Nama : Yunika Dewi Wulaningtyas NIM : 080210101051

Prodi : Pendidikan Matematika (R)

NASIONALISME BANGSA INDONESIA

Permasalahan : Nasionalisme bangsa Indonesia apakah masih kuat atau mengalami degradasi?

Jawab : Nasionalisme menurut kamus bahasa Indonesia berarti paham atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara sendiri, politik untuk membela pemerintah sendiri, atau kesadaran keanggotaan suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan dan mengabadikan indentitas, integritas, kemakmuran serta kekuatan bangsa dan semangat bangsa. 1)

Nasionalisme merupakan sikap dan tingkah laku individu atau masyarakat yang merujuk pada loyalitas dan pengabdian terhadap bangsa dan negaranya. Namun, secara empiris, nasionalisme tidak sesederhana definisi itu. Nasionalisme tidak seperti bangunan statis, tetapi selalu dialektis dan interpretatif, sebab nasionalisme bukan pembawaan manusia sejak lahir, melainkan sebagai hasil peradaban manusia dalam menjawab tantangan hidupnya.2) Nasionalisme sangat penting demi mempertahankan integritas bangsa ini, terutama sebagai generasi muda yang akan segera mewarisi tampuk

kepemimpinan bangsa ini. Nasionalisme juga adalah identitas kita sebagai bangsa yang besar, yang menghargai pengorbanan para pahlawannya. Realita menunjukkan bahwa rasa nasionalisme yang seharusnya dimiliki oleh setiap WNI justru dianggap sudah tidak relevan lagi. Parahnya, kebanyakan

yang berpikir demikian adalah generasi mudanya yang akan segera naik tahta menggantikan kepemimpinan masa kini. kemerdekaan 1945. Nasionalisme kebangsaan tidak terlepas dari situasi global. ketika bangsa ini masih dijajah Belanda atau Jepang. Kini. bangkitnya orde baru 1966. yang berulang hampir 20 tahun sekali yang dapat kita lihat dari perjalanan sejarah nasional sejak kebangkitan nasional 1908. pemerintah pusat dapat mempercepat distribusi pembangunan di semua daerah agar tidak tumbuh semangat etnonasionalisme dalam diri generasi muda. nasionalisme begitu lekatnya pada setiap anak bangsa untuk bangkit dan berjuang dengan gigih untuk mencapai sebuah kemerdekaan.4) Dulu. Sumpah Pemuda 1928. Namun generasi muda dituntut tetap nasionalis demi kepentingan bangsa. Disamping itu. Dengan begitu. peran nyata para generasi muda terdiri dari 5 gelombang nasionalisme di Indonesia. Nasionalisme saat itu merupakan tonggak untuk berjuang demi kemerdekaan dan melepaskan diri dari belenggu penjajah yang menguasai Indonesia beberapa abad lamanya. Hal tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab generasi muda saat ini yaitu penciptaan kesejahteraan dan keadilan yang diperjuangkan secara bersama-sama. kesejahteraan dapat diciptakan secara bersama-sama.3) Secara umum. Generasi muda Indonesia harus mencermati secara kritis realitas kepentingan global terhadap Indonesia. disadari atau tidak nasionalisme sekarang ini hanya dimiliki oleh sebagian generasi bangsa Indonesia. Degradasi nasionalisme dapat dijawab melalui strategi kebudayaan dari berbagai etnis dan suku sebagai landasan dalam melakukan modernisasi ala Indonesia. Generasi muda di semua daerah dituntut agar tidak mengedepankan kepentingan yang bersifat kedaerahan. nasionalisme bangsa Indonesia tinggal sebuah cerita. dan bangkitnya orde reformasi 1998. Diakui atau tidak.5) Generasi muda dituntut mencermati kondisi kekinian. . kita tidak boleh antipati dengan pasar.

generasi muda begitu menikmati hiburan berbudaya Barat seperti clubbing. Rasa patriotisme. terutama di kota-kota besar. meningkatnya jumlah pengangguran. Pelajaran Sejarah seharusnya sampai pada pemahaman nilai-nilai reflektif dalam sejarah bangsa dan menjadi sarana bagi para peserta didik dalam menemukan identitasnya sebagai WNI. 8) Faktor lainnya adalah kegagalan pemerintah dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air melalui pendidikan fisik. sebagaimana diperlihatkan generasi tua.Harus kita akui bahwa sejak bergulirnya arus reformasi disegala bidang. 6) Keruntuhan nasionalisme generasi muda juga tidak terlepas dari ekspansi globalisasi. sebagai budaya hedonis. dan tokoh. kemiskinan. Gusti Asnan pernah menuliskan bahwa penyebab utama memudarnya semangat nasionalisme generasi muda adalah contoh yang salah dan kurang mendidik.9) Lalu bagaimanakah dalam menghadapi situasi seperti ini? Jawabnya adalah Pancasila. emosional. mahalnya biaya pendidikan. Westernisasi terus menerus menggerus nasionalisme. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. peristiwa. pelajaran sejarah yang diterapkan di institusi pendidikan saat ini hanya menekankan penghafalan tahun. Ketertinggalan dan memudarnya semangat nasionalisme ini dikarenakan munculnya berbagai gejolak sosial. bangsa Indonesia hingga kini justru semakin tertinggal dari negara negara tetangga. bencana alam yang bertubi-tubi serta konflik horizontal yang merebak diberbagai daerah ditanah air. sehingga yang ada hanya sifat malas.7) Sejarawan Universitas Andalas. rela berkorban dan jiwa nasionalisme kini semakin memudar. Perilaku kebarat-baratan ini semakin parah menjangkiti generasi muda. terutama pelajaran Sejarah. yang cenderung mengutamakan kepentingan pribadi atau golongannya ketimbang kepentingan bangsanya. seperti melambungnya hargaharga kebutuhan pokok. Dr. falsafah . egois dan. semuanya telah menimbulkan frustasi dikalangan masyarakat dan hilangnya optimisme. Demokratisasi yang melewati batas etika dan sopan santun. maraknya unjuk rasa. Ironisnya.

blogspot.com http://brigittaindo.com 6) www.html http://www.html Sembiring.soetrisnobachir.kabarindonesia. Hal ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia dihadapkan pada tantangan untuk survival.blogspot.com/2009/03/pidato-keruntuhan-nasionalisme-generasi.html http://brigittaindo.com/forum/pengembangan-diri/59803-pertahankannasionalisme-dengan-pancasila-print.10) 1) 2) 3) 4) 5) www.html www.com www.kabarindonesia.html http://brigittaindo.blogspot. Kemajuan IPTEK dan lajunya sarana komunikasi membuat dunia semakin kecil dan menguatnya saling ketergantungan interpendensi di kalangan bangsa-bangsa di dunia. yaitu tantangan memiliki cara hidup dan tingkat kehidupan yang wajar secara manusiawi yang adil.2005.com www. Kasim. jelaslah Pancasila perlu tampil sebagai ideologi terbuka karena ketertutupn hanya membawa kepada kemandegan.blogspot. memiliki fungsi utama sebagai Dasar Negara yang harus mampu memberikan orientasi ke dalam kehidupan bangsa dan Negara Indonesia dan selalu menyadari situasi kehidupan yang dihadapinya.Jember:UNEJ 10) . Keterbukaan bukan berarti mengubah nilai-nilai dasar Pancasila.soetrisnobachir.bangsa Indonesia.Pendidikan Pancasila. tetapi melaksanakan wawasannya secara lebih konkrit sehingga memiliki kemampuan yang lebih tajam untuk memecahkan masalah-masalah yang baru. Untuk menjawab tantangan tersebut.gamexeon.com/2009/03/pidato-keruntuhan-nasionalisme-generasi.com/2009/03/pidato-keruntuhan-nasionalisme-generasi.com/2009/03/pidato-keruntuhan-nasionalisme-generasi. dan sebagai sumber dari segala sumber hukum Negara Indonesia.com 7) 8) 9) http://brigittaindo.kabarindonesia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful