Allah SWT. dan menjalaninya sesuai dengan ketentuan-ketentuan serta aturan-aturan yang ada adalah seorang manusia Ideal dimata Allah SWT. Para mahkluk yang lain tidak dapat melihat adanya dimensi lain.. mereka hanya mampu melihat pada tingkat yang paling rendah dalam diri manusia. Latar Belakang Masalah Manusia hidup memiliki tujuan dan kewajiban yang telah diberikan oleh Allah SWT. karena mereka tidak dapat menjangkanya.

Tujuan Penulisan C. Hakikat Manusia Menurut Islam B. Latar Belakang Masalah B. Sistematika penulisan BAB II Pembahasan A.C. Hakikat Manusia Menurut Al Ghazali BAB III Kesimpulan DAFTAR PUSTAKA Tugas Agama Islam 1 Hakikat Manusia Menurut Islam Dan Al Ghazali 4 . Sistematika Penulisan BAB I Pendahuluan A.

Kemudian timbullah pertanyaan besar dalam otak manusia yang mulai berpikir. manusia juga memiliki suatu kewajiban besar untuk menjadi Khalifah di bumi ini. yang melekat pada diri manusia. alam. maka dia akan mulai menyelidiki dirinya sendiri. manusia secara kodrati dianugerahi hak-hak pokok yang sama oleh Allah SWT. A. yaitu “apa yang manusia lakukan dari lahir hingga meninggal dunia?” dan sebenarnya itu adalah salah satu pertanyaan yang terkait dengan hakikat manusia. dan makhluk hidup lain ciptaan Allah SWT. Hal ini akan dibahas lebih detail tentang apa itu hakikat dan tujuan hidup manusia. manusia dilahirkan dengan derajat yang sama di mata Allah SWT. Setiap manusia sudah memiliki sifat "Aku".BAB II PEMBAHASAN Pada makalah ini akan membahas dua pandangan hakikat manusia. Hak-hak pokok ini disebut hak asasi manusia (HAM). secara fisik maupun batin. pada hakikatnya juga. Hakikat Menurut Islam Pada hakikatnya. Baik sesama manusia. yaitu hakikat menurut Islam dan hakikat menurut Al Ghazali. Hak asasi manusia adalah sebagai anugerah Allah SWT. universal dan abadi. Hal itu akan terus berlangsung dari lahir hingga manusia meninggal. Dalam agama Islam. berkaitan dengan harkat dan martabat manusia. bersifat kodrati. manusia dilahirkan dalam keadaan suci dan bersih tanpa dosa. Manusia akan membutuhkan satu sama lain. Manusia. dan dari awal kehidupan manusia hingga hari kiamat. Itu adalah suatu jalan atau motif yang bisa menimbulkan pertanyaan secara psikologis seorang manusia "Siapakah aku ini? Tugas Agama Islam 1 Hakikat Manusia Menurut Islam Dan Al Ghazali 5 . Tapi selain Hak.

Pada hakikatanya manusia diseru atau diperintahkan memasuki agama Allah SWT (Islam) karena Islam itu sendiri merupakan fitrah manusia. “barangsiapa yang mencari agama selain dari agama Islam. Itu semua sudah diatur Allah SWT sedemikian rupa sebagai ujian untuk manusia dan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keimanan manusia tersebut kepada Allah SWT. Dalam agama Islam. Fitrah ini sudah menjadi sifat dan bawaan asal setiap insan. Islam itu sendiri mengandungi arti aman dan penyerahan. semua manusia akan menghadapai berbagai cobaan dan kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana cara menghadapi cobaan itu. yaitu keyakinan (agama) agar tahu apa tujuan hidupnya. tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui” (QS 30:30) Dalam kehidupan ini. (itulah) agama yang lurus. (tetaplah) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. Seseorang yang menyerah diri kepada Allah akan mencapai keamanan dan ketenangan pada dirinya. Seperti yang di tulis pada ayat berikut : “Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada Agama (Allah).Apa arti kegembiraan dan harapanku? Apakah tujuan hidup ini? Apakah artinya hidup ini? Seharusnya semua manusia memiliki sebuah pegangan hidup. Al-Imran : 85) Fitrah yang berarti agama dimana manusia dilahirkan ke dunia ini dan bersedia mengakui Allah SWT sebagai Tuhan dan sebagai tempat menghamba. maka tidaklah akan di terima daripadanya dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi” (QS. tapi kebahagian dan kesenangan. cobaan tidak hanya kesedihan dan kesusahan. Semua kejadian dan cobaan yang ada akan kembali Tugas Agama Islam 1 Hakikat Manusia Menurut Islam Dan Al Ghazali 6 .

melalui pembuktian dengan kenyataan faktual. Dia memiliki pendapat sendiri tentang hakikat manusia. Sedangkan Tugas Agama Islam 1 Hakikat Manusia Menurut Islam Dan Al Ghazali 7 . Sifat di atas menunjukkan bahwa esensi manusia bukan fisik dan fungsi fisik. tidak memiliki tempat dan merupakan tempat pengetahuan intelektual yang berasal dari alam malakut atau alam amr. Sebab fisik adalah sesuatu hal memiliki suatu tempat tersendiri. Al Ghazali memperlihatkan.lagi pada Allah SWT. Manusia yang berperan sebagai makhluk ciptaan Allah SWT yang seharusnya mengembalikan segala cobaan dengan cara berserah diri kepada Allah SWT agar lebih mudah menjalani hidup. maka pendapatnya tentang manusia mungkin sedikit banyak terpengaruh sesuai zaman tersebut. Karena al Ghazali hidup pada zaman pertengahan. Yang dimaksud an nafs itu sendiri adalah substansi yang bisa berdiri sendiri. B. Selain itu Al Ghazali juga mengemukakan pembuktian dengan kenyataan faktual dan kesederhanaan langsung. yang kelihatannya tidak berbeda dengan argumen-argumen yang dibuat oleh Ibnu Sina (wafat 1037 M) untuk tujuan yang sama. Hakikat Manusia Menurut Al Ghazali Al Ghazali adalah salah satu tokoh Islam yang pandai dalam ilmu filsafat. bahwa diantara makhluk-makhluk hidup terdapat perbedaan-perbedaan yang menunjukkan tingkat kemampuan masing-masing.Arti dari Hakikat yang sesungghnya adalah Kesadaran manusia bahwa mereka adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang bisa hidup karena Allah SWT dan hidup hanya untuk Allah SWT. Menurut Al Ghazali. manusia memiliki sifat tetap dan tidak dapat berubah yaitu “an nafs”.

tanpa tempat. sehingga dapat memilih dan berpikir mana jalan yang harus di tempuh dalam hidupnya.. Sedangkan “Alam al amr atau alam malakut” adalah realitas di luar jangkauan indra dan imajinasi. memiliki akhlaq. Pada hakekatnya. Dari penjelasan-penjelasan di atas. Allah SWT untuk mencapai hakikat manusia yang Tugas Agama Islam 1 Hakikat Manusia Menurut Islam Dan Al Ghazali 8 . dengan demikian an nafs adalah substansi immaterial yang berdiri sendiri dan merupakan subyek yang mengetahui. tetapi juga rohani yang berada dalam dirinya yang selalu melaksanakan tugasnya. Tujuan yang harus dilakukan manusia adalah Hidup untuk Allah SWT dengan cara mentaati segala peraturan-peraturan sesungguhnya. Inti dari penguraian-penguraian tersebut memiliki kesamaan dengan arti hakikat manusia menurut Islam yaitu makhluk ciptaan Allah SWT yang memiliki fisik secara nyata. arah dan ruang. manusia bukanlah jasad lahir yang diciptakan hanya dari bagian-bagian materi. Di dalam jiwa manusia juga menjadi pusat tempat dari sifat-sifat tercela maupun terpuji.fungsi fisik itu tidak bisa berdiri sendiri dan keberadaannya bergantung kepada fisik. Seperti yang di jelaskan di atas Manusia juga terdiri dari substansi immaterial yang sebenarnya merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang memiliki pilihan dalam hidup. Berlawanan arti dengan “alam al khalq atau alam mulk” yaitu dunia tubuh dan aksiden-aksidennya esensi manusia.dan alat indra. yang baik atau buruk. Itulah sebabnya jiwa manusia mempunyai sifat yang beraneka sesuai keadaannya dan sesuai hati nurani masing-masing.

Semua manusia harus memiliki pegangan hidup. Inti dari penguraian-penguraian tersebut memiliki kesamaan arti antara hakikat menurut Islam dan hakikat manusia menurut Al Ghazali. terdapat dalam QS. Manusia bukanlah jasad lahir yang diciptakan hanya dari bagian-bagian materi. yaitu keyakinan (agama) dan manusia diperintahkan memasuki agama Allah SWT (Islam) karena Islam itu sendiri merupakan fitrah pada manusia. Dan manusia memiliki tujuan hidup yaitu. yaitu makhluk ciptaan Allah SWT yang memiliki Hak dan kewajiban dalam hidupnya. tetapi juga rohani yang berada dalam dirinya yang selalu melaksanakan tugasnya. semua manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling tinggi derajatnya. Hakikat Manusia hidup memiliki kewajiban yaitu sebagai "khalifah" yang bertugas mengatur alam semesta dan merupakan wakil Allah untuk menjadi saksi-Nya serta mengungkapkan rahasia-rahasia firman-Nya . Tugas Agama Islam 1 Hakikat Manusia Menurut Islam Dan Al Ghazali 9 . Al-Imran : 85 Menurut Al Ghazali. Manusia memiliki kewajiban dan tujuan hidup. tahu kehidupan berasal dari Allah SWT dan hidup hanya untuk Allah SWT.BAB III KESIMPULAN Pada hakikatnya. manusia memiliki sifat tetap yaitu “an nafs”.

Diakses tanggal 20 Oktober 2007.org/islam/isl04hmmi.2007.com/2007/08/menimbangmantik-antara-al-ghazali-dan.blogspot.DAFTAR PUSTAKA Arwi. Agama / Religion menurut falsafah Barat. Arief.2007. 2007.html Kesadaran diri.Hakikat Manusia. Diakses tanggal 17 Oktober 2007.Kesadaran Diri.html Tugas Agama Islam 1 Hakikat Manusia Menurut Islam Dan Al Ghazali 10 .wordpress. Dari http://re-searchengines. Dari http://grethought.2007.pikirdong.blogspot. Diakses tanggal 18 Oktober 2007.terdiri atas dua bagian.Diakses tanggal 18 Oktober 2007.2007. Anggun.com/2007/05/09/hakikat-manusia/ Aindra.com/2007/08/islam-hadhari-yang-bidaahhadharah. Diakses tanggal 17 Oktober 2007. Dari http://www. Dari http://aindra.blogspot.html Anonim.Diakses tanggal 17 Oktober 2007. yaitu tentang Kesadaran Diri dan Kesadaran Universal.com/2007/09/hakikat/ Achmad.php Gunawan.2007. Dari http://laptopdarulfiqh.com/0805arief4. Dari http://syafii.Hak Asasi Manusia Menurut Islam.Hakikat Manusia Menurut Islam.Menimbang Mantik:Antara Al Ghazali dan Ibn Taymiah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful