MAKALAH

Pendidikan Agama Islam
TENTANG

Arkanul Islam
(RUKUN ISLAM)

Disusun Oleh :

MUHAMMAD FIKRI (10.MI.208) NENO ELFA MARGANTARA (10.MI.210) SAHIPUDDIN (10.MI.216)

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER MATARAM KAMPUS SUMBAWA
Tahun Akademik 2011/2012

KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan rahmat, hidayah, dan rizki yang tak pernah putus kepada kita semua. Sholawat serta salam tak lupa kita curahkan kepada Nabi Muhammad saw, Rosul Allah yang senantiasa membimbing dan menyayangi umatnya hingga akhir zaman. Makalah ini kami susun dengan maksud untuk memenuhi tugas dari pendidikan agama islam, selain itu dapat memberikan pengetahuan dasar tentang ajaran-ajaran agama Islam. Semoga makalah ini dapat menjadi bahan, pedoman dan tuntunan bagi generasi muda Islam, serta memberikan manfaat bagi kita semua yang membacanya. Banyak orang yang sudah mengetahui rukun Islam, tetapi banyak pula yang tidak mejalankannya dengan baik. Tema rukun Islam ini memang sangat ringan, tetapi di dalamnya sarat dengan dasar dan pokok ajaran agama Islam. Hal ini kadang dianggap remeh dan dilupakan oleh orang Islam, namun tanpa sadar dengan meninggalkannya merupakan kesalahan yang sangat fatal. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayaNya kepada kita semua. Allahumma amin. Sumbawa Besar, 15 November 2011 Penyusun,

Memahami rukun-rukun islam dan hal yang terkandung didalamnya. Setiap muslim wajib tunduk dan patuh menyerahkan diri kepada ketentuan Allah SWT. Orang yang telah memeluk agama Islam dan mengerjakan ajarannya akan mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat serta mendapatk an kedamaian dalam hidupnya. Latar Belakang Sebagai seorang muslim. kita tidak akan asing dengan kata ‘Islam’ . Tujuan 1. Pada hakekatnya Allah adalah penguasa seluruh kehidupan sehingga manusia wajib tunduk dan senantiasa beserah diri kepad a Allah SWT. Apakah rukun islam itu ? 2. B. sudahkah kita berperilaku sebagai orang Islam? Sebelum kita mengetahui bagaimana menjadi orang Islam yang baik. Islam juga berarti “keselamatan” dan “kedamaian”. Sebagai muslim. Untuk memenuhi tugas dari Pendidikan Agama Islam. Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah disini adalah : 1. Lalu apa yang wajib kita lakukan untuk mendapatkan keselamatan dan kedamaian di dunia dan akhirat? Salah satu yang wajib kita ketahui dan laksanakan adalah rukun islam. Islam secara bahasa dapat diartikan sebagai “ketundukan” dan “penyerahan diri”. 2.BAB I PENDAHULUAN A. Ada berapakah rukun islam itu ? C. terlebih dahulu kita pelajari apa arti “Islam” sebenarnya. . Selain itu.

Syahadat berasal dari kata “syahida” yang berarti mengakui apa yang diketahui. Membaca Dua Kalimat Syahadat A. 2. Syahadat rosul tersusun atas kalimat “WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ROSULULLAHI” yang menyatakan kesaksian atas keRasulan Nabi Muhammad saw. dan 5. Pengertian Rukun Islam Tahukah apa itu rukun Islam? Rukun islam adalah Dasar pokok ajaran Islam telah terkandung dalam rukun Islam. menegakkan sholat lima waktu. Syahadat terdiri atas dua dua kalimat yang saling berkaitan. Adapun kalimat syahadat adalah sebagai berikut: “ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLAAHU. dan puasa Ramadhan. mengeluarkan zakat. membaca dua kalimat syahadat yaitu mengakui dengan sesungguhnya bahwasannya tidak ada Tuhan yang wajib disembah melainkan Allah dan mengakui bahwa Nabi Muhammad saw adalah utusan Allah. Rukun Islam terdiri dari 5 (lima) hal pokok yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam. yaitu syahadat tauhid dan syahadat rosul. . WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSULULLAAHI”.(HR. Bukhori dan Muslim) 1. haji ke Baitullah. puasa di bulan Ramadhan. mendirikan sholat.BAB II PEMBAHASAN A. menunaikan ibadah haji bagi orang yang mampu mengerjakannya. Makan Dua Kalimat Syahadat Taukah apa itu dua kalimat syahadat? Dua kalimat syahadat (syahadatain) adalah dua kalimat ikrar kesaksian dan janji bahwasanya tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. membayar zakat. 4. Kelima rukun Islam tersebut adalah: 1. Lima pokok dasar Islam tersebut berdasarkan sabda Nabi Muhammad dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim yang Artinya: Islam dibina di atas lima dasar : bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah. 3. Sebagai seorang muslim kita wajib mengetahui dan mejalankannya. Syahadat tauhid tersusun atas kalimat “ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLAAHU” yang memiliki makna kesaksian atas keEsaan Allah.

. sebagai pintu gerbang masuk Islam b. Jadi. yang artinya mengingkari/ menolak.Kufur I’radh. Diperlukan pemahaman dan keyakinan dalam pengucapannya dan kesungguhan dalam penerapannya melalui amal perbuatan sehari -hari. misalnya tidak menyembah berhala/makhluk lain selain Allah dan menjalankan ajaran agama Islam sesuai dengan sunnah Rosul.Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang wajib disembah. yaitu tidak segera menyambut kebenaran. antara meyakini dan menjauhi. atau mengingkari suatu ajaran pokok agama Islam.Kufur juhud. Segera perbaiki iman dan keyakinan kita! 2. Jenis pengingkaran atau penolakan terhadap kebenaran. waspadalah hati kita sedag kufur. . kufur dapat diartikan sebagai perbuatan mengingkari atau menolak suatu keb enaran. yaitu menolak kebenaran Rosul beserta ajaran yang dibawanya. . yaitu sikap berpaling dari ajaran yang dibawa Rosul. Hal-hal tersebut antara lain adalah: 1.kufur takzib. dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Syirik Kata “sirik” sering kita gunakan dalam bahasa Indonesia dengan makna iri . Fungsi syahadat Fungsi dua kalimat syahadat adalah: a. sebagai intisari ajaran agama Islam C. Kufur Kata kufur mungkin akan terasa asing bagi kita. . Yang Membatalkan Sayahadat Ada beberapa hal yang dapt membatalkan dua kalimat syahadat yang telah kitaucapkan. Dua kalimat syahadat ini tidak hanya sekedar diucapkan dengan lisan begitu saja. antara lain sebagai berikut: . Jika jenis-jenis kufur ini salah satunya ada yang menyerang hati dan fikiran kita. karena kufur berasal dari bahasa arab. Dua kalimat syahadat ini merupakan dasar yang menentukan keIslaman seseorang. B.Kufur syak.Kufur iba’ wa istikbar. yaitu menerima ajaran Islam sebagai ajaran yang benar. tetapi enggan melaksanakan ajarannya karena takabur dan mencari ideology lain. tanpa penerimaan dan penolakan yang tegas. bimbang antara penerimaan dan penolakan. yaitu: sikap mengingkari wahyu Allah. melainkan Allah.

jika berbicara. Mereka biasanya suka menyembah mkhluk tertentu yang dianggap memiliki kekuatan lebih. mereka berkhianat. ada pula yang hanya melalui perkataan atau perbuatannya.atau dengki. 3. mereka berdusta b. 4. Murtad dapat terjadi dengan meninggalkan keyakinan dan aqidah Islam dan berpindah ke keyakinan yang lain. shalat berarti doa. riddah berasal dari bahasa Arab. jika dipercaya. SHOLAT A. jika berjanji. Siapakah mereka itu? Mereka adalah orang yang dengan sengaja dan penuh kesadaran menyatakan keluar dari agama Islam atau beralih keyakinan. Taukah kamu apa itu syirik? Syirik adalah mempersekutukan Allah. shalat harus dilaksanakan dengan khusuk dan sungguh -sungguh. Tetapi syirik kali ini sangatlah berbeda dengan sirik yang sering kita gunakan. Secara bahasa. di dalam shalat banyak sekali lafadz atau perkataan yang mengandung doa. Nifaq Nifaq merupakan kondisi yang berbeda antara yang diyakini dengan yang ditampakkan dalam perbuatan. Riddah Tidak jauh berbeda dengan istilah sebelumnya. dan lain sebagainya. shalat yang merupakan ajaran Nabi Muhammad juga berasal dari Bahasa Arab. Mempersekutukan Allah di sini dapat diartikan dengan menyembah atau mengagung -agungkan makhluk lain selain Allah. Secara istilah. Pelaku riddah disebut dengan mu rtad. mereka ingkari c. Seperti apakah orang munafik itu? Berikut ini adalah ciri -ciri orang munafik : a. Orang yang melakukan nifaq disebut sebagai munafik. Mereka dapat berasal dari semua golongan umat Islam. Seperti yang kita ketahui. Jadi. Riddah bisa berarti meninggalkan agama Islam dengan penuh kesadaran dan dalam keadaan tidak terpaksa. shalat berarti perkataan -perkataan dan perbuatan yang didahului . Pengertian Sholat Sesuai dengan asal Nabi Muhammad saw dari keturunan Arab. 2. Selain itu. Siapakah pelaku syirik? Pelaku syirik disebut dengan musyrik. Doa merupakan permohonan dan pengharapan akan sesuatu yang kita inginkan kepada Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan kita.

Syarat-Syarat Sholat 1. menutup aurat dengan pakaian yang suci. dan lain sebagainya. C. I’tidal (bangkit dari rukuk) dengan tumakninah 7. Bagi seorang muslim yang sudah baligh (sudah cukup umur) dan sehat akalnya. Shalat sangat berkaitan dengan ibadah lahiriyah berupa gerakan anggota tubuh dan batiniyah yang berkaitan dengan kekhusukan hati dan fikiran. menghadap ke kiblat. Rukuk dengan tumakninah (berdiam sejenak dan tenang) 6. Syarat sah shalat Syarat sah shalat ada 5 (lima) hal yang harus dilakukan sebelum pelaksanaan shalat. balita. ia tidak memiliki kewajiban untuk melakuk an sholat. c. baligh. telah masuk waktu shalat. Duduk tasyahud akhir . mensucikan diri dari hadats besar dan hadats kecil. sujud. Sujud dua kali tiap rakaat dengan tumakninah 8. yaitu islam. Rukun Sholat Rukun shalat itu terdiri atas 13 hal. salam. orang non -Islam atau yang beragama selain Islam. duduk diantara dua sujud. Berdiri tegak bagi yang mampu. rukuk. Kelima syarat tersebut antara lain adalah sebagaiberikut: a. d. Syarat wajib shalat Syarat wajib shalat ada tiga hal. Niat. 2. Takbiratul ikhram 3. suci badan. Membaca Surat Al-Fatihah pada tiap-tiap rakaat 5. dan tempat shalat dari najis. ia memiliki kewajiban untuk melaksanakan shalat. Duduk di antara dua sujud dengan tumakninah 9. dan lain sebagainya. Seperti halnya shalat yang kita lakukan tak pernah lepas dari gerakan-gerakan badan seperti takbir. B.dengan takbiratul -ihram dan diakhiri dengan salam dengan syarat dan ketentuanketentuan tertentu. Contoh orang yang tidak memenuhi syarat wajib shalat adalah orang gila. Bagi orang yang hanya memiliki salah satu syarat atau tidak memenuhi ketiga syarat di atas. dan berakal. pakaian. Mari kita bahas 13 rukun shalat di bawah ini! 1. dan e. 2. b. terutama shalat fardlu/ shalat lima waktu. 4.

Ada yang menganjurkan puasa beberapa hari berturut -turut. Murtad/ keluar dari Islam 3. Bergerak/mengerjakan sesuatu yang banyak bukan pekerjaan shalat 8. Pengertian Puasa Beberapa agama di dunia ini menganjurkan umatnya untuk melakukan puasa. Yang Membatalkan Sholat Shalat yang kita lakukan bisa batal apabila salah satu syarat atau rukun shalat ditinggalkan. Namun. Membaca shalawat Nabi pada tasyahud akhir 12. masing-masing memiliki ketentuan dan cara -cara yang berbedabeda. Terkena najis 3. Tertib. bahkan ada yang dilakukan secara sederhana di rumah masing-masing. Berkata-kata dengan sengaja 4. Berniat keluar dari shalat sebelum shalatnya selesai 6. Kegiatan ini banyak dilakukan di masjid-masjid. mushola. mereka juga memperbanyak amal kebajikan pada bulan tersebut. Maksudnya tertib di sini adalah teratur dalam mengerjakan rukun-rukun shalat secara berurutan. Bagaimana shalat kita bisa batal? Berikut adalah hal -hal yang dapat membatalkan shalat. Membelakangi kiblat 9. ada yang . sering kita saksikan nuansa buka bersama dan sahur bersama yang dilakukan oleh mayoritas umat muslim. Membaca salam 13. rumah makan.10. Membuka aurat dengan sengaja 5. Ragu-ragu antara menghentikan shalat atau meneruskan 7. A. Membaca tasyahud akhir (syahdat) 11. Makan dan minum 10. Selain itu. umat muslim banyak yang melakukan puasa. Berhadats 2. Pernahkah kamu menyaksikan nuansa seperti ini pada Bulan Ramadhan? Pada Bulan Ramadhan. Tertawa terbahak-bahak 11. D. 1. instansi. Mereka tidak makan dan tidak minum mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. PUASA Pada Bulan Suci Ramadhan.

B. (QS. Sahur 2. Orang yang melakukan puasa dengan niat bukan karena Allah SWT atau karena makhluk lain. Menahan diri dari segala yang membatalkan puasa E. puasa adalah menahan diri dari segala yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari dengan niat hanya karena Allah swt. dan lain sebagainya. Menyegerakan berbuka ketika sudah datang waktu berbuka .Islam. diwajibkan atas kalian untuk berpuasa sebagaimana puasa itu diwajibkan atas orang -orang sebelum kalian. Menyambung puasa adalah puasa yang dilakukan beberapa hari berturut -turut tanpa berbuka dengan makan dan minum meskipun sudah datang waktu berbuka. . kita harus menjalankan seluruh rukun -rukun puasa. . maka puasa yang dijalankan seseorang tidak sah. puasa berfungsi sebagai sarana untuk mengokohkan iman dan taqwa seseorang. Dalam Al-Qur’an surat Al-Baqoroh ayat 183. AlBaqoroh:183) C. Ada pula cara puasa yang dilarang dalam Islam.menganjurkan puasa dengan tidak makan makanan yang disukai. 1. Rukun Puasa Dalam menjalankan puasa. Syarat Wajib Puasa Adapun yarat wajib puasa ada empat hal.Berakal. kita harus mengetahui ma kna dan tata cara puasa menurut ajaran agama Islam. D. Berniat 2. . yaitu: . Berikut ini adalah rukun-rukun puasa.Sanggup atau mampu. Sebagai seorang muslim. Selain sifatnya wajib.Baligh. yaitu menyambung puasa. Sunnah-Sunah yang dilakukan saat Puasa 1. Tanpa adanya rukun puasa. agar kalian bertaqwa”. Hukum Puasa Puasa khususnya puasa ramadhan hukumnya wajib ba gi seorang muslim yang sudah memenuhi syarat wajib puasa. maka puasa tersebut tidak bernilai ibadah. Bagaimanakah puasa dalam agama Islam? Dalam ajaran agama Islam. Allah AWT berfirman yang artinya : “Haiorang-orang yang beriman.

Muntah dengan sengaja 5. 2. Memasukkan suatu benda dengan sengaja ke dalam rongga tubuh seperti hidung. Hamil atau menyusui. 3. Keluar mani dengans sengaja 6. Menahan diri dari perbuatan yang haram dan sia -sia. jika hal tersebut te rjadi secara tidak sengaja seperti lupa. 4. Apa sajakah manfaat puasa bagi kita? Pada dasarnya Allah SWT menyuruh kepada hambaNya . dan lain sebagainya. Sakit.3. dan memasukkan suatu benda ke mulut sampai ke kerongkongan. Alasan -alasan yang membolehkan seseorang untuk tidak berpuasa adalah sebagai berikut: 1. Memperbanyak berbuat baik kepada keluarga dan k erabat serta memperbanyak sedekah kepada fakir miskin. hal itu tidak membatalkan puasa. Beri’tikaf di masjid terutama pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. dan lain sebgainya. berdzikir. 7. Namun. Melakuakan hubungan suami istri H. I. F. Menelan air yang sampai ke kerongkongan saat berkumur -kumur. 5. di dalamnya mengandung banyak manfaat bagi orang yang menjalankannya. Lebih menyibukkan diri dengan hal -hal yang bermanfaat seperti menuntut ilmu. 3. haid. Mandi dari janabat. Membaca doa ketika berbuka. 2. Makan. minum. Musafir. dan nifas sebelum terbit fajar agar dalam keadaan suci sejak awal berpuasa. Hal yang Membatalkan Puasa Hal-hal yang membatalkan puasa adalah sebagai berikut: 1. mempelajari Al-Qur’an. membaca Al-Quran. 6. 4. Uzur karena usia lanjut dan tidak mampu untuk berpuasa. dubur. 4. telinga. 9. Memberi makanan dan minuman berbuka bagi orang yang berpuasa 5. 8. Penyakit yang secara medis tidak ada lagi harapan sembuhnya. Manfaat Puasa Puasa memang terasa berat jika belum terbiasa. Hal yang Membolehkan Tidak Berpuasa Ramadhan Seseorang diperbolehkan untuk tidak berpuasa jika tidak mampu atau puasa tersebut memberatkannya. Namun.

dan waktu tertentu untuk kepentingan umat Islam. karena zakat adalah rukun Islam ketiga setelah syahadat dan shalat. ZAKAT Zakat merupakan salah satu pokok agama yang sangat penting dalam agama Islam.untuk berpuasa bukanlah untuk suatu hal yang sia -sia melainkan di dalamnya terdapat manfaat yang banyak bagi kita. (QS : At-Taubah : 103). Berbeda dengan shalat yang berfungsi untuk membentuk keshalihan dari sisi pribadi seperti mencegah diri dari perbuatan keji dan munkar. Pengertian Zakat Zakat bisa diartikan sebagai shadaqah yang wajib dikeluarkan seseorang atas kepemilikan harta dengan ketentuan tertentu . zakat berarti shadaqah dari apa yang kita miliki termasuk harta yang wajib dikeluarkan dan telah ditetapkan jenis. di antaranya adalah: • Melatih kesabaran diri. dan masih banyak manfaat yang lainnya. A. zakat memiliki fungsi untuk membentuk keshalihan dalam sistem sosial kemasyarakatan . jumlah. . dan shadaqah. Artinya: "Pungutlah zakat dari sebagian kekayaan mereka dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka. 4. menumbuhkan rasa kepedulian dan cinta kasih terhadap golongan yang lebih lemah. • Menghilangkan rasa sombong karena pada saat lapar dan haus kita bisa merasakan apa yang selama ini dialami oleh fakir miskin. • Melatih diri untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat -nikmat yang telah diberikan.". Kadangkala kita sulit membedakan antara zakat. zakat berarti tumbuh dan berkah atau dapat pula diartikan membersihkan atau mensucikan. Makna zakat Secara bahasa. Secara istilah. Seperti apakah itu? Misalnya saja seperti memberantas kemiskinan. infaq. Berikut ini adalah perbedaan antara ketiga hal tersebut: 1. • Menyehatkan organ pencernaan karena waktu makan teratur dan mendapatkan kesempatan untuk istirahat sejenak dari aktivitasnya selama ini.

memberikan senyuman dan wajah yang manis kepada saudaranya. Hal ini lebih utama dibanding kita berinfaq dan menunda-nunda zakat atau bahkan meninggalkan zakat. (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.5 kilogram makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan. Karena zakat hukumnya wajib. lalu dibakar dengannya dahi mereka. Hukum Zakat. menuntun orang yang buta. maka beritahukanlah kepada mereka. Zakat fitrah Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan muslim menjelang Idul Fitri pada bulan Ramadan. Makna infaq Pengertian infaq adalah lebih luas dan lebih umum dibanding dengan zakat." (QS At Taubah : 34 -35) C. lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri. waktu dan juga yang tidak terbatas pada harta benda saja tetapi juga dapat dalam bentuk non materi.Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah. kita harus lebih mendahulukan zakat dibandingkan dengan infaq dan shadaqoh yang hukumnya sunnah Jika kita memiliki harta benda yang sudah memenuhi syarat zakat. jumlahnya dan waktunya suatu kekayaan atau harta yang akan diinfaqkan.. maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu. Berikut ini akan kita simak ayat Al -Qur’an yang menerangkan tentang ancaman Allah SWT kepada hambaNya yang meninggalkan zakat. Allah memberi kebebasan kepada pemiliknya untuk menetukan jenis harta. Infaq dan Shadaqah Zakat sifatnya wajib bagi setiap muslim yang hartanya telah memenuhi syarat tertentu sedangkan infaq atau shadaqah adalah sunnah. misalnya men yingkirkan rintangan di jalan. Allah berfirman dalam surat At-Taubah ayat 34-35 yang artinya :“.2. 3. dan lain sebagainya . Infaq tidak ditentukan jenisnya. Shadaqah ialah segala bentuk nilai kebajikan yang tidak terikat oleh jumlah. Besar Zakat ini setara dengan 2. B. Makna Shadaqah Adapun Shadaqoh mempunyai makna yang lebih luas lagi dibanding infaq. berapa jumlah yang yang sebaiknya diserahkan. pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam. Macam-macam Zakat 1. terlebih dahulu dikeluarkan zakatnya. Zakat fitrah yang dikeluarkan oleh umat Islam di Indonesia berupa beras karena beras .

• Tidak dipekerjakan • Tidak boleh memberikan binatang yang cacat dan tua (ompong) • Pembiayaan untuk operasional ternak dapat mengurangi dan bahkan menggugurkan zakat ternak 2. 2.merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. • Mencapai nisabnya. Emas dan perak 3. hasil laut. Masing-masing harta tersebut memiliki ketentuan perhitungannya sendirisendiri.syarat berikut ini: . Lebih dari kebutuhan pokok 5. Zakat fitrah ini wajib dikeluarkan oleh tiap umat Islam tiap 1 tahun sekali yaitu menjelang Idul Fitri dan diserahkan kepada fak ir miskin. Syarat-Syarat Harta Yang Wajib Dizakati 1. Berlalu Satu Tahun (Al-Haul) E. Zakat maal (harta) Zakat maal adalah zakat yang harus dikeluarkan m encakup hasil dari perniagaan. terlebih dahulu harus memenuhi sayarat-syarat berikut ini: • Sampai haul atau sudah lebih dari 1 tahun. Barang Perniagaan/Perdagangan 4. Cukup nishab 4. emas dan perak. • Digembalakan dan mendapatkan makanan di lapangan tempat pengembalaan terbuka. har ta temuan. Milik Penuh 2. Hasil Pertanian Tanaman yang wajib dikeluarkan zakatnya setidaknya memenuhi syarat . Berkembang 3. pertambangan. Jenis Harta Yang wajib Dikeluarkan Zakatnya 1. Bebas dari hutang 6. hasil ternak. D. pertanian. Binatang ternak Hewan ternak yang akan dikelurkan zakatnya.

kurma dan anggur kering. 2. Hasil pertanian tersebut jumlahnya sudah mencapai 653 kg atau lebih (sebesar 5 wasaq) F. Hasil pertanian yang tumbuh-tumbuhan atau tanaman merupakan makanan pokok. Hasil pertanian yang tanamannya bernilai ekonomis baik makanan pokok atau sayur-sayuran dan buah-buahan kecuali rumput dan pohon yang tidak berbuah. 8. jagung. Gharimin Siapakah itu gharimin? Gharimin adalah mereka yang berhutang untuk kebutuhan yang halal dan tidak sanggup untuk memenuhi hutangnya karena pendapatan yang pas-pasan. Miskin 3. contohnya gandum. Orang Yang Berhak Menerima Zakat Zakat-zakat yang sudah dikeluarkan akan dikumpulkan dan diberikan kepada orang-orang yang berhak mendapatkan zakat. Ibnus Sabil Siapakah itu ibnu sabil? Ibnu sabil adalah mereka yang melakukan perjalanan jauh dan kehabisan biaya di perjalanan. dan lain -lain. Fakir 2. 3. Hamba sahaya atau budak yang ingin memerdekakan dirinya 6. Fisabilillah Siapakah itu fisabilillah? Fisabilillah adalah mereka yang berjuang di jalan Allah. Hasil pertanian tersebut merupakan tanaman yang menjadi makanan yang mengenyangkan. 7. misalnya untuk dakwah dan perang membela agama Islam dari orang kafir. Amil 4. bisa disimpan dan ditanam oleh manusia. padi.1. . 4. Siapa sajakah orang -orang yang berhak mendapatkan zakat? Apakah ada di antara kita yang termasuk di dalamnya? Mari kita lihat daftar penerima zakat berikut ini! 1. Muallaf 5.

Alat pembersih harta dan penjagaan dari ketamakan orang jahat. Dari sini dapat kita ambil kesimpulan bahwa haji adalah menuju ke Baitullah dan tempat-tempat tertentu untuk melaksanakan amalan -amalan . NAIK HAJI A. maksud. Orang kaya. Mereka antara lain adalah: 1. Sebagai pertolongan bagi orang-orang kafir dan orang-orang yang sangat membutuhkan bantuan. Pengertian Haji Kata haji secara bahasa berarti menyengaja atau menuju dan mengunjungi. 3. misalnya anak dan istri. 2. Keturunan Rasulullah. 4. dan menyengaja. 4. Berikut ini adalah hikmah dari zakat. juga dapat mendorong orang -orang fakir miskin untuk meraih kehidupan yang layak. Orang Yang Tidak Berhak Menerima Zakat Sebelumnya kita membahas tentang orang -orang yang berhak mendapatkan zakat. 5. kata haji juga mempunyai arti qashd (dalam bahasa Arab) yakni tujuan. 7. 2. Berikut kita akan membahas orang -orang yang tidak berhak mendapatkan zakat. Membersihkan dan mengikis akh lak yang buruk seperti kikir dan bakhil (pelit). Selain itu." (HR Muslim). Selain itu juga dapat melatih diri kita memiliki jiwa pemberi dan dermawan. Rasulullah bersabda.G. Dukungan moral kepada orang yang baru masuk Islam 8. Ungkapan rasa syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita. "Sesungguhnya tidak halal bagi kami (ahlul bait) mengambil sedekah (zakat). 3. Orang kafir. antara lain: 1. Orang kafir tidak berhak mendapatkan zakat meskipun kondisinya miskin. Hikmah Zakat Zakat itu diawajibkan dalam Islam untuk dilaksanakan karena di dalamnya banyak terkandung hikmah dann manfaat yang dapat kita petik. Orang yang dalam tanggungan yang berzakat. Untuk pengembangan potensi ummat Islam. 5. Mengurangi kesenjangan sosial antara me reka yang kaya dengan mereka yang miskin. 5. Selain itu. 6. Hamba sahaya atau budak. Menambah pendapatan negara untuk proyek -proyek yang berguna bagi ummat. H.

wukuf. Berikut ini terdapat syarat -syarat wajib haji. sa'i. padang Arafah.orang yang telah memenuhi syarat -syarat haji. Sudah bisa membedakan antara yang baik dan yang buruk. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat: 97 yang artinya : “ Padanya terdapat tanda -tanda yang nyata. Sedangkan amal ibadah tertentu yang dimaksud ialah thawaf. namun haji tersebut dilakukan oleh orang tuanya atau saudaranya yang sudah dewasa dan sudah pernah menunaikan ibadah haji. mazbit di Muzdalifah.ibadah tertentu pula. haji itu hukumnya wajib bagi orang . Muzdalifah. (di antaranya) maqam Ibrahim. dan Mina. maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam” C. B. Dewasa maksudnya sudah baligh. 3. melontar jumrah. Yang dimaksud dengan temat -tempat tertentu seperti yang dise butkan diatas adalah Ka'bah. Mas'a(tempat sa'i). antara lain adalah: 1. Islam Haji adalah ajaran agama Islam. 2. mengerjakan haji adalah kewajiban manusia kepada Allah. Berikut ini terdapat ayat yang menjelaskan hukum naik haji bagi umat islam. barang siapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia. Bagi umat Islam yang belum memenuhi syarat-syarat haji maka ia tidak diwajibkan melaksanakan ibadah haji. mabit di Mina. Hukum Menunaikan Haji Ibadah haji hukumnya wajib bagi orang muslim baik laki -laki maupun perempuan yang telah mencukupi syarat -syaratnya. Berakal Diharuskan orang yang menunaikan ibadah haji adalah orang yang berakal . Yang dimaksud dengan waktu tertentu ialah bulan -bulan haji yang dimulai dari Syawal sampai sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Syarat Wajib Haji Seperti yang sudah dibahas sebelumn ya. jadi hanya orang Islam sajalah yang berkewajiban menunaikan ibadah haji. dan lain-lain. Dewasa. Anak kecil boleh berhaji. barang siapa yang mengingkari (kewajiban haji).

Perempuan harus menutupi seluruh badannya kecuali muka dan telapak tangan sehingga diperbolehkan menggunakan pakaian putih yang berjahit. Semua jamaah haji diwajibkan berdiam di . dan lain sebagainya. Saat ini perbudakan sudah tidak diperbolehkan karena itu melanggar hak asasi manusia. Mampu Mampu yang dimaksud di sini adalah kemampuan fisik dan financial atau keuangan.sehat. Bagi orang fakir miskin meskipun mereka memiliki badan yang sehat dan kuat namun ia tidak berkewajiban menunaikan ibadah haji karena mereka belum memiliki keuangan yang cukup untuk pergi haji. Kain ihrom yang digunakan hanya dililitkan di badan menutupi auratnya tanpa mennggunakan jahitan. Merdeka Merdeka yang dimaksud disini adalah orang yang bebas tidak berada dibawah kekuasaan dan tanggung jawab orang lain seperti budak. 2. thowaf. Warna pakaiannya adalah putih. Rukun Haji Adapun rukun haji itu ada lima hal. D. Orang gila tidak diwajibkan melakukan ibadah wajib termasuk didalamnya ibadah haji. Wukuf di Arafah Tahukah kamu apa itu wukuf? Secara bahasa wukuf artinya berhenti. antara lain sebagai berikut : 1. Ihram Tahukah kamu apa itu pakaian ihrom? Pasti kamu sudah pernah mendengarnya sebelumnya. Berbeda dengan pakaian ihrom perempuan. berdiam diri atau jeda. 5. Kemampuan financial atau keuangan adalah kemampuan seseorang untuk membayar seluruh biaya selama menunaikan ibadah haji. Kemampuan fisik ditandai dengan badan yang sehat dan kuat sehingga mampu melaksanakan berbagai kegiatan atau ritual ibadah haji seperti sa’I. 4. Sehingga hampir seluruh manusia termasuk kita adalah oranng yang merdeka. Wukuf di Padang Arafah merupakan salah satu rukun terpenting dari rangkaian ibadah haji. Bagi orang yang sudah memiliki keuangan yang cukup tapi kondisinya tidak sehat maka boleh dihajikan oleh anak atau saudaranya yang mampu dan su dah pernah pergi haji. Bagi laki-laki pakaian ihromnya tidak diperbolehkan menggunakan kain/pakaian yang berjahit. Pakaian ihrom itu adalah pakaian yang wajib digunakan pada saat menunaikan ibadah haji.

Pada zaman dahulu sa’i dilakukan ditempat terbuka dengan bolak –balik mennaiki Bukit Shafa dan Marwah. saat ini seiring dengan penambahan jumlah jamaah haji maka dilakukan pembangunan dan pelebaran area Masjidil . dan selanjutnya dengan berjalan biasa. Posisi ka’bah ketika Thawaf adalah disebelah kiri tubuh kita. Negara Arab Saudi. 3. dimana putaran pertama dengan lari -lari kecil (jika mungkin). Negara India. Tawaf ifadah Tahukah kamu apa itu thawaf? Ibadah thawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Kedua bukit yang satu sama lainnya berjarak sekitar 405 meter. Negara Jepang. Semua orang yang sedang menunaikan ibadah haji. Kalian bisa membayangkan. wajib melakukan wukuf di padang Arafah tanpa terkecuali. Thawaf dimulai dan berakhir di garis sejajar dengan batas Hajar Aswad. Sa’i Tahukah kamu apa itu ibadah sa’i? Ibadah Sa'i merupakan salah satu rukun Haji yang dilakukan dengan berjalan kaki (berlari -lari kecil) bolak-balik 7 kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya. seluruh umat muslim di dunia yang melaksanakan haji pada saat itu berkumpul di Padang Arafah. Wukuf merupakan ibadah puncak dari keseluruhan kegiatan haji. Negara Mesir. 4. Di bawah ini adalah lorong panjang yang menghubungkan antara Bukit Shafa dan Bukit Marwah. bahwa semua manusia akan dikumpulkan di Padang Mahsyar untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya di dunia. dan lain sebagainya pada saat itu berkumpul jadi satu. Wukuf adalah refleksi dari pusaran hidup manusia. Lorong ini adalah tempa t jamaah haji melaksanakan sa’i.padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah hingga ter bit fajar pada 10 Dzulhijjah atau Hari Raya Idhul Adha. Namun. Negara China. Ayat ini mengandung pengertian. Negara Amerika. Arafah menjadi sebuah perumpamaan bahwa nantinya seluruh manusia akan dikumpulkan di Padang Mahsyar sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-An'am (6) ayat 51. Mulai dari orang muslim dari Negara Indonesia. Kehadiran jamaah haji di Padang A rafah tidak bersyarat terhindar dari hadas. Wukuf di Padang Arafah mempunyai makna bahwa semua manusia dari segala golongan nantinya akan berkumpul di Padang Mahsyar saat hari perhitungan (hisab).

Para jamaah haji wajib mencukur rambutnya setelah melakukan sa’I. Setelah bercukur seseorang diperbolehkan melakukan perbuatan-perbuatan yang sebelumnya dilarang saat ihrom. 6. Dengan begitu. memakai gamis atau pakaian yang berjahit dan lain sebagainya. hajinya dianggap tidak sah. seorang jamaah haji juga harus menunaikan wajib haji. Mabit di Muzdalifah Mabit artinya bermalam. Barang siapa yang meninggalkan mabit di Muzdalifah sebelum tengah malam maka ia wajib membayar denda. Pada saat di tempat awal ini (miqat). Wajib haji adalah rangkaian kegiatan yang harus dilakukan dalam ibadah haji sebagai pelengkap rukun haji. yaitu . misalnya: membunuh binatang buruan. Mabit di Muzdalifah ini huk umnya wajib. 2. Tertib Rukun haji harus dikerjakan dengan tertib. Mabit di Muzdalifah artinya menginap di Muzdalifah pada malam 10 Dzul Hijjah selepas dari wukuf di Arofah. 1. Apabila ditinggalkan atau tidak dilakukan sesuai dengann urutannya . Wajib haji ada enam hal. Mabit di Mina Mabit atau bermalam di Mina dilakukan pada malam -malam hari Tasyrik. dibangunlah pula lorong yang panjang ini. tetapi orangnya terkena kewajiban membayar dam (denda). Perbedaan antara wajib haji dengan rukun haji adalah bahwa jika salah satu wajib haji ditinggalkan maka ibadah haji yang dilaksanakan tetap sah. 5. melangsungkan pernikahan.Haram. Para jamaah haji dilarang meninggalkan atau merubah urutan tata cara haji. Jika salah satu rukun haji ditinggalka n maka hajinya menjadi tidak sah. Fungsinya adalah untuk mempermudah dan menertibkan pelaksanaan ibadah sa’i. yang jika tidak dikerjakan harus memba yar dam (denda). Bercukur Bercukur atau dalam istilah bahasa Arab disebut t ahallul merupakan salah satu rukun haji. Tahallul atau bercukur ini merupakan suatu penanda bahwa jamaah haji sudah keluar dari keadaan ihrom. para jamaah h aji harus berniat ihram setelah berpakaian ihram. 3. E. Wajib Haji Selain rukun dan syarat. antara lain sebagai berikut. Niat ihram di miqat Miqat adalah tempat awal dimulainya pelaksanaan haji yang telah ditetapkan dalam syari’ah Islam.

Haram memakai wangi-wangian . Pada saat ini Nabi Ibrahim langsung melempari si iblis yang terkutuk itu. sehingga iblis itu pergi dan gagal meggoda Nabi Ibrahim untuk tidak membunuh Nabi Ismail. Tidak melakukan perbuatan yang dilarang (diharamkan) pada waktu melakukan ibadah haji. mereka diwajibkan untuk melaksanakan thawaf wada’ sebagai tawaf perpisahan. Haram bagi laki-laki memakai pakaian yang berjahit dan menutup kepala walau sedikit 2. maka Allah menggantikan Nabi Ismail dengan seekor domba untuk disembelih Nabi Ibrahim.tanggal 11. Melontar jumroh (jumroh ula. dan ‘aqobah dilakukan pada hari tasyrik. Adapun laranganlarangannya akan dibahas pada pembahasan berikutnya. 5. 12. yaitu pada tanggal 11. Melontar jumroh merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh para jamaah haji. Pelontaran jumroh ini di dasarkan pada kisah Nabi Ibrahim yang hendak menyembelih anaknya. wustha. dan ‘aqobah) Melontar jumroh ula. Thawaf ini merupakan akhir dari rangkaian kegiatan haji. Namun. Nabi Ismail atas perintah Allah. dan 13 Dzulhijah. F. Tawaf wada’ Thawaf wada’ merupakan thawaf perpisahan. 4. Melihat keikhlasan dan kesetiaan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail kepada Allah. Thawaf wada’ ini pelaksanaannya sama seperti thawaf ifadah yaitu dengan cara mengelilingi Ka’bah. Pada saat melaksanakan haji. 6. Haram wanita menutup muka 3. dan 13 Dzulhijah. wustha. Pelontaran jumroh dilakukan dengan menggunakan batu-batu kerikil. seseorang harus menjalankan rukun dan kewajiban haji serta meninggalkan larangan -larangannya. di tengah jalan ia dihadang oleh iblis yang mengganggu dan melakukan tipu daya padanya. Sebelum jamaah haji selesai dan meningalkan kota Makkah. Jika melanggranya maka ia wajib membayar denda. Hal-hal Yang Diharamkan Bagi Orang yang Ihram Hal-hal yang diharamkan bagi orang yang sedang berihram adalah sebagai berikut: 1. 12.

Haram bersetubuh 8. 10. Haram menikah. 6. mencabut rambut. Haram mencabut dan memetik tumbuh -tumbuhan yang hidup di tanah haram. Haram berburu binatang darat yang liar dan halal dimakan. dan bulu badan. dan juga haram memakan daging binatang tersebut. Haram memakai minyak rambut kepala. 9.4. Haram memakai sarung tangan 5. 11. Haram menanggalkan anggota tubuh termasuk memotong kuku. . Haram mengeluarkan mani dan beristimta’ (melakukan hal -hal yang mendekati kepada perbuatan hubungan suami -istri) 7.

tetapi harus kita amalakan semua jaran yang ada (alquran dan alhadits). Mereka sangat bermacam-macam. zakat. luhur. Ada yang hanya mau melaksanakan sholat jum’at saja. dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada yang hanya melaksanakan sholat 2 kali dalam satu tahun. Islam tidak cukup hanya dengan menyatakan bahwa “aku adalah seorang muslim”. Semua ini tidaklah layak kita tiru. sholat.BAB III PENUTUP Jika kita memeluk agam islam. tetapi tidak menjalankan sholat maka ia dianggap kafir atau tidak islam. . tidak hanya di bibir saja. Jika islam ditegakkan dengan benar maka orang islam akan berbudi mulia. tidak terjadi korupsi. jika mengaku islam. kolusi dan nepotisme maupun perbuatan asusila. karena dengan berIslam dan menjalankan aturan-aturannya dengan baik merupakan kunci keselamatan di dunia dan akhirat. Taukah kamu bagaimana cara kita menyempurnakan keislaman kita? Keislaman seseorang akan sempurna dengan keimanan yang kokoh dalam hati dan diiringi dengan ibadah lahiriyah yang tampak dalam perbuatan sehari -hari. Keislaman seseorang tidak cukup dengan uc apan dengan lisan namun juga wajib melaksanakan rukun-rukun Islam. puasa. yaitu sholat Idul Adha dan Idul Fitri. Padahal jelas dan tegas. Jadi setiap muslim wajib mengenal dan memahami rukun Islam sebagai syarat kesempurnannya memeluk agama Islam. Mereka telah menunjukan bahwa diri mereka belum sempurna dalam menjalankan perintah agama. Identitas seorang muslim yang sebenarnya dapat dilihat dari keimanan dan ibadah yang dilakukan. dan lain sebagainya. islam dan kafir perbedaannya adalah. Kita banyak menemukan di sekitar kita orang yang mengaku muslim tetapi tidak melaksanakan ajaran-ajaran agama Islam seperti. Semoga dengan membaca ini kita mulai sadar akan islam yang kita yakini oleh pemeluknya. santun. Ada yang malas berzakat meskipun hartanya melimpah. Seseorang disebut muslim tidak cukup hanya dengan identitas Islam dalam KTP atau kartu identitas yang lain. Melaksanakan rukun -rukun Islam akan menambahkan keimanan dalam hati dan ketenangan dalam jiwa dan fikiran.

Beirut. Asy Syaukani. OmanYordania. Beirut. Darul Kutub Al Ilmiyah. Al Majmu' Syarhul Muhazzab. DEPAg. BeirutLibanon. An Nawawi. Muhammad bin Abdulloh bin 'Ali. . Darul Fikr. Ahmad bin Ali bin Hajar .1414 H Al Masy'abi. Beirut-Libanon. Al Umm.DAFTAR PUSTAKA ------------. Abdulloh Bin Muhammad. Nawaqidul Iman al Qouliyah wal Amaliyah. I'lamul Muwaqqi'in 'An Robbil 'Alamin . Damaskus. Abdul Mun'im Musthofa Halimah.2000 Al Jauziyah.1989 Bin Abdul Azis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Imam Muhammad Ali Bin Muhammad.1996 Al-Zuhayly. Beirut-Libanon. Fathul qodir. Wahbah. Darul Wathon. Zakat: Kajian Berbagai Mazhab.Wahbah. Muhammad bin Idris. Al Quran dan Terjemahnya. Fathul Barri. Darul Ma'rifah. Riyadh 1997 Al Qorny. Fiqhul Islam. Riyadh. Hadits Jamiushoheh. Agus Effendi dan Baharuddin Fannany. Abdul Azis Bin Muhammad Bin 'Ali Al Abdul. Abdul Maj id Bin Salam Bin Abdulloh. Nawaqidul iman al I'tiqodiyah wa dhowabituht takfir 'indas salaf .1992 Al Wuhaiby. DR. Muassasatur Risalah. Surabaya: Mutiara Ilmu Asy Syafi'i. 1995. Darul Jail.1994 Al Asqolani. ---------------1995. Darul Fikr.1994 Azzukhaili. Al jami' Fi tholabil ilmi asy-syarif. Rosda Group. 1995. Jakarta. Manhaj Ibnu Taimiyah Fi masalatit Takfir. Ibnul Qoyyim. Qowaidut takfir. Al Hafidh Ibnu Hajar. Surabaya Abu Bashir. Bulughul Maram. Riyadh. Al Latif. Syeikh Abdul Qodir.1989.1996 Asqalani. Darul wathon. terj. Dhowabithut takfir 'Inda Ahlis sunah Wal Jama'ah. Imam Abu Zakaria Bin Muhyiddin Bin Syarof. Beirut Libanon. DR. Darul Bashir. Maktabah Adwaus salaf.

MAWAR .MI.208 : Pelat. 14 November 1991 : Manajemen Informatika : Diploma III : Jln.KAMPUNG BUGES_SUMBAWA BESAR JENJANG : DIPLOMA III (TIGA) BIDANG STUDY : MANAJEMEN INFORMATIKA .MI. Raya Semongkat.216 TTL : ALAS_20 April 1992 ALAMAT : Jln.BIOGRAFI PENULIS Nama NIM TTL : MUHAMMAD FIKRI : 10. Desa Pelat Program studi Jenjang Studi Alamat Nama : Neno Elfa Margantara Nim : 10 MI 210 TTL : singaraja 4 september 1992 Alamat : Kebayan Program Studi : Manajemen Informatika Jenjang Studi : Diploma III NAMA : SAHIPUDDIN NIM : 10.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful