BAB 8 AKUNTANSI GLOBAL DAN STANDAR AUDIT

Disusun Oleh : Kelompok Anggota : IX : Lasma Pasaribu Lela Nurlaela Maria Galih Satiti Sartika Debora Lubis

Dosen

: Merry

Mata Kuliah : Akuntansi Internasional Hari/jam : Selasa, 10.20-12.50 (AB 604)

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA Y.A.I 2011

Upaya harmonisasi melibatkan para penentu standar akuntansi. Upaya ini menjadi semakin pesat pada dasawarsa 1990an. sesuai dengan berkembangnya globalisasi bisnis internasional dan pasar surat berharga. bursa efek. sementara konvergensi bias mencakup pembuatan standar baru yang belum tercantum dalam standar yang sudah ada. Standar yang terharmonisasi bersifat komfatibel. harmonisasi secara umum bermakna penghapusan perbedaan antara berbagai standar yang sudah ada. Konvergensi konvergensi : 1. serta meningkatnya pencantuman saham oleh banyak perusahaan. pengatur pasar surat berharga. dan harmonisasi semakin jarang dipakai. dan pihak penyaji atau pengguna laporan keuangan. sehingga tidak mengandung pertentangan. Penyajian terkait penawaran surat berharga dan daftar bursa efek yang dibuat oleh perusahaan go public.konvergensi akuntansi mencakup . Meski demikian.AKUNTANSI GLOBAL DAN STANDAR AUDIT A. Standar akuntansi (yang membahas ukuran dan penyajian) 2. kini menjadi istilah yang lazim dipakai. Standar audit. Istilah konvergensi. yang diasosiasikan dengan Dewan Standar Akuntansi Internasioanl (IASB). dan 3. PENDAHULUAN Upaya ³harmonisasi´ akuntansi diseluruh dunia sebenarnyab dimulai sebelum Komite Standar Akuntansi Internasioanal (IASC) didirikan pada tahun 1973.

Manfaat Konvergensi Internasional Pendukung konvergensi internasional menyatakan bahwa banyak manfaat yang telah dirasakan. Manfaat dari konvergensi Menurut Donald T Nicolaisen. 1. investor-investor diseluruh . Pada April 2005. seorang investor akan memiliki pemahaman dan kepercayaan yang lebih. manfaat yang dirasakan dari konvergensi akuntansi adalah sebagai berikut : a. Laporan keuangan yang disusun dengan mengacu pada standar akuntansi bersama akan dapat membantu investor dalam memahami peluang investasi. Tanpa standar bersama. b. audit. Pendeknya. pertemuan merupakan usaha yang baik dan bermanfaat bagi para investor. Dengan memiliki dan menggenggam susunan standar sehingga dapat merangsang pertumbuhan akuntansi bersama yang berkualitas tinggi. berbeda jika dengan laporan keuangan yang disusun dengan standar akuntansi yang berbeda. dan pengungkapan akan menguntungkan investor serta mengurangi biaya akses masuk pasar modal diseluruh dunia. mantan kepala akuntan komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat pada September 2004 mengatakan bahwa : Dengan memiliki standar berkualitas tinggi dalam akuntansi. SURVEI KONVERGENSI INTERNASIONAL a. Menurut Nicolaisen. Nicolaisen menulis : Kekuatan kunci yang menyokong susunan standar akuntansi yang diterima diseluruh dunia adalah berupa ekspansi lanjutan yang kuat dari pasar modal disemua Negara dan hasrat Negaranegara untuk mencapai pasar modal yang kuat.B. stabil dan tidak tersendat-sendat ekonomi.

Kritik Terhadap Standar Internasional 1. Biaya modal akan dikurangi. biaya untuk penerbit efek akan menjadi lebih rendah. c. Ide-ide terbaik yang muncul dari aktivitas berstandar nasional dapat ditonjolkan dalam mengembangkan standar global dengan berkualitas terbaik. sebagian orang mengatakan bahwa standar internasional terlalu sederhana untuk memecahkan masalah yang rumit. 2. Para investor dapat mengambil keputusan yang lebih baik dalam berinvestasi. d. b. Pengetahuan dan keahlian akuntansi dapat ditransfer tanpa batasan keseluruh dunia e. . Di awal tahun 1971 (sebelum IASC ± Komite Standar Akuntansi Internasional) dibentuk. Terakhir. Standar laporan keuangan berkualitas tinggiyang digunakan secara konsisten diseluruh dunia dapat meningkatkan efisiensi dalam alokasi modal. Perusahaan-perusahaan dapat meningkatkan strategi dalam pengambuilan keputusan mengenai merger dan akuisisi area usaha. Dengan menggunakan seperangkat standar akuntansi bersama. c. Portofolio lebih bermacm-macam dan risiko keuangan dapat dikurangi. keuntungannya antara lain : a.dunia akan menghabiskan waktu dan tenaga mereka untuk memahami dan mengubah laporan keuangan tersebut agar mereka dapat menimbang-nimbang peluang usaha. Transparansi dan persaingan dipasar global akan lebih terjaga. surat kabar terkini mengusulkan ³global GAAP (Prinsip Yang Berlaku Umum)´. b.

Para kritikus ragu jika standar dapat cukup fleksibel untuk mengatasi perbedaan-perbedaan latar belakang. Pengakuan bersama (yang juga dikenal dengan sebutan µreciprocity. 4.2. tradisi dan lingkungan ekonomi disetiap Negara. firma-firma asing dapat menyusun laporan keuangan dengan menggunakan standar akuntansi yang diterima dinegaranya. tetapi juga harus memberikan rekonsiliasi antara critical accounting measure (pengukuran akuntansi kritis). Rekonsiliasi dan Pengakuan Bersama Seiring dengan berkembangnya penerbitan dan perdagangan ekuitas diseluruh dunia. 2. masalah-masalah yang berhubungan dengan pendistribusian laporan keuangan dalam yurisdiksi luar negeri pun menjadi lebih penting. . timbal balik. Dua pendekatan telah dimaksimalkan sebagai solusi yang sesuai bagi masalah-masalah yang berhuhungan dengan pengajuan laporan keuangan lintas Negara : 1. Standar internasional tidaklah cocok untuk perusahaan- perusahaan kecil dan menengah. 3. Rekonsiliasi Dengan adanya rekonsiliasi.. Standar internasional akan menciptakan µstandar overload¶. 5. Pengakuan bersama dapat terjadi ketika regulator dari luar negeri menerima laporan keuangan milik firma asing yang disusun berdasarkan prinsip-prinsip dnegara asal firma tersebut. c. Proses internasionalisasi ini akan menjadi suatu tantangan yang tidak dapat diterima secara politis bagi kedaulatan setiap Negara. terutama perusahaan yang terdaftar tanpa akuntabilitas publik.

BEBERAPA PERISTIWA PENTING DALAM SEJARAH PENYUSUNAN STANDAR AKUNTANSI INTERNASIONAL D. bukti-bukti terbaru menunjukkan bahwa tujuan harmonisasi akuntansi internasional mengenai akuntansi. Evaluasi Pertentangan mengenai harmonisasi atau konvergensi memang tidak dapat sepenuhnya diselesaikan. Komisi Uni Eropa (EU) . Hal terakhir. IKHTISAR ORGANISASI BESAR INTERNASIONAL YANG MENDUKUNG KONVERGENSI AKUNTANSI Enam organisasi telah menjadi pemain kunci dalam menetukan standar akuntansi internasional dan dalam memajukann penyelarasan akuntansi internasional : 1. serta mengijinkan menggunakan IFRS. Namun. pengungkapan dan audit semakin berkurang seiring dengan semakin meratanya pasar modal dan pasar barang diseluruh dunia. opini-opini yang menentang harmonisasi memiliki manfaat tersendiri. dan audit telah diterima secara luas sehingga kecenderungan akan konvergensi internasional akan terus berlanjut atau bahkan meningkat.d. Negara. jumlah perusahaan yang mengadopsi IFRS semakin bertambah. Badan Standar Akuntansi Internasional (IASB) 2.Negara tersebut menggunakan IFRS sebagai dasar bagi standar mereka. pengungkapan. perbedaan-perbedaan disetiap Negara mengenai faktor-faktor pokok yang menyebabkan adanya variasi dalam praktik akuntansi. Banyak perusahaan yang mengadopsi Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS). C.

merupakan badan penetapan standar independen untuk sektor pribadi yang didirikan pada 1973 oleh organisasi akuntansi profesional di sembilan negara dan direstrukturisasi pada tahun 2001. yang menuntut informasi berkualitas tinggi. bagian dari Konferensi PBB mengenai Perdagangan dan Perkembangan (UNCTAD) 6. yaitu : 1. seperangkat standar akuntansi dunia yang berkualitas tinggi. 2. untuk kepentingan publik. IASB memiliki beberapa tujuan. transparan dan sebanding mengenai laporan keuangan dan kondisi keuangan lainnya. Memperhatikan kebutuhan khusus perusahaan kecil menengah dan perkembangan ekonomi guna memenuhi tujuan nomor (1) dan (2). . BADAN STANDAR AKUNTANSI INTERNASIONAL Badan standar akuntansi internasional (IASB) awalnya bernama IASC. Organisasi Internasional Akuntan ( IFAC) 5. Organisasi untuk Kelompok Kerja Sama dan Perkembangan Ekonomi Standar Akuntansi (Kelompok Kerja OECD) E. Meningkatkan kualitas konvergensi standar akuntansi di setiap negara serta Standar Akuntansi Internasional dan Standar Pelaopran Keuangan Internasional. Mengembangkan. Memajukan penggunaan dan penerapan yang tepat dari standarstandar yang dibuat. 3. Kelompok Kerja Antarpemerintahan Perserikatan Bangsa-bangsa Para Ahli mengenai Standar Internasional Akuntansi dan Pelaporan (ISAR). Organisasi Internaisonal Komisi Sekuritas (IOSCO) 4. guna membantu perusahaan-perusahaan di pasar modal dunia dalam membuat keputusan bisnis. 4.3. mudah dimengerti dan tidak sulit dilaksanakan.

Struktur IASB Baru IASB telah direstrukturisasi bertemu untuk pertama kalinya di tahun 2001.Selama dasawarsa pertama berjalannya IASC. komite teknis IOSCO menyatakan persetujuannya akan rencana kerja yang telah disusun sehingga melengkapi standar inti tersebut. IASC mulai menyentuh hal-hal yang lebih sulit selama dekade keduanya dan menjawab kegelisahan bahwa standar tersebut berisi terlalu banyak perlakuan akuntansi alternatif dan kurang cukup teliti. standar ini disusun hanya sebagai gambaran. dan pada tahun 2000 IOSCO mengesahkan penggunaan standar IASC untuk pendataan lintas batas. Pada Juli 1995. Badan Pengurus IASB. 2. bukan ketentuan. Badan ini menjaga hubungan dengan para pembuat standar di negara-negara dan badan resmi lainnya yang mengurusi pembuatan . 6 dari wilayah Asia/Pasifik. Badan ini atas 14 anggota : 12 orang bekerja full-time. Kepengurusan IASB antara lain : 1. F. dan 4 dari wilayah lainnya. Standar Inti IASC dan Persetujuan IOSCO IASB tengah berjuang untuk mengembangkan standar akuntansi yang akan diterima oleh regulator sekuritas diseluruh dunia. dan 2 orang dapat bekerja paruh waktu. IASC mengadopsi rencana kerja untuk menghasilkan suatu inti yang komprehensif dari standar-standar berkualitas. Dalam perkembangannya. Standar awal ini menyusun praktik akuntansi yang serupa disetiap negara dan meniadakan praktik yang berbeda. Badan ini membangun dan meningkatkan standar laporan dan akuntansi keuangan dalam berbisnis serta bertanggungjawab penuh akan hal-hal teknis IASB. Tinjauan ulang IOSCO akan standar inti dimulai tahnu 1999. IASC memiliki 22 pengawas : 6 dari Amerika Utara. G. 6 dari Eropa. Dewan Pengawas.

standar. IFRIC menginterpretasi penggunaan Standar Akuntansi Internasional dan Standar Laporan Keuangan Internasional dan memberikan arahan mengenai hal-hal dalam pelaporan yang tidak secara spesifik dibahas di IAS dan IFRS. Pengakuan dan Dukungan bagi IASB Standar Pelaporan Keuangan Internasional kini diterima secara luas di seluruh dunia. Dewan Penasehat Standar. Para anggota memiliki masa jabatan selama lima tahun dan bisa diperpanjang satu kali. (2) diterima oleh banyak bursa saham dan regulator yang memperbolehkan perusahaan asing dan dalam negeri untuk mengajukan laporan keuangan yang disusun sesuai IFRS dan (3) diakui oleh EC dan badan internasional lainnya. 4. serta mendapatkan persetujuan dari badan pengurus untuk menyetujui interpretasi akhir. Dewan ini biasanya bertemu tiga kali setahun. dan menerbitkan interpretasi naskah dan meninjau komentar publik mengenai naskah tersebut. Standar tersebut (1) digunakan oleh banyak negara sebagai dasar persyaratan akuntansi di negara yang bersangkutan atau diadopsi secara keseluruhan. 3. Komite Interpretasi Laporan Keuangan Internasional (IFRIC). . dan memberikan nasihat lainnya kepada badan pengurus dan pengawas. H. Memiliki paling sedikit 30 orang anggota dengan latarbelakang dan pendidikan yang berbeda-beda. memberikan informasi kepada badan pengurus mengenai gambaran kepengurusan dan individu yang ada dalam dewan ini dalam kegiatan pembuatan standar utama. Tanggung jawabnya adalah memberikan nasihat pada badan pengurus mengenai agenda dan prioritasnya. Terdiri dari 12 anggota yang ditunjuk oleh dewan pengawas.

Respon Komisi Sekuritas dan Bursa AS terhadap IFRS Ada tiga syarat harus dipenuhi agar standar IASB dapat diterima : 1.I. dan standar tersebut harus tersedia untuk pengungkapan penuh. 2. 3. . Standar tersebut harus diterapkan dan diinterpretasikan secara teliti. Standar tersebut harus berkualitas tinggi ± standar tersebut harus dapat menunjukkan komparabilitas dan transparansi. Standar tersebut harus berisi susunan inti yang terdiri atas prinsipprinsip akuntansi yang menyeluruh dan dapat diterima secara luas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful