Konsep dasar antropologi

ANTROPOS : MANUSIA Antropologi LOGOS : ILMU Secara harfiyah antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dan kebudayaannya. Konsep dasar antropologi Mencakup 5 pokok kajian yaitu : 1) Sejarah terjadi dan perkembangan manusia sebagai makhluk biologis. 2) Sejarah terjadinya aneka warna manusia berdasarkan cirri-ciri tubuh. 3) Persebaran dan terjadinya keseragaman bahasa yang diucapkan manusia. 4) Perkembangan persebaran dan terjadinya aneka warna kebudayaan manusia 5) Masalah keragaman budaya suku-suku bangsa seluruh dunia dewasa itu. Pengertian bagan ruang lingkup antropologi · Antropologi fisik adalah ilmu yang mencoba menelaah manusia sebagai makhluk fisik yang tumbuh dan berkembang hingga terjadinya keanekaragaman manusia menurut iri-ciri tubuh atau fenotipe seperti warna kulit, rambut, warna mata, bentuk hidung dan sebagainya. · Paleo antropologi adalah ilmu yang merupakan bagian dari antropologi fisik yang mencoba menelaah tentang asal usul terjadinya dan perkembangan makhluk hidup. · Somatologi adalah bagian ilmu dari antropologi fisik dalam arti khusus, yaitu menelaah tentang variasi atau keanekaragaman. · Ciri fenotipe adalah tubuh manusia secara keseluruhan. o Ex. Warna kulit, rambut, warna mata, bentuk hidung dll.

· Ciri genotype adalah analisis biologi kimiawi.

· Antropometri adalah system dan tekhnik untuk mengukur badan manusia atau bagian± bagiannya. · Antropometer adalah merupakan salah satu alat yang digunakan dalam antropometer.Asiatic Mongoloid (Asia Utara.Malayan Mongoloid (Asia Tenggara .Melanesian (Papua/Irian dan Melanesia ) 4. Arabia dan Irania) . sifat anak yang diturunkan oleh orang tua.American Mongoloid (Orang Eskimo di Amerika Utara sampai penduduk Terra del Fuego di Amerika Selatan) 3.Negrito (Afrika Tengah.Bushman (di daerah gurun Kalahari di Afrika Selatan) . · Basic vocabulary adalah perbendaharaan yang mendasar.Mediterranean (sekitar Laut Tengah. · Antropologi budaya adalah ilmu yang berhubungan dengan kebudayaan manusia.Veddoid (pedalaman Srilangka. · Etnologi menelusuri tentang ilmu bagian dari antropologi budaya yang mencoba menelusuri asas-asas manusia. Afrika Utara . · Arkeologi berasal dari kata ARCHAIC artinya KUNO sehingga arkeologi disebut juga sejarah kuno atau sejarah purba.o Ex. sebagian Malaysia dan sebagian Filipina) . · Rasisme adalah suatu paham yang membedakan harkat dan martabat manusia seolah-olah ras yang satu lebih unggul/tinggi dari pada ras yang lain.Nordic (Eropa Utara sekitar Laut Baltik) . Sulawesi Selatan) . kajian arkeologi adalah sejarah umat manusia.Alpine (Eropa Tengah dan Timur) .Indic ( India ) 2.African Negroid (benua Afrika) . · Kajian etnologi meliputi o Pola-pola kelakuan masyarakat o Dinamika kebudayaan · Antroplogi social budaya adalah studi antropologi yang memusatkan perhatiannya pada aspek organisasi social perilaku kehidupan manusia dan kebudayaan. Negroid . Asia Tengah dan Asia Timur) . Caucasoid . Armenia . Ras-Ras Khusus (yang tidak dapat diklasifikasikan) . Indonesia . · Etnolinguistik disebut juga antropologi linguistic adalah bagian dari antropologi yang mengkhususkan penelitiannya terhadap penyebaran bahasa umat manusia diseluruh permukaan bumi. Mongoloid . Table penggolongan manusia menurut AL-KROEBER 1. Malaysia dan Filipina) .

Polynesian (Kepulauan Mikronesia dan Polynesia ) .Austroloid (penduduk asli Australia ) .Ainu (pulau-pulau Karafuto. Hokkaido di Jepang Utara) ..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful