Makalah Civic Education – Bela Negara

STAI Bengkalis 2011

BELA NEGARA
Di Ajukan Sebagai Tugas Mata Kuliah Cilvic Education

Dosen : Bapak Wira Sugiarto. S.Ip
O L E H

KELOMPOK III

1. SYAHRI MALEHA 2. MALEHA

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BENGKALIS RIAU 2011

www.kosmaext2010.com Disusun oleh : Syahri, Maleha

Makalah Civic Education – Bela Negara STAI Bengkalis 2011 KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah SWT.Ip yang telah membantu dan membimbing sehingga makalah ini dapat kami selesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan dan mudah-mudahan makalah ini bisa bermanfaat kepada kita semua dan bagi mereka yang membutuhkannya. Amin. Untuk itu kami mengharapakan saran dan kritikan dari semua pihak untuk menyempurnakan makalah ini pada masa mendatang. keluarga. Kami menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini banyak terdapat kesalahan dan kekuarangan.. Makalah ini dibuat untuk diajukan sebagai tuagas kelompok yang selanjutnya dijadian sebagai bahan untuk dipresentasikan pada mata kuliah “Cilvic Education”. Para sahabat dan orang-orang yang mengikuti sunahnya. Bengkalis. Semoga sholawat dan salam senantiasa terlimpahkan kepada junjungan kita Rasulullah SAW.com Disusun oleh : Syahri. 14 Maret 2011 Kelompok III www.kosmaext2010. Akhirnya kami mengucapkan terima kasih dan memberi penghargaan setinggitingginya kepada Bapak Wira Sugiarto S. Al-Khamdulillah berkat anugrah dan pertolongan dari Allah yang telah mempermudah segala urusan hambanya sehingga selesailah makalah kami ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dengan judul pembahasan “Bela Negara”. Maleha .

................................. 1 BAB II............................................................................. Usaha Terhadap Pembelaan Negara ..................................................................Makalah Civic Education – Bela Negara STAI Bengkalis 2011 DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ................... 7 BAB III KESIMPULAN .................................................. i DAFTAR ISI .................................... Fungsi Negara Dalam Kaitannya Dengan Pembelaan Negara ............................. PEMBAHASAN ................................. 6 7....... 9 DAFTAR KEPUSTAKAAN www.........................kosmaext2010... 5 5........................................... Maleha .......... Landasan Hukum Tentang Kewajiban Membela Negara ......... 6 6......................................... 3 3.........................................com Disusun oleh : Syahri.................................. Pengertian Terhadap Pembelaan Negara ................................... 4 4...................... ii BAB I PENDAHULUAN ............................................................................ Unsur-Unsur Negara ......... 3 2.... 3 1.................... Bentuk Pengabdian Sebagai Prajurit TNI ....... Bentuk-Bentuk Usaha Pembelaan Negara ..................................

Dalam hal ini tidak ditutup kemungkinan ada kelompok rakyat yang berpihak pada penjajah. Maleha . peran dan intensitas. mempertahankan dan mengerakkan kemerdekaan. Dengan partisipasi dalam usaha pembelaan Negara sesuai dengan kemampuan kita www. dan tidak mungkin kita akan meminta bangsa lain membela bangsa dan negara kita tanpa pamrih dibelakangnya. Pada hakekatnya perjuangan bangsa Indonesia dalam pembelaan dilakukan oleh rakyat Indonesia secara keseluruhan. serta kedaulatan Negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sebagai anak bangsa kita parlu memiliki kemampuan partisipasi dalam usaha pembelaan negara. Kemampuan ini sangat penting agar Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tercinta dapat melakukan fungsinya yakni mewujudkan tujuan bernegara.kosmaext2010. Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945 Bangsa Indonesia bertekad bulat untuk membela. tetapi mayoritas rakyat Indonesia berperan dalam bela Negara untuk mengusir penjajah dari Bumi Pertiwi ini. hanya saja dalam perjuangan itu fungsi. partisipasi masyarakat atau rakyat Indonesia dapat berbeda-beda dalam bela Negara. mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. mewujudkan kesejahteraan umum. Yaitu : Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Negara.Makalah Civic Education – Bela Negara STAI Bengkalis 2011 BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Kelangsungan hidup bangsa dan Negara (National Survival) merupakan tangung jawab (hak dan kewajiban) setiap warga negara dan bangsa tidak ada suatu negara dan bangsa (Nation state) yang akan langgeng kalau tidak setiap unsur bangsanya turut membelanya.com Disusun oleh : Syahri. bukan oleh atau kelompok tertentu. Oleh karena itu kesadaran dan partisipasi dalam bela Negara bagi setiap warga Negara sangat penting dan tidak hanya merupakan hak dan kewajiban tetapi sekaligus merupakah kehormatan bagi setiap warga Negara.

Landasan hukum tentang kewajiban membelaan Negara 6. Bentuk pengabdian sebagai prajuit TNI www. Unsur-unsur Negara 2. Usaha terhadap pembelaan Negara 4. Pengertian pembelaan Negara 3. Fungsi Negara dalam kaitannya dengan pembelaan Negara 5.com Disusun oleh : Syahri. maka dari itu dalam makalah ini akan kami coba menjelaskan secara rinci masalah-masalah berikut. Maleha .Makalah Civic Education – Bela Negara STAI Bengkalis 2011 masing-masing berarti kita telah melaksanakan hak dn kewajiban sebagai warga Negara. Bentuk-bentuk usaha pembelaan Negara 7.kosmaext2010. 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful