Bab I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Pola dan proses dinamika pembangunan ekonomi di suatu negara ditentukan oleh factor internal maupun eksternal. Faktor internal, di antaranya: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Kondisi fisik (termasuk iklim) Letak geografi Jumlah dan kualitas SDA dan SDM Kondisi awal ekonomi Social dan budaya System politik Peranan pemerintah Faktor eksternal, di antaranya: 1. 2. 3. Perkembangan teknologi Kondisi perekonomian dan politik dunia Keamanan global Yang sangat menentukan keberhasilan pembangunan ekonomi bukan warisan dari negara penjajah, melainkan orientasi politik, system ekonomi, serta kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh rezim pemerintahan yang berkuasa setelah lenyapnya kolonialisasi, terutama pada tahun-tehun pertama setelah merdeka karena tahun-tahun tersebut merupakan periode yang sangat kritis yang sangat menentukan pembangunan selanjutnya. Pengalaman Indonesia sendiri menunjukkan bahwa pada jaman pemerintahan orde lama, rezim yang berkuasa menerapkan system ekonomi tertutup dan lebih mengutamakan kekuatan militer daripada kekuatan ekonomi. Ini semua menyebabkan ekonomi nasional pada masa itu mengalami stagnasi, pembangunan praktis tidak ada.

B. Tujuan Tujuan dari pembuatan tugas ini yaitu dengan mempelajari konsep perekonomian Indonesia, khususnya sejarah perekonomian Inonesia. Agar pembaca dapat mengetahui berbagai aspek mengenai lika-liku perjalanan ekonomi Indonesia yang dipimpin oleh kepala negara yang berbeda dari zaman sebelum merdeka hingga sampai sekarang ini.

1

sandang. c. diantaranya 990 pulau yang dihuni manusia). 70 persennya (± 3. interpretasi. adt istiadat. yang berbeda dengan negara-negara lain di dunia sehingga perekonomiannya memiliki karakteristik sendiri. Namun dilain pihak kemampuan kita untuk berproduksi sangat rendah. Produktivitas rendah karena taraf hidup yang rendah. dan kepecayaanyang berbeda-beda. SDM. dan laii-lain). Yang mempengaruhi karakteristik perekonomian indonesia : 1. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia negara nomor 4 di dunia karena berpenduduk lebih dari 310 juta orang. Faktor Sosial. 12 . Karakteristik Perekonomian Indonesia Indonesia sebagai negara kepulauan ( Nusantara) memiliki ciri-ciri khusus. Indonesia yang berpenduduk lebih dari 310 juta orang membutuhkan berbagai barang. Mutu SDM rendah : ± 80% angkatan kerja bependidikan SD. memiliki potensi ekonomi yang berbeda-beda karena perbedaan SDA. maka visi. Faktor Demografi a. terdiri dari 13. perbedaan kesempatan pendidikan dan kesempatan lapangan kerja yang kesemuanya itu merupakan potensi kesenjangan. Wilayah Indonesia seluas 5. Karena perbedaan latar belakang.044 pulau memilki nama.250 km2. dan curah hujan. Budaya dan Politik a. terbentang dari 60LU-110LS dan 950BT-1410BT.Bab II Pokok Bahasan A.193. menjadi jalur lalu lintas dunia (antara Laut Atlantik dan Laut Pasifik) dan menjadi paru-paru dunia (memiliki hutan tropis terbesar). Hal ini akan menciptakan kondisi munculnya rawan kemiskinan. Faktor geografi a. jasa dan fasilitas hidup dalam ukuran serba besar (pangan . letaknya strategis karena memiliki posisi silang (antara benua Asia dan benua Australia. dan aksi reaksi mereka terhadap isu-isu yang samabisa berbeda-beda yang sering kali menimbulkan konflik sosial.635. agama. perbeddaan harga barang yang tajam . 3. pengetahuann dan kemampuan yang tidak sama. Penyebaran penduduk tidak merata (dua pertiga tinggal di Pulau Jawa). arus barang tidak lancar . sebagian besar hidup di pedesaan (pertanian). b. Menghadapi kesulitan komunikasi dan transportasi antar pulau (daerah) baik untuk angkutan barang barang maupun penumpang.677 pulau besar-kecil (baru 6. 2. perumahan. tata nilai. kesuburan tanah. b. Sosial : Bangsa Indonesia terdiri dari banyak suku dengan beragam budaya. c.000 km2) terdiri dari lautan . persepsi.

dan Jepang. terutama kemiskinan di daerah pedesaan. tingkat disiplinnya rendah. yaitu Portugis. terutama kesenjangan antara daerah (pulau). mayoritas bangsa Indonesia sampai sekarang masih terpengaruh (menganut) budaya Timur. kurang menghargai waktu (jam karet).Inggris. budaya achievement orientation dengan ciri-ciri sebaliknya. Indonesia mengalami masa penjajahan yang terbagi dalam beberapa periode. Namun sebagai salah satu bangsa Timur (bangsa yang merdeka dan membangun ekonomi sejak perang akhir Perang Dunia II). suka pamer. tapi Belanda yang kemudian berkuasa selama sekitar 350 tahun. Ada empat negara yang pernah menduduki Indonesia.. Budaya : Bangsa Indonesia memiliki banyak budaya daerah. terutama perpecahan antar suku. bansa Indonesia hidup dibawah kekuasaan raja-raja.b. kedudukan. dan mudah memicu kecemburuan sosial. Sejarah Ekonomi Indonesia 1. budaya status orientation. c. B. yaitu : a. Hal ini terutama sebagai akibat pengaruh faktor sosialpolitik. tapi sebenarnya kita belum memiliki budaya nasional (kecuali bahasa Indonesia). Potensi rawan kemiskinan. Ratusan tahun bangsa Indonesia hidup dibawah pengaruh feodalisme dan kolonialisme. antar golongan (elit) politik. Belanda. senang bersantai-santai. etos kerjanya lemah. konsumtif. tidak produktif. Lawannya "budaya barat. c. Ciri utama feodalisme antara lain adalah kultus individu (raja selalu diagungkan) dan ciri utama dari kolonialisme adalah otoriter. Hal ini terutrama sebagai akibat pengaruh faktor geografi. Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) Belanda yang saat itu menganut paham Merkantilis benar-benar menancapkan kukunya di Hindia Belanda. Hal ini terutama sebagai akibat pengaruh faktor demografi dan faktor budaya. Potensi rawan kesenjangan. sebuah perusahaan yang didirikan dengan tujuan untuk menghindari persaingan 3 . Budaya status orientation bercirikan : semangat hidupnya mengejar pangkat. dapat disimpulkan bahwa perekonomian Indonesia mengandung tiga potensi kerawanan. sudah menerapkan berbagai sistem yang masih tersisa hingga kini. Politik : sebelum kolonialis Belanda datang. Portugis tidak meninggalkan jejak yang mendalam di Indonesia karena keburu diusir oleh Belanda. Potensi rawan perpecahan . Sebelum Kemerdekaan Sebelum merdeka. Dari uraian pengaruh faktor-faktor diatas. b. Belanda melimpahkan wewenang untuk mengatur Hindia Belanda kepada VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie).

Setelah akhirnya pemerintahan Belanda mengakui secara resmi kemerdekaan Indonesia. social dan politik serta rehabilitasi ekonomi b. walaupun sempat mengalami pertumbihan dengan laju rata-rata per tahun hampir 7% selama deakde 1950-an dan setelah itu turun drastis menjadi rata-rata 1.6%. tidak berarti bahwa seluruh ekonomi Nusantara telah dikuasai VOC. VOC diberi hak Octrooi.antar sesama pedagang Belanda. Pemerintahan Orde Lama Pada tanggal 17 Agustus 1945. sejak tahun 1620. Hubungan dengan negara barat dijalin kembali dan ideology komunis dijauhi. selama dekade 1950-an hingga pertengahan tahun 1965. 2. Indonesia dilanda gejolak politikdi dalam negeri dan beberapa pemberontakan di sehimlah daerah. keadaan perekonomian Indonesia sangat buruk. Tahun 1965 dan 1966 produk domestik bruto (PDB) masing-masing hanya sekitar 0. sekaligus untuk menyaingi perusahaan imperialis lain seperti EIC (Inggris). Menekan tingkat inflas 12 . Hak mengangkat dan memberhentikan pegawai c. Pemulihan stabilitas ekonomi. VOC hanya menguasai komoditi-komoditi ekspor sesuai permintaan pasar di Eropa. Hak menyatakan perang dan damai d. tidak berartiu dalam prakteknya Indonesia sudah bebas dari Belanda dan bisa memberi perhatian sepenuhnya pada pembangunan ekonomi. Langkah yang dilakukan pada masa orde baru antara lain: a. Hak mencetak uang b. 3. Indonesia kembali menjadi anggota PBB. seperti di Sulawesi dan Sumatera.5% dan 0. Namun demikian. Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Akibatnya. IMF dan World Bank. Pemerintahan Orde Baru Tepatnya Maret 1966 Indonesia memasuki pemerintahan orde baru. Perhatian pemerintah lebih ditujukan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat lewat pembangunan ekonomi dan social di tanah air.9% atau bahkan nyaris mengalami stagflasi selama tahun 1965-1966. Kenyataannya. Hak untuk membuat angkatan bersenjata sendiri e. Namun walau demikian. Meningkatkan ekspor e. Hak untuk membuat perjanjian dengan raja-raja Hak-hak itu seakan melegalkan keberadaan VOC sebagai penguasa Hindia Belanda. yang antara lain meliputi : a. Mencukupkan stok cadangan bahan pangan (terutama beras) c. Untuk mempermudah aksinya di Hindia Belanda. Menghidupkan kegiatan produksi d. yaitu rempah-rempah. selama pemerintahan Orde Lama.

seperti kesempatan kerja dan defisit neraca pembayaran. Proses pembangunan berjalan sangat cepat dengan laju pertumbuhan rata-rata per tahun yang cukup tinggi. Stabilitas perekonomian Pertumbuhan ekonomi Pemerataan hasil-hasil pembangunan Dampak Repelita I dan pelita-pelita berikutnya terhadap perekonomian Indonesia cukup mengagumkan. Adapun tujuan jangka panjang dari pembangunan ekonomi di Indonesia pada masa orde baru adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui proses industrialisasi dalam skala besar. meskipun prioritasnya berubah-ubah sesuai dengan masalah dan situasi yang dihadapi saat ini. jauh lebih baik daripada selama orde lama dan juga relatif lebih tinggi daripada laju rata-rata pertumbuhan ekonomi dari kelompok negara-negara berkembang. h. Tahap pelaksanaan Pelita I (1969/1970) sampai Pelita V (1993/1994) disebut Pembangunan Jangka Panjang 25 tahun Pertama (PJP I). b. Namun pemerintah orde baru hanya dapat menyelesaikan sampai tahap pembangunan pelita VI sedangkan pelita VII hanya sempat dilaksanakan satu tahun anggaran. b. i. program jangka panjang dibagi menjadi tahapan-tahapan Repelita. Sedangkan Pelita VI sampai Repelita X disebut PJP II. Ketiga sasaran tersebut dikenal dengan Trilogi Pembangunan: a. j. c. yang pada saat itu diangggap satu-satunya cara yang paling tepat dan efektif untuk menanggulangi masalah-masalah ekonomi. 5 . d. Program jangka pendek meliputi: a. yang terdiri atas rangkaian REPELITA yang dimulai April 1969.f. Mengurangi defisit keuangan pemerintah Menciptakan lapangan pekerjaan Mengundang kembali investor asing Penyusunan rencana pembangunan lima tahun secara bertahap dengan targettarget yang jelas Secara keseluruhan program ekonomi pemerintah orde baru dibagi menjadi dua jangka waktu yang saling berkaitan yaitu Program jangka pendek dan Program jangka panjang. Pada masa pemerintahan orde baru pelaksanaan pembangunan senantiasa diarahkan pada pencapaian tiga sasaran pembangunan. Tahap penyelamatan (Juli-Desember 1966) Tahap rehabilitasi (Januari-Juni 1967) Tahap konsolidasi (Juli-Desember 1967) Tahap stabilisasi (Januari-Juni 1968) Program jangka pendek ini dilanjutkan dengan program jangka panjang. c.

awal dari krisis keuangan di Asia. Sejak masa orde lama hingga berakhirnya orde baru dapat dikatakan Indonesia telah mengalami 2 orientasi kebijakan ekonomi yang berbeda. Rupiah Indonesia mulai terasa 12 . b. terutama dari sector pertanian dan industri. Ini merupakan salah satu perbedaan nyata dalam sejarah perekonomian Indonesia antara rezim orde baru dengan orde lama. e. Sejak itu nasibnya diserahkan sepenuhnya pada pasar. Pengalaman ini menunjukkan beberapa kondisi utama yang harus dipenuhi terlebih dahulu agar usaha membangun ekonomi berjalan baik. c. paling tidak untuk jangka pendek. yakni ekonomi tertutup yang berorientasi sosialis pada jaman Soekarno ke ekonomi terbuka yang berorientasi kapitalis pada jaman Soeharto. tetapi dengan biaya yang sangat mahal dan fundamental ekonomi yang rapuh. Dapat dilihat antara lain pada buruknya kondisi sector perbankan nasional dan semakin besarnya ketergantungan Indonesia terhadap modal asing. Kemauan yang kuat (political will) Stabilitas politik dan ekonomi SDM yang lebih baik System politik dan ekonomi yang Western Oriented Kondisi ekonomi dan politik dunia yang lebih baik Kebijakan-kebijakan ekonomi masa orde baru memang telah menghasilkan proses transformasi ekonomi yang pesat dan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Perubahan orientasi kebijakan ekonomi ini membuat kinerja ekonomi nasional pada pemerintahan orde baru lebih baik dibanding pemerintahan orde lama.Perubahan ekonomi structural juga sangat nyata selama masa orde baru bila dilihat dari perubahan PDB. Mereka mengambil sikap demikian karena tidak percaya lagi terhadap prospek perekonomian negara tersebut. Pemerintahan Transisi Tanggal 14 dan 15 Mei 1997 nilai tukar bath Thailand terhadap dolar AS mengalami goncangan hebat akibat para investor asing mengambil keputusan jual . termasuk pinjaman dan impor. Hari itu juga pemerintah Thailand meminta bantuan IMF. Meningkatnya kontribusi output dari sector industri manufaktur terhadap pertumbuhan PDB selama periode orde baru mencerminkan adanya proses industrialisasi atau transformasi ekonomi di Indonesia dari negara agraris ke semi industri. Kondisi-kondisi tersebut adalah sebagai berikut: a. 2 Juli 1997 bank sentral Thailand terpaksa mengumumkan nilai tukar bath dibebaskan dari ikatan dengan dolar AS. 4. Apa yang terjadi di Thailand akhirnya merembet ke Indonesia dan beberapa negara asia lainnya. d.

jumlah pengangguran meledakmencapai belasan juta dan sekitar 100 juta orang atau separuh penduduk Indonesia berada di tepi jurang kemiskinan. pemerintah orde baru mengambil beberapa langkah konkrit.Habibie. inflasi merayap ke tiga digit.39 trilyun dalam upaya mengimbangi keterbatasan anggaran belanja negara yang sangat dipengaruhi perubahan nilai rupiah tersebut. Awalnya pemerintah berusaha menangani krisis rupiah ini dengan kekuatan sendiri. Sehari setelah pengumuman itu. Era reformasi disebut-sebut hadir sejak mundurnya Presiden Suharto. investasi asing langsung maupun tidak langsunghampir berhenti total. Sejak saat itu. lebih lagi karena cadangan dolar AS di BI mulai menipis karena terus digunakan untuk intervensi untuk menahan atau untuk mendongkrak kembali nilai tukar rupiah. Produksi macet. Sekitar September 1997. Ini merupakan awal kehancuran perekonomian Indonesia. Akhir Oktober 1997 IMF mengumumkan paket bantuannya pada Indonesia yang mencapai 40 milyar dolar AS. Sementara itu. Untuk mencegah agar keadaan tidak bertambah buruk.2500 menjadi Rp. dan pencairan pinjaman luar negeriyang telah disepakati mengalami penundaan. seiring dengan paket reformasi yang ditentukan oleh IMF. perbankan dan lembaga. pemerintah mengumumkan pencabutan ijin usaha 16 bank swasta yang dinilai tidak sehat. 21 Mei 1998 presiden Soeharto mengundurkan diri dan diganti oleh wakilnya BJ. Filiphina dan Korea Selatan. Hal yang sama juga dilakukan pemerintah Thailand. 7 . Akan tetapi setelah menyadari merosotnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tidak dapat dibendung lagi dengan kekuatan sendiri. 23 milyar di antaranya adalah pertahanan lapis pertama (front line defence). nilai tukar rupiah yang terus melemah mulai menggoncang perekonomian nasional.2650 per dolar AS. perekonomian Indonesia sudah berada di ambang kebangkrutan. Krisis rupiah yang menjelma menjadi krisis ekonomi akhirnya menimbulkan krisis politik yang dapat dikatakan terbesar dalam sejarah Indonesia sejak merdeka.lembaga lainnya semaput. Ketika Habibie Tampil. meskipun periode pemerintahan BJ Habibie yang jelas-jelas merupakan kelanjutan dari Orde Baru belum merupakan suatu bentuk reformasi yang hakiki dan bahkan tidak bisa dikatakan sebagai pemerintahanyang absah karena proses naiknya Presiden Habibie sendiri mengandung maslah konstitusional. di antaranya menunda proyek-proyek senilai Rp. posisi mata uang Indonesia mulai tidak stabil. 23 Mei 1998 presiden Habibie membentuk kabinet baru. tingkat suku bunga meroket. 8 Oktober 1997 pemerintah Indonesia meminta bantuan keuangan dari IMF. awal terbentuknya pemerintahan transisi. Cadangan devisa menipis karena ekspor tersendat sedangkan kebutuhan impor tidak mungkin ditekan terus.goyang sekitar Juli 1997 dari Rp.

Pada masa kepemimpinan presiden Gus Dur. Megawati melakukan privatisasi dengan alasan untuk menutupi utang negarayang makin membengkak dan imbas dari krisis moneter pada 1998/1999 yang terbawa sampai saat pemerintahannya. Pada masanya. Namun . Akibatnya. Nilai tukar rupiah menguat sekalipun demonstrasi mahasiswa dan kerusuhan terus berlangsung. Rating kredit Indonesia mengalami fluktuasi dari pringkat CCC turun menjadi DDD lalu naik kembali ke CCC.Habibie yang mengawali masa reformasi belum melakukan manuver-manuver yang cukup tajam dalam bidang ekonomi. Perekonomian Indonesia di era Habibie mulai menunjukkan tanda-tanda baik.Pada pemerintahan habibie sedikit ada perubahan dalam tampilan maupun subtansi PerekRAPBN 1999/2000. Namun pada masa pemerintahan Gus Dur kerap terjadi ketegangan politik yang kemudian membuat Gus Dur terpaksa lengser setelah berkuasa selama kurang lebih dua tahun 19992001. pada masa pemerintahan presiden wanita Indonesia pertama ini banyak terjadi kasus-kasus yang kontroversial mengenai penjualan aset negara dan BUMN. Surplus neraca perdagangan membesar. dan IMF memandang masa paling sulit telahterlampaui. Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal nama Gus Dur. naik sebagai Presiden RI ke-4 setelah menang dalam Pemilu 1999. e. Saat itu utang pememrintah mencapai Rp 1. Era Reformasi Pemerintahan presiden BJ. kedudukannya digantikan oleh presiden Megawati. 6. serangkaian bukti telah dipaparkan : a. c. b. Kebijakankebijakannya diutamakan untuk mengendalikan stabilitas politik. Transaksi berjalan mengalami surplus setelah belasan tahun selalu defisit. Tingkat suku bunga mulai turun.234. 12 . d. belum ada tindakan yang cukup berarti untuk menyelamatkan negara dari keterpurukan. Inflasi meredah. bahkan pemerintah bank dunia. 5.28 triliun yang menggergoti 89% PDB Indonesia. Salah satu penyebab utamanay adalah imbas dari krisis moneter pada 1998 yang masih terbawa hingga pemerintahannya. Pemerintahan Gotong Royong Masa pemerintahan Megawati Soekarno Putri hanya berlangsung selama tiga tahun (2001-2004). Presiden terlibat skandal Bruneigate yang menjatuhkan kredibilitasnya di mata masyarakat.

sebetulnya bukan masalah pelu tidaknya dilakukan reshufle dalam masa KIB kali ini. epidemi flu burung dan polio. Privatisasi adalah menjual perusahaan negara di dalam periode krisis dengan tujuan melindungi perusahaan negara dari intervensi kekuatan-kekuatan politik dan mengurangi beban negara. Kebijakan-kebijakan yang ditempuh untuk mengatasi persoalan-persoalan ekonomi antara lain : a Meminta penundaan pembayaran utang sebesar US$ 5. tetapi belum ada gebrakan konkrit dalam pemberantasan korupsi. indonesia saat ini adalah negara memiliki kestabilan struktural yang jauh lebih baik.8 milyar pada pertemuan Paris Club ke-3 dan mengalokasikan pembayaran utang luar negeri sebesar Rp 116. Apabila dicermati . Korupsi dan kemiskinan tetapenjadi masalah di indonesia. Hasil penjualan itu berhasil menaikkan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 4.3 triliun.Masalah-masalah yang mendesak untuk dipecahkan adalah pemulihan ekonomi dan penegakan hukum. Di masa ini juga direalisasikan berdirinya KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). karena BUMN yang diprivatisasi dijual ke perusahaan asing. SBY besrta Wakil Presiden Jusuf Kalla telah berhasil menciptakan politik ekonomi di indonesia. Kabinet Indonesia Bersatu Dimasa pemerintahan Presiden SBY 2004-2009 dlam masa satu tahun pemerintahannya dilakukan koreksi atau reshufel kabinet.Tsunami. dan mengganggu jalannya pembangunan nasional. serta melambungnya harga minyak dunia. Namun yang terpenting bagaimana masa pemerintahan presiden SBY dan para pembantunya dapat memamfaatkan momentum ekonomi Indonesia yang kuat di masa krisis kali ini. Indonesia telah 9 . Namun kebijakan ini memicu banyak kontroversi. Para pembantunya yang dinilai kurang maksimal dalam menjalankan tugas-tugasnya dilakukan perubahan atau diganti dengan orang-orang yang tepat dan kredibel untuk duduk dalam kabinet tersebut. 7.1 %. Namun setelah beberapa tahun berada dalam kepemimpinan Nasional yang tidak menentu. b Kebijakan privatisasi BUMN. Pemerintahan Presiden SBY berhasil mendobrak dan kataris terhadap peningkatan kinerja pemerintahan. Indonesia yang adalah satu-satunya negara dikawasan regional yang berhasil mengatasi mengalahkan mitos demokrasi yang bermasalah . Padahal keberadaan korupsi membuat banyak investor berpikir dua kali untuk menanamkan modal di Indonesia. Walaupun dihadang berbagai bencana yang mesuatu hal yang menimpa SBY dan JK menjabat 2004.

Saat membuka Sidang Pleno I Himpunan Pengusaha Muda Indonesia di Jakarta. Dengan kata lain. turunnya bursa saham dan melemahnya mata uang rupiah menunnjukkan bahwa Indonesia memang tidak bisa menghindar sepenuhnya dari krisis keuangan dunia. Namun masalahmasalah besar lain tetap ada. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pernyataan bahwa pemerintah sekarang boleh dibilang sedang bangkrut artau tidak punya cukup uang 12 . jumlah utang pada masa pemerintahan SBY justru terus bertambah hingga menjadi Rp 1. Pencapaian perekonomian oleh pemerintahan SBY KIB JILID I sendiri juga tidak kalah signifikan.700 triliun itu terdiri dari Rp 968 triliun utang dalam negeri (57%) dan Rp 732 triliunutang luar negeri(43%). Perkonomian Indonesia memang tumbuh melambat seperti juga yang terjadi di negara-negara lain. Salah satu penyebab utama kesuksesan perekonomian Indonesia adalah efektifnya kebijakan pemerintah yang berfokus pada disiplin fiskal yang tinggi dan pengurangan utang negara. Saat ini. Ekonomi bertumbuh sebesar 5.700 triliun per Maret 2009. Berdasarkan penelitian Transparency International dalam publikasinya yang berjudul Global Corruption Barometer. Perkembangan yang terjadi dalam lima tahun terakhir membawa perubahan yang signifikan terhadap persepsi dunia mengenai Indonesia.disusul lembaga yudisial dan polisi.berhasil melampaui masa-masa yang sulit dimana negara ini pernah tersandera oleh anarkisme yang terjadi diseluruh negara kepulaun in.1% pada 2008 dibandingkan dengan 6. rata-rata terjadi peningkatan utang sebesar Rp 80 triliun setiap tahunnya atau hampir setara dengan 8% PDB tahun 2009.2% pada kuartal IV/2008 dibandingkan kuartal yang sama sebelumnya akibat menurunnya permintaan dunia terhadap produk-produk komoditas. Indonesia memiliki perekonomian yang kuat dengan cadangan devisa sebesar USD 58 miliar per akhir Mei 2009 dan utang luar negeri yang lebih kecil dari 35% PDB dibandingkan dengan 77% dari PDB di tahun 2001. Utang negara pada pemerintahan sebelum SBY adalah sebesar Rp 1.299. Pada saat negara-negara lain mengalami musim dinginekonomi . Utang pemerintah sebesar Rp 1. Pertumbuahan ekonomi Indonesia di tahun ini akan jauh lebih baik dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia.5 triliun.3% pada 2007. Pertumbuhan makroekonomi yang pesat belum menyentuh seluruh lapisan masyarakat secara menyeluruh. Namun. Indonesia dianggap sebagai negara paling korup. Akibatnaya. Indonesia sepertinya bisa mengatasi badai ini dengan lebih baik. prekonomian Indonesia bertumbuh sebesar 6.

Kebijakan ini dilatar belakangi oleh naiknya harga minyak dunia. Sentralisai dan swastanisai. namun hal itu tidak menjadikannya seperti sentralisme yang ada di negara-negara sosialisme. namun bukan berarti menyingkirkan aspek aspek lain yang membangun sistem perekonomian kebaikan yang ada pd 2 sistem tersebut Indonesia. Dengan mengadopsi kebaikan maka terbentuklah sistem perekonomian dindonesia yang disebut sistem ekonomi pancasila. C. dan pembagiannya menimbulkan berbagai masalah sosial. yakni Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat miskin. jalan untuk keluar dari masalah ini adalah dengan berutang. Tentunya dalam pembentukannya ada bongkar-pasang untuk mendapatkan kesesuaian. lagi-lagi hal ini karena hasil sintesa antara individulisme dan kolektivisme. Pernyataan tersebut merefleksikan kondisi ekonomi nasional yang sangat rapuh saat mengahadapi krisis. Salah satunya adalah diadakannya Indonesian Infrastructure Summit pada bulan November 2006 lalu. Kebijakan kontroversial pertama presiden Yudhoyono adalah mengurangi subsidi BBM. Kebanyakan BLT tidak sampai ke tangan yang berhak. namun karena telah di batasi kolektivisme maka individualisme ini tidak segarang aslinya. serta bidang-bidang yang mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sistem Ekonomi Indonesia sebagai Sintesa Kapitalisme dan Sosialisme Menurut beberapa pengamat sistem perekonomian Indonesia merupakan percampuran antara sistem kapetalisme dan sosialisme. Peran negara dalam sistem perekonomian Indonesia memang sentral. Maka. Kebijakan yang ditempuh untuk meningkatkan pendapatan perkapita adalah mengandalkan pembangunan infrastruktur massal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta mengundang investor asing dengan janji memperbaiki iklim investasi. Kebijakan kontroversial pertama itu menimbulkan kebijakan kontroversial kedua.untuk membangun dan membiayai perekonomian negara ini karena penerimaan pajak berkurang. Dalam perekonomian Indonesia ada individualisme. atau dengan kata lain menaikkan harga BBM. Dengan memadukan dua unsur ini maka yang ada dalam sistem Indonesia adalah bukan individualisme dan bukan pula kolektivisme. 11 . yang mempertemukan para investor dengan kepala-kepala daerah. Anggaran subsidi BBM dialihkan ke subsidi sektor pendidikan dan kesehatan. Individualisme vs kolektivisme.

sebuah posisi yang strategis dalam jalur pelayaran antar benua. Saran Dengan selesainya tugas mata kuliah Perekonomian Indonesia yang berjudul Sejarah Perekonomian Indonesia.era reformasi.Bab III PENUTUP A. Indonesia yang terletak di antara dua benua (Asia dan Eropa) dan dua samudra (Pasifik dan Hindia). masa pemerintahan transisi.telah menjalin hubungan dagang dengan India. orde baru. yaitu sebelum kemerdekaan dan setelah kemerdekaan (orde lama. Secara garis besar perekonomian Indonesia dibagi menjadi dua. saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan. masa pemerintahan gotong royong. dan kabinet Indonesia bersatu jilid 1 dan jilid 2). dan daerah-daerah di barat (kekaisaran Romawi) sejak abad pertama sesudah masehi. B. Kesimpulan Indonesia memiliki catatan dan pengalaman sejarah yang cukup panjang dan menarik dalam menjalankan roda perekonomiannya. Tiongkok. 12 . Oleh karena itu. kepada dosen pengajar dan seluruh rekan pembaca untuk memberikan saran dan kritikan yang sifatnya membangun demi karya ini.

DAFTAR PUSTAKA Rahman.Pd. Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat.html http://www.blogspot.Perekonomian Indonesia (TinjauanTeoritis dan Data Empris). Abdul.co. M.id/search?q=sejarah+perekonomian+indonesia&ie=utf-8&oe=utf8&aq=t&rls=org.google.mozilla:id:official&client=firefox-a 13 ..S. Majene http://muttaqiena.Si..com/2008/06/analisa-sejarah-perekonomianindonesia.2011.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful