Definisi Dukungan Sosial Terdapat banyak definisi tentang dukungan sosial yang dikemukakan oleh para ahli.

Sheridan dan Radmacher menekankan pengertian dukungan sosial sebagai sumber daya yang disediakan lewat interaksi dengan orang lain. ³ Social support is the resources provided to us through our interaction with other people ´. (Sheridan dan Radmacher, 1992). Pendapat lain dikemukakan oleh siegel yang menyatakan bahwa dukungan sosial adalah informasi dari orang lain bahwa ia dicintai dan diperhatikan, memiliki harga diri dan dihargai, serta merupakan bagian dari jaringan komunikasi dan kewajiban bersama. ³ Social support is information from others that one is loved and cared for, esteemed and valued, and part of a network of communication and mutual obligation ³ (Siegel dalam Taylor, 1999). Dari beberapa definisi di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa dukungan sosial merupakan ketersediaan sumber daya yang memberikan kenyamanan fisik dan psikologis yang didapat lewat pengetahuan bahwa individu tersebut dicintai, diperhatikan, dihargai oleh orang lain dan ia juga merupakan anggota dalam suatu kelompok yang berdasarkan kepentingan bersama. Sumber Dukungan Sosial Dari definisi diatas dapat dilihat dengan jelas bahwa sumber dari dukungan sosial ini adalah orang lain yang akan berinteraksi dengan individu sehingga individu tersebut dapat merasakan kenyamanan secara fisik dan psikologis. Orang lain ini terdiri dari pasangan hidup, orang tua, saudara, anak, kerabat, teman, rekan kerja, staf medis serta anggota dalam kelompok kemasyarakatan. Bentuk Dukungan Sheridan dan Radmacher (1992), sarafino (1998) serta Taylor (1999) membagi dukungan sosial kedalam lima bentuk. Yaitu : 1. Dukungan instrumental (tangible assisstance) Bentuk dukungan ini merupakan penyediaan materi yang dapat memberikan pertolongan langsung seperti pinjaman uang, pemberian barang, makanan serta pelayanan. Bentuk dukungan ini dapat mengurangi stress karena individu dapat langsung memecahkan masalahnya yang berhubungan dengan materi. Dukungan instumental sangat diperlukan terutama dalam mengatasi masalah dengan lebih mudah.

2. Dukungan informasional

Bentuk dukungan ini membantu individu dalam membangun harga diri dan kompetensi. Dukungan sosial juga dapat mengubah hubungan anatara respon individu pada kejadian yang dapat menimbulkan stres dan stres itu sendiri.Bentuk dukungan ini melibatkan pemberian informasi. Dukungan emosional Bentuk dukungan ini membuat individu memiliki perasaan nyaman. yakin. pemberian semangat. persetujuan pada pendapat induividu. mempengaruhi strategi untuk mengatasi stres dan dengan begitu memodifikasi hubungan antara kejadian yang menimbulkan stres mengganggu kepercayaan diri. Dalam Safarino (1998) disebutkan beberapa contoh efek negatif yang timbul dari dukungan sosial. 3. Dampak Dukungan Sosial Bagaimana dukungan sosial dapat memberikan kenyamanan fisik dan psikologis kepada individu dapat dilihat dari bagaimana dukungan sosial mempengaruhi kejadian dan efek dari stress. Dukungan ini sangat penting dalam menghadapi keadaan yang dianggap tidak dapat dikontrol. diperdulikan dan dicintai oleh sumber dukungan sosial sehingga individu dapat menghadapi masalah dengan lebih baik. 4. Jenis informasi seperti ini dapat menolong individu untuk mengenali dan mengatasi masalah dengan lebih mudah. saran atau umpan balik tentang situasi dan kondisi individu. 5. antara lain : . Dukungan pada harga diri Bentuk dukungan ini berupa penghargaan positif pada individu. Dukungan sosial ternyata tidak hanya memberikan efek positif dalam memepengaruhi kejadian dan efek stres. perbandingan yang positif dengan individu lain. Dukungan dari kelompok sosial Bentuk dukungan ini akan membuat individu merasa anggota dari suatu kelompok yang memiliki kesamaan minat dan aktifitas sosial dengannya. dukungan sosial dapat memodifikasi efek itu. Apabila kejadian tersebut muncul. Lieberman (1992) mengemukakan bahwa secara teoritis dukungan sosial dapat menurunkan kecenderungan munculnya kejadian yang dapat mengakibatkan stress. interaksi dengan orang lain dapat memodifikasi atau mengubah persepsi individu pada kejadian tersebut dan oleh karena itu akan mengurangi potensi munculnya stress. Dengan begitu individu akan merasa memiliki teman senasib.

4. seperti melakukan atau menyarankan perilaku tidak sehat.1. Terlalu menjaga atau tidak mendukung individu dalam melakukan sesuatu yang diinginkannya. 3. 2. . Dukungan yang tersdia tidak dianggap sebagai sesuatu yang membantu. Sumber dukungan memberikan contoh buruk pada individu. individu merasa tidak perlu dibantu atau terlalu khawatir secra emosional sehingga tidak memperhatikan dukungan yang diberikan. Hal ini dapat terjadi karena dukungan yang diberikan tidak cukup. Keadaan ini dapat mengganggu program rehabilitasi yang seharusnya dilakukan oleh individu dan menyebabkan individu menjadi tergantung pada orang lain. Duklungan yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan individu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful