You are on page 1of 6

A.

PENDAHULUAN Dalam beberapa perusahaan sering dijumpai lulusan perguruan tinggi yang mengalami kesulitan dalam menghadapi kenyataan yang ada di lapangan, Hal ini disebabkan kurang siapnya mahasiswa dalam meghadapi masalah yang timbul. Untuk menghindari masalah tersebut maka mahasiswa Universitas Brawijaya, khususnya Jurusan Administrasi Bisnis diharuskan untuk melaksanakan latihan kerja (magang). Tujuan pendidikan tinggi, seperti yang diketahui adalah untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik sehingga mampu menerapkan serta mengembangkannya, untuk meningkatkan kualitas kehidupan di masyarakat. Universitas merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang terampil, professional dan siap kerja. Oleh karena itu, Universitas dituntut agar selalu menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kondisi perkembangan lapangan kerja, sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh sebagai bekal dalam menghadapi berbagai kendala yang mungkin akan terjadi pada lingkungan kerjanya dikemudian hari. Karakteristik pada sistem pendidikan pada Program Strata 1 (S1) di Universitas Brawijaya adalah menggunakan sistem kuliah yang menekankan pada teori maupun ketrampilan praktis dan mengacu pada kebutuhan dalam rangka menunjang pendidikan yang berbasis kompetensi dan pembangunan nasional dengan menitik beratkan pada kegiatan lapangan baik dalam teknis maupun non teknis. Sehingga mahasiswa diharapkan lebih memahami dan dapat menerapkan teori maupun kegiatan yang bersifat realita. Berdasarkan pemikiran tersebu,t maka Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti Latihan Kerja (Magang) sebagai kegiatan yang perlu dilakukan oleh mahasiswa untuk menambah pengalaman dan keterampilan dalam dunia kerja sehingga diharapkan mahasiswa mempunyai gambaran tentang permasalahan yang ada di dunia kerja yang sebenarnya serta dapat menumbuhkan sikap kemandirian dalam penyelesaian masalah di lingkungan sekitarnya.

1

B. Berdasarkan hal itu dan mengacu pada UU no 10 Tahun 1998. bukan saja pada agama Islam. mulailah PT Bank Negara Indonesia (Persero ) merintis Divisi Usaha Syariah. TEMA KEGIATAN Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan magang ini ´Proses Alokasi Penerimaan Sumber Dana Tabungan Pada PT. Hal ini terkait dengan fungsi bank yaitu sebagai lembaga penghimpun dan penyalur dana ke masyarakat serta menyediakan jasa-jasa perbankan lainnya. C. Oleh sebab itu bank syariah dalam menjalankan operasinya tidak menggunakan sistem bunga.´ Kegiatan bank syariah pada dasarnya merupakan perluasan jasa perbankan bagi masyarakat yang membutuhkan dan menghendaki pembayaran imbalan yang tidak didasarkan pada sistem bunga. melainkan atas prinsip syariah. yaitu: (1) adanya pandangan bahwa bunga (interest) pada bank konvensional hukumnya haram karena termasuk dalam kategori riba yang dilarang dalam agama. Dalam jangka panjang sistem perbankan konvensional akan menyebabkan penumpukan kekayaan pada segelintir orang yang memiliki kapital besar (Sjahdeini. BNI Syariah menjalankan operasional bank berdasarkan prinsip syariah salah satunya sistem bagi hasil. 1999). giro dan deposito. (2) dari aspek ekonomi. Penghimpunan dana dari masyarakat dilakukan dalam bentuk simpanan yaitu tabungan. penyerahan risiko usaha terhadap salah satu pihak dinilai melanggar norma keadilan. Pada sistem Bank Syariah terbukti dapat bertahan dalam tempaan krisis moneter 1997 mampu meyakinkan masyarakat bahwa sistem tersebut kokoh dan menjawab kebutuhan perbankan yang transparan. melainkan juga oleh agama samawi lainnya. akan tetapi 2 . Bank Negara Indonesia Syariah (Persero) Tbk´. sedangkan penyalurannya dalam bentuk pinjaman atau kredit. ³Sistem bagi hasil didasarkan pada 2 (dua) alasan utama. maka BNI Syariah saat ini didukung oleh sistem Informasi Teknologi yang modern dan jaringan transaksi yang sangat luas di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan jaringan Kantor Cabang BNI. LATAR BELAKANG Saat ini industri perbankan mempunyai peranan yang sangat strategis dalam perkembangan perekonomian nasional suatu negara. Dengan pola Dual System Bank.

Bagi Fakultas a. Mencetak tenaga kerja yang terampil dan jujur dalam menjalankan tugas dan pekerjaan. Bagi Mahasiswa a. 3 . d. Sebagai masukan untuk mengevaluasi sampai sejauh mana kesesuaian kurikulum pendidikan yang telah diterapkan dengan kebutuhan tenaga kerja yang terampil di bidangnya. Meningkatkan dan memperdalam kualitas ketrampilan. Untuk mengetahui jenis produk tabungan yang ditawarkan oleh Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah. Melatih kepekaaan dan daya tanggap dalam menghadapi masalah dilingkungan kerja. Mengetahui perbandingan antara teori dan praktek tentang permasalahan pendanaan di dunia perbankan. Untuk mengetahui proses alokasi sumber dana tabungan pada Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah. daya kreativitas dan kemampuan pribadi. 2. b. 2.menggunakan sistem bagi hasil yang sesuai dengan prinsip syariah sebagai dasar penentukan imbalan yang diterima atas jasa pembiayaan yang diberikan dan atau pemberian atas dana masyarakat yang disimpan pada bank syariah. 3. MANFAAT KEGIATAN MAGANG 1. Melatih dan menambah pengalaman mengenai dunia kerja perbankan. e. Untuk mengetahui kebijakan-kebijakan mengenai alokasi sumber dana tabungan pada Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah. Memperluas wawasan dan pengetahuan mengenai proses alokasi sumber dana tabungan pada Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah b. D. TUJUAN MAGANG 1. E. c.

Membantu menyelesaikan tugas dan pekerjaan sehari-hari di instasi tempat magang sesuai dengan tema yang telah diajukan. Sebagai pertimbangan untuk menyempurnakan kurikulum berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan pasar kerja baik sekarang atau masa yang akan datang. Sarana untuk menjembatani hubungan antara instansi dengan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya untuk melakukan kerja sama di masa yang akan datang. terutama yang berhubungan dengan menyiapkan para calon tenaga kerja sebelum mereka bekerja. b. 3. Sebagai masukan dan sumbangan pemikiran bagi instansi agar dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan aktivitas kerjanya.17G Malang : 082143595405 : Universitas Brawijaya Malang : Ilmu Administrasi : Administrasi Bisnis 2. Nama NIM Alamat Nomor telepon Perguruan Tinggi Fakultas Jurusan : Ufi Zuhriyatuz Zakkiyah (Ketua Kelompok) : 0810320157 : Jl. c. Ki Ageng Gribig VI/2 Malang : 085755434909 : Universitas Brawijaya Malang : Ilmu Administrasi : Administrasi Bisnis 4 .Watu Gong No. F. Bagi Instansi a.c. Nama NIM Alamat Nomor telepon Perguruan Tinggi Fakultas Jurusan : Dina Kartika : 0810320049 : Jl. PELAKSANA KEGIATAN Mahasiswa yang mengikuti program Magang ini adalah : 1.

48 Malang. Diharapkan semoga kegiatan KKN/Magang yang diusulkan ini dapat dilaksanakan sesuai dengan tema dan waktu yang telah direncanakan. Selain itu mahasiswa dapat mengetahui kondisi kerja di lapangan yang sesungguhnya. 5 .3. H. Demikian harapan kami. dengan maksud agar mahasiswa dapat mengaplikasikan materi-materi yang telah didapat selama dibangku perkuliahan sesuai dengan kemampuannya. Bank Negara Indonesia (Persero) Cabang Malang yang terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto No. Nama NIM Alamat Nomor telepon Perguruan Tinggi Fakultas Jurusan : Findiarti Maryastuti : 0810320069 : Pondok Blimbing Indah E1/18 Malang : 08970304542 : Universitas Brawijaya Malang : Ilmu Administrasi : Administrasi Bisnis G. Mahasiswa peserta KKN/Magang akan berusaha untuk dapat melaksanakan kegiatan magang ini sesuai aturan yang berlaku di instansi atau perusahaan dengan sebaik-baiknya. dan atas perhatian pihak perusahaan kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN Kegiatan magang ini akan diusulkan untuk dilaksanakan pada bulan tanggal 04 Juli 2011 ± 19 Agustus 2011. PENUTUP Kegiatan magang yang di laksanakan ini merupakan salah satu program akademik Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. sehingga ada suatu keuntungan timbal balik antara institusi pendidikan dalam ini Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dengan pihak instansi atau perusahaan. bertempat di kantor PT.

Jaksa Agung Suprapto 48 Malang : 04 Juli 2011 ± 19 Agustus 2011 Mahasiswa Pelaksana : a. Rustam Hidayat.LEMBAR PENGESAHAN PROPOSAL MAGANG Nama Kegiatan Nama Instansi : Magang : PT. S. Dekan Ketua Jurusan Administrasi Bisnis ub.Si NIP.Sos. Dina Kartika c.0810320157 Mengetahui/ Menyetujui a.n.Si NIP. M. Bank Negara Indonesia Syariah ( Persero ) Cabang Cabang Malang Alamat Waktu Pelaksanaan : Jl. Sekretaris Jurusan Drs. M. 25 Februari 2011 Dosen Pembimbing Ketua Kelompok Saparila Worokinarsih. 19750305 200604 2 001 Ufi Zuhriyatuz Zakkiyah NIM. R. 19570909 198303 1 001 6 . Ufi Zuhriyatuz Zakkiyah b. Findiarti Maryastuti ( 0810320157 ) ( 0810320049 ) ( 0810320069 ) Malang.