ELECTRICIAN Jurnal Rekayasa dan Teknologi

Elektro

4 3

Studi Pengaruh Harmonisa pada Arus Listrik Terhadap Besarnya Penurunan Kapasitas Daya (Kva) Terpasang Transformator Distribusi (Studi Kasus : Trafo Distribusi PT. PL" (Persero) wilayah Bekasi Raya) Fika Priliasari , Herri Gusmedi 1. PT Artefak Arkindo Jl. Duren Tiga Selatan Kav. 13 Jaksel. 2. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lampung
Abstrak--Penyaluran energi listrik ke konsumen tidak terlepas dari penggunaan saluran transmisi dan distribusi dimana transformator distribusi menjadi salah satu komponen utama sebagai alat penurun tegangan. Dalam penggunaannya, beragamnya beban yang diberikan mempengaruhi kinerja dari transformator tersebut dimana salah satu permasalahannya adalah harmonisa arus yang dapat menyebabkan penurunan kapasitas daya terpasang pada transformator. Secara umum, harmonisa arus disebabkan oleh adanya bebanbeban nonlinier sehingga bentuk gelombang arus mengalami distorsi dimana frekuensi gelombang harmonisanya adalah merupakan hasil kali integer dari frekuensi dasarnya. Peralatan Power Quality Analyzer digunakan sebagai alat bantu pengukuran untuk menentukan besarnya harmonisa arus (THD) dalam transformator distribusi. Dengan menggunakan software sebagai alat bantu perhitungan, sebuah perangkat lunak aplikasi dikembangkan menggunakan Borland Delphi 7.0, maka dapat ditentukan besarnya penurunan kapasitas daya terpasang pada transformator distribusi. Semakin besar nilai THD arus yang terjadi maka akan semakin kecil nilai kapasitas daya terpasang (kVA baru) transformator tersebut, dan semakin besar nilai THD arus yang terjadi maka akan semakin besar pula tingkat penurunan kapasitas daya terpasang transformator distribusinya. Kata kunci : Harmonisa arus, THD, THDF. Abstract--Electric energy distribution involves the use of transmission and distribution lines where distribution transformer is one of the main component which has a function as a step down voltage device. In the application, various loads will affect the works of transformer where one of the problems is harmonic current that causes the derating of plugged power capacity of the transformer.Generally, harmonic current is caused by nonlinear loads so the form of the current wave Naskah ini diterima pada tanggal 20 Mei 2007, Volume 1 No.1 Edisi September 2007 | http://jurnal.ee.unila.ac.id direvisi tanggal 30 Juni 2007 dan disetujui untuk diterbitkan tanggal 1 Agustus 2007.
1 2

A.ee. THDF. salah satu diantaranya adalah harmonisa. Penyebab dari gangguan harmonisa adalah dari peralatan yang banyak digunakan dalam sektor industri.id .1 Edisi September 2007 | http://jurnal. THD. Keywords : Current Harmonic. A software for the calculation is developed using Borland Delphi .unila.4 Priliasari: Studi Pengaruh Harmonisa Pada Arus 4 Listrik will get a distortion where the current harmonic wave frequency is an integer multiply of the basic current wave frequency. Transformator distribusi sangat berperan dalam penyaluran daya ke pusat beban dan merupakan peralatan yang paling merasakan adanya harmonisa. karena Volume 1 No.ac. Ada beberapa permasalahan kualitas daya yang sangat mempengaruhi suatu sistem tenaga. terutama peralatan yang menggunakan komponen converter dan thyristor.The bigger the value of current THD will decrease the value of plugged power capacity (new kVA) of the transformer. Power Quality Analyzer is used as a measuring device in order to determine the value of current harmonic (THD) in the distribution transformer. and the bigger the value of current THD will increase the derating level of plugged power capacity of distribution transformer. Sehingga gelombang tegangan dan arus yang dihasilkan tidak sinusoidal murni dan pada akhirnya dapat menimbulkan gangguan pada peralatan di sistem tenaga. Pendahuluan Kualitas sistem tenaga berhubungan erat dengan kualitas daya (Power Quality) . Harmonisa ini menyebabkan distorsi tegangan dan arus dimana ia memiliki frekuensi yang merupakan kelipatan dari frekuensi dasar sistem. the decreasing value of installed power capacity in distribution transformer could be determined.

Landasan Teori Harmonisa Berdasarkan Standart IEC (International Electrotechnical Commission) 1000. Harmonisa yang ditimbulkan oleh peralatan yang digunakan menyebabkan perubahan pada bentuk gelombang. serta berbagai peralatan yang didasarkan pada proses pensaklaran dapat menimbulkan terjadinya harmonisa. serta mesin las. Maka dari itu dengan pengukuran pada transformator distribusi dapat diketahui besarnya total harmonisa arus atau THD (Total Harmonic Distortion) yang terjadi. Hal ini disebut frekuensi harmonisa yang timbul pada bentuk gelombang aslinya sedangkan bilangan bulat pengali frekuensi dasar disebut angka urutan harmonisa. Peralatan seperti converter. sehingga mengakibatkan peningkatan rugi-rugi dan penurunan efisiensi pada transformator. penyearah. Pada dasarnya. Harmonisa arus mengakibatkan pemanasan pada bagian-bagian transformator. Sehingga kita dapat melakukan studi pengaruh harmonisa arus terhadap besarnya penurunan kapasitas daya (kVA) terpasang yang terjadi pada transformator distribusi. Sedangkan untuk beban. harmonisa adalah gejala pembentukan gelombang-gelombang dengan frekuensi berbeda yang merupakan perkalian bilangan bulat dengan frekuensi dasarnya. gangguan harmonisa tergolong kedalam Distorsi Bentuk Gelombang (Dugan. induction furnace.letaknya yang lebih dekat terhadap bebanI beban nonlinear. B. thyristor controlled reactor. 1996). Harmonisa adalah gelombang tegangan atau arus sinusoidal yang memiliki frekuensi yang merupakan hasil kali integer dari frekuensi dasar dimana suplai sistem dirancang untuk beroperasi (biasanya 50 atau 60 Hz).4-11. yang dapat menimbulkan harmonisa antara lain electric arc furnace. Gelombang Terdistorsi Gelombang Frekuensi Dasar t Gelombang Harmonisa Gambar 1. Uraian Gelombang Terdistorsi menjadi Gelombang Frekuensi Dasar dan Harmonik ke-3 Banyaknya penggunaan converter dan thyristor yang terdapat pada beban-beban nonlinear akan semakin meningkatkan arus harmonisa. Berikut adalah contoh perbandingan dari bentuk gelombang dasar dan gelombang harmonisa (pendistorsi). adjustable speed drive untuk mengendalikan motor-motor industri. Harmonisa disebabkan oleh adanya beban nonlinear yang digunakan dalam sistem tenaga listrik. dimana beban tersebut . Pada fenomena ini terjadi perubahan bentuk gelombang dari gelombang dasarnya.

414 THDF = ……………………(2) CF  (I rms)  THDF =  1. 4. THDF pada suatu Transformator dipengaruhi oleh adanya THD (Total Harmonic Distortion) dalam transformator tersebut sebagai akibat dari adanya penggunaan beban nonlinier pada sisi beban... Untuk menentukan besarnya THD digunakan persamaan sebagai berikut: THD = ∑I h= 2 hmax 2 h dan dapat menyebabkan kerusakan serius pada peralatan listrik yang digunakan.. Pengaruh Harmonisa pada Transformator Distribusi Harmonisa arus menimbulkan pemanasan pada bagian-bagian transformator.. (1) I1 Dengan THD = Distorsi Harmonisa Total (%) I1 = Arus frekuensi dasar (A) Ih = Arus harmonisa ke-h (A) h = Bilangan integer 2.. …. digunakan metode perhitungan nilai THDF (Transformator Harmonic Derating Factor) (Tribuana.. 2004).. ... Besarnya THD ditentukan terlebih dahulu melalui pengukuran.. Gambar 2. Gambar berikut adalah bentuk dari spektrum sinyal secara sederhana. THDF merupakan sebuah nilai atau faktor pengali yang digunakan untuk menghitung besar kapasitas baru (kVA baru) transformator.... Pada dasarnya.. 1999).414 ×  .berubah-ubah dari waktu ke waktu dengan cepat secara nonlinier.(3)  (I  puncak ) Apabila telah melewati batas tersebut maka dikategorikan level arus yang berbahaya Dari gambar spektrum sinyal gelombang Harmonisa dapat ditentukan besarnya arus dari tiap-tiap gelombang harmonisa yang terjadi. Spektrum Harmonisa terhadap Nilai Tegangan Dasar. Total Harmonic Distortion (THD) Salah satu cara yang paling umum untuk menyatakan besarnya distorsi Harmonisa yang terjadi dalam suatu sistem adalah THD (Total Harmonic Distortion). 5. 3. Batas dari besarnya THD untuk arus dalam suatu sistem tenaga yang dapat diterima berdasarkan aturan IEC adalah 5 – 20% (Fluke Education Partnership. Sedangkan Nilai THDF dapat ditentukan dengan menggunakan rumus : 1... sehingga akan mengakibatkan peningkatkan rugi-rugi dan penurunan efisiensi pada transformator.Dengan adanya penurunan efisiensi transformator maka akan terjadi penurunan kapasitas daya terpasang tersebut... Untuk melakukan perhitungan penurunan kapasitas daya terpasang transformator pada tugas akhir ini. pada transformator × 100%.

......(4) ........... I puncak = arus puncak fasa rata-rata (A) dan Crest Factor (CF) = I puncak/I rms Rumus menentukan nilai kVA baru : kVAbaru = THDF x kVApengenal ...................... I rms = arus rms fasa rata-rata (A)........................Dimana.....

414.dimana. THD Hitung Besar THDF dengan Persamaan THDF  =  1. kVAbaru = Kapasitas daya terpasang transformator. Metode Penelitian Penelitian ini dilakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut : Besarnya Arus rms phasa. Arus Puncak phasa.414 ×  )  ( I rms )  ( I puncak  Tampilkan Besarnya THDF dalam Transformator Distrbusi Kapasitas Normal Transformator Distribusi Hitung Besarnya Penurunan Kapasitas Daya Transformator kVA baru = THDF x kVA pengenal Selesai . sehingga tidak terjadi penurunan kapasitas transformator C. THDF = Transformator Harmonic Derating Factor dan kVA pengenal = Kapasitas transformator distribusi lama Dalam keadaan ideal (gelombang sinusoidal murni) dimana tidak terdapat gangguan harmonisa dalam sistem nilai Crest Factor = 2 atau 1. dan nilai Mulai THDF = 1.

390 551.266 10.904 Penurunan (%) 2.2 6.8 231.876 613.72 597.766 11.7 9.1 232.3 235.6 234.3 232.3 235.8 234.862 0.74 12.3 547 869 354 305 215 126 483 772 271 316 206 127 609 737 410 341 153 102 789 1335 531 496 348 198 698 1069 401 514 337 215 892 1143 620 501 256 160 225.1 230.2 16 10.15 543.2 5.1 9.5 5.4 . Transformator distribusi yang diukur berada di wilyah PT.947 0.2 235.1 D.4 233.943 0.3 233.6 7.1 6 7.974 0.071 567.2 10.5 11.228 594. Hasil Penelitian Tabel 2.5 THDF kVA baru (kVA) 0.2 228. Nama Gardu Gardu RTB Gardu YSHA Gardu RBA1 Gardu TKN Gardu PLNK1 Gardu TKNA kVA pengenal (kVA) 630 630 630 630 630 630 THD Arus rata-rata (%) 5.3 7.7 232. Dengan menggunakan Peralatan Power Qualty Analyzer dilakukan pengukuran terhadap beberapa sample Trafo Distribusi antara lain dapat dilihat pada tabel 1 berikut.3 7. Tabel 1 hasil pengukuran terhadap beberapa sample Trafo Distribusi THD Arus (%) "ama Transformator Kapasitas Daya (kVA) L1 L2 L3 L1 L2 L3 L1 L2 L3 L1 L2 L3 Arus rms (Irms) (Ampere) Arus Puncak (Ipuncak) (Ampere) Tegangan rms (Vrms) (Volt) Gardu RTB Gardu YSHA Gardu RBA1 Gardu TKN Gardu PLNK1 Gardu TKNA 630 630 630 630 630 630 5 7.4 234.766 9.5 8.Gambar 3.97 13.2 14.1 6.8 226.7 5.4 6.5 9.90 0.5 232. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wilayah Bekasi Raya Jawa Barat.9 233. Hubungan THD Arus dengan Penurunan Kapasitas Daya (kVA) Terpasang. Bagan Alir Perhitungan Penurunan Kapasitas Daya (kVA) Terpasang Transformator.58 5.

W. Fitzgerald. Jakarta.266% sedangkan pada gardu PLNK1 adalah 10.H. 2004. Besar kecilnya nilai THD arus tergantung kepada nilai arus rms pada masing-masing line-nya (L1. Fluke Education Partnership. Hyat. United States of America. Power Quality Assessment. and Watson. 6 hlm. Berdasarkan hasil pengukuran pada Transformator Distribusi. Jalamas Berkatama. Mesin-Mesin Listrik. and J. Rangkaian Listrik. Ucapan Terima Kasih Bapak Agus Sobari dan rekan – rekan serta staf karyawan PT. M. [2]. [3]. 1992. Kemmerly. sebaliknya semakin kecil perbandingan nilai arus rms antar linenya maka akan semakin kecil pula nilai THD arusnya. sedangkan semakin besar nilai THD arus yang terjadi maka akan semakin besar pula tingkat penurunan kapasitas daya terpasang transformator distribusinya. http://www. 29 Agustus 2006. [5]. McGraw – Hill.E. Semakin besar nilai THD arus yang terjadi maka akan semakin kecil nilai kapasitas daya terpasang (kVA baru) transformator tersebut. A. Erlangga. Power Factor dan Cos Phi dengan Alat Ukur Power Quality Analyst 3Q. Kesimpulan 1.Grafik hasil perhitungan : kVA Ba ru Transformator 650 625 600 575 550 525 500 0 2 4 6 8 10 12 THD Arus Ra ta-rata Gambar 4. 2004.766%. [7]. L2.862.P. Prinsip-prinsip 16 14 Penurunan (%) 12 10 8 6 4 2 0 0 5 10 15 THD arus rata-rata (%) Gambar 5. Hubungan THD Arus dengan Kapasitas Daya Terpasang (kVA baru). 1996. 2.74%. 2000. and Beaty. Common Power Quality Factors Affecting Transformers. Electrical Power Systems Quality. PT. Hubungan THD Arus dengan Penurunan Kapasitas Daya Terpasang. dan L3). Fluke Corporation. 1999. 1998.766% dan nilai THDF adalah 0. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wilayah Bekasi Raya Jawa Barat. Jakarta. A. Erlangga. [6]. Pada gardu TKN nilai THD arus rata-rata adalah 9.fl uke. Arrilaga. Daftar Pustaka [1]. Malvino.com. Jakarta. sehingga nilai kapasitas daya (kVA) terpasangnya menjadi 543. [4]. England. John Wiley & Sons Ldt. Semakin besar perbedaan nilai arus rms antar line-nya (tidak seimbang/unbalance) maka akan semakin besar nilai THD arus yang terjadi. E. . pada gardu PLNK1 nilai THD arusnya adalah 10. LEM. Dugan.390 kVA karena mengalami penurunan 13.E.

Elektronik. . Jakarta. Erlangga.

W. Jakarta. Dasar Teknik Tenaga Listrik dan Elektronika Daya. http://www. Stevenson. John Wiley & Sons. 1982.[8]. dan Wanhar. [10]. PT.Hill. [15]. Reactive Power Control in Electric System. Bandung [14]. Zuhal. Jakarta. 2003. ht tp:// www. Transformer. 5 November 2007.elekt roindonesia. Pacific Gas and Electric Company.com [16]. Harmonic Mitigating Transformer. Miller. McGraw . Sugiyon. Prenhallindo. N.com. 1982. [12]. 5 hlm. 29 Desember 2005. New York. 1993. [13]. Pengaruh Harmonik Pada Transformator Distribusi.wikipedia. Elektronika Daya.D. PT.J. . Mirus International Inc.Jr.E. 1988.H. Power System Harmonic. Wikimedia Foundation Inc. Rashid. 1999. Agus. Institut Teknologi Bandung. ht tp:/ /www.com. Gramedia Pustaka Utama. 2007. 1999. [9]. Inc.. 2000. Apr. T. [11]. Tribuana. Teknik Penghilangan Harmonisa pada Inverter Satu Phasa dengan Mikroprosesor sebagai Pembangkit Sinyal Kendali. Element of Power System Analysis. 15 September 2006. 15 Juli 2006. Jan. M.mirusint ernati onal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful