1.

Pengertian Bilangan Asli dan Operasi Pada Bilangan Asli

A. Pengertian Bilangan Asli Bilangan asli adalah bilangan kardinal dari himpunan berhingga yang tidak kosong (Budiyono, 1993: 23). Apa yang dimaksud dengan bilangan kardinal? Bilangan kardinal adalah banyaknya anggota suatu himpunan (Ensiklopedi Matematika, 2002: 105). Banyaknya anggota himpunan menyatakan suatu jumlah. Oleh karena menyatakan suatu jumlah, hal ini tidak mungkin bernilai negatif tetapi mungkin saja bernilai nol. Sehingga disyaratkan bilangan kardinal yang tidak kosong (nol). Dari pengertian di atas, diperoleh bahwa yang dimaksud bilangan-bilangan asli adalah: 1, 2, 3, 4, 5, . Himpunan yang beranggotakan semua bilangan asli disebut dengan himpunan bilangan asli yang dilambangkan dengan N. Jadi N = atau N = . Andaikan suatu himpunan H mempunyai p anggota maka dikatakan bilangan kardinal dari himpunan H adalah p, ditulis n(p) = p. p disini merupakan bilangan asli, dengan syarat p tidak kosong

B. OPERASI PADA BILANGAN ASLI 1. Operasi Penjumlahan Definisi penjumlahan bilangan asli: Jika p dan q bilangan-bilangan asli, H dan G himpunan-himpunan dengan maka p + q =. (Budiyono, 1993: 25) p = n(H), q = n(G) dan ,

Definisi di atas menyatakan bahwa p + q merupakan bilangan kardinal dari union atau gabungan himpunan H dan himpunan G. Sebagai contoh jika H = dan G = diperoleh p = n(H) = 4 dan q = n(G) = 3 serta . sehingga 3 + 4 = = 7. Sifat-sifat penjumlahan pada bilangan asli: a. Tertutup

Bukti: Jika p = n(H) adalah bilangan asli q = n(G) adalah bilangan asli

maka p + q = juga merupakan bilangan asli. Jadi penjumlahan dua bilangan asli menghasilkan bilangan asli juga. Sifat tertutup dipenuhi pada penjumlahan bilangan asli. b. Penjumlahan pada bilangan asli bersifat komutatif

Bukti: Jika p = n(H) adalah bilangan asli

apabila p = q maka p + r = q + r. Untuk setiap bilangan asli p. Operasi Pengurangan . Penjumlahan pada bilangan asli bersifat asosiatif Bukti: Jika p = n(H) adalah bilangan asli q = n(G) adalah bilangan asli r = n(R) adalah bilangan asli .q = n(G) adalah bilangan asli maka p + q = = =q+p Sifat komutatif dipenuhi pada penjumlahan bilangan asli. maka (p + q) + r = + n(R) = = = n(H) + = p + (q + r) d. q dan r. c. Jika p = n(H) adalah bilangan asli q = n(G) adalah bilangan asli r = n(R) adalah bilangan asli maka p=q n(H) = n (G) p+r=q+r 2.

Coba buktikan sifat tertutup. Perkalian bilangan asli bersifat distributif terhadap penjumlahan. Suatu himpunan H = dan G = . Jadi p q tidak dapat diopersikan. Definisi II: Jika p dan q bilangan-bilangan asli maka: p x q = q + q + q + . Contoh 2. Perhatikan bahwa G merupakan subset dari H sehingga H G = . sehingga p = n(H) = 7 dan q = n(G) = 4. komutatif dan asosiatif ! d. Pada operasi penjumlahan bilangan bulat memenuhi sifat tertutup. karena hasil dari pengurangan bilangan asli belum tentu menghasilkan bilangan asli itu sendiri. Tertutup. sehingga p = n(H) = 6 dan q = n(G) = 4. Operasi Perkalian Definisi I: Jika p dan q bilangan-bilangan asli sedemikian hingga p = n(H) dan q = n(G) maka: p x q = n(H x G). . Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini: Contoh 1. Komutatif. 1993: 38) Definisi di atas menyatakan jika p bilangan asli dan q bilangan asli maka p q dapat dioperasikan jika p = n(H) dan q = n(G) dimana H dan G merupakan suatu himpunan dengan syarat G subset (himpunan bagian) dari H. Suatu himpunan H = dan G = . + q (sebanyak p suku). b. karena ada anggota G yang tidak termasuk pada H.Definisi pengurangan bilangan asli: Jika p dan q bilangan-bilangan asli. Perhatikan bahwa G bukan subset dari H. Asosiatif. Sifat-sifat perkalian bilangan asli: a. Bukti: Jika p = n(H) adalah bilangan asli . . apakah hal itu juga berlaku pada pengurangan bilangan bulat? Pada operasi pengurangan bilangan bulat tidak bersifat tertutup. H dan G himpunan-himpunan dengan . (Budiyono. Sebagai contoh berapa hasil 7 9 ? Apakah hasilnya juga merupakan bilangan asli? 3. c. Jadi 7 4 = n(H G) = 3.G). Dalam hal G bukan subset dari H maka operasi penguarangan pada bilangan asli tidak dapat dilakukan. p = n(H) dan q = n(G) maka: p q = n(H .

Kita ketahui bahwa 4 x 2 = 8 sehingga 8 : 2 = 4 atau 8 : 4 = 2. q dan r apabila p = q maka p x r = q x r. Memiliki elemen identitas yaitu 1 Bukti: Jika p = n(H) adalah bilangan asli q = n(G) = 1. dalam hal ini diambil q = 1 maka: p x 1 = n(H x G) = n(H) sebab H x G H bila n(G) = 1 =p 1 x p = n(G x H) = n(H) sebab G x H H bila n(G) = 1 sehingga p x 1 = 1 x p = p Jadi 1 adalah elemen identitas untuk perkalian bilangan asli. r bisa merupakan bilangan asli juga bisa bukan bilangan asli. Coba anda buktikan ! 4. 1993: 42) Pada pembagian bilangan asli hasil bagi p : q belum tentu menghasilkan bilangan asli. Operasi Pembagian Definisi pembagian bilangan asli: Jika p dan q bilangan-bilangan asli. sehingga pembagian bilangan asli tidak memenuhi sifat tertutup. . operasi pembagian sering disebut operasi invers dari perkalian. f. maka p : q adalah r (bila ada) sedemikian hingga q x r = p. Oleh sebab itu. sehingga disyaratkan r itu jika ada. (Budiyono. Untuk setiap bilangan asli p.q = n(G) adalah bilangan asli r = n(R) adalah bilangan asli maka e.

Buktikan? . Buktikan! bilangan asli p. sedangkan perkalian tertutup pada pada himpunan bilangan asli. q dan r. Buktikan! bilangan asli p. Tertutup Bukti: Karena perpangkatan adalah perkalian dengan faktor yang sama. jika p = q maka pr = qr. b. Definisi: Jika p dan q bilangan asli maka pq = p x p x p x p disebut bilangan pokok dan q disebut pangkat (eksponen) Sifat-sifat perpangkatan pada bilangan asli: a. q dan r berlaku . maka perpangkatan juga tertutup pada bilangan asli.5. Buktikan! bilangan asli p. e. Perpangkatan bersifat distributif terhadap perkalian Bukti: c. Buktikan! Latihan 1 Untuk memperdalam pengetahuan anda mengenai materi di atas. h. coba anda selesaikan latihan berikut ini! 1. g. Perpangkatan bersifat distributif terhadap perpangkatan Bukti: d. Buktikan! bilangan asli p. q dan r berlaku jika pq = pr maka q = r. Apakah yang dimaksud dengan bilangan asli? Jelaskan! 2. bilangan asli p. Operasi Perpangkatan x p (sebanyak q faktor). Jika p q = r bila dan hanya bila p = r + q. q dan r berlaku . f. q dan r berlaku .

3. kemudian gunakan manipulasi aljabar untuk membuktikan soal tersebut.3.1 coba anda uraikan pengertian bilangan asli. Berikut ini salah satu syarat dari definisi penjumlahan bilangan asli. Tes Formatif 1 Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dari soal-soal di bawah ini dengan tanda silang (X) ! 1. jika G dan R merupakan dua himpunan bilangan asli yaitu: a. Untuk soal no. Tentukan nilai dari p +q: a. Untuk soal no. d. b. kecuali: a. bilangan asli p. 48 49 50 51 2. c. operasi perkalian operasi pembagian . q dan r buktikan bahwa ! 4. akan tetapi sifat tertutup tidak berlaku pada pengurangan dan pembagian bilangan asli.4 gunakan definisi perpangkatan untuk menjabarkan soal tersebut. c.2 gunakan sifat penjumlahan pada kesamaan untuk mendapatkan hasil akhirnya. q = n(G) dimana p dan q adalah bilangan asli. d. perkalian dan perpangkatan pada bilangan asli bersifat tertutup. bilangan asli p. q dan r berlaku . Operasi-operasi pada bilangan asli memenuhi sifat tertutup.3 dan no. p = n(H). Penjumlahan. Diketahui H = dan G = . b. Buktikan ! Petunjuk Jawaban Latihan Untuk soal no. b. Rangkuman Bilangan asli adalah bilangan kardinal dari himpunan berhingga yang tidak kosong.

d. refleksif.c. . jika m < n maka terdapat bilangan asli p sedemikian hingga m + p = n. yaitu jika p = q maka q = p. KESAMAAN BILANGAN ASLI Jika p dan q adalah bilangan asli. operasi perpangkatan operasi penjumlahan 4. Hubungan ini memiliki sifat-sifat: 6. Bukti: p q =r p q+q=r+q p=r+q KETIDAKSAMAAN BILANGAN ASLI Definisi: bilangan asli m dan n. p dan q menunjukkan bilangan asli yang sama maka dikatakan bahwa p sama dengan q ditulis p = q. yaitu p = p simetrik. 8. yaitu jika p = q dan q = r maka p = r. Berikut ini 5. jika m > n maka n < m. transitif. bilangan asli m dan n. 7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful