PUBLIC OPINION POLLING

Di Susun Oleh

: 

Rully Triasnyah  .Patriasa Novandika  .Ari Tingkat / Program Dosen Pembimbing Mata Kuliah : III / S-1 Pubilc Relations : Drs. Marwan Mahmudi : Opini Publik

Univ. MERCU BUANA

Dan semoga sengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman.KATA PENGANTAR Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan.. karena dengan rahmat dan karuniaNya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa saya ucapkan kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini.. oleh sebab itu penulis angat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Penulis . Amin.

DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN BAB II PEMBAHASAN BAB III PENUTUP Kesimpulan .

Oleh karena itu para pengusaha menghubungi lembaga-lembaga Public Opinion Polling. Apa yang disebut polling? Menurut kamus Inggris-Indonesia oleh John M. terlebih dahulu dokter itu melakukan pemeriksaan dengan teliti sebagai bahan untuk membuat diagnosa penyakit pasien tersebut. jumlah suara. Melihat judul uraian. dan apa yang tidak mereka senangi dan sebagainya. penyelidikan pendapat umum.BAB I PENDAHULUAN Di Negara-negara maju opini publik sangat diperlukan. Melihat kata polling akan terbaca. sehingga kesalahan pemberian obat sangat kecil kemungkinan. (1990) Gramedia Jakarta. maka public opinion polling adalah pengumpulan pendapat dari publik . sebelum sebuah perusahaan yang ingin mengembangkan usahanya. pemungutan suara. Badan atau lembaga itu bukan saja membentuk opini publik. Hal itu sama halnya apabila seorang dokter akan memberi obat kepada pasiennya. tetapi lembaga itu mengadakan lebih dahulu penelitian opini publik dalam masyarakat.Echols dan Hassan Shadaly. apakah menambah jumlah produk atau membuat lagi produksi baru. misalnya mengenai apa yang diinginkan konsumen.

Usaha itu tidak hanya terbatas kepada soal pembentukan opini publik. Di Negara maju seperti Amerika Serikat. yang ditemukan oleh pemimpin Badan atau Lembaga The American Institute of Publik Opinion Polling ialah George Gallup. pembentukan opini publik sudah merupakan bagian dari industri yang tidak dapat dipisahkan dari segala usaha. atau hasil pemilihan Presiden. lembaganya bernama The British Institute of Public Opinion . Publik Opinion Polling (pemungutan publik/pengumpulan opini publik) melakukan kegiatannya sebagai sumbernya adalah Public Opinion Forming (pembentukan opini publik) Selain itu Publik Opinion Polling kemungkinan dapat meramalkan sesuatu hal yang akan datang seperti hasil pemilihan umum.BAB II PEMBAHASAN Dasar Pemikiran The Gallup Poll. The Gallup Poll adalah suatu metode dari Public Opinion Polling. maka sebelum opini membentuk opini publik itu sendiri. yang melaksanakan Public Opinion Polling. diantaranya dari Inggeris. Tujuannya agar sebelum diadakan usaha-usaha kearah pembentukan opini publik maka opini publik dalam masyarakat diteliti lebih dahulu Sehubungan penelitian opini publik dianggap penting. Lembaga-lembaga di luar Amerika Serikat yang bergerak dalam lapangan Publik Opinion Polling. namun mengenai penelitian opini publik itu. dan bekerjasama dengan The American Institute of Public Opinion. Sebuah Badan di Amerika Serikat dikenal dengan nama The Gallup Poll. Dinasdinas penerangan atau propaganda yang berusaha secara swasta yang menyebut dirinya sebagai Industrial Public Relations Officer yang melakukan kegiatan dengan memanfaatkan media yang ada.

yang akan membangun mini-market dekat di jalan-jalan besar baik di luar kota maupun ditengah-tengah tempat tinggal penduduk di dalam kota. Data yang dicari misalnya mengenai perimbangan jumlah . Para langganan dari Public Opinion Polling mengharapkan dapat mengetahui apa yang menjadi pikiran sebagian besar rakyat AS. Itulah antara lain pertanyaan-pertanyaan yang harus dicari fact-findingnya secara eksakta atau tepat oleh suatu Badan Public Opinion Polling. namanya Lembaga Pers dan Pendapat Umum dibawah Departemen Penerangan-(Deppen dibubarkan tahun 2000). Badan ini dapat juga diminta bantuannya untuk mencarikan bahan atau data bagi kepentingan pengusaha-pengusaha mini-market. juga surat-surat kabar. Menghadapi Natal dan tahun baru seorang pengusaha pabrik sepatu. ia minta bantuan Badan Public Opinion Polling terlebih dahulu melakukan fact-finding (untuk meneliti atau menemukan fakta-fakta) di lapangan mengenai opini publik terhadap sepatu yang telah diproduksinya. Public Opinion Polling sudah memasuki usaha komersial. Badan atau lembaga semacam ini juga terdapat di Swedia. sekali dalam 10 tahun melakukan sensus penduduk Indonesia. dengan harapan hasilhasil barang industrinya atau yang diproduksinya mendapat pasaran yang baik. Ada juga namanya Badan Sensus Penduduk. bentuknya yang bagaimana dikehendaki oleh konsumen menghadapi hari-hari besar itu. yang menonjol peranannya pada saat Pemilu 2003-2004.Polling yang dipimpin oleh Dr. umpamanya mengenai warnanya. disamping lembaga-lembaga lain yang ada di Indonesia.ingin memperlipat gandakan produksi sepatunya. Australia dan Perancis. sedangkan Kanada namanya The Canadian Institute of Public Opinion Polling yang dipimpin oleh Wilfrid Sanders. dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) dan National Democratic Institute (NDI). Henry Durant. Dinegara industri seperti Amerika Serikat. Sekarang ini di Indonesia telah lahir Lembaga Penelitian. Di Indonesia lembaga semacam itu pernah ada. Terutama para industriwan banyak menggunakan jasa dari POP. yang menjadi langganan adalah lembaga-lembaga pemerintah. kita kenal juga Badan Sensus Ekonomi. Pendidikan.

Berbagai pertanyaan yang muncul.. Pentingnya opini publik bagi kehidupan masyarakat yang demokratis. Misalnya. Apabila fact-finding untuk kepentingan tersebut telah ditemukan tempat-tempat strategis. atau proses suatu pemerintahan. filsuf klasik Plato dan Aristoteles menyatakan bahwa pemerintahan yang dikuasai satu orang disebut monarki. Dalam praktek. dan yang demokrasi. diperintah banyak orang disebut Ada anggapan pemerintahan satu orang atau oleh beberapa orang. jadi rakyatlah yang memerintah di alam demokrasi. Definisi ini tidak langsung mengatakan apapun tentang struktur. apakah prinsip mayoritas menuntut agar rakyat 50 persen tambah satu menghadapi suatu persoalan tertentu yang menghasilkan kebijakan. melainkan mengenai tipe pemerintahan terbagi menurut jumlah orang yang menjalankan kekuasaan. yang diperintah oleh beberapa orang disebut aristokrasi. maka ditempatkanlah mini-market dipinggir jalan tersebut. Opini publik adalah sejumlah persepsi yang diekpresikan oleh sejumlah orang mengenai isu yang menyangkut kepentingan umum. apakah jumlah yang cukup apakah seseorang mempertimbangkan kualitas opini publik dialam demokrasi. Pertanyaan-pertanyaan ini muncul dalam setiap upaya mempertimbangkan opini publik dialam demokrasi. pemerintahan yang non-demokratis yang ingin berbuat . organisasi. Opini Publik dan demokrasi. Nah siapakah rakyat itu.penduduk dan jumlah pasar-pasar tradisional sekitar daerah tersebut. kurang menghormati opini publik atau kurang mampu mengukurnya daripada pemerintahan orang banyak.

Untuk mengatasi musibah yang beruntun terjadi di tanah air (2006). . lambat laun cenderung menjadi demokrasi. Apakah perlu ada pertemuan istimewa (dengan DPR) untuk membicarakan masalah tersebut ditambah anggaran yang sangat diperlukan untuk mengatasi korban jiwa. Untuk merealisasikan pembangunan ³alat detector gempa´ pemerintah akan bekerjasama antara lain dengan Jepang Usaha pemerintah. akibatnya lebih tanggap terhadap opini publik daripada pemerintahan non-demokratis Proses opinion policy/kebijakan adalah mencakup cara apa. Presiden mengakui alat tersebut sangat mahal. Demokrasi akan lebih condong memberikan perhatian dan menghubung-kan diri mereka sendiri.baik dan sukses. belum terwujud tetapi bencana tanpa diduga sebelumnya tanpa alat detector datang silih berganti melanda Indonesia. yang dipikirkan rakyat yang berkaitan dengan apa yang dilakukan pemerintah. yang paling baik kesempatan mengidentifikasikan opini dari anggota-anggota DPR yang banyak melahirkan berbagai persepsi. Demokrasi adalah pemerintahan oleh rakyat. Pemerintah akan menambah APBN untuk membangun peralatan diteksi gempa-tsunami. khususnya gempa.Pertemuan itu kemungkinan akan berlarut-larut karena banyak pesepsi yang masuk memerlukan pertimbangan yang dapat menghabiskan waktu banyak.yang banyak menelan korban manusia. Dalam penyelesaian rencana itu Presiden menunjuk Menteri Keuangan dan Menteri Sosial untuk membicarakannya dengan DPR. apa yang dipikirkan rakyat harus benar-benar sesuai dengan apa yang dilaksanakan pemerintah. sehingga adanya perubahan kebijakan. Hubungan antara opini publik dan kebijakan pemerintah merupakan hal yang biasa dalam masyarakat demokratis. perhatian terhadap opini publik senantiasa menimbul-kan perhatian untuk meningkatkan jumlah orang yang berperan serta dalam kekuasaan politik. Akibatnya hubungan baik antara opini publik dengan kebijakan pemerintah akan hancur.

kesehatan dan tempat penampungan sementara serta pangan dan sandang yang sangat diperlukan oleh rakyat yang tertimpa bencana. Opini publik akan menjadi salah satu alat yang berguna sekali bagi keberhasilan tugas seorang pemimpin. . juga akan di ketahui oleh rakyat kualitas dari pimpinannya. Selanjutnya menurut James Bryce. Oleh sebab itu. namun pemimpin itu tetap harus waspada bahwa opini publik itu bukan fakta yang belum tentu benar. Presiden segera turun tangan untuk melihat dari dekat apa yang terjadi di daearh bencana. apa yang menjadi prioritas utama. pemerintah tidak tergera. Disinilah diuji kepemimpinan seseorang. pemilihan umum adalah satu-satunya jalan yang baik untuk mencerminkan pemerintahan yang demokratis. maka pemimpin tersebut akan selalu memperhatikan sebaikbaiknya data dan fakta dari opini publik yang aktual Peristiwa yang aktual saat ini (Juli 2006. Untuk kepentingan semacam itu. tiga bulan sekali sebesar 300 ribu rupiah setiap orang. apakah ia dengan mudah mengubah cita-citanya karena desakan opini publik ataukah ia bijaksana dapat membawa dan membina opini publik tersebut untuk mencapai cita-cita atau ide-idenya. pencarian korban.Pemimpin yang besar selalu mencari keterangan-keterangan dari setiap sumber yang dapat dipercaya mengenai keadaan rakyat yang akan dipimpinnya. tidak perlu diragukan lagi bahwa opini publik harus diperhatikan oleh seorang pemimpin. Pemerintah menaikkan harga BBM (2004) yang cukup tinggi. Kejadian itu berlangsung hampir satu bulan.k untuk menurunkannya. bencana alam. mempunyai pandangan jauh kedepan yaitu mengenai pentingnya penelitian tentang opini publik secara berkala. Perkembangan suatu pemerintahan yang demokratis dapat tercapai dengan baik apabila kehendak dari sebagian besar penduduk dapat diteliti pada setiap saat. 2007 dan awal 2008) yang melanda tanah air kita. Seorang ahli sejarah James Bryce. akibat kenaikkan itu demo menggema seluruh Indonesia. Solusinya pemerintah memberikan kupon gratis untuk pengambilan minyak tanah bagi mereka yang tidak mampu dan uang konpensasi.

Sunarjo (1984. psikologis. yuridis dan politis. maka tidak perlu memakan sepanci sayur sup tersebut. Hanya dapat kita ambil satu sendok saja. dan sudah cukup untuk dapat menentukan atau menyimpulkan rasa sayur sup yang sepanci tersebut. Selanjutnya Wilfrit Sanders mengakui bahwa obyektivitas dari orang yang mencoba rasa sup tersebut harus dijamin. Sedang opini publik sendiri adalah suatu proses dalam jiwa se golongan orang yang tidak dapat dilihat dan dipegang. apakah mungkin Public Opinion Polling sesuatu yang abstrak dapat dilakukan pengumpulan yang menghasilkan data kongkrit. Golongan pertama menyangsikan. Sedang dari segi psikologis ke dua hak-hak tadi dapat menimbulkan suatu ketegangan yang berakibat mencari jalan keluar seperti halnya agresi dan lain-lain.1). Dari segi Juridis. maka setidak-tidaknya mempengaruhi kwalitas pemerintah . kita berhak mengeluarkan pikiran dan pendapat dan nasib kita tidak tergantung pada orang lain. namun banyak yang mengeritik hasil kerja badan tersebut. Mengenai keberatan itu. Hal ini terutama dalam pemerintahan di alam demokrasi. Dari sudut sosilogis maka sebagai individu. Golongan kedua. karena faktor obyektivitas merupakan syarat mutlak bagi usaha Public Opinion Polling. Kritik dari mereka masih ragu-ragu terhadap sistem kerja dan metode yang digunakan untuk menjamin berhasilnya obyektivitas.Menurut Djoenaesih S. Kritik terhadap Public Opinion Polling Badan ini banyak dirasakan manfaatnya. bahwa apabila kita ingin mencoba rasa sepanci sayur sup. mengutip apa yang dikemukakan Achmad Dahlan Nasution (1967) opini publik dapat ditinjau dari berbagai sudut yakni sudut sosilogis. Ct. Wilfrit Sanders dari The Canadian Institute of Public Opinion Polling memberi jawaban dengan suatu gambaran. merasa khawatir dengan diketahuinya pandangan suatu kehendak dari sebagian besar orang. Disini pentingnya pengetahuan opini publik untuk mengatasinya. ia dipengaruhi masyarakat dan harus mengetahui bagaimana reaksi-reaksi orang lain. melainkan sesuatu yang abstrak seperti cinta dan benci.

para pemimpin yang berhasil adalah mereka yang memiliki pengertian yang baik tentang pandangan. pelaksanaannya sangat sederhana. para pegawai dinas-dinas pemerintah daerah ataupun berbagai departemen di Negara kita. Pengalaman sejarah menunjukkan. pendapat-pendapat para pengikutnya. ini merupakan dasar utama bagi demokrasi. harapan-harapan dan aspirasi-aspirasinya. Namun seorang negarawan sejati tidak demikian saja merubah cita-citanya atau ide-ide yang telah diyakininya untuk disesuaikan dengan opini publik yang dihadapi suatu waktu. Sebaliknya negarawan tersebut pasti akan berusaha untuk menarik rakyat agar mereka dapat menerima pandangan atau gagasan-gagasannya. apakah ia dapat memikat pengikut-pengikutnya untuk mengikuti ide-ide atau cita-citanya. dan meninjau sesuatu masalah dengan bebas dalam segala lapisan dan golongan masyarakat. karena dalam membicarakan sesuatu. Tentang kekhawatiran golongan kedua ini. Pada hakekatnya keberhasilan seorang negarawan atau pimpinan sebagian besar diukur. sambil memperhatikan bagaimana pandangan mereka mengenai informasi-informasi yang aktual dari hari ke hari. Padahal opini publik bukan fakta jadi belum tentu benar. kebutuhannya. . Hal ini merupakan cara yang paling baik di dalam menemukan ³kebenaran´. yang sudah biasa dikerjakan oleh para peninjau politik ( political observers). Menurut James Bryce cara yang paling baik menemukan opini publik yang murni adalah menugaskan orang-orang yang mempunyai sifat obyektif (tidak berat sebelah) dan memiliki kecakapan menyelidiki. Pelaksanaan Public Opinion Polling. baik kekurangannya dalam berbagai hal.atau orang yang memimpin pemerintahan dengan akibat yang kurang baik. Usaha melakukan public opinion polling. dengan tekhnik yang sudah teratur dan sistimatis. George Galluo menyatakan kita tidak usah meragukan lagi akan ungkapan. seseorang akan dapat langsung sampai atau menuju ke fakta atau data. ³Suara rakyat itu adalah suara Tuhan´ (the voice of the people is the voice of God).

Kegiatan polling di perusahaan. adakalanya mengirimkan wartawan/reporternya ke segala pelosok. bagaimana pandangannya terhadap pelaksanaan pemilu. sedangkan para peninjau politik atau para petugas media massa hanya dapat mewawancara dalam jumlah terbatas. Selanjutnya suatu polling harus diatur secermat-cermat pengambilan sampel. yang menghasilkan berita.S Opini publik. Badan Public Opinion Polling sebaiknya memiliki catatan-catatan yang dikelompokan secara teratur dan sistimatis. Termasuk jumlah orang yang menjadi responden. radio. agama atau kepercayaannya. Apalagi dengan kemajuan tekhnologi semua catatan-catatan yang harus dimiliki oleh sebuah badan public opinion polling sudah dimasukan dalam komputer. atau efek-efek yang mungkin terjadi. misalnya hasil-hasil Pemilu dan berbagai statistik. jenis kelamin. aliran politiknya. diteliti. Apakah ada perbedaan cara memperoleh data di lapangan yang dilakukan oleh media massa dengan cara-cara yang dilakukan oleh badan public opinion polling ? Perbedaannya adalah : (dari Djoenaesih S. secara khusus meliput suatu peristiwa nasional. dengan ciri tertentu untuk memudahkan mencarinya. dikumpulkan menurut lapangan kerjanya masing-masing. misalnya jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit mengambil sampel pegawai. televisi. menurut golongan. seperti pemilihan umum. suku/rasnya. Demikian data penduduk harus cocok dengan keadaan sebenarnya baik dikota-kota . Para reporter diwajibkan melaporkan hasil liputan. denikian juga dengan sistim angket. 1984) Badan-badan public opinion polling dapat mencapai jumlah ribuan responden. sudah menjadi pekerjaan rutin setiap hari. tingkat pendidikan dan sebagainya Dalam suatu polling harus diatur dengan menggunakan file-file yang dikumpulkan. Badan-badan public opinion polling mempunyai syarat yang mutlak dalam sistemnya agar dalam mewawancara responden dapat benar-benar meliputi segala golongan dan lapisan masyarakat dengan proporsi yang telah ditentukan sebelumnya. dinas dan media massa. dimana pimpinan redaksi suratkabar atau majalah.

maka dia telah mendengar berbagai opini dari teman-temannya mengenai bencana alam.besar maupun dikota-kota kecil. semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. seseorang secara tidak sadar telah melakukan semacam public opinion polling. Kesimpulan tersebut mungkin tidak atau kurang benar. Secara sadar atau tidak sampai di rumah dia menyimpulkan suatu wujud opini publik. Dalam kehidupan sehari-hari.Secara tidak sadar dia telah mengadakan polling. Setelah bertemu dan berbicara dengan teman-temannya dikantor. Semua ini memerlukan kecermatan bekerja secara teratur sama sekali tidak boleh hanya berdasarkan perkiraan dan dugaan semata-mata. mulai dari gempa-tsunamigunung meletus. dalam seuatu Negara yang menganut paham demokrasi seing diadakanya public opinion polling yang bertujuan untuk meneliti sebelum membentuk opini public dan kemudain disebarkan menjadi sebuah propaganda yang berfungsi mengontrol opini tersebut untuk diarahkan berdasarkan kepentingan suatu institusi atau pemerintah. yang pernah dia bicarakan pagi tadi. Kesimpulan jadi. . dengan demikian bertambahlah bahan-bahan untuk pollingnya. Pada waktu sore hari sewaktu dia bertemu dengan berbagai sahabat atau tetangga dia membicarakan masalah yang aktual itu. Karena itu seorang statistik yang berpengalaman dan rajin adalah suatu tenaga yang baik di lapangan ³public opinion polling´. akan tetapi dengan tidak disadari orang tersebut telah melaksanakan dasar-dasar suatu polling BAB III PENUTUP Demikian makalah tentang public opinion polling yang saya buat. pemilu atau saat pemerintah membuat kebijakan baru. baik didaerah pertanian maupun di daerah industri. Pembicaraan pagi hari mengenai masalah aktual ³bencana alam´ (2006) yang menimpa negara kita. Contoh.

y Liberty Echols. Opini Publik. Djunaesih S. Yogyakarta. Jakarta. Bandung.DAFTAR PUSTAKA Sastropoetro. Dra. (1984). Jakarta. cetakan ke 2).437) y y Helena Olili. Santoso RA (1990. pendapat y Umum dan pendapat khalayak dalam komunikasi Sosial. Opini Publik.John M dan Shadily Hassan (1990). Seri Ilmu Komunikasi. 2007.Pendapat Publik. Liberty. PT. Yogyakarta. . 1997. Djoenaesih S. Sunarjo. Indeks. Opini Publik. SU. y Remaja Rosdakarya Sunarjo. Kamus Inggeris Indonesia. Gramedia (hal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful