LAPORAN PRAKTIKUM INSTUMENT INDUSTRI ALAT PENGECIL UKURAN(SLICER) UNTUK BATANG POHON PISANG

I. PENDAHULUAN a. Latar belakang alat pengolahan bahan pangan yang dahulunya masih menggunakan tenaga manusia saat ini sudah banyak dibuat menggunakan tenaga listrik atau panas. Tujuannya adalah untuk memudahkan manusia dalam mengolah bahan pangan terutama dalam sebuah industri pangan. alat pegceli ukura adalah sebuah alat b. Tujuan praktikum ini bertujuan untuk mengetahui bagian-bagian, cara kerja, serta tenaga putaran yang dihasilkan dari alat pengecil ukuran(slicer) yang terdapat di laboraturium FTP Universitas Udayana. II. BAHAN DAN METODE pada praktikum ini adapun bahan dan alat yag digunakan antara lain : alat : bahan : alat pengecil ukuran (slicer) batang pohon pisang timbangan stopwatch alat/wadah hasil slicer alat pendorong cara kerja : batang pohon pisang dibersihkan kemudian ditimbang siapkan alat pendorong untuk medorong pisang masuk ke dalam slicer tekan saklar pada slicer untuk menyalakanya batang pohon pisang yang sudah dibersihkan dimasukkan ke dalam slicer

• • • • • • • • •

alat pendorong digunakan pada saat batang pohon pisang mulai mengecil dan didorong dengan alat tersebut. Sehingga bahan mudah untuk dipotong.

Saklar on/off Roda pada besi Colaher Besi yang Dynamo listrik untuk untukmenghubungkan 0. 1480rpm menghubungkan menstabilkanputaran dynamo putaran dynamo putarandengan pisau ke pisau Pisau dari slicer terbuat dari baja Besi yang berfungsi untuk menjatuhkan bahan yang sudah dipotong tempat bersandarnya bahan Gambar dari dalam alat pemotongan .25hp.Tempat batang pohon pisang masuk. Karet untuk menghubungkan dynamo dengan besi Didalamnya terdapat alat-alat untuk proses pemotongan. Tempat/wadah hasil dari pengecilan ukuran.

III. KESIMPULAN Dari praktikum ini dapat disimpulkan bahwa slicer batang pohon pisang ini dibuat untuk memudahkan dalam memotong/mengecilkan ukuran dari batang pohon pisang tersebut dan prinsip kerja dari slicer batang pohon pisang. . kedua bagian ini berpengaruh dalam tekstur dan tebalnya bahan yang akan dihasilkan. Perlu diperhatikan juga pada tempat bahan masuk tersebut dibuat dengan sudut 300 dimaksudkan agar bahan yang dihasilkan memiliki tekstur lebih baik. putaran dari pisau tersebut ialah 483rpm. Pisau sendiri dibuat dengan baja dan sudut kelengkungannya yaitu 450. HASIL DAN PEMBAHASAN Dari praktikum ini didapat spesifikasi dari slicer batang pohon pisang tersebut.

DAFTAR PUSTAKA .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful