At-Tin

Nomor Surat: 95 Arti Nama Surat: Buah tin Jumlah ayat:8 (delapan) ayat Diturunkan di: Golongan surat: Informasi Tambahan: Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, QS. at-Tin (95) : 1 dan demi bukit Sinai, QS. at-Tin (95) : 2 dan demi kota (Mekah) ini yang aman, QS. at-Tin (95) : 3 sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. QS. at-Tin (95) : 4 Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka), QS. at-Tin (95) : 5 kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya. QS. at-Tin (95) : 6 Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu? QS. at-Tin (95) : 7 Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya? QS. at-Tin (95) : 8

lihat Tin.Surah At-Tin Untuk nama buah. Informasi Arti Klasifikasi Surah ke Juz Buah Tin Makkiyah 95 Juz 30 Statistik Jumlah ruku' 1 ruku' Jumlah ayat 8 ayat Surah At-Tin (Arab: ‫" . dan Mekkah (ayat 1 hingga 4). Surah ini terdiri ِ ّ atas 8 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah. buah Zaitun. Surah ini diturunkan setelah surah Al-Buruj. Ayat ke-7 menjelaskan Muhammad adalah utusan . [sunting] Ringkasan isi Surah at-Tin diawali dengan sumpah Allah yang menyebut buah Tin. Ayat berikutnya menjelaskan bahwa manusia diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Walau begitu. manusia pada akhirnya akan dikembalikan ke tempat yang paling rendah atau paling hina jika tidak menjalankan perintah Allah. Orang yang akan selamat dari kehinaan adalah orang yang beriman dan beramal shaleh dan mereka akan mendapatkan pahala yang terus-menerus. Nama At-Tin diambil dari kata At-Tin yang terdapat pada ayat pertama surah ini yang artinya buah Tin. Gunung Sinai. التين‬Buah Tin") adalah surah ke-95 dalam al-Qur'an.

Dengan Kota ini yang aman. dan Nabi Muhammad saw. Dengan bukit Sinai. Namruz. Menurut sebagian ahli Tafsir ”Tiin” adalah tempat tinggal Nabi Nuh as yaitu Kota Damaskus yang banyak tumbuh pohon tiin. baik Nabi yang membawa syari’at atupun Nabi yang tidak membawa syari’at dialah Nabi Muhammad saw. Abu Jahal. Allah bersumpah dengan menggunakan 4 tempat suci yaitu : a. Nabi Musa as. Yang dimaksud dengan ”kota ini yang aman” adalah kota Mekkah. Nama At Tiin diambil dari kata ”At Tiin” yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang artinya buah tin. diturunkan setelah surat Al Buruj. Di empat tempat suci tersebut pernah terjadi kezaliman yang disimbolkan oleh kehadiran manusia-manusia sombong. Tempat ini adalah tempat Nabi Musa as menerima wahyu secara langsung dari Allah swt. d. Ayat terakhir menyatakan bahwa Allah adalah "Hakim Yang Paling Adil" C. Di Kota ini lahir Nabi Akhir Zaman penutup dari semua Nabi. c. Dengan buah Zaitun. Dan di tempat-tempat tersebut juga Allah memunculkan manusia-manusia penegak kebenaran sekaligus penghancur kezaliman. b. Bila diambil kesimpulan di dalam surat At Tiin terdapat makna-makna sebagai berikut : 1.Allah. Tempat ini adalah tempat kelahirannya Nabi Isa as. yang ajarannya tidak boleh didustakan. . Nabi Ibrahim as.. dan Abu Lahab. At Tiin Surat At Tiin terdiri atas 8 ayat. Zaitun adalah Baitul Maqdis yang berlokasi di Yerusalem (Palestina) yang banyak ditumbuhi pohon Zaitun. yaitu Nabi Nuh as.S. Nabi Isa a. seperti Firaun. Dengan buah Tin. Menjelaskan Makna Q. termasuk kelompok surat Makiyah. Karun.

Sesudah itu terjadi pula perselisihan antara kaum Nabi Isa dalam agama merek sebagaimana yang terjadi pada umat-umat Nabi sebelum mereka. bukan hanya dari bentuk fisiknya saja melainkan juga sempurna dalam segala potensinya yaitu akal. 3. Maka bagi mereka (orang yang beriman dan beramal shaleh) akan diberikan pahala yang tidak terputus.2. Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya (sempurna).S. Dan All bersumpah dengan zaitun.(QS. dan rasa yang menjadi modal dasar pembentukan struktur kerohanian manusia. yang ditegaskan dengan firman-Nya berikut ini. yaitu semacam buah-buahan yang dimakan oleh manusia juga. Allah akan memberikan pahala kepada mereka yang beriman dan beramal shaleh dan akan memberikan azab kepada orang yang ingkar dan berbuat jahat 1 Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun. meninggal. 4. Allah akan memberikan keadilan kepada manusia dengan seadil-adilnya. Allah akan mengembalikan manusia kepada derajat yang serendahrendahnya jika manusia tidak mampu mendayagunakan seluruh potensi yang dimilikinya untuk beribadah kepada Allah sebagai perwujudan Iman dan amal shaleh.(QS. nafsu. dan kaum beliau ketika Dia menurunkan Kitab Taurat kepadanya yang menar manusia dari kegelapan syirik kepada nur tauhid sesudah segenap pelosok bumi dikotori oleh kekafiran. 2 dan demi bukit Sinai. 95:1) ::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul:: Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah At Tiin 1 1) ‫)والتين والزي ْتون‬ ِ ُ ّ َ ِ ّ َ Di dalam ayat ini Allah bersumpah dengan "tin" yaitu semacam buah-buahan untuk makanan manusia. Kesempurnaan manusia bisa ditentukan oleh kemampuannya mendayagunakan seluruh potensi yang dimilikinya untuk beribadah kepada Allah. Sesud nabi Musa A. sehingga Allah berkenan melindungi manus dengan mengutus Nabi Muhammad SAW. 95:2) ::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul:: Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah At Tiin 2 ُ 2) ‫)وَطورِ سينين‬ َ ِ ِ Dengan ayat ini Allah memperingatkan kepada manusia akan suatu kejahatan dan tanda kebesaran-Nya yang disaksikan oleh Nabi Musa A. para nabi dan kaum mereka masing-masing berpegang kepada syariat Nabi Musa kemudian syariat Musa ini mengalami perubahan dan penggantian sehingga datanglah Nabi Isa membersihka kembali syariat Nabi Musa itu.S. .

(QS.(QS.(QS. Dilup semua yang bermanfaat baginya untuk kebahagiaan hidup di hari kemudian dan tidak dihiraukannya apa yang dianjurkan oleh Tuhannya yang akan menyampaikannya kepada kebahagiaan yang kekal abadi. cantik parasnya. terpengaruh oleh nafsu kebinatangannya dan terjerumus ke dalam jura keonaran dan dosa. (Q. dan B Haram terdapat di sana Allah bersumpah dengan empat nama tersebut karena empat nama itu tidak asing lagi b seluruh umat manusia tentang pengaruh dan peranannya dalam melepaskan manusia dari alam kegelapan kepa cahaya yang terang benderang.S Asy Syu'ara': 88-99) 5 Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka). 4 sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. terbenam dalam kesesatan.3 dan demi kota (Mekah) ini yang aman.(QS. 95:3) ::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul:: Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah At Tiin 3 َ 3) ‫)وَهَذا ال ْب َل َد ِ ال َمين‬ ِ ِ ْ Allah SWT. yaitu orang-orang yang dilindungi dan dipeli oleh Allah. Lalu ia melakukan hal-hal yang bertentangan dengan akal yang sehat dan tidak sesuai dengan fitrahny Dikumpulkannya perhiasan dunia dan apa saja yang sanggup dicapainya untuk memenuhi hawa nafsunya. 95:6) ::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul:: . 95:5) ::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul:: Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah At Tiin 5 5) ‫)ث ُم رد َد ْناه ُ أ َسفل سافِلين‬ َ َ ّ َ ِ َ َ َ ْ Dalam ayat ini Allah menegaskan bahwa jiwa manusia tersebut telah dikuasai oleh kejahatan. lupa akan fitrah kejadiannya. Kepada manus diberikan-Nya akal dan dipersiapkan untuk menerima bermacam-macam ilmu pengetahuan dan kepandaian. 95:4) ::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul:: Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah At Tiin 4 4) ٍ ‫)ل َقد ْ خل َقنا ال ِن ْسان في أ َحسن ت َقويم‬ ِ َ َ ْ َ ْ َ َ ِ ْ ِ َ ْ Dalam ayat ini Allah menegaskan bahwa Dia telah menjadikan manusia makhluk ciptaan-Nya yang paling bai badannya lurus ke atas. sehingga dapat berkreasi (berdaya cipta) dan sanggup menguasai alam dan binatang. kecuali orang-orang yang menghadap Allah deng hati yang bersih". menegaskan bahwa Dia memuliakan negeri Mekah karena kelahiran Nabi Muhammad SAW. 6 kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh. bukan seperti kebanyakan binatang yang mengambil benda yang dikehendakinya dengan perantaraan mulut. Tetapi manusia kadang-kadang lupa akan dasar perbedaannya dan mengira bahwa dia tidak berbeda dengan bina lainnya. maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya. Kecuali orang-orang yang tetap pada fitrahnya. mengambil dengan tangan apa yang dikehendakinya. sesuai dengan maksud firman Allah dalam ayat lain: ‫يوم ل ينفع مال ول بنون إل من أتى الله بقلب سليم‬ Artinya: /10 "(Yaitu) pada hari harta dan anak laki-laki tidak berguna.

Oleh ka kasih sayang Allah maka diutusnya kepada manusia para rasul yang membawa berita gembira dan berita yang menakutkan disertai syariat-syariat yang menunjuki jalan bagi mereka ke jalan yang benar . Barangsiapa yang meyakini. tetapi manusia jatuh ke tempat yang paling rendah karena kebodohannya. Hari Kiam setelah dihisab. 95:8) ::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul:: Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah At Tiin 8 8) ‫)أ َل َي ْس الل ّه ب ِأ َحك َم ِ ال ْحاك ِمين‬ ْ ُ َ َ ِ َ Kemudian Allah dalam ayat ini menambah keterangan yang menguatkan penegasan-Nya yang baru lalu dalam bentuk pertanyaan.Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah At Tiin 6 ُ ِ ّ 6) ‫)إ ِل ال ّذين آمنوا وَع َملوا الصال ِحات فَل َهُم أ َجر غ َي ْر ممنون‬ ِ َ ّ ُ َ َ ِ ٍ ُ ْ َ ُ ٌ ْ ْ Dalam ayat ini Allah mengungkapkan bahwa manusia yang terpelihara dari keterjerumusannya ke lembah kehin dan dosa. begitu pula bagi kebaikan ada pula ganjarannya. 7 Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?(QS. "Bukankah Allah itu Hakim yang seadil-adilnya?" Itulah sebabnya maka Allah mengadakan pembalasan bagi manusia agar manusia itu dapat memelihara kedudukan dan kehormatan yang telah disediaka Allah baginya menurut fitrah. hanyalah orang-orang yang jiwanya telah diresapi oleh iman. 8 Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?(QS. Apakah sebabnya manusia mendustakan hari pembalasan amal perbuatannya sedangkan bukti-bukti tentang datangnya h pembalasan itu sudah jelas? Sesungguhnya Allah yang menciptakan manusia dari nutfah (mani) sehingga menj manusia yang sempurna kuasa pula untuk menghidupkannya sesudah mati. mereka itu ialah para pengikut Nabi dan orang yang mendapat petunjuk dari para nabi kepada ja yang benar. maka sungguh ia telah buta mata hatinya dan sesat dalam perjalanannya. Dan mereka yakin pula bahwa bagi setiap kejahatan ada ancamannya. Serta orang-orang yang mengakui bahw alam semesta ini ada penciptanya yang mengatur semua urusannya dan membentuk syariat-syariat untuk hambayang harus dipatuhi. kemudia mengingkarinya kembali. Mereka akan menerima pahala amal saleh bila mereka telah dihidupkan kembali pada. 95:7) ::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul:: Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah At Tiin 7 َ 7) ‫)فَما ي ُك َذ ّب ُك ب َعْد ُ بالدين‬ َ ِ ّ ِ Dalam ayat ini Allah mencemoohkan orang-orang musyrik atas keberanian mereka mendustakan hari pembalas atas amal perbuatan manusia setelah nampak dengan jelas kepada mereka tanda-tanda kebenarannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful