BAB 1 BIOTEKNOLOGI DAN CIRI - CIRINYA A.

PENGERTIAN BIOTEKNOLOGI Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah yangmenggunakan makhluk hidup untuk menghasilkan produk dan jasaguna kepentingan manusia. ilmu pendukung dalam bioteknologi meliputi mikrobiologi, biokimia, genetika, biologi sel, teknik kimia, dan enzimologi. Dalam bioteknologi biasanya digunakan mikroorganisme atau bagian-bagiannya untuk meningkatkan nilai tambah suatu bahan. Bioteknologi adalah penggunaan biokimia, mikrobiologi, dan rekayasa genetika secara terpadu, untuk menghasilkan barang atau lainnya bagi kepentingan

manusia.Biokimia mempelajari struktur kimiawi organisme. Rekayasa genetika adalah aplikasi genetik dengan mentransplantasi gen dari satu organisme ke organisme lain. Ciri utama bioteknologi: 1. Adanya aBen biologi berupa mikroorganisme, tumbuhan atau hewan. 2. Adanya pendayagunaan secara teknologi dan industry. 3. Produk yang dihasilkan adalah hasil ekstraksi dan pemurnian.

dan sebagainya termasuk keju dan yoghurt. Ciri khas yang tampak pada bioteknologi konvensional. Bioteknologi konvensional Bioteknologi dapat digolongkan menjadi bioteknologi konvensional/tradisional. Satu fakta yang tidak dapat dipungkiri akibat ketertinggalan negara kita mengembangkan bioteknologi adalah dimanfaatkannya plasma nutfah negara kita oleh negara lain. Bidang Pertanian Penggunaan bioteknologi untuk menciptakan kultivar unggul seperti tanaman padi dan tanaman semusim sangat berguna untuk pemenuhan kebutuhan pangan rakyat Indonesia. terutama para petinggi dan wakil petani yang tahu betul hasil uji coba . Karenanya. a. Pro dan kontra penggunaan tanaman transgenik ramai dibicarakan diberbagai media massa. Proses yang dibantu mikroorganisme. jagung. kecap. yaitu adanya penggunaan makhluk hidup secara langsung. hasilnya antara lain tempe. misalnya dengan fermentasi.Bioteknologi seperti transgenik dalam bidang pertanian pada dasarnya telah mulai dikembangkan. Salah satu contohnya adalah kapas transgenik. dan lain-lain. tape.BAB II JENIS BIOTEKNOLOGI DAN CONTOHNYA 1. namun penolakan-penolakan dari berbagai pihak menyebabkan teknologi ini tidak pesat perkembangannya. Tanaman-tanaman pertanian yang telah berhasil meningkatkan produksi dan kualitas melalui transgenik antara lain kapas. Pihak yang pro. Proses tersebut dianggap sebagai bioteknologi masa lalu. pengembangan bioteknologi diberbagai bidang perlu mendapat perhatian serius. Durian bangkok dan mangga berwarna keunguan dari Australia adalah sebagian kecil contohnya. Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi yang memanfaatkan mikroorganisme untuk memproduksi tempe Mikroorganisme dapat mengubah bahan pangan.

Tanaman-tanaman pertanian yang telah berhasil meningkatkan produksi dan kualitas melalui transgenik antara lain kapas. namun penolakan-penolakan dari berbagai pihak menyebabkan teknologi ini tidak pesat perkembangannya. Bioteknologi seperti transgenik dalam bidang pertanian pada dasarnya telah mulai dikembangkan. sangat ekstrim mengungkapkan berbagai bahaya hipotetik tanaman transgenic. Pihak yang pro. pengembangan bioteknologi diberbagai bidang perlu mendapat perhatian serius. studi kelayakan. Disini. sehingga menghasilkan gulma unggul yang sulit dibasmi. Masalah lain yang menjadi kekhawatiran berbagai pihak adalah potensinya dalam mengganggu keseimbangan lingkungan antara lain serbuk sari jagung dialam bebas dapat mengawini gulma-gulma liar. jagung. serta sistem pengawasan yang ketat oleh instansi yang berwenang. terutama para petinggi dan wakil petani yang tahu betul hasil uji coba di lapangan memandang kapas transgenik sebagai mimpi yang . ada juga kontroversi penggunaan tanaman jagung yang telah direkayasa secara genetik untuk pakan unggas. pihak peneliti memegang peranan penting dalam mengungkap dan membuktikan atau menyanggah berbagai kekhawatiran yang timbul. sedangkan Pihak yang kontra. satu-satunya jalan adalah dengan melakukan beberapa tahapan pengujian. dan lain-lain. Durian bangkok dan mangga berwarna keunguan dari Australia adalah sebagian kecil contohnya. Pro dan kontra penggunaan tanaman transgenik ramai dibicarakan diberbagai media massa. Sebaliknya. Selain kapas. Satu fakta yang tidak dapat dipungkiri akibat ketertinggalan negara kita mengembangkan bioteknologi adalah dimanfaatkannya plasma nutfah negara kita oleh negara lain.di lapangan memandang kapas transgenik sebagai mimpi yang dapat membuat kenyataan. Salah satu contohnya adalah kapas transgenik. Kekhawatiran yang muncul adalah produk akhir unggas Indonesia akan mengandung genetically modified organism ( GMO ). manfaat lain adalah jagung yang dihasilkan mempunyai kualitas yang hebat. Bagaimana cara kita menyikapinya?. Karenanya. kebal terhadap serangan hama sehingga petani tidak perlu menyemprot pestisida. Bioteknologi Dalam Bidang Pertanian Penggunaan bioteknologi untuk menciptakan kultivar unggul seperti tanaman padi dan tanaman semusim sangat berguna untuk pemenuhan kebutuhan pangan rakyat Indonesia. kelompok masyarakat yang pro mengatakan bahwa dengan jagung transgenik selain akan mempercepat swa sembada jagung.

Ragi . Akan tetapi. namun yang paling luas penyebarannya adalah tempe kedelai. seperti dapat mencegah dan mengendalikan diare. ada juga kontroversi penggunaan tanaman jagung yang telah direkayasa secara genetik untuk pakan unggas. memperlancar pencernaan. sangat ekstrim mengungkapkan berbagai bahaya hipotetik tanaman transgenic. tempe mulai banyak dicari dan digemari masyarakat dalam maupun luar negeri. Kekhawatiran yang muncul adalah produk akhir unggas Indonesia akan mengandung genetically modified organism ( GMO ). penyakit gula. pihak peneliti memegang peranan penting dalam mengungkap dan membuktikan atau menyanggah berbagai kekhawatiran yang timbul. dapat mengurangi toksisitas. setelah diketahui manfaatnya bagi kesehatan. dapat menurunkan kadar kolesterol. Tempe mempunyai nilai gizi yang baik. sehingga masyarakat merasa gengsi memasukkan tempe sebgai salah satu menu makanannya. selain diperlukan bahan dasar kedelai juga diperlukan ragi. b. dan kanker. meningkatkan vitalitas. Bdang Pembuatan Tempe Tempe kadang-kadang dianggap sebagai bahan makanan masyarakat golongan menengah ke bawah. mencegah anemia. sedangkan Pihak yang kontra. manfaat lain adalah jagung yang dihasilkan mempunyai kualitas yang hebat. mempercepat proses penyembuhan duodenitis. serta sistem pengawasan yang ketat oleh instansi yang berwenang. Di samping itu tempe mempunyai beberapa khasiat. Sebaliknya. Jenis tempe sebenarnya sangat beragam. Bagaimana cara kita menyikapinya?. Selain kapas. bergantung pada bahan dasarnya. Untuk membuat tempe. kebal terhadap serangan hama sehingga petani tidak perlu menyemprot pestisida. satu-satunya jalan adalah dengan melakukan beberapa tahapan pengujian. serta mampu menghambat resiko jantung koroner. studi kelayakan. sehingga menghasilkan gulma unggul yang sulit dibasmi.dapat membuat kenyataan. menghambat ketuaan. Disini. kelompok masyarakat yang pro mengatakan bahwa dengan jagung transgenik selain akan mempercepat swa sembada jagung. Masalah lain yang menjadi kekhawatiran berbagai pihak adalah potensinya dalam mengganggu keseimbangan lingkungan antara lain serbuk sari jagung dialam bebas dapat mengawini gulma-gulma liar.

Dalam rekayasa genetika digunakan DNA untuk menggabungkan sifat makhluk hidup. yaitu Rhyzopus oligosporus. bioteknologi tidak hanya dimanfaatkan dalam industri makanan tetapi telah mencakup berbagai bidang. para ahli telah mulai lagi mengembangkan bioteknologi dengan memanfaatkan prinsip-prinsip ilmiah melalui penelitian. Dalam proses pembuatan tempe paling sedikit diperlukan empat jenis kapang dari genus Rhizopus. sehingga dapat direkomendasikan. Perubahan tersebut meningkatkan kadar protein tempe sampai sembilan kali lipat. Rekayas genetika disebut juga pencangkokan gen atau rekombinasi DNA. Dewasa ini. a. . Selanjutnya DNA tersebut akan mengatur sifatsifat makhluk hidup secara turun-temurun. Proses fermentasi tersebut menyebabkan terjadinya perubahan kimia pada protein. Bioteknologi Modern Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Rhyzopus arrhizus. dan karbohidrat. Miselium dari kapang tersebut akan mengikat keping-keping biji kedelai dan memfermentasikannya menjadi produk tempe. 2. dan Rhyzopus oryzae. Rekayasa genetika Rekayasa genetika merupakan suatu cara memanipulasikan gen untuk menghasilkan makhluk hidup baru dengan sifat yang diinginkan. Hal itu karena DNA dari setiap makhluk hidup mempunyai struktur yang sama. penciptaan sumber energi. seperti rekayasa genetika.merupakan kumpulan spora mikroorganisme. maka bioteknologi makin besar manfaatnya untuk masa-masa yang akan datang. dalam hal ini kapang. Dengan adanya berbagai penelitian serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam bioteknologi modern orang berupaya dapat menghasilkan produk secara efektif dan efisien. Rhyzopus stolonifer. penanganan polusi. Beberapa penerapan bioteknologi modern sebagai berikut. lemak. dan sebagainya.

Bidang kedokteran Aplikasi dari bioteknologi medis sudah berlangsung lama. Pada zaman sekarang. dan lain-lain yang akan diuraikan oleh bakteri dalam fermenter. Pada fase anaerob akan dihasilkan gas metana yang dibakar dan digunakan untuk bahan bakar. Bidang bahan bakar masa depan Kamu sudah mengetahui bahwa bahan bakar minyak termasuk sumber daya yang tidak bisa diperbarui. daun-daunan. suatu saat akan habis. dan India terdapat beberapa kelompok masyarakat yang hidup di desa yang telah menerapkan teknologi fermenter gasbio untuk menghasilkan metana. Selain contoh tersebut. c. Di negara Cina. Hal itu merupakan tantangan bagi para ilmuwan untuk menemukan bahan bakar pengganti yang diproduksi melalui bioteknologi. Alternatif bahan bakar masa depan untuk menggantikan minyak. antara lain adalah biogas dan gasohol. sebagai contoh 100 tahun lalu lintah umum digunakan untuk merawat penyakit dengan cara membiarkan lintah menyedot darah pasien bloodletting. lintah ditemukan memiliki enzim pada kelenjar salivanya yang dapat menghancurkan gumpalan darah yang bila tidak dihancurkan dapat menyebabkan strok dan serangan jantung. yaitu gasbio (metana) dan gasohol (alkohol). Sedangkan teknologi gasohol telah dikembangkan oleh negara Brazil .Untuk mengubah DNA sel dapat dilakukan melalui banyak cara. Hal ini dipercaya dapat menghilangkan darah yang sudah terjangkit penyakit. kertas. Biogas dibuat dalam fase anaerob dalam fermentasi limbah kotoran makhluk hidup. Bahan baku teknologi fermenter tersebut adalah feses hewan. Oleh karena itu. misalnya melalui transplantasi inti b. terdapat banyak aplikasi bioteknologi di bidang medis. Saat ini telah ditemukan dua jenis bahan bakar yang diproduksi dari fermentasi limbah.

dibakar. Proses pirolisis yaitu proses dekomposisi bahan-bahan sampah dengan suhu tinggi pada kondisi tanpa oksigen. manusia ataupun gabungannya) secara biologiskimiawidengan bantuan mikroorganisme (misalnya bakteri. Dengan cara ini sampah dapat diubah menjadi arang. dan sisa makanan. harus ada upaya untuk menanganinya. Gasohol bersifat murah. Gasohol dihasilkan dari fermentasi kapang terhadap gula tebu yang melimpah. .Selama proses pengomposan terjadilah penguraian. dapat diperbarui dan tidak menimbulkan polusi. Di antara semua cara tersebut yang paling baik adalah dengan daur ulang. sisa aktivitas pertanian atau industri merupakan bahan yang biasanya sudah tak dikehendaki oleh manusia. sehingga cukup mengurangi tingkatpencemaran. Dalam pembuatan kompos. Salah satu contoh proses daur ulang sampah yang telah diuji pada beberapa sampah tumbuhan adalah proses pirolisis. d. Oleh karena itu. misalnya dengan ditimbun. Kelebihan bahan bakar hasil proses ini adalahrendahnya kandungan sulfur.Jenis mikroorganisme yang diperlukan dalam pembuatan komposbergantung pada bahan organik yang digunakan serta prosesyang berlangsung (misalnya proses itu secara aerob atau anaerob). Bahan hasil perombakan zat-zat makroorganik (darihewan. gas (misal: metana) dan bahananorganik. tumbuhan. Bahan-bahan tersebut dinamakan limbah atau sampah. sangat diperlukan mikroorganisme.sejak harga minyak meningkat sekitar tahun 1970. kertas bekas. Penanganan sampah dapat dilakukan dengan berbagai cara. jamur)serta oleh hewan-hewan kecil disebut kompos. Bidang pengolahan limbah Kaleng. Bahan-bahan tersebut dapat dimanfaatkan kembali sebagai bahan bakar. atau didaur ulang. Keberadaan limbah sangat mengancam lingkungan.

misalnyaselulosa. Dengan bioteknologi. pengolahan limbah menjadi terkontrol dan efektif. pembentukan asam organik terutama asam humat yangpenting dalam pembuatan humus.misalnya menguraikan minyak. Hasil pengomposan bermanfaatsebagai pupuk. Pengolahan limbah secara bioteknologi melibatkan kerja bakteri-bakteri aerob dan anaerob . Salah satu zat pengemulsi. diproduksi oleh bakteri Acinetobacter calcoaceticus. Bioteknologi dapat diterapkan dalam pengolahan limbah. dan plastik.yaitu polisakarida yang disebut emulsan. air limbah. Cara laindalam mengatasi polusi minyak. yaitu dengan menggunakanpengemulsi yang menyebabkan minyak bercampur dengan airsehingga dapat dipecah oleh mikroba.

misalnya.BAB III DAMPAK PENGGUNAAN BIOTEKNOLOGI a. Dampak bioteknologi terhadap kesehatan Di bidang kesehatan manusia terdapat kemungkinan produk gen asing. Dampak Bioteknologi terhadap lingkungan Dampak bioteknologi terhadap lingkungan adalah Timbulnya dampak yang merugikan terhadap keanekaragaman hayati disebabkan oleh potensi terjadinya aliran gen ketanaman sekarabat atau kerabat dekat. . Hak paten yang dimiliki produsen organisme transgenik juga semakin menambah dominasi negara maju. Persaingan tersebut dapat menimbulkan ketidakadilan bagi negara berkembang karena belum memiliki teknologi yang maju. Kesenjangan teknologi yang sangat jauh tersebut disebabkan karena bioteknologi modern sangat mahal sehingga sulit dikembangkan oleh negara berkembang. gen cry dari bacillus thuringiensis maupun bacillus sphaeericus. Dampak bioteknologi terhadap sosial ekonomi dampak bioteknologi terhadap sosial ekonomi adalah persaingan internasional dalam perdagangan dan pemasaran produk bioteknologi. c. dapat menimbulkan reaksi alergi pada tubuh mausia. perlu di cermati pula bahwa insersi ( penyisipan ) gen asibg ke genom inag dapat menimbulkan interaksi anatar gen asing dan inang produk bahan pertanian dan kimia yang menggunakan bioteknologi. sangat terasa dalam produk pertanian transgenik yang sangat merugikan bagi agraris berkembang. seperti. Ketidakadilan. b.

Bagaimanapun juga. termasuk dalam bidang ilmu pengetahuan dan . sehingga falsafah Tuhan Allahnya deisme (pandangan yang menegaskan bahwa hanya Tuhan yang dapat memecahkan problem manusia) berangsur-angsur hilang. ilmu yang dikuasai oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Maka refleksi etis terhadap apa yang sedang dilakukan manusia menjadi sangat diperlukan. teknologi dan bioteknologi justru akan melayani nafsu terhadap kekuasaan atau keinginan irrasional untuk mendominasi. dan bahwa ia hanya pesuruh-Nya di bumi ini yang diminta untuk menjaga keseimbangan antar mahluk yang ada di bumi ini. Ia harus sadar bahwa ilmu pengetahuan yang dapat dikuasainya hanyalah sebagian kecil saja dari Al Ilm. Dampak Bioteknologi Terhadap Etika / Moral Seperti diketahui. menyebutkan bahwa dampak ilmu pengetahuan terhadap cara berpikir manusia dewasa ini sungguh dahsyat. tetapi juga theologi yang terlalu theosentris.d. Rasionalitas ilmu pengetahuan itu tidak hanya mengubah cara pandang tradisional kita. Pengetahuan itu kemudian digunakan untuk mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari lingkungan alam yang tersedia. kemampuan berfikir dan bernalar membuat manusia menemukan berbagai pengetahuan baru. perkembangan dalam bioteknologi tidak terlepas dari tanggung jawab manusia sebagai perilaku sekaligus makhluk etis. Selanjutnya dikatakan bahwa manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi akan memperbesar kekuasaan kita atas alam dan masyarakat dan atas diri kita sendiri. Dalam mengembangkan bioteknologi. Untuk mengurangi bahaya yang mungkin timbul akibat teknologi maupun bioteknologi maka sebagai manusia yang ber Tuhan. Ilmu pengetahuan secara umum membantu manusia untuk memecahkan masalahnya. Manusia hendaknya dapat merefleksikan prinsip prinsipnya sendiri dalam seluruh aktivitasnya. sehingga akan muncul lagi bahaya dari teknologi yaitu semakin meningkatnya ilmu pengetahuan. camkanlah apa yang ditulis Nasution (1999) yaitu setiap kali seorang ilmuwan akan mengadakan penelitian ia harus sadar akan kedudukannya sebagai manusia di bumi ini. etika bioteknologi harus mendapat perhatian yang utama. sering pula teknologi yang kita hasilkan itu menimbulkan pengaruh sampingan yang menimbulkan kemudaratan Keraf dan Dua (2001). Akan tetapi.

merupakan tuntutan etis yang berciri menampung segala pemikiran dan aliran tentang kehidupan. agama. yang bersumber pada kala. filsafat. budi. Bioetika.teknologi. tradisi tanpa harus terikat dengan agama tertentu .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful