BAB I PENDAHULUAN

A. LATARBELAKANG

Hak asasi manusia (HAM) mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia terutama dalam hubungan antara Negara (penguasa) dengan warga Negara (rakyat ) dan dalam

hubungannya antara sesama warga Negara. Dengan demikian penegakan HAM merupakan persyaratan untuk menciptakan sebuah civil society atau masyarakat madani. Sejarah perkembangan HAM, pada umumnya pakar HAM barat berpendapat bahwa lahirnya HAM dimulai pada lahirnya piagam magma charta.relita penegakan HAM di Indonesia disebabkan oleh lemahnya system penegakan hokum terhadap pihak melanggar norma-norma HAM, yang ironisnya justru sering memanfaatannya sebagai alat untuk mempertahankan kekuasaan. Komnas HAM bertujuan untuk menegembangkan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan HAM sesuai dengan pancasila, UUD 1945, dan piagam PBB. Serta deklarasi universal HAM. Timbulnya hak asasi manusia pada dasarnya karena adanya kesadaran manusia terhadap harga diri, hakikat, dan martabat kemanusiaannya. Kesadaran manusia tersebut muncul karena adanya tindakan yang sewenang-wenang dari penguasa, perbudakan, penjajahan, ketidakadilan, kezaliman dan lain-lain yang melanda umat manusia pada umumnya. Meningkatnya perlindungandan penegakan HAM guna perkembangan pribadi manusia Indonesia seutuhnya dan kemampuannya berpartisipasi dalam berbagai bidang kehidupan B. RUMUSAN MASALAH Bagaimana cara menegakan hak asasi manusia dalam kehidupan bermasyarakat?

C. TUJUAN MAKALAH Untuk dapat mengetahui bagaimana cara menegakan hak asasi manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

1

bila orang bertindak tidak sesuai haknya ketertiban akan terganggu Selain itu. yaitu aturan hokum perjanjian.BAB II PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA A. Pemahaman Konseptual Tentang HAM Pengertian Hak Hak adalah kewenangan untuk bertindak. pemberian orang lain. maka ketertiban akan terwujud. Sebaliknya semakin banyak hak yang dimiliki seseorang semakin besar pula kemungkinan yang dimiliki untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya secara syah. Hak merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari apabila seseorang bersedia bertindak sesuai haknya. pemberian masyarakat. Sebaliknya. Pengertian HAM 2 . dan pemberian Negara. Kewenangan itu bisa di miliki seseorang karena berbagai sebab. semakin sedikit hak yang dimiliki seseorang semakin sedikit pula kesempatan orang tersebut untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya sesuai hokum yang berlaku.

Kesadaran manusia tersebut muncul karena adanya tindakan sewenang wenang dari penguasa. resminya Indonesia masuk anggota PBB pada tanggal 28 september 1950. jadi bukan karena hokum positif yang berlaku. Hal ini berarti bahwa segala sesuatu di dalam NKRI diatur menurut ketentuan hokum yang berlaku jadi tidak ada dan tidak akan terjadi tindakan sewenang-wenang di Indonesia. HAM dan kewajiban warga Negara di atas pelaksanaanya Undang-Undang Dasar 1945. PBB menyatakan berlakunya Hak Asasi Manusia NKRI menjadi anggota PBB yang ke-60. dan martabat kemanusiannya. UUD 1945 telah mengukur hak-hak warga Negara yang mencakup pula hak asasi manusia. dan lain-lain yang melanda umat manusia pada umumnya.J. 3 . HAM dan kebebasan ± kebebasan fundamental adalah hak-hak individual yang berasal dari kebutuhan-kebutuhan serta kapasitas-kapasitas manusia Menurut Austin ± hanney. HAM adalah hak-hak yang dimiliki manusia bukan karena diberikan kepadanya oleh masyarakat.M Milne. cina. melainkan berdasarkan martabatnya sebagai manusia. dan inggris. di Indonesia HAM dilaksanakan atas dasar pancasila atau peraturan perundang ± undangan Nasional. Menurut David Beetham dan Kevin Boyle. Uni Soviet. perancis. Pada tanggal 10 desember 1945. ketidakadilan. Beberpa definisi mengenai pengertian HAM: Menurut Frenz magnis-suseno.Hak asasi manusia (HAM) adalah kebebasan seseorang dalam bertindak sesuai dengan hati nuraninya berkenaan dengan hal-hal yang asasi atau mendasar atau prinsipil.negar amerika serikat. kezaliman. hakikat.bangsa (PBB) yang didirikan pada tanggal 24 oktober 1945. Indonesia adalah Negara hokum. pada dasarnya karena adanya kesadaran manusia terhadap harga diri. HAM adalah hak yang dimiliki oleh semua ummat manusia di segala masa dan di segala tempat karena keutamaan keberadaannya sebagai manusia. Walaupun demikian. Badan kerjasama antara bangsa yang terbesar sekarang ini adalah perserikata bangsa. penjajahan. HAM adalah ruang kebebasan individu yang dirumuskan secara jelas dalam konstitusi dan di awasi pelaksanaannya oleh pemerintah Sejarah HAM Latar belakang timbulnya hak asasi manusia. Para pendirinya adalah Negara.perbudakan. Menurut A.

Konveman internasional tentang hak-hak sipil dan politik ( the international covemant on civil and political rights/ICCPR). social. sebagai berikut: Tahun 1215: Magna Charta. Menurut Franz Magnis-Suseno: 4 . Berdasarkan HAM internasional instrument: a. social. serta hak asasi pendidikan. dan budaya (the internatonal on economics. and cultural rights/ICESCR) 2.Sejarah ummat manusia sejak awal berasal dari sejarah mesir kuno sampai sekarang sudah hampir 60 abad atau 6000 tahun. hak social. hak akan tingkat penghidupan yang cukup bagi penjagaan kesehatan . bahwa manusia di lahirkan sama dalam keadaan merdeka dan memiliki hak-hak sama. di inggris memuat hal-hal : seorang tidak boleh dipenjarakan (dihukum) dengan tidak ada vonis yang sah menurut hokum Tahun 1628: Petition of rights. tuntutan adanya hak bagi setiap orang untuk hidup merdeka (declaration of independence) Tahun 1789: revolusi prancis. yaitu: 1. Konveman internasional tentang hak-hak ekonomi. Tahun 1948: universal declaration of human rights ( pernyataan sedunia tentang HAM) berisi: kebebasan politik. sedangkan pengakuan terhadap hak asasi manusia baru berumur 1/3 abad atau 30 tahun Untuk lebih memudahkan sejarah HAM yang berkembang dari tahun 1215 sampai 1948. Macam ±Macam HAM Ada beberpa macam HAM. undang ± undang yang diterima perlemen inggris setelah mengadakan revolusi tidak berdarah kepada raja james II ( peristiwa kemenangan parlemen atas raja) yang isinya tentang ³hak-hak dari kebenaran warga Negara´. suatu dokumen yang lahir karena tuntutan rakyat yang duduk di house of commons (parlemen) kepada raja Charles III Tahun 1629: Bill of rights. hak beristirahat dan liburan. b. Tahun 1776: revolusi Amerika. keselamatan diri sendiri dan keluarga.

didasarkan pada keyakinan bahwa semua orang sama derajatnya. Hak asasi positif cenderung menolak campur tangan dari Negara. Hak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan ( pasal 28D: 3) 6. b. perlindungan. menuntut prestasi-prestasi tertentu dari Negara Sebagaimana kita ketahui UUD 1945 telah mengalami amandemen 4 (empat) kali perubahan. hak asasi aktif atau demokratis. Hak atas status kewarganegaraan (pasal 28D:4) 7. Hak atas perlidungan dan rasa aman (pasal 28G: 1) 9. Penanganan beberapa kasus pelanggaran HAM di Indonesia: Seperti kasus moenir. Adapun hak-hak yang diatur dalam ketentuan tersebut meliputi hak-hak sebgai berikut: 1. dan kepastian hokum (pasal28D: 1) 4. Hak atas infomasi (pasal 28 F) 8. Hak memperoleh suara politik dari Negara lain (pasal 28G: 3) B. Hak untuk berkerja serta mendapat imbalan dan perilaku yang adil dalam hubungan berkerja (pasal 28 D:2) 5. Penindakan : upaya untuk menangani kasus pelanggaran HAM berdasarkan ketentuan hokum yang berlaku. d. c. Hak hidup (pasal 28A) 2. 5 . Upaya yang dilakukan dengan dua cara pendekatan sekaligus. yaitu: a. Hak atas pengakuan. b. Hak berkeluarga dan hak anak( pasal 28C) 3. telah ditambahkan sejumlah ketentuan mengenai HAM yang terdiri atas 10 pasal ( pasal 28A-28J) dan 26 ayat.a. Dalam amndemen kedua. hak-hak asasi negatif atau liberal. c. Hak untuk bebas dari penyiksaan atau perilakuan yang merendahkan derajat martabat manusia (pasal 28G: 2) 10. Hak asasi social. jaminan. didasarkan kebebasan dan hak seseorang untuk mengurus diri sendiri. Pencegahan : upaya untuk menciptakan kondisi yang semakin kondusif bagi penghormatan HAM melalui berbagai cara persuasive. Upaya Penegakan Hukum Yang dimaksud dengan upaya penegakan HAM adalah berbagai tindakan yang dilakukan untuk membuat HAM semakin diakui dan dihormati oleh pemerintah dan masyarakat.

yaitu: 1. ketentuan. Hak untuk ikut serta dalam kegiatan pemerintahan c. 3. Hak asasi pribadi/ personal right. Hak untu mendapat layanan dan perlindungan hokum. 2. a. dan menjalankan agama dan kepercayaan yang diyakini masing-masing. 4. Hak kebebasan untuk memilih. Kasus pelanggaran HAM di Indonesia memang masih banyak yang belum diselesaikan/ tuntas sehingga diharapkan perkembangan dunia HAM di Indonesia dapat terwujud ke arah yang lebih baik. memeluk. Hak kebebasan memilih dan aktif di organisasi atau perkumpulan d. sebagai warga Negara yang baik kita mesti menjunjung tinggi nilai hak asasi manusia tanpa membeda-bedakan status golongan. Hak mendapatkan perlakuan yang sama dalam hokum dan pemerintahan b. Hak kebebasan melakukan kegiatan jual beli 6 . Hak asasi ekonomi/ property rights a. Salah satu tokoh HAM di Indonesia adalah Munir yang tewas di bunuh di atas pesawat udara saat menuju belanda dari Indonesia Pembagian Bidang. berpergian dan berpindah-pindah b. Hak kebebasan untuk bergerak. dan lain sebagainya Melanggar HAM seseorang bertentangan dengan hokum yang berlaku di Indonesia. Hak asasi politik /political right a. jabatan. Hak asasi manusia memiliki wadah organisasi yang mengurus permasalahan seputar hak asasi manusia yaitu komnas HAM. Hak untuk memilih dan dipilih dalam suatu pemilihan b. jenis dan macam Hak Asasi Manusia dunia. Hak kebebasan mengeluarkan pendapat atau menyatakan pendapat c. Hak untu menjadi pegawai negri sipil/PNS c.Dapat disimpulkan bahwa HAM (Hak Asasi Manusia ) adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat siapa pun. Hak Asasi hokum/ legal equality Right a. Hak untuk membuat dan mengajukan suatu usulan petisi.

Hak Asasi social budaya/social culture rights a.martabat manusia yang mulia tersebut harus dihoramati dan dijunjung tinggi temasuk hak-hak yang melekat padanya. Hak untuk hidup b. Hak menentukan.dll 5. Oleh karena itu. Hak memperoleh keadilan 7 . Hak Asasi Manusia Pasal 1 ayat (1) UU No. Hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan c. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia merumuskan pengertian HAM sebagai perangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerahNya yang wajib dihormati. dijunjung tinggi dan dilindungi oleh Negara. Hak persamaan atas perlakuan penggeledahan. Ia diberi akal budi yang menjadi sebuah potensi baginya untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.b. memilih dan mendapatkan pendidikan b. penahanan dan penyelidikan di mata hokum. hokum. 6. penangkapan. Dari pengartian diatas dapat dipahami bahwa HAM adalah hak yang tidak terpisahkan dari esensi dan eksistensi manusia dan merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus di hormati dan dilindungi oleh siapa pun juga. Manusia merupakan makhluk yang paling mulia dalam pandangan Tuhan. pemerintahan dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. Hak kebebasanmengadakan perjanjian kontrak c. hutang-piutang. Hak mendapatkan pengajaran c. Hak mendapatkan pembelahan hokum di pengadilan b. Hak-hak itu meliputi: a. Hak kebebasan menyelenggarakan sewa-menyewa. Hak mengembangkan diri d. Mengabaikannya berarti mengingakari anugerah Tuhan Yang Maha Esa sekaligus berarti pula mengingkari eksintensiNya sebagai Al-khaliq. Hak untuk mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat C. Hak asasi peradilan/procedural rights a.

Kewajiban ini berlaku bagi setiap orang yang berada dalam wilayah Republik Indonesia baik warga Negara indonesia maupun warga Negara asing yang berada di Indonesia b. menegakkan. berbangsa dan bernegara. Kewajiban dasar itu : a. Hak atas kebebasan pribadi f. kewajiban dasar ini lahir dari UU No 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia BAB IV pasl 67 sampai pasal 70 yang dimaksud dengan kewajiban dasar manusia adalah seperangkat kewajiban yang apabila tidak dilaksanakan tidak memungkinkan terlaksa dan tegaknya HAM. Dalam menjalankan hak dan kebebasannya setiap orang wajib tunduk pada pembatasan yang ditetapkan oleh undang-undang. Hak itu timbul dari pelaksanaan kewajiban. tugas pemerintahan dalam hal ini adalah menghormati.e. Oleh karena itu. diantara keduanya tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Setiap orang wajib menghormati HAM. j. Hal ini dimaksudkan untuk menjamin 8 . Tunduk pada pembatasan yang ditetapkan undang-undang. moral. melindungi. adat serta agama/kepercayaan c. Kewajiban Dasar Manusia sangat tidak proposional apabila membahas HAM tanpa membahas pula kewajiban dasar manusia. Setiap hak asasi seseorang menimbulkan kewajiban dasar dan tanggung jawab untuk menghormati hak asasi orang lain secara timbal balik. Dalam dekklarasi Universal tentang Hak Asasi Manusia PBB. Moral dan etika adalah suatu konsepsi tentang baik buruknya tingkah laku manusia dalammasyarakat. Hak turut serta dalam pemerintahan i. d. Hak atas rasa aman g. moral. Menghormati hak asasi orang lain. Wajib patuh pada peraturan perundang undangan. Menghormati Hak Asasi manusia. etika. dan mamajukannya. dan etika. Hak wanita Hak anak D. tidak dicantumkan kewajiban dasar manusia. Sedangkan tertib kehidupan bermasyarakat diatur oleh hokum. Hak atas kesejahteraan h. dan tata tertib kehidupan bermasyarakat.

keamanan dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis. kesadaran manusia muncul karena adanya tindakan sewenang-wenang dari penguasa. Saran ±saran Kita sebagai mahasiswa penerus bangsa haruslah memperbanyak mempelajari pendidikan kewarganegaraan agar kita dapat menjadi penerus generasi mudah sebelumnya. dan lainlain yang melanda umat manusia pada umumnya. dan martabat kemanusiaannya. ketidakadilan. hakikat. BAB III PENUTUP A. KESIMPULAN Sejarah perkembangan HAM pada umumnya pakar HAM barat berpendapat bahwa lahirnya HAM dimulai pada lahirnya piagam magna charta. 9 . perbudakan. B. penjajahan.pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntunan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral. Di mana latar belakang timbulnya hak asasi manusia pada dasarnya karena adanya kesadaran manusia terhadap harga diri.

Kamaruddin. 10 . Makassar: Universitas Muhammadiyah.2010. Pendidikan Kewarganegaraan.DAFTAR PUSTA KA Moha.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful