KLIPING OLAHRAGA Oleh: Jalan kaki

merupakan olahraga murah tapimenyehatkan. Bahkan, bisa bikin langsing. Risiko cedera pun amat kecil.Banyak alasan seseorang melakukan latihan jalan kaki. Tahu atau tidak alasan sebenarnya,umumnya mereka menyatakan alasan kesehatan. Benar! Jalan kaki memang memberi manfaatkesehatan pada jantung, otot dan persendian, tulang, metabolisme, bobot badan, dan pikiran. Segudang manfaat Dengan jalan kaki teratur sistem dalam tubuh menjadi lebih baik dalam pengaturan gula darah.Karenanya, banyak penderita diabetes mellitus dapat mengurangi kebutuhan insulin bilamereka melakukan latihan jalan kaki.Jalan kaki pula yang merupakan olahraga ideal untuk menjaga bobot badan, karena dapatmeningkatkan penggunaan kalori, mengendalikan nafsu makan, dan membakar lemak. Kalau jumlah kalori yang kita gunakan untuk jalan kaki sama dengan yang kita konsumsi, kita dapatmemelihara bobot badan. Jika kalori yang terbakar lebih banyak dari yang kita konsumsi, kita bisa menurunkan bobot badan. Yang tak kalah pentingnya, jalan kaki dapat meningkatkangambaran diri serta mengurangi depresi (susah berkepanjangan) dan kecemasan.Hasil penelitian menyatakan, nilai aerobik jalan kaki termasuk baik. Penelitian di UniversitasWake Forest Carolina Utara pada 1971 menunjukkan, terjadinya peningkatan 18% dalamkonsumsi oksigen serta penurunan bobot badan dan lemak pria tengah baya yang melakukan program jalan kaki selama 20 minggu Sementara, penelitian di Universitas Massachusetts pada 1987 melaporkan, 67% pria dan 91%wanita yang diteliti dapat mencapai denyut nadi dalam zona latihannya pada waktu mereka jalan 1,6 km secepat-cepatnya dapat mereka lakukan. Penelitian menunjukkan pula bahwa priadan wanita yang telah mencapai puncak kebugaran dapat memperoleh

"Penyebab utamanya kami tidak tahu pasti. mereka yang selalu berpikiran negatif dan pesimis akan meningkatkan risikoterkena penyakit jantung dan mempercepat kematian. Jumat (14/8/2009).000 dari 162. Ketika penelitian dimulai. Demikian keterangan yang dikutip dari Medical News Today ." kata Hilary A.Pepatah yang sering menyebutkan bahwa jiwa yangsehat menuntun pada kesehatan fisik ternyata memang benar.Sebaliknya.Dalam studi ini.000wanita yang berada pada masa postmenopause. terutama jantung. tidak seorang pun dari merekamemiliki penyakit jantung. Tindle yang memimpin penelitian ini. . Namun terbukti bahwa sikap kita sangat berpengaruh terhadap penyakit jantung dan kesehatan.Mereka kemudian diminta melengkapi survei yang diancang untuk mengetahui tingkatoptimisme.manfaat aerobik dari jalan kaki. tingkat kebencian dan sikap pesimisme mereka. Sebelumnya mereka terlibat sebuah studi yang berlangsung selama 15 tahun. Tindle dan timnya menganalisa perkembangan sebanyak 97.Hasil penelitian yang dilakukan di University of Pittsburgh Medical Center mengungkapkan bahwa membentuk diri agar selalu bersikap optimis dan berpikir positif tak hanya membuatdiri kita lebih semangat menjalani hidup. Rupanya hal ini juga berdampak baik bagi kesehatantubuh.

Sudah pasti jika olahraga yang kita lakukan dengan baik dan benar dalam porsi dan prosedur latihan yang pas. akan membawa hasil postif bagi kesehatan fisik juga psikis bagi pelakunya.Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak menimbun penyakit di kemudianhari akibat pola hidup yang tidak kita kontrol dan tidak diimbangi olahraga. . merefleksikan keseriusan dan usaha yang Anda lakukan dalamlatihan rutin.Misalnya. banyak hal yang sebetulnya bisa Anda dapatkan dengan berolahraga. tapi aktivitas ini jugamemberikan kebanggan atas apa yang Anda jalani dengan tekun. sebagai atlet yang memperoleh prestasi dalam kagiatan keolahragaan. .Tidak hanya terwujud pada kesehatan fisik dan kesegaran mental. maupun yang Anda alami dalam jenjang waktu tertentu. terlalu jarang bergerak tidak akan membuat tubuh kita merasa segar dan ini bisa berakibat pada labilnya keadaan struktur tulang. Baik yangdapat dirasakan secara langsung. Untuk Kesehatan. Dengandemikian.Sudah berolahraga dengan rutin? Jika Anda sudahmelakukannya. Namun lebih dari itu. pasti sudah banyak pula manfaat yang Anda rasakan selama ini. Sesuai dengananjuran para ahli. baik yang secara langsung maupuntidak langsung. timbul rasa senang dan tidak sedikit orang yang menjadikan olahraga sebagai hobbyyang harus dipuaskan.Semua manfaat tersebut.

.

Ada beberapa pertandingan regional seperti kejuaraan Eropa.Sebuah badan pengelola internasional dibentuk.Olahraga lompat jauh dipertandingkan pada sekitar tahun 1869. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalahPASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). Atletik modern biasanya diorganisir sekitar lari 400m di trek di hampir semua even yang ada. khususnya Olimpiade. IAAF dibentuk tahun 1912. tetapiyang lain kurang populer. Acara lapangan(melompat dan melempar) biasanya memakai tempat didalam trek. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "athlon"yang berarti "kontes". diakumulasi dalam IAAFWorld Athletics Final dan kejuaraan dalam ruangan seperti World Indoor Championship.AAU (Amateur Athletic Union) adalah badan pengelola di Amerika Serikat sampairuntuh dibawah tekanan profesionalisme pada akhir tahun 1970. Pan-American Games dan CommonwealthGames. Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan padaolimpiade pertama pada 776 SM. Sebagai tambahan ada sirkuit Liga Emas professional. dan akhirnya dinamai USA Track and Field (USATFatau . lempar.Olahraga tersebut memiliki profil tinggi selama kejuaraan besar. Atletik termasuk didalamOlimpiade modern di tahun 1896 dan membentuk dasar-dasarnya kemudian Wanita pertamakali dibolehkan berpartisipasi di trek dan lapangan dalam event Olimpiade tahun 1928. dan lompat.Sejarah lompat jauh Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapatdikelompokkan menjadi lari. IAAFmenyelenggarakan beberapa kejuaraan dunia outdoor di tahun 1983. Sebuah badan baru bernamaThe Athletic Congress (TAC) dibentuk.

Sebuah tambahan. Dimasa modern.USA T&F). . atlet sekarang bisa menerima uang dari balapan. RoadRunner Club of America (RRCA) juga ada di USA untuk mempromosikan balap jalanan. mengakhiri sebutan“amatirisme” yang ada sebelumnya. organisasi dengan struktural yang lebih kecil.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful