1

PENDAHULUAN

Latar Belakang Bertanam secara hidroponik telah dikenal lebih dari 100 tahun yang lalu namun kepopulerannya baru berlangsung sejak tahun 1936, saat dokter WF Gericke berhasil menumbuhkan tanaman tomat dalam kolam berisi air dan nutrient di laboratoriumnya. Hasil percobaan ini membuktikan bahwa sebenarnya yang dibutuhkan tanaman bukanlah tanah, tetapi nutrient yang dilarutkan dalam air (Prihmantoro dan Indriani, 2000). Hidtoponik berasal dari kata “hidroponick” yaitu bahasa Yunani. Kata tersebut merupakan gabungan dari 2 kata hidro yang artinya air dan poros yang artinya bekerjasama dengan air (Prihmantoro dan Indriani, 2000). Hidroponik diusahakan di berbagai tempat. Hidroponik dapat diusahakan sepanjang tahun tanpa mengenal musim oleh karena itu harga jualnya pun tidak khawatir akan jatuh. Pemeliharaan tanaman hidroponik pun lebih mudah karena tempat budidayanya relative bersih, media tanamnya steril dan tanaman terlindungi dari terpaan hujan (Hartus, 2002). Ada beberapa alasan menarik untuk berhidroponik. Alasan yang pertama kebersihan tanaman begitu terjamin sehingga bisa dilakukan di kamar tidur sekalipun. Alasan lain karena tanaman yang biasa ditanam dengan cara hidroponik hampir semua tanaman. Hasilnya sudah teruji lebih melimpah dibandingkan bercocok tanam di lahan atau di sawah (Lingga, 1999). Woodward menemukan bahwa dengan menambah sedikit tanah ke dalam air tempat tanaman ditumbuhkan, menyebabkan kesehatan tanaman itu menjadi

2

lebih baik. Sebagai hasil dari penemuan ini, dia menyusun sebuah teori bahwa tanaman mengambil makanan dari tanah dan bukan dari air (Nicholls, 1996). Tujuan Percobaan Untuk meneliti unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan kacang hijau (Phaseolus radiatus L.) Kegunaan Percobaan Sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti praktikum di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Medan dan sebagai bahan informasi bagi pihak yang membutuhkan.

Tanaman ini merupakan tanaman setahun separuh. 2007). dengan cabang banyak yang tertutupi bulu pendek kecoklatan. kedudukan tanaman kacang hijau dalam taksonomi tumbuhan diklasifikasikan sebagai berikut: Kingdom Divisi Subdivisi Kelas Ordo Famili Genus Spesies : Plantae : Spermatophyta : Angiospermae : Dicotyledoneae : Leguminales : Leguminosae : Phaseolus : Phaseolus radiatus L.tegak dengan tinggi 0.5-1 m. System perakarannya dibagi menjadi dua. xerophytes memiliki akar cabang lebih sedikit dan memanjang kea rah bawah (Purwono dan Purnamawati. Dua daun pertama berhadapan dan tunggal.3 TINJAUAN PUSTAKA Botani Tanaman Menurut Rukmana (1997). Daun berbentuk bundar telur hingga mendelta berukuran 5-18 cm × 4-15 cm. Mesophytes mempunyai banyak cabang akar pada permukaan tanah dan tipe pertumbuhannya menyebar. dan daun beranak-daun-tiga yang mirip dengan daun kacang tunggak (Rubatzky dan Yamaguchi. sinonim P. . 1998). yaitu mesophytes dan xerophytes. Sementara itu. daun berikutnya berseling dan tiga. aureus Tanaman kacang hijau berakar tunggang.

keluar pada cabang serta batang. tanaman tertentu menghasilkan biji coklat atau hitam (Rubatzky dan Yamaguchi.8mg atau berat per 1000 butir antara 6 g-78 g. tersusun dalam tandan. dan dapat menyerbuki sendiri (http://makalahdanskripsi. 2007).2011).4 biasanya mengutuh (http://www. berwarna hijau hingga hijau mengilap (Rukmana.com. 1997). Di daerah dengan ketinggian di atas 750 m dpl produksi kacang hijau menurun (Purwono dan Purnamawati. latosol. Biji kacang hijau berbentuk bulat kecil denagn bobot (berat) tiap butir 0. memiliki tata air dan udara yang baik. Keadaan iklim yang ideal untuk tanaman kacang hijau adalah daerah yang bersuhu 25°C-27°C dengan kelembapan udara 50%-80%.proseanet. Jenis tanah yang dianjurkan adalah ultisol.php? docsid=328. dan . berwarna hijau tua kekuningan atau kuning. Bunga kacang hijau berwarna kuning.2011). Polong umumnya mengandung sedikitnya 10 biji kecil lonjong hingga bundar. Syarat Tumbuh Iklim Kacang hijau adalah tanaman tropis dataran rendah yang dapat dibudidayakan pada ketinggian 5-700 m dpl. curah hujan antara 50mm-200mm per bulan. Tanah Jenis tanah yang dikehendaki kacang haiju adalah tanah liat yang berlempung atau lempung yang mengandung bahan organic tinggi.5 mg-0. dan cukup mendapat sinar matahari (Rukmana.1998). 1997).org/prohati3/browser.

maka hidroponik da[at dilakukan dengan tiga metsode. 1.5 lahan sawah menjelang penanaman padi pada musim kemarau (Purwono dan Purnamawati. 4. 1999). Metode kultur bahan porous seperti. Untuk lahan yang ber-pH lebih rendah daripada 5. termasuk kerikil.5.8 perlu dilakukan pengapuran (liming) (Rukmana. 2000). Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dalam berhidroponik ialah sebagai berikut. Hal yang penting dilakukan dalam pemilihan lokasi kebun kacang hijau adalh tanahnya mempunyai kisaran pH 5. 5.8-6. gabus putih. (Prihmantoro dan Indriani. Hidroponik Bertanam secara hidroponik banyak dilirik orang karena banyak keuntungan yang dapat diperoleh dibandingkan bertanam secara biasa di tanah. awet. Lebih bersih. 6. Berdasarkan media tanam yang digunakan. yakni: 1. dan terkontrol. Hasil produksinya lebih seragam. Pemakaian pupuk atau nutrient lebih efisien. (Lingga. Sesuai untuk penanaman di tempat yang terbatas. Metode kultur pasir 3. hama dan penyakit lebih sedikit. 2007). 3. Metode kultur air 2. Kegiatan pemeliharaan lebih sedikit. 2. 1997). pecahan genteng. kerikil. Gulma tidak ada. .

. Memang agak berbeda dengan unsure Fe yang diselimuti dengan kelat EDTA menjadi Fe-EDTA. zeolit. Metoda yang menggunakan pasir menuntut penanaman tumbuh-tumbuhan pada pasir yang telah disteril. dracaena. mentimun. beranion sulfat. tanaman ditumbuhkan di media nontanah. seperti kerikil atau vermiculit (jenis silicon yang berlendir). Dari jenis sayuran yang dapat dihidroponikkan antara lain paprika. pasir.2003). 1996). Sementara pada hidroponik NFT. dan spatyphiium. gambut. System hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) jauh berbeda dengan hidroponik substrat. Air bersirkulasi selama 24 jam terus-menerus. Metoda agregasi menggantikan pasir dan menggunakan salah satu diantara serentetan material. akar tanaman terendam dalam air yang mengandung pupuk. ke dalamnya sejumlah air dan larutan zat makanan dipompakan masuk.6 Pada metoda yang menggunakan air.pada hidroponik substrat. tumbuh-tumbuhan ditanam sematamata dalam air. selada. batu kerikil. sekitar 3 mm. tomat. teknik ini disebut NFT (Untung. 2000). disertai air Kristal. atau serbuk gergaji. Jenis tanaman yang telah banyak dihidroponikkan dari golongan tanaman hias antara lain philodendron. Pada media itulah akar berkembang. sementara mempertahankan metoda pemompaan air dan larutan zat makanan ke dalam materialnya (Nicholls. Tujuan penyelimutan dengan kelat ini untuk mengurangi antagonis atau pertentangan dengan unsure-unsur mikro lainnya (Sutiiyoso. perlit. rockwool. atau dalam air yang dilengkapi dengan larutan zat makanan. Lapisan air sangat tipis. seperti arang sekam. Beberapa bahan kimia sebagai sumber unsure hara mikro terdapat dalam bentuk mineral. Oleh karena itu. Sebagian akar terendam dan sebagian lagi berada di atas permukaan air. aglonema. sehingga mirip film.

. kangkuna. Disebut esensial karena bila satu saja diantaranya tidak tersedia maka tanaman akan mati atau minimal tanaman tidak mampu menyelesaikan siklus hidupnya. mangan (Mn). dan bayam. Kandungan karbon bervariasi diatas tanah.. nitrogen (N). dalam hal ini satu meter diatas tanah akan berbeda (www.. kedondong Bangkok. 2002). diatas daun./Kes_tanahmateri2. kalium (K). Carbon diambil tanaman berupa CO2.ac. oksigen (O).fotosintesa terus aktif (www. dan sulfur (S). kalsium (Ca). sumber carbon dapat dikatakan banyak. tembaga (Cu). Tanaman membutuhkan 16 unsur hara esensial. jambu air. Disebut unsur hara makro karena dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah relatif banyak dan sebaliknya unsur hara mikro dibutuhkan tanaman dalam jumlah relatif sedikit./Kes_tanahmateri2. seng (Zn).7 sawi. dalam ruangan tertutup yang berisi : CO2 ----. 2011).ac. fosfor (F).ppt. Unsur Hara Makro Esensial Karbon (C) Penting sebagai pembangun bahan organik.id/uploads/data/. klor (Cl). hidrogen (H).ppt. 1999).id/uploads/data/.untag-smd. Ke-16 unsur hara esensial tersebut digolongkan menjadi unsur hara makro dan unsur hara mikro. dan belimbing (Prihmantoro dan Indriani. Adapun jenis tanaman buah yang dapat dihidroponikkan antara lain melon. boron (B). . Unsur hara makro terdiri dari karbon (C). 2011). unsur hara mikro terdiri dari besi (Fe). karena sebagian besar bahan kering tanaman terdiri dari bahan organik.untag-smd.. dan molybdenum (Mo) (Hartus. magnesium (Mg).

id/uploads/data/.id/uploads/data/. merangsang pertumbuhan vegetatif (warna hijau) seperti daun.untag-smd. Nitrogen (N) Merupakan unsur hara utama. Karbon diambil oleh tumbuhan dalam bentuk gas CO2 . maupun senyawa lainnya http://rioardi. merupakan bagian dari sel ( organ ) tanaman itu sendiri./Kes_tanahmateri2. 2011)..8 Diudara terbuka terdapat 0.. Nitrogen merangsang pertumbuhan tanaman secara keseluruhan.03 % CO2...ac.untag-smd.ppt. Sumbernya tidak terbatas (www.untag-smd.ppt.../Kes_tanahmateri2. berfungsi untuk sintesa asam amino dan protein dalam tanaman.ac. 2011). Hidrogen (H) Merupakan elemen pokok pembangun bahan organik.id/uploads/data/.03 % (www. sedangkan di tempat yang banyak tanamannya terdapat CO2 yang lebih besar dari 0.. daun hijau kekuningan.untagsmd.ac. Tanaman yang kekurangan unsur N gejalanya : pertumbuhan lambat/kerdil.. dengan demikian merupakan penyusun protoplasma secara keseluruhan (www. hidrogen diambil dalam bentuk air (H2O). Sumbernya tidak terbatas (www. 2011).ppt.com/2009/01/21/unsur-hara-esensial/./Kes_tanahmateri2. 2011)./Kes_tanahmateri2.wordpress. sebagai penyusun dari semua protein dan asam nukleik.id/uploads/data/. supply dari air.ppt.ac. pendek dan . Oksigen (O) Terdapat dalam bahan organik sebagai atom dan termasuk pembangun bahan organik. daun sempit. 2011). sedangkan oksigen selain dalam bentuk CO2 dan H2O juga dapat diambil dalam bentuk O2. diambil dalam bentuk CO2.

merangsang pertumbuhan akar... tetapi kalau terlalu banyak dapat menghambat pembungaan dan pembuahan pada tanaman smd. Berfungsi untuk pengangkutan energi hasil metabolisme dalam tanaman merangsang pembungaan dan pembuahan. Tanaman yang kekurangan unsur P gejaalanya : pembentukan buah/dan biji berkurang.ppt. Dalam bentuk sisa tanaman dan lain-lain bahan organis 3). dll) (www.com/? p=247. merangsang pembentukan biji. Cirebon-fosfat.untag- . dll) 2).. Sumber Fosfat dapat dijelaskan bahwa zat Fosfat berada di dalam tanah sebagai fosfat mineral yang kebanyakan terdapat : 1). merangsang pembelahan sel tanaman dan memperbesar jaringan sel. dobel super fosfat. 2011).hdrfarm. daun berwarna keunguan atau kemerahan ( kurang sehat ) (http://www./Kes_tanahmateri2.untag-smd.untag-smd. akar. Fosfor (P) Fosfor terdapat dalam bentuk phitin..id/uploads/data/. Sebagian bagian dari inti sel sangat penting dalam pembelahan sel..ac. Diperlukan untuk pembentukan atau pertumbuhan bagian-bagian vegetatif.ppt. nuklein dan fosfatide.hdrfarm.com/?p=247. 2011). demikian pula bagi perkembangan jaringan meristem (www. Muria fosfat. 2011).ac. merupakan bagian dari protoplasma dan inti sel. 2011). seperti daun. daun-daun tua cepat menguning dan mati (http://www.. batang. Dalam bentuk batu kapur-fosfat (Cirebon fosfat.id/uploads/data/./Kes_tanahmateri2.id/uploads/data/. 2011). kerdil. (www./Kes_tanahmateri2. Dalam berbagai bentuk pupuk buatan (Superfosfat.ppt.9 tegak.ac.

Mengeraskan bagian kayu dari tanaman 3. Kalsium (Ca) Kalsium termasuk unsur hara yang esensial..hdrfarm... 2011). 2011).untag-smd. Meningkatkan resistensi tanaman terhadap penyakit 4.. Tanaman yang kekurangan unsur K gejalanya : batang dan daun menjadi lemas/rebah.untag-smd.id/uploads/data/.10 Kalium (K) Dalam hal ini dapat pula ditegaskan bahwa Kalium berperan membantu : 1. unsur ini diserap dalam bentuk Ca++. Sebagian besar terdapat dalam daun dalam bentuk kalsium pektat yaitu dalam lamella pada dinding sel. 2011). daun berwarna hijau gelap kebiruan tidak hijau segar dan sehat. Selain itu terdapat juga dalam batang. Menurut penelitian. inti-inti sel tidak mengandung Kalium (www. .ac. Meningkatkan kualitas biji atau buah 5.ppt. ujung daun menguning dan kering.. berpengaruh baik pada pertumbuhan ujung dan bulu-bulu akar (www.ppt. Kalium diserap tanaman dalam bentuk K+ (terutama pada tanaman muda).ppt. timbul bercak coklat pada pucuk daun (http://www. Kalium banyak terdapat pada sel-sel muda atau bagian tanaman yang banyak mengandung protein./Kes_tanahmateri2.com/?p=247. Kebanyakan berada pada bagian titik tumbuh (www. Pembentukan protein dan karbohidrat 2./Kes_tanahmateri2. 2011).untag-smd.id/uploads/data/./Kes_tanahmateri2.ac.ac.id/uploads/data/..

gejala-gejalanya akan tampak pada permukaan daun sebelah bawah (www...ppt. maka pertumbuhan ujung dan bulu-bulu akar akan terhenti sedangkan bagian-bagian yang telah terbentuk akan mati dan berwarna coklat kemerah-merahan (www. Ca ada hubungannya dalam pembuatan protein atau bagian yang aktif dari tanaman.untag-smd.id/uploads/data/./Kes_tanahmateri2. Sebagai pupuk diberikan dalam bentuk : MgSO4. merupakan bagian dari khlorofil. 2011).. 2011). Kekurangan Ca pada tanaman gejalanya pada pucuk 5. MgCo3.id/uploads/data/.ppt.ac.untag-smd.ppt./Kes_tanahmateri2. Ca dapat menetralkan asam-asam organik yang dihasilkan pada metabolism 4. Fungsi Kalsium : 1.. tersedianya pH dalam tanah tergantung pada Ca (www. 2011). Ca dapat menetralkan tanah asam.ac. Mg banyak terdapat dalam buah dan juga dalam tanah (www. Ca penting bagi pertumbuhan akar. Magnesium (Mg) Magnesium diserap dalam bentuk Mg++./Kes_tanahmateri2. 3..ppt.. Mg (OH)2. . akan tetapi di dalam bagian-bagian generatif malah sebaliknya.11 Dalam ini apabila zat ini tidak diperhatikan atau ditiadakan. Ca terdapat pada tanaman yang banyak mengandung protein 2. Kadar Mg di dalam bagian-bagian vegetatif dapat dikatakan rendah daripada kadar Ca. Kekurangan zat ini maka akibatnya adalah khlorosis./Kes_tanahmateri2.untag-smd.untag-smd.. 2011).ac..ac. sama halnya dengan urium 6.id/uploads/data/.id/uploads/data/. dapat menguraikan bahan organik.

2011).untag-smd.untag-smd. siderit (FeCO3).id/uploads/data/. Fe)2SiO.untag-smd. Fe dapat diserap dalam bentuk khelat (ikatan logam dengan bahan organik). 2011). seperti : Biotit.id/uploads/data/.ppt.... Fe-DTPA . dan olivine (www. kecuali pada pucuk) (www.ac.ac. Sulfur (S) Sulfur diserap dalam bentuk SO4-. 2011).ac.untag-smd. methionin dan thiamine. Terdapat pada tanaman jenis leguminoceae karena pada tanaman legum sulfur sangat penting untuk pembentukan nodula (bintil-bintil akar.id/uploads/data/.ac. Unsur Hara Mikro Esensial Besi (Fe) Besi (Fe) merupakan unsur mikro yang diserap dalam bentuk ion feri (Fe3+) ataupun fero (Fe2+). sehingga pupuk Fe dibuat dalam bentuk khelat.. hematit (Fe2O3) dan ilmenit (FeTiO3) Besi dapat juga diserap dalam bentuk khelat. Belerang yang larut di dalam air akan diserap akar tanaman (terutama tanaman muda) pada pertumbuhan permulaan dan perkembangannya (www. magnetit (Fe3O4).ppt... klorit. terpentin.ppt.ppt.id/uploads/data/.kekurangan sulfur gejalanya khlorosis./Kes_tanahmateri2. Biji tanaman terdapat kandungan zat belerangnya cukup banyak sekitar 50 % dari jumlah kandungan unsur fosfat (www. Khelat Fe yang biasa digunakan adalah Fe-EDTA./Kes_tanahmateri2./Kes_tanahmateri2. gutit (FeOOH). Mineral Fe antara lain olivin (Mg. 2011).12 Di dalam tanah Mg berasal dari dekomposisi batuan yang mengandung mineral./Kes_tanahmateri2.. zat ini merupakan bagian dari protein yang terdapat dalam bentuk : Cystein. pirit..

Dengan demikian pemupukan lewat daun sering diduga lebih ekonomis dan efisien. Kekurangan Fe menyebabakan terhambatnya pembentukan klorofil dan akhirnya juga penyusunan protein menjadi tidak sempurna Defisiensi Fe menyebabkan kenaikan kaadar asam amino pada daun dan penurunan jumlah ribosom secara drastic. Sitokrom merupakan enzim yang mengandung Fe porfirin.13 dan khelat yang lain. Mangan (Mn) Mangan diserap dalam bentuk ion Mn++. protein. enzim. Catalase b. Proses tersebut misalnya reduksi N2. Peroksidase : H2O + H2O O2 + 2H2O : AH2 + H2O A + H2O (http://www. Seperti hara mikro lainnya. Penyerapan Fe lewat daun dianggap lebih cepat dibandingkan dengan penyerapan lewat akar. 2011).com/?p=247.com/?p=247. 2011). Mn dianggap dapat diserap dalam bentuk kompleks khelat dan pemupukan Mn sering disemprotkan lewat daun. Juga akan mengakibatkan pengurangan aktivitas semua enzim (http://www. Fe dalam tanaman sekitar 80% yang terdapat dalam kloroplas atau sitoplasma (http://www. Kerja katalase dan peroksidase digambarkan secara ringkas sebagai berikut: a. Fungsi lain Fe ialah sebagai pelaksana pemindahan electron dalam proses metabolisme.hdrfarm. terutama pada tanaman yang mengalami defisiensi Fe. Fungsi Fe antara lain sebagai penyusun klorofil. dan berperanan dalam perkembangan kloroplas. 2011). Mn dalam tanaman tidak dapat bergerak atau beralih .hdrfarm.hdrfarm.com/?p=247. Penurunan kadar pigmen dan protein dapat disebabkan oleh kekurangan Fe. reduktase solfat. reduktase nitrat.

hdrfarm. sintesis protein. Hasil pelapukan batuan adalah mineral sekunder terutama pyrolusit (MnO2) dan manganit (MnO(OH)). Kadar Mn dalam tanah berkisar antara 300 smpai 2000 ppm.com/?p=247. dibutuhkan untuk fungsi fotosintetik yang normal dalam kloroplas.hdrfarm. Seperti unsure mikro lain. Zn dapat diserap lewat daun. misalnya Zn-EDTA.com/?p=247. Di samping itu. Kadr Zn dalam tanah berkisar antara 16-300 ppm. smithzonte .14 tempat dari logam yang satu ke organ lain yang membutuhkan. karbonat dan silikat dengan nama pyrolusit (MnO2). Mangaan terdapat dalam tanah berbentuk senyawa oksida. karbohidrat. Mn dilepaskan dari batuan karena proses pelapukan batuan.hdrfarm. 2011). Mn umumnya terdapat dalam batuan primer. 2011). Bentuk Mn dapat berupa kation Mn++ atau mangan oksida. Berperan sebagai aktivator bagi sejumlah enzim utama dalam siklus krebs. rhodochrosit (MnCO3) dan rhodoinit (MnSiO3) (http://www. baik bervalensi dua maupun valensi empat. 2011).com/?p=247. sedangkan kadar Zn dalam tanaman berkisar antara 20-70 ppm. Mineral Zn yang ada dalam tanah antara lain sulfida (ZnS). terutama dalam bahan ferro magnesium. Zn diserap dalm bentuk kompleks khelat. manganit (MnO(OH)). Seng (Zn) Zn diserap oleh tanaman dalam bentuk ion Zn++ dan dalam tanah alkalis mungkin diserap dalam bentuk monovalen Zn(OH)+. spalerit [(ZnFe)S].ada indikasi dibutuhkan dalam sintesis klorofil (http://www. Penggenangan dan pengeringan yang berarti reduksi dan oksidasi pada tanah berpengaruh terhadap valensi Mn (http://www. Mn merupakan penyusun ribosom dan juga mengaktifkan polimerase.

ruas-ruas batang memendek. 2011). 2011). terytama pada tanah berkapur (http://www.sistein desulfihidrase. misalnya Cu-EDTA (Cu-ethilen diamine tetra acetate acid) dan Cu-DTPA (Cu diethilen triamine penta acetate acid) (http://www. Cu dalam akar tanaman dan dalam xylem > 99% dalam bentuk kompleks.com/?p=247. Dalam getah tanaman bik dalam xylem maupun floem hampir semua Cu membentuk kompleks senyawa dengan asam amino. Tembaga (Cu) Tembaga (Cu) diserap dalam bentuk ion Cu++ dan mungkin dapat diserap dalam bentuk senyawa kompleks organik. 2011). zinkit (ZnO).hdrfarm. Juga berperan dalam biosintesis auxin. Cu berbentuk senyawa dengan S. Dalam tanah.com/? p=247. super okside demutase (SOD).15 (ZnCO3). Ketersediaan Zn menurun dengan naiknya pH. Fungsi Zn antara lain : pengaktif enim anolase. pengapuran yang berlebihan sering menyebabkan ketersediaaan Zn menurun. luvigit .com/?p=247. histidin deaminase. lesitimase. aldolase. 2011).hdrfarm. proteinase dan peptidase.hdrfarm. pemanjangan sel dan ruas batang (http://www.hdrfarm. borinit (Cu5FeS4). karbon anhidrase. asam oksalat dekarboksilase. O. wellemit (ZnSiO3 dan ZnSiO4). kalkopirit (CuFeS2). Tanah yang mempunyai pH tinggi sering menunjukkan adanya gejala defisiensi Zn. CO3 dan SiO4 misalnya kalkosit (Cu2S). daun mengecil dan mengumpul (resetting) dan klorosis pada daundaun muda dan intermedier serta adanya nekrosis (http://www. Adapun gejala defisiensi Zn antara lain : tanaman kerdil. dehidrogenase. kovelit (CuS).com/?p=247.

hdrfarm. powellit (CaMo)3.com/?p=247.com/?p=247. Fungsi dan peranan Cu antara lain : mengaktifkan enzim sitokromoksidase. 2011). adirit [(Cu3(OH)2(CO3)]. berperan terhadap fiksasi N secara simbiotis dan penyusunan lignin. warna daun muda kuning dan kerdil.com/?p=247. berperan terhadap perkembangan tanaman generatif. Hal ini agak berbeda dengan sifat hara mikro yang lain. Walaupun demikian dengan senyawa organik Mo membentuk senyawa khelat yang melindungi Mo dari pencucian air. tetrahidrit [(Cu. kadar Mo sering sekitar 1500 ppm. Bila tanaman terlalu tinggi.Fe)12SO4S3)].16 (Cu3AsS4). Pada tanah gambut atau tanah organik sering terlihat adanya gejala defisiensi Mo. daun-daun lemah. askorbit-oksidase. kufirit (Cu2O). brosanit [Cu4(OH)6SO4] (http://www.8H2O (http://www. Variasi antara titik kritik dengan toksis relatif besar. selain toksis bagi tanaman juga berbahaya bagi hewan yang memakannya.hdrfarm. Molibdenum (Mo) dalam larutan sebagai kation ataupun anion. Berperan dalam metabolisme protein dan karbohidrat. Pada daun kapas. Molibden (Mo) Molibden diserap dalam bentuk ion MoO4-. Tanah yang disawahkan menyebabkan . Mineral lempung yang terdapat di dalam tanah antara lain molibderit (MoS).Adapun gejala defisiensi / kekurangan Cu antara lain: pembungaan dan pembuahan terganggu. layu dan pucuk mongering serta batang dan tangkai daun lemah (http://www. 2011). sinorit (CuO). 2011).hdrfarm. asam butirat-fenolase dan laktase. Umumnya tanah mineral cukup mengandung Mo. malasit [Cu2(OH)2CO3].

17 kenaikan ketersediaan Mo dalam tanah. boron sering terdapat dalam bentuk senyawa organik. Mineral dalam tanah yang mengandung boron antara lain turmalin (H2MgNaAl3(BO)2Si4O2)O20 yang mengandung 3%-4% boron. Gejala yang timbul karena kekurangan Mo hampir menyerupai kekurangan N.hdrfarm. Bila defisiensi berat. Boron yang tersedia untuk tanaman hanya sekitar 5%dari kadar total boron dalam tanah. 2011). maka lamina hanya terbentuk sedikit sehingga kelihatan tulangtulang daun lebih dominan (http://www. Boron (B) Boron dalam tanah terutama sebagai asam borat (H2BO3) dan kadarnya berkisar antara 7-80 ppm.com/?p=247.com/?p=247.com/?p=247. Hal ini disebabkan karena dilepaskannya Mo dari ikatan Fe (III) oksida menjadi Fe (II) oksida hidrat (http://www. 2011). Boron ditransportasikan dari larutan tanah ke akar tanaman melalui proses aliran masa dan difusi. Mineral tersebut terbentuk dari batuan asam dan sedimen yang telah mengalami metomorfosis (http://www. Fungsi Mo dalam tanaman adalah mengaktifkan enzim nitrogenase. Selain itu. .hdrfarm. daun menjadi pucat dan mati dan pembentukan bunga terlambat. Daun menjadi kering kelayuan. 2011). Boron dalam tanah umumnya berupa ion borat hidrat B(OH)4-. nitrat reduktase dan xantine oksidase. Gejala defisiensi Mo dimulai dari daun tengah dan daun bawah. Boron juga banyak terjerap dalam kisi mineral lempung melalui proses substitusi isomorfik dengan Al3+ dan atau Si4+. tepi daun menggulung dan daun umumnya sempit. Kekurangan Mo dapat menghambat pertumbuhan tanaman.hdrfarm.

pemanjangan dan diferensiasi sel. Klor dalam tanah tidak diikat oleh mineral. karbohidrat. fenol dan auksin. uleksit (NaCaB5O9.8H2O) dan aksinat. Di samping itu boron juga berperan dalam pembelahan. misalnya daun. mobilitas rendah. mencegah kehilangan air yang tidak seimbang. permeabilitas membran.4H2O).hdrfarm. 2011). Sumber Cl sering berasal dari air hujan. sehingga sangat mobil dan mudah tercuci oleh air draiinase. memperbaiki penyerapan ion lain. 2011).untuk tanaman kelapa dan kelapa sawit dianggap hara makro yang penting. hara Cl kebanyakan bukan menimbulkan defisiensi. .com/?p=247. meningkatkan osmose sel.5H2O).18 Mineral lain yang mengandung boron adalah kernit (Na2B4O7. Kadar Cl yang terbaik pada tanaman adalah antara 340-1200 ppm dan dianggap masih dalam kisaran hara mikro. kolamit (Ca2B6O11. Boron diikat kuat oleh mineral tanah. Klor berfungsi sebagai pemindah hara tanaman.com/?p=247. Gejal defisiensi hara mikro ini antara lain : pertumbuhan terhambat pada jaringan meristematik (pucuk akar). dan perkecambahan serbuk sari.hdrfarm. terutama seskuioksida (Al2O3 + Fe2O3) (http://www. Klor (Cl) Klor merupakan unsur yang diserap dalam bentuk ion Cl. buah yang sedang berkembang sngat rentan.hdrfarm.oleh akar tanaman dan dapat diserap pula berupa gas atau larutan oleh bagian atas tanaman. mudah terserang penyakit (http://www. tetapi justru menimbulkan masalah keracunan tanaman (http://www. mati pucuk (die back). protein.000 ppm berat tanaman kering. Fungsi boron dalam tanaman antara lain berperanan dalam metabolisme asam nukleat. oleh karena itu.com/?p=247. 2011). Kadar Cl dalam tanaman sekitar 2000-20.

2011).hdrfarm.hdrfarm.19 Juga berperan dalam fotosistem II dari proses fotosintesis. pada tanaman kol daun berbentuk mangkuk (http://www.com/?p=247. khususnya dalam evolusi oksigen (http://www. .com/?p=247. warna keemasan (bronzing) pada daun. gejala wilting (daun lemah dan layu). Adapun defisiensi klor adalh antara lain : pola percabangan akar abnormal. 2011).

gelas ukur untuk mengukur volume larutan. Dicuci botol kultur sampai bersih dan kemudian dibilas 2 atau 3 kali dengan air destilata. Ditandai botol-botol tersebut dengan etiket: lengkap (FeEDTA). Medan dengan ketinggian tempat ±25 m dpl. Bahan dan Alat Adapun bahan yang digunakan dalam percobaan ini adalah kecambah kacang hijau (Phaseolus radiates L. -P.20 BAHAN DAN METODOLOGI Waktu dan Tempat Praktikum Percobaan ini dilaksanakan pada tanggal 28 November 2011 pada pukul 10:00 WIB sampai dengan selesai di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. kapas untuk melilit kecambah dalam lubang sumbat.8 liter) yang berwarna hitam sebagai wadah larutan. pH-meter untuk memeriksa/mengukur pH larutan. kertas label untuk menandai botol kultur. 2. -hara mikro dan hara yang tidak diketahui. Adapun alat yang digunakan dalam percobaan ini adalah 11 botol kultur (ukuran 1. -S.) sebagai objek pengamatan. Prosedur Percobaan 1. -Mg. -Fe. -N. air destilata sebagai pelarut dari larutan baku. . -K. larutan baku unsure-unsur hara sebagai sumber nutrisi kecambah. pinset. 11 sumbat botol dan gabus berlubang tiga untuk menyumbat mulut botol kultur. lengkap ( ). -Ca.

21 3. b) Ditambahkan berturut-turut ke dalam masing-masing botol tadi larutan baku dengan pipet sesuai dengan petunjuk label. 9. Diperiksa setiap hari dan ditambahkan air destilata apabila air dalam botol kurang. Diukur panjang rata-rata akar dan batang. Diikuti caracara berikut: a) Dimasukkan akar kecambah melalui sumbat dengan hati-hati. b) Diperkuat kedudukan kecambah dengan melilitkan kecambah ke dalam lubang sumbat di sekeliling hipokotil kecambah. diminta bantuan asisten untuk memeriksa apakah semua perlakuan sudah lengkap dan diperiksa pH larutan hara dalam masingmasing botol. dicatat gejala-gejala yang tidak normal. 7. Setelah 1 minggu diperiksa keadaan kecambah. 6. Apabila telah selesai. 5. 8. Diisi botol-botol tersebut dengan larutan hara sampai ke lehernya. c) Ditambahkan ke dalam masing-masing botol air destilata sampai volumenya mencapai batas yang telah ditentukan (leher botol). diaduk campuran dengan baik setelah setiap penambahan larutan baku. Diikuti urutan seperti berikut ini: a) Diisi 2/3 botol dengan air destilata. Dipasang 3 kecambah kacang hijau pada sumbat botol kultur. . Diminta kepada asisten larutan yang tidak diketahui. 4. untuk menghindari tumbuhnya ganggang atau jamur di sekitar hipokotil. c) Diusahakan supaya kapas tidak mengenai larutan.

Diukur pH larutan hara. .22 10.

warna daun hijau Semua sampel mengering dan layu Ketiga sampel tumbuh normal daun normal 3 sampel tumbuh. 2.1 Layu semua -Ca 2.6 1.4 Mati 2 Pjg aka r 4.7 2 dari 3 sampel layu. namun terjadi pengerdilan dan tidak berkembang Ketiga sampel PENGAMATAN Umur 6 hari Pjg Keterangan Pjg daun aka r 2.6 1.2 2 sampel 5.2 layu.8 Lengkap FeCl3 2. warna daun hijau 2 dari 3 sampel tumbuh normal.8 Hidup 1 -N 5. 1 sampel tumbuh normal 2 dari 3 sampel 3. 1 sampel tumbuh normal 1.2 Umur 9 hari Pjg pH Keterangan daun lart.8 2.6 1.8 0.1 Hidup 1 .9 2.2 2.6 Mati semua -S 1. namun terjadi pengerdilan dan tidak berkembang Ketiga kecambah tumbuh.3 1.23 HASIL DAN PEMBAHASAN Hasil PER LA KU AN Lengkap FeEDTA Umur 3 hari pH Keterangan lart. 2 dari 3 sampel tumbuh normal.9 2.8 Layu semua -Mg 3.6 Semua sampel mati 2 dari 3 sampel layu. 1 sampel masih normal Semua sampel layu 2.0 5.8 0.6 3.8 0.8 3 sampel layu 3.1 0.6 Layu semua -K 2.

6 Hidup 1 4.8 layu.8 2.24 berkecambah daya normal -P 1 sampel mati. yang lain tumbuh normal 2 sampel berkecambah.3 1. 1 sampel tumbuh normal Semua sampel layu Semua sampel layu 3. 1 sampel tumbuh normal 2 dari 3 sampel layu.3 2.3 1. namun 1 sampel tidak berkembang 3 sampel berkecambah namun tidak normal 3.8 2.8 Layu semua -Hara Mikro 2.6 1.6 1.8 Layu semua .4 -Fe 4.

batu.25 Pembahasan Dari data diperoleh bahwa ada beberapa tumbuhan yang dapat tumbuh dengan normal. Hal ini membuktikan bahwa semua tanaman mesti mendapatkan unsur hara yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Disebut esensial karena bila satu saja diantaranya tidak tersedia maka tanaman akan mati atau minimal tanaman tidak mampu menyelesaikan siklus hidupnya. Hal ini sesuai dengan literatur Hartus (2002) yang menyatakan bahwa hidroponik diusahakan di berbagai tempat. Dari data juga dapat dilihat bahwa tanaman dengan berbagai perlakuan yang di dalam medianya terdapat unsut hara yang kurang tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. di media lain pun seperti air. Hidroponik dapat diusahakan sepanjang tahun tanpa mengenal musim oleh karena itu harga jualnya pun tidak khawatir akan jatuh. seperti pada perlakuan -K. Hidroponik tanaman dilakukan agar memudahkan kita sehingga tidak hanya di media tanah. -P. Hal ini sesuai dengan literatur Hartus (2002) yang menyatakan bahwa tanaman membutuhkan 16 unsur hara esensial. -N. Hal ini disebabkan karena tanaman dapat memanfaatkan unsur-unsur hara didalam media dengan baik sebagai sumber makanan. air. Hal ini sesuai dengan literatur Nicholls (1996) yang menyatakan bahwa pada metoda yang menggunakan air. atau dalam air yang dilengkapi dengan larutan zat makanan. meskipun sampel tidak semua tumbuh dengan normal. Sementara tanaman dapat tumbuh jika unsur hara. dan faktor lainnya untuk tumbuh dapat terpenuhi. cahaya. Pemeliharaan tanaman hidroponik pun lebih . dan kerikil tanaman dapat ditumbuhkembangkan. tumbuh-tumbuhan ditanam semata-mata dalam air.

26 mudah karena tempat budidayanya relatif bersih. . media tanamnya steril dan tanaman terlindungi dari terpaan hujan.

27 KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan 1. 3. 2. di media lain pun seperti air. Dari data juga dapat dilihat bahwa tanaman dengan berbagai perlakuan yang di dalam medianya terdapat unsut hara yang kurang tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Hidroponik tanaman dilakukan agar memudahkan kita sehingga tidak hanya di media tanah. Dari data diperoleh bahwa ada beberapa tumbuhan yang dapat tumbuh dengan normal. meskipun sampel tidak semua tumbuh dengan normal. -N. Saran Sebaiknya dalam bertanam secara hidroponik. seperti pada perlakuan -K. sehingga tanaman dapat terawat dan tumbuh serta berkembang dengan baik. . dan kerikil tanaman dapat ditumbuhkembangkan. batu. perawatan terhadap tanaman dilakukan dengan lebih cermat. -P.

Hidroponik Bercocok Tanam tanpa Tanah. Http://makalahdanskripsi. Diakses pada tanggal 6 Desember 2011. 2002. Http://www. E. Penebar Swadaya. P. dan M. T. 1998. Hidroponik Sayuran Semusim untuk Hobi dan Bisnis. 2003. H. Jakarta.hdrfarm. Bandung. Tanaman Bunga. Http://www.. dan H. Diakses pada tanggal 26 November 2011 pukul 20:05 WIB. Prihmantoro. Meramu Pupuk Hidroponik Tanaman Sayur.2011. Jakarta. Sayuran Dunia. Unsur Hara Dalam Tanah. E. H. ITB Press. Kacang Hijau Budidaya dan Pascapanen. V.. Yamaguchi. Prihmantoro. 2007.2011. Budidaya & Jenis Tanaman Pangan Unggul. Yogyakarta. Jakarta.untag-smd. Diakses pada tanggal 26 November 2011 pukul 20:00 WIB. Prinsip. Jakarta.php?docsrd=328. 2000.org/prohati3/browser. Unsur Hara Essensial. Penebar Swadaya. Jakarta. Y. Diakses pada tanggal 26 November 2011 pukul 20:10 WIB. Tanaman Buah. 2011.proseanet. Hidroponik Tanaman BUah untuk Bisnis dan Hobi. Penebar Swadaya. 1999. Jakarta. Rukmana. Produksi. H. Nicholls.org/wiki/kacanghijau. Hidroponik Tanaman tanpa Tanah.id/uploads/data/. Rubatzky.2011. dan Gizi.28 DAFTAR PUSTAKA Hartus. Dahara Prize. dan Y. O. Deskripsi Kacang Hijau. . Http://www. Hidroponik Sayuran Sistem NFT (Nutrient Film Technique)./Kes_tanahmateri2. Diakses pada tanggal 6 Desember 2011. Penebar Swadaya. Untung. R. Berkebun Hidroponik Secara Murah. Penebar Swadaya. 2000.ac. 1997.com/?p=247. Kanisius. H. 1999. Sutiyoso. dan Y. R. Indriani. Jakarta.Purnamawati. Morfologi Tanaman Kacang Hijau. 2011. Http://wikipedia. Purnomo. Jakarta. Penebar Swadaya.ppt. Indriani. Kacang Hijau. 1996. Lingga.com. Penebar Swadaya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful