LKS PRAKTIKUM PEMBUATAN SABUN CAIR Tujuan Praktikum: • Siswa mampu membuat sabun cair sendiri • Siswa mengetahui

bahan-bahan dasar dalam pembuatan sabun • Siswa mampu menentukan massa unsur pembentuk sabun • Siswa memahami cara kerja sabun Dasar Teori Molekul sabun berbentuk rantai panjang panjang dan satu gugus ionik yang besifat sangat polar. Pada seluruh rantai panjangnya, strukturnya tepat sama dengan molekul minyak sehingga memiliki keakraban dengan molekul minyak (bersifat hidrofilik). Sementara pada bagian kepala, ada sepasang atom yang bermuatan listrik yang hanya senang bergabung dengan molekul air (bersifat hidrofobik). Kepala inilah yang membuat seluruh molekul sabun menyatu dengan air. Bila sekelompok sabun bertemu dengan partikel kotoran berminyak, mereka yang senang dengan minyak akan mengikatkan diri dengan molekul minyak, sementara mereka yang bersifat ionik yang senang dengan dan air akan membuat molekul sabun menyatu dengan air, sehingga minyak atau kotoran dapat ikut terikat ke dalam air. Selanjutnya, partikel kotoran yang semula terperangkap dengan minyak kini bebas untuk ikut mengalir bersama air ketika pembilasan. Sabun dibuat dengan cara mencampurkan larutan NaOH / KOH dengan minyak atau lemak. Melalui reaksi kimia, NaOH / KOH mengubah Minyak / Lemak menjadi Sabun. Proses ini disebut Saponifikasi. Sabun termasuk salah satu jenis surfaktan yang terbuat dari minyak atau lemak alami. Texapon adalah surfaktan buatan yang dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sabun cair, sampo, dan pasta gigi. Texapon disebut juga sodium laurilsulfate (C12H25SO4Na). Praktikum kali ini membuat sabun dengan bahan dasar texapon. Texapon berfungsi sebagai pengangkat kotoran. Bahan pendukung yang lain adalah sodium sulfat (Na2SO4) berfungsi mempercepat pengangkatan kotoran dan juga sebagai pengental. Camperlan berfungsi sebagai pengental dan penambah busa menjadi gelembunggelembung kecil. Asam sitrit berfungsi sebagai pengangkat lemak. EDTA erfungsi sebagai pengawet sabun cair. Parfum fungsinya sebagai pewangi sabun cair. Propilena glikol fungsinya sebagai pengikat parfum. Pewarna fungsinya sebagai pemberi warna pada sabun cair Bahan dan Alat Bahan-Bahan: * Texapon (C12H25SO4Na) 10% * Sodium sulfat (Na2SO4) * Camperlan (cocamide monoethanolamine) * Asam sitrat 1% (asam 2-hidroksi-1,2,3-propanatrikarboksilat) * EDTA 0,1% * Parfum secukupnya * Propilin glikol (1,2-propanadiol) secukupnya

Tambahkan pewarna secukupnya. aduk rata 5. Aduk Texapon dan ½ bagian Na2SO4 sampai terbentuk larutan putih 2. aduk rata 7. Masukkan Na2SO4 sedikit demi sedikit hingga terlihat mengental 9. Masukan larutan EDTA. Tambahkan parfum secukupnya. Masukan sisa air sedikit demi sedikit sampai campuran terlihat lebih encer 8. Masukkan ½ bagian air kedalam campuran texapon dan Na2SO4 sedikit demi sedikit sampai campuran mengental 4.* Pewarna secukupnya * Air Alat-Alat: Gelas Kimia 500mL Gelas kimia 100mL Gelas Ukur 100mL Pipet tetes Spatula Cara Kerja 1 buah 4 buah 1 buah 3 buah 3 buah Pengamatan Cara Kerja 1. aduk rata 6. Masukan asam sitrat. Masukkan camperlan. Masukkan ½ bagian air kedalam campuran texapon dan Na2SO4 sedikit demi sedikit sampai campuran mengental 3. aduk rata 11. aduk rata 10. Diamkan sabun sampai buihnya hilang .

Tuliskan fungsi masing-masing bahan dalam pembuatan sabun cair 3. Tuliskan komposisi bahan-bahan pembuatan sabun cair! 2. manfaat apa yang anda rasakan ? . Apa kelebihan dan kekurangan dari sabun cair yang anda buat ? 5. Setelah anda mengetahui bahan dasar dalam pembuatan sabun cair ini. jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut: 1. Berapakah massa texapon yang harus dimasukan kedalam pembuatan sabun ini jika sabun cair ini mengandung 10% texapon? 2.Pertanyaan Sebelum Praktikum Diketahui: massa sabun yang akan dibuat dalam satu kelompok adalah 100 gr Kadar texapon adalah 70%. Berapakah massa EDTA yang harus dicampurkan kedalam 100mL air Pertanyaan Pasca Praktikum 1. Berapakah massa asam sitrat yang harus dimasukan kedalam pembuatan sabun jika sabun cair ini mengandung 1% asam sitrat? 3. Kesulitan apa yang anda rasakan dalam pembuatan sabun cair? 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful