3. Hadits Dhaif a.

Pengertian hadits Dhaif Dhaif menurut lughat adalah lemah, lawan dari qawi (yang kuat). Adapun menurut Muhaditsin, Hadits Dhaif adalah semua hadits yang tidak terkumpul padanya sifat-sifat bagi hadits yang diterima dan menurut pendapat kebanyakan ulama; hadits dhaif adalah yang tidak terkumpul padanya sifat hadits sahih dan hasan. b. klasifikasi Hadits Dhaif Para ulama Muhaditsin mengemukakan sebab-sebab tertolaknya hadits dari dua jurusan, yakni dari jurusan sanad dan matan. Sebab-sebab tertolaknya hadis dari jurusan sanad adalah: 1. Terwujudnya cacat-cacat pada rawinya, baik tentang keadilan maupun ke-dhabitannya. 2. Ketidakbersambungannya sanad, dikarenakan adalah seorang rawi atau lebih, yang digugurkan atau saling tidak bertemu satu sama lain. Adapu cacat pada keadilan dan ke-dhabit-an rawi itu ada sepuluh macam, uaitu sebagai berikut: 1. Dusta 2. Tertuduh dusta 3. Fasik 4. Banyak salah 5. Lengah dalam menghapal 6. Menyalahi riwayat orang kepercayaan 7. Banyak wahan (purbasangka) 8. Tidak diketahui identitasnya 9. Penganut bid¶ah 10. Tidak baik hafalannya

1. Klasifikasi hadis dhaif berdasarkan cact pada keadilan dan ke-dhabit-an rawi a. Hadis Maudhu¶ 1. Pengertian hadist maudhu¶

Adapun ciri ciri yang terdapat pada matan. karya As-suyuthi (ringkasan Ibnu Al-Jauzi denagn beberapa tambahan) y Tanzih Asy-Syari¶ah Al-Marfu¶ah µan Al-Hadits Asy-Syani¶ah AlMaudhu¶ah. karya Ibn Al-jauzi (ulama yang paling awal menulis dalam ilmu ini) y Al-La¶ali Al-Mashnu¶ah fi Al-hadits Al-Maudhu¶ah. Dari segi makna. Hadis yang diciptakan serta dibuat oleh seseorang (pendusta) . Dari segi lafazh. tetapi belum dapat dibuktikan bahwa ia sydah . 2. dan logika yang sehat. dapet ditinjau dari dua segi. karya Ibnu µIraq Al-Kittani (ringkasan kedua kitab tersebut. ijma¶. y Silsilah Al-Ahadits Adh-Dha¶ifah. dan qarinah-sqarinah yang berpautan denagn tingkah lakunya. yaitu bahwa hadis itu bertentangan dengan Al Quran. baik disengaja maupun tidak. Diantaranya: y Al-Maudhu¶at.Hadis Maudhu¶ adalah. Karya karya dalam hadis Maudhu¶ Para ulama Muhaditsin. yaitu segi makna dan segi lafazh. Ciri ciri yang terdapat pada sanad hadis. hadis mutawatir. Rawi yang tertuduh dusta adalah seorang rawi yang terkenal dalam pembicaraan sebagai pendusta . 3. yaitu adanya pengakuan dari si pembuat sendiri. yaitu bila susunan kalimatnya tidak baik dan tidak fasih. Ciri-ciri hadis Maudhu¶ Para ulama menentukan bahwa ciri ciri ke-maudhu¶-an suatu hadis terdapat pada sanad dan matan hadis. karya Al-Albani. Hadits Matruk Hadis Matruk adalah Hadis yang pada sanadnya ada seorang rawi yang tertuduh dusta. berhasil mengumpulkan hadis Maudhu¶ dalam sejumlah karya yang cukup banyak. b. qarinah-qarinah yang memperkuat adanya pengakuan membuat hadis maudhu¶. yang ciptaan itu dinisbatkan kepada Rasulullah SAW secara palsu dan dusta. dengan menggunakan berbagai kaidah studi kritis hadis.

baik karena jumlahnya lebih banyak atau lebih tinggi daya hapalannya. Hadis Syadzdz Hadis Syadzdz adalah hadis yang diriwayatkan oleh seorang rawi yang maqbul. Hadis Munkar Hadis mungkar adalah hadis yang pada sanadnya terdapat rawi yang jelek kesalahannya. Sementara itu. Seorang rawi yang tertuduh dusta. dari Nabi SAW.. Klasifikasi hadits berdasarkan gugurnya rawi a. Hadis Mu¶dhal Mu¶dhal secara bahasa adalah sesuatu yang dibuat lemah dan lebih. kecuali seorang sahabat atau seorang shabat tabiin. Pada hadis ini. 2. yang menyalahi riwayat orang yang lebih utama darinya. dapat diterima periwayatan hadisnya. bila ia bertobat dengan sungguh-sungguh. sedangkan bagian bawahnya terputus sehingga menjadi sesuatu yang bergantung pada atap dan yang semacamnya. mungkin karena para ulama hadis dibuat lelah dan letih untuk mengetahuinya karena beratnya ketidakjelasan dalam hadis itu.pernah berdusta dalam membuat hadis. hadis mu¶allaq adalah hadis yang seorang rawinya atau lebih gugur dari awal sanad secara berurutan. c. Bersabda : Janganlah kalian melebih-lebihkan di antara para nabi. menurut istilah. Adapun menurut . banyak kelengahannya atau tampak kefasikannya. d.´ atau dengan menggugurkan semua sanad. Bukhari tidak pernah bertemu Al-Mjisyun. . Disebut demikian. Di antara bentuknya adalah bila semua sanad digugurkan dan dihapus. Hadis Mu¶allaq Mu¶allaq menurut bahasa. kemudian dikatakan. adalah isim ma¶ful yang berarti terikat dan tergantung. Contohnya: Bukhari meriwayatkan dari Al-Majisyun dari abdullah bin Fadhl dari Abu Salamah dari Abu Hurairah r. Sanad seperti ini disebut Mu¶allaq karena hanya terikat dan tersambung pada bagian atas saja.a. b. ³Rasulullah bersabda.. Lawannya dinamakan Ma¶ruf.

Hadis Munqati Para ulama berbeda pandangan dalam merumuskan defenisi hadis munqati. maupun taqrirnya. dari Abu Hurairah. Al-Hakim merumuskan hadis mursal dengan artinya hadis yang disandarkan langsung oleh tabi¶in kepada Rasulullah SAW.istilah muhaditsin. Tabi¶in. ³ Al-Hakim berkata. Contohnya diriwayatkan oleh Al-Hakim dalam kitab Ma¶rifat Ulum Al-Hadis dengan sanadnya kepada Qal-Qa¶nabi dari Malik bahwa dia menyampaikan. melainkan apa yang dia mampu mengerjakannya. Letak ke-Mu¶dhalan-nya karena gugurnya dua perawi dari sanadnya. 2. Padahal sahabat adalah orang yang pertama menerima hadis dari rasululah SAW. dari bapaknya. Seorang hamba sahaya berhak mendapatkan makanan dan pakaian sesuai kadarnya dengan baik dan tidak dibebani pekerjaan. c. Hadis Mursal Hadis mursal ialah hadis yang gugur sanadnya setelah tabi¶in. baik perkataan. antara lain : 1. bahwa Abu Hurairah berkata¶ ³Rasulullah bersabda. diriwayatkan dari Malik bin Anas dari Muhammad bin µAjlan. yang di maksud dengan gugurnya di sini ialah tidak disebutkannya nama sanadnya terakhir. d. hadis mu¶dhal adalah hadis yang putus sanadnya dua orang atau lebih secara berurutan. Hadis yang gugur sanadnya di satu tempat atau lebih atau pada sanadnya disebutkan nama seseorang yang tidak di kenal namanya . Hadis yang pada sanadnya terdapat seseorang perawi yang gugur atau pada sanadnya tersebut disebutkan nama seseorang yang tidak dikenal namanya.´ hadis ini mu¶dhal dari Malik dalam kitab Al-Muwatha¶. Kedua rawi tersebut gugur secara berurutan.´ Hadis ini yang kita dapatkan bersambung sanadnya pada kita selain AlMuwatha¶. perbuatan. yaitu Muhammad bin Ajlan dan bapaknya. baik termasuk tabi¶in kecil maupun tabi¶in besar.

hadis munqati termasuk dalam kelompok hadis dhaif. e. gugurnya dua orang perawi terjadi secara berturut-turut. Hadis yang seorang perawihnya gugur sebelum sahabat pada satu tempat atau gugur dua orang perawinya pada dua tempat yang tidak berturut-turut. Pada hadis mu¶dal. sedangkan pada hadis munqati . yang berarti tidak memenuhi syarat hadis sahih. Hadis Mu¶dal Hadis mu¶dal ialah hadis yang gugur dua orang sanadnya atau lebih secara berturut-turut. hadis ini tidak dapat dijadikan hujjah karena karena gugurnya seorang perawi atau lebih menyebabkan hilangnya salah satu syarat dari syarat-syarat sahih.3. Dari segi pengertian di atas. terjadi secara terpisah (tidak berturut-turut). . Dilihat dari segi persambungan sanadnya. baik gugurnya itu antara sahabat dengan tabi¶in atau dua orang sebelumnya. gugurnya dua orang perawi. Dalam pengertian yang lebih lengakap hadis mu¶dal di rumuskan dengan hadis yang gugur dua orang perawinya atau lebih secara berturut-turut. jelas bahwa hadis hadis mu¶dal berbeda dengan hadis munqati. Dengan demikian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful